pembukaan presentasi

Agar dapat lebih percaya diri, Sedulur perlu membuat pembukaan presentasi semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian audiens. Presentasi sendiri merupakan suatu kegiatan yang lazim dilakukan di kantor, kampus, maupun kelas. Salah satu tujuannya adalah untuk menyampaikan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan diskusi tertentu.

Terdapat trik-trik tertentu yang dapat Sedulur terapkan untuk mengawali kegiatan tersebut dengan sukses, salah satunya adalah memberikan pembukaan presentasi yang baik dan tepat. Lantas, seperti apa caranya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Gaji Dosen PNS dan Non PNS Beserta Tunjangannya

Cara melakukan pembukaan presentasi yang baik dan tepat

Di bawah ini terdapat beberapa cara agar dapat membuka presentasi dengan baik dan tepat. Yuk, mari langsung saja kita simak!

1. Menarik perhatian audiens

pembukaan presentasi
Depositphotos

Cara melakukan pembukaan presentasi dengan baik dan tepat yang dapat Sedulur coba adalah dengan menarik perhatian audiens. Salah satu unsur paling penting dalam kegiatan memaparkan data, fakta, informasi, serta pesan tersebut adalah keterlibatan audiens dalam tiap-tiap segmen presentasi. 

Sebagai orang yang melakukan presentasi, tentunya Sedulur ingin para audiens mendengarkan dan memahami secara keseluruhan apa yang Sedulur sampaikan. Dengan begitu, tujuan utama kegiatan presentasi dapat dikatakan berhasil.

Menarik perhatian audiens dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk terus mengikuti jalannya presentasi Sedulur, ketimbang tidak sama sekali. Keterlibatan audiens dalam presentasi juga nantinya memudahkan Sedulur pada saat melakukan sesi tanya-jawab, karena setiap orang telah memperhatikan dengan seksama apa yang Sedulur sampaikan dan akan memberikan beberapa pertanyaan serta masukan.

Salah satu cara menarik perhatian audiens adalah dengan mengucapkan salam. Selain untuk sambutan, salam juga berfungsi sebagai penanda bahwa sesi presentasi akan dimulai. Dengan begitu, perhatian audiens akan segera tertuju kepada Sedulur dan menantikan apa yang ingin Sedulur sampaikan.

2. Sambut audiens dengan baik

Cara melakukan pembukaan presentasi dengan baik dan tepat yang dapat Sedulur coba selanjutnya adalah dengan menyambut audiens dengan. Perlu kita akui bersama, setiap orang pastinya memiliki kesibukannya masing-masing. Ketika para audiens sudah menyempatkan hadir dalam sesi presentasi, alangkah baiknya Sedulur menyambut mereka dengan baik.

Sambutan tersebut dapat berfungsi sebagai apresiasi atas waktu dan tenaga yang audiens luangkan untuk hadir pada presentasi Sedulur. Menyambung dari tips pertama tadi, memberikan sambutan kepada audiens juga akan menarik perhatian mereka.

Sedulur dapat memulai sambutan tersebut dengan memberikan salam, lalu mengapresiasi dan memberikan terima kasih atas kehadiran audiens. Bisa dimulai dari mengapresiasi dan memberikan terima kasih kepada orang-orang dengan jabatan yang paling tinggi di dalam ruangan presentasi tersebut, lalu beralih ke bawah, hingga beralih ke kawan atau rekan-rekan Sedulur. Jangan lupa, berikan kalimat sambutan yang baik, hangat, serta ramah ke setiap orang yang hadir dalam sesi presentasi Sedulur.

BACA JUGA: 10 Contoh Company Profile Beserta Cara Membuatnya

3. Perkenalkan diri

pembukaan presentasi
Depositphotos

Cara melakukan pembukaan presentasi dengan baik dan tepat yang dapat Sedulur coba selanjutnya adalah memperkenalkan diri sejelas mungkin. Perlu diingat, tidak semua orang yang hadir dalam sesi presentasi tersebut mengenal siapa Sedulur. Bisa jadi ada orang dari departemen lain, dari kelas lain, atau bahkan pihak luar yang diundang.

Menyambung dari poin sebelumnya, setelah menyambut siapa saja yang datang ke ruangan, Sedulur mulai bisa memperkenalkan diri secara jelas. Perkenalkan nama lengkap, kemudian nama panggilan, dan posisi Sedulur dalam lingkup presentasi tersebut.

Memperkenalkan diri juga dapat menarik perhatian audiens, karena sekarang audiens sudah mengerti setidaknya sekelebat tentang siapa yang berdiri di hadapannya dan menyampaikan informasi atau pesan pada sesi presentasi. Pun memperkenalkan diri Sedulur dapat membantu audiens untuk menyesuaikan diri mereka selama jalannya presentasi. Contohnya, apabila Sedulur memiliki jabatan yang tinggi dalam lingkup itu, maka audiens akan menyesuaikan cara mereka untuk bertanya, menyampaikan pendapat, serta memberi masukan terhadap presentasi yang Sedulur lakukan.

4. Ungkapkan tujuan presentasi

Kalimat pembukaan presentasi contoh selanjutnya yang dapat Sedulur coba selanjutnya adalah mengungkapkan tujuan presentasi. Seperti yang telah disinggung pada poin di atas, setiap orang yang hadir dalam ruangan presentasi tentunya memiliki kesibukannya masing-masing. Mereka bisa saja mengingat jadwal-jadwal presentasi atau rapat yang perlu dihadiri pada hari itu. Namun, belum tentu mereka mengingat apa yang akan dibahas pada sesi tersebut.

Maka dari itu, salah satu tugas utama Sedulur sebagai orang yang melakukan presentasi adalah mengingatkan kembali kenapa mereka diminta kehadirannya pada saat itu dengan mengungkapkan tujuan presentasi.

Penjelasan tujuan presentasi perlu dilakukan secara gamblang namun sesingkat mungkin, karena ini hanya bagian awal dari sesi presentasi. Jika presentasi Sedulur diibaratkan sebagai suatu karya tulis ilmiah, maka bagian mengungkapkan tujuan presentasi sebagai abstrak sebuah karya tulis ilmiah.

Audiens pastinya akan semakin memperhatikan Sedulur setelah mengetahui garis besar pembahasan presentasi, betapa signifikannya informasi, pesan, data, dan ulasan yang akan disampaikan.

5. Menjelaskan isu atau masalah yang ingin diangkat

pembukaan presentasi
Depositphotos

Cara melakukan pembukaan presentasi kelompok singkat dengan baik dan tepat yang dapat Sedulur coba selanjutnya adalah menjelaskan isu atau masalah yang ingin diangkat. Hampir mirip dengan poin empat yang sebelumnya kita ulas, menjelaskan isu atau masalah yang hendak dibahas sangatlah penting untuk mengingatkan betapa signifikannya presentasi yang akan Sedulur sampaikan.

Lebih daripada itu, audiens akan setidaknya sudah mempersiapkan diri ketika tahu pembahasan utama dari sesi ini. Persiapan audiens tersebut dapat berupa macam-macam, seperti siap untuk memberikan perhatian penuh, siap untuk mencatat poin-poin penting, siap untuk menyampaikan pertanyaan umum yang sekiranya berkaitan dengan pembahasan, dan lain sebagainya.

Penjelasan isu atau masalah yang ingin disampaikan sebaiknya dilakukan secara singkat saja, namun tetap jelas dan padat. Sedulur tentunya tidak ingin membeberkan fakta serta data yang telah dikumpulkan begitu saja di sesi pembukaan presentasi ini karena akan membuat kerancuan pada susunan presentasi yang sudah direncanakan.

6. Kemukakan aturan dalam sesi tanya-jawab

Cara melakukan pembukaan presentasi kelompok dengan baik dan tepat yang dapat Sedulur coba selanjutnya adalah mengemukakan aturan dalam sesi tanya-jawab. Walaupun sesi tanya-jawab mayoritas berada di akhir sesi, namun tidak ada salahnya jika Sedulur terlebih dahulu menjelaskan aturan dalam sesi tanya-jawab nanti.

Hal tersebut dapat Sedulur lakukan sebagai sebuah penegasan bahwa nantinya akan diadakan sesi khusus tanya-jawab berkaitan dengan materi presentasi. Selain itu, penyampaian aturan dalam sesi tanya-jawab di awal presentasi dapat membantu audiens untuk menyiapkan pertanyaan dengan sesuai aturan yang Sedulur kehendaki.

Mengemukakan aturan dalam sesi tanya-jawab pada saat membuka presentasi juga secara tidak langsung menambah antusiasme audiens untuk menyimak presentasi lalu memberikan pendapat, pertanyaan, serta masukan terkait informasi dan pesan yang Sedulur akan sampaikan. Sebagai catatan, Sedulur tidak perlu mempersulit diri sendiri dan audiens dengan membuat peraturan sesi tanya-jawab yang terlalu diperinci.

BACA JUGA: Cara Menghitung Rumus Luas Segitiga Beserta Kelilingnya

Contoh kalimat pembukaan presentasi

Sebelumnya telah Sedulur pahami tentang bagaimana cara melakukan pembukaan presentasi yang baik dan tepat. Beberapa cara yang telah dijelaskan tadi meliputi menarik perhatian audiens, menyambut mereka dengan baik, memperkenalkan diri Sedulur, mengungkapkan tujuan presentasi, menggaris bawahi isu atau masalah yang hendak diangkat, serta mengemukakan aturan sesi tanya-jawab.

Berikut ini terdapat delapan contoh kalimat pembukaan presentasi yang dapat menjadi inspirasi Sedulur. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Kalimat pembukaan dengan perkenalan diri

pembukaan presentasi
Depositphotos

Contoh kalimat pembukaan presentasi yang pertama adalah dengan perkenalan diri. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, perkenalan diri Sedulur ini dapat menarik perhatian audiens ketika sesi presentasi hendak dimulai.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan perkenalan diri yang dapat Sedulur coba:

Selamat pagi, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita semua. Sebelum masuk ke sesi presentasi inti, izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya adalah Lalisa Manoban, selaku Kepala Departemen Marketing di PT Born Pink Tbk. Dalam kesempatan ini, selama kurang lebih 15 menit ke depan saya ingin mempresentasikan tentang … yang pada tempo waktu telah kita singgung pada rapat bulanan. Topik ini menjadi penting untuk perhatian kita bersama karena …

2. Kalimat pembukaan presentasi dengan melemparkan pertanyaan

Contoh pembukaan presentasi online yang kedua adalah dengan melemparkan pertanyaan. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, cara melemparkan pertanyaan ini dapat membangkitkan rasa ingin tahu sekaligus perhatian dari audiens ketika sesi presentasi hendak dimulai.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan melemparkan pertanyaan yang dapat Sedulur coba:

Kawan-kawan Kelas 11 A sekalian yang saya banggakan, tentunya tiap-tiap dari kita sudah memahami betapa bahayanya merokok bagi kesehatan tubuh dan risiko yang dapat ditimbulkan. Tetapi, apakah kawan-kawan telah paham betul apa saja zat-zat yang terkandung dalam satu batang rokok tersebut? Tar dan nikotin, tentunya menjadi jawaban yang lazim diberikan. Namun, lebih daripada itu, terdapat kandungan lain yang menyebabkan rokok merusak tubuh. Maka dari itu, dalam presentasi berikut ini akan saya jelaskan secara rinci apa saja zat yang terdapat dalam rokok.” 

BACA JUGA: 10 Manfaat Matahari Bagi Alam dan Makhluk Hidup

3. Kalimat pembukaan dengan mengutip suatu pernyataan

pembukaan presentasi
Depositphotos

Contoh pembukaan presentasi formal yang ketiga adalah dengan mengutip suatu pernyataan. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, mengutip suatu pernyataan dapat menarik perhatian audiens ketika sesi presentasi hendak dimulai. Selain itu, kutipan dapat dijadikan awalan yang tepat sebelum masuk ke penjelasan isu atau masalah inti.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan mengutip suatu pernyataan yang dapat Sedulur coba:

Seth Godin, seorang penulis kenamaan sekaligus ahli marketing dari Negeri Paman Sam pernah berkata bahwa jangan mencari pelanggan untuk produk, tetapi temukanlah produk untuk pelanggan.

4. Kalimat pembukaan presentasi dengan menunjukkan data dan fakta

Contoh kalimat pembukaan presentasi yang keempat adalah dengan menunjukkan data dan fakta. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, menunjukkan data dan fakta dapat menjadi awalan yang tepat ketika hendak memaparkan masalah pada saat sesi presentasi akan dimulai.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan menunjukkan data dan fakta yang dapat Sedulur coba:

Berdasarkan data yang saya peroleh dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kematian akibat rokok di seluruh dunia setidaknya mencapai 3 juta jiwa, dimana 890.000 di antaranya adalah perokok pasif. Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan mencoba memaparkan temuan saya tentang bahaya rokok terhadap kesehatan tubuh kita.

5. Kalimat pembukaan dengan langsung menyampaikan maksud dan tujuan

Depositphotos

Contoh kalimat pembukaan presentasi yang kelima adalah dengan langsung menyampaikan maksud dan tujuan. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, secara langsung menyampaikan maksud dan tujuan dapat menjadi strategi yang bagus ketika hendak mencuri perhatian audiens pada saat sesi presentasi hendak dimulai. Selain itu, tanpa kebanyakan basa-basi juga bisa mempersingkat waktu dan memberi Sedulur keleluasaan dalam menyampaikan materi.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan langsung menyampaikan maksud dan tujuan yang dapat Sedulur coba:

Selamat siang teman-teman semua. Pada sesi presentasi ini saya akan menjelaskan strategi-strategi pemasaran yang telah saya dan tim kembangkan untuk menyambut kuartal baru yang akan segera datang. Dalam sekitar 15 menit ke depan, teman-teman dapat mencermati slide presentasi berikut ini dan sesi pertanyaan akan saya buka nanti di akhir.”  

BACA JUGA: Kisah Ashabul Kahfi Singkat Beserta Pelajaran Pentingnya  

6. Kalimat pembukaan presentasi dengan cerita pengalaman

Contoh pembukaan presentasi yang menarik keenam adalah dengan menceritakan pengalaman. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, menyampaikan cerita pengalaman dapat menjadi alternatif yang tepat untuk mencuri perhatian audiens pada saat sesi presentasi hendak dimulai.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan langsung menyampaikan maksud dan tujuan yang dapat Sedulur coba:

Saya masih ingat ketika masih kecil, jika ingin bermain gim tertentu, saya harus ke pergi ke warnet atau warung internet. Setelah tiba di sana, saya bilang ke abang penjaganya untuk menyewa komputer selama satu jam. Kemudian, teman-teman yang lain pun berdatangan, untuk bermain bersama saya pada permainan Point Blank, Lost Saga, atau Counter Strike. Itu adalah masa-masa yang menyenangkan sekaligus merepotkan. Berbeda dengan sekarang, untuk bermain gim apapun itu tidak perlu lagi harus keluar rumah karena internet, smartphone, laptop atau komputer sudah lebih terjangkau bagi kita semua.

7. Kalimat pembukaan dengan mengajak audiens untuk berimajinasi

Depositphotos

Contoh kalimat pembukaan presentasi yang ketujuh adalah dengan mengajak audiens untuk berimajinasi. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, mengajak audiens untuk membayangkan tentang sesuatu dapat menjadi cara yang baik agar perhatian audiens tertuju pada kita.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan langsung menyampaikan maksud dan tujuan yang dapat Sedulur coba:

Bayangkan segala kemudahan yang para pemilik toko kelontong ini dapatkan ketika ada sebuah aplikasi yang menyalurkan barang-barang pokok hingga ke daerah pelosok. Itulah salah satu celah yang perlu diisi dengan produk kita.

8. Kalimat pembukaan presentasi dengan lelucon

Contoh kalimat pembukaan presentasi lucu yang kedelapan adalah dengan lelucon. Sesuai dengan yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya tentang cara memulai presentasi yang baik dan benar, menyampaikan lelucon dapat menjadi solusi alternatif agar perhatian audiens tertuju pada kita. Selain itu, interaksi antara kita dengan audiens lebih mudah terbentuk dan lebih cair.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan dengan lelucon yang dapat Sedulur coba:

Orang-orang berduit ini aneh ya. Untuk kesehatan saja, harus sampai infus vitamin C. Mereka nggak pernah ke toko kelontong beli suplemen vitamin C ya, jangan-jangan?

Itulah beberapa penjelasan tips cara pembukaan presentasi yang dapat Sedulur praktekkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.