pancasila sebagai ideologi negara

Pancasila sebagai ideologi negara adalah berarti Pancasila mengandung nilai dasar yang selalu relevan sepanjang zaman. Kumpulan mengenai nilai-nilai kehidupan yang diyakini kebenarannya lalu kemudian digunakan dalam mengatur masyarakat, itulah yang disebut dengan ideologi.

Pancasila mudah diterima oleh masyarakat Indonesia sebagai ideologi yang bisa bertahan atau pudar tergantung daya tahan dari ideologi itu. Sebab, Pancasila mempunyai ikatan budaya yang berkembang secara alami dalam kehidupan masyarakat Indonesia, bukan secara paksaan.

Diketahui, Pancasila sebagai ideologi negara mempunyai beberapa fungsi dan dimensi yang penting untuk diketahui. Apa fungsi Pancasila sebagai ideologi negara? Nah, terkait penjelasan mengenai Pancasila dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari, berikut ulasan lebih lengkapnya.

BACA JUGA : Susu untuk Tulang Berkalsium Tinggi untuk Atasi Osteoporosis

1. Makna Pancasila

Arti Dan Makna Pancasila Sebagai Ideologi Negara
tirto

Pancasila merupakan satu-satunya sebuah landasan paling utama untuk bangsa Indonesia untuk menjalankan kehidupan bernegara. Itulah mengapa wajib bagi diri kita dalam memahami makna Pancasila sebagai pandangan hidup masyarakat Indonesia. 

Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari dua kata yaitu panca  yang memiliki arti lima dan sila adalah sebuah prinsip atau asas. Pancasila sebagai ideologi tidak diciptakan oleh negara melainkan rumusan sari-sari dari kebudayaan masyarakat Indonesia yang dituangkan dalam lima nilai utama atau sila.

Ada lima prinsip yang dijadikan sila dalam Pancasila yaitu, Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan,  dan terakhir adalah Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Agar mengetahui lebih rinci mengenai kelima sila tersebut, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Ketuhanan yang Maha Esa

Dalam Sila pertama ini diartikan sebagai agar kita sebagai warga negara Indonesia mempercayai dan bertakwa pada Tuhan. Tentunya ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Maka dari itu, makna Pancasila pertama ini bisa diartikan agar kita perlu saling menghormati antar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang rukun.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab menjelaskan bahwa sebagai warga negara Indonesia diminta untuk memahami bahwa setiap manusia mempunyai drajat yang sama, jadi harus saling menyayangi satu dengan yang lain. Tidak hanya itu, sebagai manusia saling membantu kepada sesama.

Persatuan Indonesia

Sila ketiga memiliki bunyi persatuan Indonesia, bahwa sebagai warga negara harus menempatkan kesatuan, persatuan dan kepentingan suatu negara dari kepentingan masing-masing. Dan harus mempunyai kepribadiaan yang rela untuk berkorban demi negara Indonesia serta mencintai bangsa Indonesia besertaa Tanah Airnya.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan

Sila keempaat intinya mengajak untuk tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain dan selalu mengutamakan kepentingan negara dan orang lain

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sila terakhir memberikan arti mengembangkan perbuatan luhur dengan cara kekeluargaan dan gotong royong dan selalu bersikap adil. Tidak hanya itu, kita harus seimbang antara hak dan kewajiban serta harus menghormati hak orang lain.

BACA JUGA : 10+ Rekomendasi Pemutih Wajah yang Aman & Terpercaya

2. Pancasila sebagai ideologi negara

Arti Dan Makna Pancasila Sebagai Ideologi Negara
lsisi

Arti dari pancasila yang ditetapkan sebagai ideologi negara yaitu dijadikannya ideologi sebagai pedoman oleh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupannya. Pancasila mudah diterima masyarakat indonesia sebagai ideologi negara karena nilainya yang memang diambil dari masyarakat sendiri. Perumusan pancasila sebagai ideologi dilakukan oleh para pendiri bangsa dengan merefleksikan sifat serta karakteristik masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Jerawat yang Ampuh

3. Ideologi

Arti Dan Makna Pancasila Sebagai Ideologi Negara
suara

Kata Ideologi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang diambil dari  2 kata yaitu  idea dan logos. Idea memiliki arti sebagai ide, gagasan, buah pikir, atau konsep. Sementara itu kata  logos memiliki arti hasil dari sebuah pemikiran. Jadi berdasarkan bahasa, ideologi adalah ilmu yang mencakup ilmu kajian asal mula, juga hakikat buah pikir atau gagasan.

4. Fungsi pancasila sebagai ideologi negara

Arti Dan Makna Pancasila Sebagai Ideologi Negara
tirto
  • Menyatukan bangsa Indonesia, memperkukuh dan memelihara kesatuan dan persatuan.
  • Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya.
  • Memberikan kemauan untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa Indonesia.
  • Menerangi dan mengawasi keadaan, serta kritis kepada adanya upaya untuk mewujudkan citra-cita yang terkandung di dalam Pancasila.
  • Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan dari bangsa Indonesia.

5. Dimensi pancasila

BPIP

Setelah tadi membahas mengenai fungsi Pancasila sebagai ideologi negara, selanjutnya kita akan menjabarkan apa saja dimensi-dimensi dalam Pancasila. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Dimensi Idealitas

Dimensi idealitas artinya ideologi Pancasila mengandung harapan-harapan dan cita-cita di berbagai bidang kehidupan yang ingin dicapai masyarakat.

Dimensi Realitas

Dimensi realitas diartikan sebagai nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya bersumber dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat penganutnya, yang menjadi milik mereka bersama dan yang tak asing bagi mereka.

Dimensi Normalitas

Dimensi normalitas selanjutnya diartikan sebagai Pancasila mengandung nilai-nilai yang bersifat mengikat masyarakatnya berupa norma atau aturan yang harus dipatuhi maupun ditaati yang sifatnya positif.

Dimensi Fleksilibilitas

Demensi Fleksibilitas artinya ideologi Pancasila dapat mengikuti perkembangan zaman, atau dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman, dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, serta bersifat terbuka dan demokratis.

6. Makna Pancasila sebagai dasar negara

thegorbalsla

Makna pancasila sebagai dasar negara bisa didefinisikan sebagai kaidah negara yang bersifat fundamental. Sebagai ideologi negara atau sebagai pandangan hidup bangsa pancasila merupakan akar dari berdirinya hukum dasar di Indonesia, baik itu yang tertulis ataupun yang tidak tertulis.

Semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara Indonesia sudah seharusnya bersumber dan ada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental. Pancasila digunakan sebagai dasar atau fundamen untuk mengatur pemerintah negara, atau pun sebagai dasar untuk mengatur seluruh penyelenggaraan negara. 

Demikian penjelasan mengenai pancasila sebagai ideologi negara lengkap beserta arti dan maknanya. Sebagai bangsa yang besar tentu jangan sampai lupa dengan Pancasila ya Sedulur. Kelima silanya adalah sesuatu yang perlu Sedulur maknai dan tanamkan dalam setiap aspek kehidupan Sedulur.