ashabul kahfi

Sedulur tentu sering mendengar kisah tentang Ashabul Kahfi yang juga diceritakan di dalam Al-Qur’an dalam surat Al-Kahfi ayat 9-26. Ashabul Kahfi menceritakan tentang 7 pemuda dan seekor anjing yang menghuni sebuah gua untuk menghindari seorang raja bernama Raja Diqyanus yang terkenal zalim dan penyembah berhala. 

Dalam banyak literatur diceritakan bahwa Ashabul Kahfi tidur selama 309 tahun lamanya. Penasaran dengan kisahnya? Simak cerita lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA : Kisah Nabi Luth dan Kaum Sodom yang Suka Berbuat Maksiat

Kisah singkat Ashabul Kahfi

ashabul kahfi
Mizan

Ashabul Kahfi adalah sekelompok pemuda beriman yang hidup pada zaman Raja Diqyanus di Romawi yang mana rajanya terkenal zalim dan congkak bahkan mengaku sebagai Tuhan. Hal tersebut dikarenakan selama kekuasaannya, Raja Diqyanus tidak pernah merasakan sakit, bahkan hanya sekedar berkeringat.

Raja Diqyanus mempunyai 6 kaki tangan yang selalu berada di samping kanan kirinya. Kaki tangan tersebut bernama Tamlikha, Muksalmina, dan Mikhaslimina yang selalu berada di samping kanan Raja. Sedangkan kaki tangan yang bernama Marthelius, Sidemius dan Casithius berada di samping kanan raja.

Pada suatu hari raja sedang duduk di singgasananya yang terbuat dari emas. Kemudian datanglah seorang prajurit yang mengabarkan bahwa istana raja akan di serang. Mendengar kabar tersebut, raja pun kaget, sehingga membuat mahkota yang terbuat dari emas yang sedang ia pakai pun terjatuh.

Melihat kejadian tersebut, seorang kaki tangan raja yang bernama Tamlikha merasa aneh. Ia berpikir bahwa seorang Tuhan tidak mungkin merasa khawatir jika istananya akan diserang. Tamlikha kemudian bercerita kepada kelima kaki tangan raja yang lainnya.

Tak disangka, mereka pun merasakan hal yang sama. Tanpa pikir panjang, keenam orang kepercayaan raja tersebut melarikan diri dari istana bahkan dari kota. Ketika sudah berjalan sejauh puluhan kilometer, keenam orang tersebut bertemu dengan seorang penggembala kambing.

Singkat cerita, mereka bersama-sama melarikan diri dari kota tersebut dan melepaskan diri dari raja Diqyanus yang zalim.

 BACA JUGA : Kisah Nabi Adam, Manusia Pertama yang Diciptakan Allah SWT

Disemen di dalam gua

ashabul kahfi
Cerita Islami

Mendengar kabar bahwa orang kepercayaannya melarikan diri, raja pun segera mencarinya. Tak tanggung-tanggung raja membawa 80 ribu bala tentara untuk mencari enam pemuda tersebut. Tak butuh waktu lama, raja pun akhirnya mengetahui mereka yang sedang bersembunyi di dalam gua. Dan pada saat itu, raja melihat mereka sedang tertidur pulas. Kemudian raja Diqyanus mengutus tentaranya untuk menutup pintu gua dengan batu dan juga semen. Ketujuh pemuda beserta seekor anjing pun terkurung di dalam gua tersebut tanpa mereka menyadari apa yang telah terjadi. 

Dihidupkan Kembali

ashabul kahfi
Republika

Atas kuasa Allah SWT, ketujuh pemuda beserta seekor anjing dicabut nyawanya dan tetap dibiarkan terlelap selama 309 tahun lamanya. Akan tetapi mereka hanya merasakan tidur selama satu malam saja. Setelah bangun dari tidur  mereka memutuskan untuk keluar dari gua dan mencari makanan. 

Setelah sampai di pasar, pedagang pun terheran-heran dengan uang yang mereka bawa, karena uang tersebut merupakan uang yang berlaku beradab-abad lalu. Mereka pun kemudian dibawa menghadap raja yang bernama Abdurrahman yang baik hati dan juga bijaksana. 

Karena kebijaksanaan raja tersebut, Ashabul Kahfi diberi kesempatan untuk menceritakan semua yang terjadi kepada mereka. Mendengar cerita tersebut, Raja Abdurrahman langsung mencium kaki pemuda tersebut. Pasalnya, kisah yang yang pernah diceritakan oleh Nabi Isa AS kepad umatnya benar-benar terjadi. 

Raja itu pun memberi kesempatan kepada pemuda tersebut untuk kembali ke gua  bertemu dengan teman-teman beserta anjingnya, pemuda tersebut didampingi oleh tentara kerajaan. Akan tetapi, sesampainya di gua tersebut pemuda yang bernama Tamlikha itu diminta oleh teman-temannya yang lain agar berdoa kepada Allah untuk dimatikan kembali agar keberadaan mereka tidak menggemparkan kerajaan.

Allah SWT pun mengabulkan doa mereka. Ketujuh pemuda beserta seekor anjing pun meninggal tanpa tak seorang pun mengetahuinya. Tentara yang diutus raja pun merasa heran karena selama tujuh hari tujuh malam tak ada satu pun orang yang keluar dari gua tersebut. 

Mendengar hal tersebut, raja pun bergegas pergi menuju gua untuk melihat kebenaran yang terjadi. Betapa kagetnya sang raja ketika sampai di sana ia melihat ketujuh pemuda beriman beserta seekor anjing sudah meninggal dunia. Kisah tersebut kemudian dikenal dengan kisah Ashabul Kahfi artinya 7 pemuda yang tertidur selama ratusan tahun dengan seekor anjing demi menghindari raja yang sangat kejam dan zalim. 

 BACA JUGA : Nama-nama Surga dalam Islam Beserta Penghuninya

Hikmah yang dapat diambil

ashabul kahfi
Pixabay

 

Dari kisah tersebut, kita dapat mengambil pelajaran dan hikmah diantaranya yaitu:

  • Selalu mementingkan agama Allah SWT
  • Selalu bertawakal kepada Allah SWT
  • Selalu berdo’a dan yakin bahwa doa kita akan selalu dikabulkan Allah SWT
  • Selalu percaya atas kekuasaan Allah SWT
  • Tidak boleh menyekutukan Allah SWT dengan menyembah berhala dan yang lainnya

Doa Ashabul Kahfi

iStock

Doa Ashabul Kahfi termasuk doa yang sangat dianjurkan untuk selalu dibaca setelah sholat. Bahkan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memerintahkan langsung langsung kepada masyarakat Indonesia untuk membaca doa ini. Berikut lafal doa Ashabul Kahfi yang diambil dari surat Al-Kahfi ayat 10.

رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya : ” Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Al-Kahfi : 10)

Demikianlah kisah tentang Ashabul Kahfi. Arti Ashabul Kahfi adalah 7 pemuda beriman yang  melarikan diri dari raja kejam dan tertidur di dalam gua selama ratusan tahun lamanya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari kisah tersebut untuk selalu bertaqwa kepada Allah Swt.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.