company profile

Apakah Sedulur tahu apa itu company profile? Sederhananya, pengertian company profile dapat dijelaskan sebagai profil perusahaan. Dengan kata lain, ini merupakan suatu pemaparan singkat mengenai perusahaan yang umumnya mencakup latar belakang, visi misi, hingga produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Lantaran berisikan tentang profil perusahaan, company profile memiliki tujuan untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik.

Ingin tahu lebih jauh mengenai company profile? Berikut sudah Super rangkum informasi selengkapnya. Simak sampai habis, ya, Sedulur!

BACA JUGA: 12 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Berikut Daftarnya

Pengertian company profile

company profile
Freepik

Company profile adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Telah disinggung sebelumnya bahwa pengertian company profile adalah pemaparan singkat atau ringkasan yang berisi tentang gambaran umum sebuah perusahaan.

Ringkasan ini umumnya mencakup profil perusahaan yang terdiri atas sejarah atau latar belakang berdirinya, visi dan misi, hingga bisnis yang dijalankan termasuk produk-produk yang dihasilkan dan dijual ke publik. Istilah company profile sendiri dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai profil perusahaan.

Tujuan profil perusahaan

Freepik

Telah diketahui bersama bahwa company profile berisikan gambaran umum mengenai suatu perusahaan terutama berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Hal ini menjadi penting untuk dapat memperkenalkan perusahaan kepada publik, baik masyarakat umum sebagai calon konsumen maupun klien dan investor dalam rangka mengembangkan bisnis perusahaan.

Sementara itu, berdasarkan definisinya, tujuan company profile perusahaan dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Memberikan informasi tentang gambaran umum perusahaan kepada publik.
  • Sebagai media untuk melakukan promosi brand perusahaan kepada masyarakat luas.
  • Memaparkan visi dan misi hingga keunikan perusahaan dalam rangka menarik investor maupun mitra bisnis.

BACA JUGA: Analisis SWOT: Pengertian, Manfaat, Contoh & Penggunaannya

Struktur company profile

Freepik

Profil perusahaan dapat disusun dengan bentuk dan struktur yang beragam. Media yang digunakan untuk membuatnya pun juga berbagai macam, seperti berupa brosur ataupun website. Meski demikian, bisa dipaparkan bahwa secara umum struktur company profile adalah sebagai berikut.

1. Cover

Jika membuat company profile dalam bentuk brosur cetak, kehadiran cover atau sampul tentu memiliki peranan penting. Pasalnya hal ini juga dapat menambah nilai estetika yang bisa menunjukkan karakter perusahaan. Di sisi lain, cover perusahaan dapat ditampilkan berupa foto maupun ilustrasi yang mewakili bisnis perusahaan.

2. Sejarah atau latar belakang perusahaan

Sejarah atau latar belakang perusahaan dapat menjadi nilai tambah yang sekaligus menunjukkan arah perusahaan. Oleh karenanya informasi ini penting untuk ditampilkan dalam profil perusahaan. Misalnya latar belakang didirikan, kapan berdiri, siapa pendiri, hingga perkembangannya sejak didirikan hingga saat ini. Selain itu juga dapat diberikan informasi tentang struktur organisasi perusahaan hingga daftar pimpinan perusahaan.

3. Visi dan Misi

Sebuah perusahaan tentu harus memiliki visi dan misi. Kedua hal ini menjadi petunjuk mengenai apa yang ingin dicapai hingga bagaimana cara kerja perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga dengan visi dan misi ini, arah kegiatan bisnis perusahaan menjadi lebih jelas.

4. Informasi produk atau jasa

Umumnya perusahaan berdiri untuk menjalankan bisnis dengan menawarkan produk atau jasa tertentu. Informasi mengenai produk dan jasa tersebut bisa turut ditampilkan dalam profil perusahaan yang sekaligus menunjukkan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan demikian publik dapat mengetahui produk apa saja yang dihasilkan maupun jasa yan ditawarkan oleh perusahaan. Di samping itu, informasi mengenai produk dan jasa ini juga bisa dilengkapi dengan testimoni dari konsumen.

BACA JUGA: Kepemimpinan adalah: Pengertian, Macam, Fungsi & Tujuannya

Cara membuat profil perusahaan

Freepik

Untuk membuat profil perusahaan, Sedulur perlu untuk memperhatikan unsur-unsur atau informasi apa saja yang akan ditampilkan. Secara umum, unsur-unsur atau beberapa hal yang penting untuk ditampilkan dalam isi company profile di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Detail perusahaan yang mencakup nama perusahaan, sejarah berdiri termasuk tanggal didirikan, alamat perusahaan, hingga informasi kontak perusahaan seperti nomor telepon, alamat email, dan alamat website. Pada era digital ini, profil perusahaan juga bisa dilengkapi dengan informasi tentang media sosial perusahaan.
  • Informasi dasar perusahaan seperti visi dan misi, bisnis yang dijalankan termasuk produk maupun jasa yang ditawarkan, informasi tentang pendiri dan petinggi perusahaan, hingga struktur organisasi.
  • Pencapaian perusahaan, yang meliputi prestasi, testimoni, hingga penjualan tahunan dan perkembangan perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Sebuah profil perusahaan juga dapat dilengkapi dengan dokumentasi perusahaan seperti foto-foto kegiatan bisnis yang dilakukan hingga potret karyawan dan tokoh berpengaruh seperti pendiri dan pimpinan perusahaan.

BACA JUGA: 5 Skill Perusahaan yang Wajib Dimiliki di Perusahaan Startup

Contoh company profile

Untuk lebih memahami tentang profil perusahaan, berikut ini ada beberapa contoh company profile sederhana yang bisa Sedulur simak. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, profil perusahaan dapat dibuat dengan beragam bentuk dan media yang disesuaikan dengan target audiens maupun kebutuhan lainnya.

1. Buku

 

company profile
99

Contoh proposal company profile yang pertama adalah dalam bentuk buku atau majalah perusahaan. Tidak perlu tebal, buku mengenai perusahaan ini dapat disusun hanya dengan beberapa halaman saja namun berisi informasi lengkap tentang perusahaan. Selain itu, buku profil perusahaan ini juga dibuat dengan desain yang menarik disertai foto yang menampilkan kegiatan bisnis perusahaan.

2. Brosur

Sribu

Brosur merupakan salah satu bentuk company profile yang paling banyak dijumpai. Biasanya perusahaan membuat brosur untuk dibagikan secara langsung maupun disediakan di bagian lobby atau area tunggu untuk perusahaan yang menyediakan layanan jasa.

3. Website atau situs resmi perusahaan

Meson

Di era digital, hampir setiap perusahaan telah memiliki website atau situs resmi. Bahkan keberadaan website resmi perusahaan ini kerap dijadikan salah satu cara untuk mengecek kredibilitas sebuah perusahaan di samping menjadi jujukan untuk mencari informasi tentang perusahaan.

 

4. Profil perusahaan dalam bentuk video singkat

CNN Indonesia

Company profile juga bisa dibuat dalam bentuk video. Sama halnya dengan bentuk lain, video profil perusahaan ini akan menampilkan informasi mengenai perusahaan dilengkapi dengan dokumentasi dalam bentuk video.

 

5. Company profile di aplikasi

cara pinjam pulsa telkomsel
Detik

Bagi perusahaan yang memiliki produk berupa aplikasi, profil perusahaan dapat turut ditampilkan dalam aplikasi tersebut. Umumnya profil akan dicantumkan pada menu “about us” atau “tentang kami.”

Contoh profil dari berbagai perusahaan

 

Sementara itu, berikut adalah beberapa contoh company profile yang dibuat oleh brand-brand kenamaan dunia:

1. BCA

company profile
Dewaweb

2. Starbucks

company profile
Meson

3. Philips

company profile
Nore.web.id

4. Bloomberg

Ekrut
 

5. Google

Ekrut

Demikian tadi pembahasan lengkap tentang company profile atau profil perusahaan. Dapat dipahami bahwa informasi singkat mengenai perusahaan ini memiliki peran penting bagi sebuah perusahaan terutama dalam rangka memperkenalkan perusahaan serta bisnis yang dijalankan kepada publik. Semoga artikel ini bisa membantu Sedulur dalam memahami company profile, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.