Panca Sradha merupakan salah satu konsep dasar yang ada di dalam agama Hindu. Agama Hindu sendiri merupakan sebuah keyakinan yang banyak dianut oleh masyarakat Asia Selatan, terutama di negara-negara seperti Nepal dan India.

Berasal dari bahasa Sanskerta, Hindu menawarkan keabadian atau kekekalan yang harus dilakukan oleh semua umat tanpa memandang sekta, kasta, maupun strata. Agama Hindu pun menekankan kesucian, pengendalian diri, dan juga kejujuran.

Sebagai umat Hindu yang taat, tentunya Panca Sradha menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Kalau begitu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Panca Sradha? Simak ulasan berikut ini, yuk Sedulur!

BACA JUGA: Pengertian Hujan Orografis Beserta Manfaat dan Prosesnya

Panca Sradha, sebuah konsep dasar dalam agama Hindu

panca sradha
Depositphotos

Layaknya umat-umat agama lain, umat Hindu juga memiliki keteguhan dan keyakinan yang kuat terhadap agamanya. Khususnya dalam agama yang indah ini, kepercayaan umat Hindu didasarkan pada sebuah konsep mendasar, dimana ia membuat setiap umat Hindu percaya pada keberadaan Tuhan atau Sang Hyang Widhi Wasa.

Konsep mendasar tersebut terdiri dari lima aspek, biasa disebut sebagai Panca Sradha. Yuk, simak apa saja aspek-aspek yang di dalam Panca Sradha ini!

BACA JUGA: Mengenal Manfaat Terapi Bekam untuk Kesehatan

1. Keyakinan terhadap Brahman atau Widhi Tattwa

panca sradha
Depositphotos

Panca Sradha yang pertama adalah keyakinan umat Hindu terhadap Brahman atau Widhi Tattwa. Pada ajaran ini, umat Hindu akan berfokus kepada keyakinannya terhadap Tuhan atau Brahman.

Dalam ajarannya pula, terdapat beberapa nama lain dari Tuhan, seperti Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Nama-nama lain tersebut menyiratkan bahwa umat Hindu akan senantiasa percaya kepada kuasa Tuhan, dimana Ia merupakan Sang Maha Esa, Maha Kuasa, dan juga Maha Segalanya.

BACA JUGA: Tertinggi hingga Terendah! Ini Urutan Pangkat TNI AD, AU, dan AL

2. Keyakinan terhadap Atman atau Atman Tattwa

panca sradha
Depositphotos

Panca Sradha yang kedua adalah keyakinan terhadap Atman atau Atman Tattwa. Atman Tattwa juga sering disebut kepercayaan terhadap Roh Suci. Dalam ajaran ini, umat Hindu meyakini pula bahwa ada keberadaan dan kuasa dari Jiwatman yang dapat membuat manusia menjalani kehidupannya. Menurut ajaran agama Hindu, Atman diyakini memiliki sifat kekal dan sempurna.

BACA JUGA: Mengenal Force Majeure Secara Hukum dan Contohnya

3. Keyakinan terhadap Karmaphala atau Karmaphala Tattwa

panca sradha
Depositphotos

Panca Sradha yang ketiga adalah keyakinan terhadap Karmaphala atau Karmaphala Tattwa. Dalam istilah tersebut, Sedulur akan mendapati kata ‘karma’, dimana ia berarti perilaku atau perbuatan. Sedangkan kata ‘phala’ dapat dimengerti sebagai hasil yang diperoleh.

Ketika dua kata tersebut digabungkan, Karmaphala dapat dimaknai sebagai hasil perbuatan yang seseorang lakukan semasa hidupnya. Umat Hindu percaya akan hukum sebab-akibat. Ketika seseorang berbuat baik, maka nantinya akan banyak kebahagiaan juga yang datang kepadanya. Ketika seseorang terus berbuat buruk, siap-siap saja berbagai cobaan akan menghadang nanti.

Karmaphala dalam ajaran agama Hindu dibedakan menjadi tiga bagian waktu, mulai dari masa kini atau sekarang, nanti atau hari esok, hingga masa depan.

BACA JUGA: 40 Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat yang Berkesan

4. Keyakinan terhadap Samsara atau Samsara Tattwa

Depositphotos

Panca Sradha yang keempat adalah keyakinan terhadap Samsara atau Samsara Tattwa. Samsara dapat diartikan sebagai reinkarnasi, penjelmaan kembali, kelahiran kembali. Samsara sendiri merupakan proses atau bagian dari Punarbhawa, kelahiran berulang-ulang.

Dalam agama yang diajarkan, para umat Hindu percaya bahwa setiap ruh akan lahir kembali dari Tuhan ke dalam wujud tertentu, dan tentunya dalam keadaan yang sempurna dan suci.

5. Keyakinan terhadap Moksa atau Moksa Tattwa

Depositphotos

Panca Sradha yang kelima adalah keyakinan terhadap Moksa atau Moksa Tattwa. Moksa adalah istilah untuk proses bersatunya Brahman dengan Atman. Persatuan tersebut tidak terjadi tanpa alasan, karena sejatinya tujuan tertinggi dari agama Hindu adalah mencapai Jagadhita dan Moksa.

Secara sederhana, masyarakat Hindu percaya bahwa adanya Panca Sradha akan membuat mereka lebih mengetahui mana hal yang baik dan buruk. Apa yang dilakukan saat ini akan memberikan hasil yang setimpal nantinya, seperti keyakinan Karmaphala.

Nah Sedulur, itu dia informasi singkat dari Panca Sradha. Ia merupakan konsep kepercayaan dalam agama Hindu yang terdiri dari keyakinan terhadap Brahman atau Widhi Tattwa, Atman atau Atman Tattwa, Karmaphala atau Karmaphala Tattwa, Samsara atau Samsara Tattwa, dan Moksa atau Moksa Tattwa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.