manfaat bekam

Banyak pengobatan tradisional yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, banyak juga penelitian ilmiah yang telah membuktikan bahwa pengobatan tradisional memiliki manfaat yang tinggi. Salah satu pengobatan tradisonal yang dimaksud yaitu bekam.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa manfaat bekam yang bisa mengobati kesehatan tubuh. Sebelum membahas berbagai manfaat bekam, kita simak terlebih dahulu penjelasan terkait pengobatan bekam itu sendiri.

BACA JUGA: 10 Manfaat Plank untuk Kesehatan Tubuh Beserta Caranya

Bekam terapi tradisional

iStock

Bekam merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok dan Timur Tengah. Praktik ini pada awalnya dilakukan dengan menempatkan cangkir pada titik-titik tertentu di area kulit seseorang. Cangkir-cangkir tersebut akan menghisap kulit dan mengeluarkan darah kotor.

Bekam sendiri dipercaya dapat meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh. Dilansir dari Men”s Health, Houman Danesh, M.D., asisten profesor dari pengobatan anestesi dan rehabilitasi Rumah Sakit Mount Sinai menyebut bahwa aliran darah merupakan cara tubuh menyembuhkan diri secara natural.

Manfaat bekam dianggap dapat meningkatkan sirkulasi darah ke arae tempat cangkir diletakkan dan dapat mengatasi beberapa gejala dan masalah kesehatan seperti:

  • Meredakan ketegangan otot
  • Meningkatkan aliran darah secara keseluruhan
  • Mendorong perbaikan sel

Bukan hanya itu, bekam juga dapat membantu membentuk jaringan ikat baru dan membuat pembuluh darah baru di dalam jaringan. Sementara itu, terapi bekam sendiri memiliki dua jenis terapi, dua jenis terapi tersebut yaitu:

  • Bekam kering yang hanya mengisap
  • Bekam basah yang dapat melibatkan isapan dan kontrol terhadap perdarahan

Manfaat bekam untuk kesehatan

manfaat bekam
iStock

Bekam merupakan terapi yang dikombinasikan dengan akupuntur. Bekam dan akupuntur dalam satu pengobatan yang sama dilakukan dapat memberikan manfaat yang tinggi. Isapan yang merupakan keutamaan dari bekam dan tekanan yang merupakan keutamaan dari akupuntur dapat mengendurkan otot, mendorong aliran darah dan menenangkan sistem saraf.

Maka dari itu, wajar jika banyak manfaat bekam yang dapat dirasakan oleh tubuh. Pengobatan untuk mengatasi masalah seperti meredakan nyari punggung dan leher, otot kaku, gelisah dan kelelahan, migrain, rematik, selulit dan masalah kesehatan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar manfaat bekam yang bisa dirasakan oleh tubuh yang mengalami berbagai kendala, yaitu:

1. Meningkatkan sirkulasi

iStock

Manfaat bekam yang pertama yaitu dapat meningkatkan sirkulasi. Hal tersebut disebabkan karena metode pengobatan ini dapat meningkatkan sirkulasi ke area di tempat cangkir disimpan. Aliran dara tambahan ke area tersebut dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan perbaikan sel.

Meningkatkan sirkulasi dengan terapi ini juga membantu mengurangi munculnya selulit dan permasalahan lainnya. Tentu hal tersebut ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh Sedulur.

2. Melepaskan racun

manfaat bekam
iStock

Di dalam tubuh kita, terdapat banyak racun yang tersimpan dalam tubuh. Racun tersebut berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, serta juga sumbangan dari polusi udara yang kita hirup. Racun-racun dalam tubuh tersebut bisa menimbulkan penyakit dalam tubuh.

Racun dalam tubuh yang ada di darah tersebut disebabkan oleh gaya hidup. Biasanya, gaya hidup modern dapat membebani tubuh dengan racun. Terapi bekam dapat memberikan tubuh dorongan dalam melepaskan racun dalam tubuh.

Aliran darah yang terfokus membantu tubuh dengan membuang racun yang menumpuk melalui sistem limfatik. Sebagai informasi, sistem limfatik bertanggung jawab untuk menghilangkan racun dan limbah dalam tubuh.

3. Dapat mengurangi kecemasan

iStock

Manfaat lain dari bekam yaitu dapat mengurangi kecemasan. Terapis akan menggeserkan cangkir di atas kulit, sistem saraf parasimpatis akan terlibat. Hal tersebut memberikan relaksasi yang dalam untuk bergerak ke seluruh tubuh. Sistem saraf parasimpatis sendiri bertanggung jawab untuk:

  • Memperlambat detak jantung
  • Membantu pencernaan
  • Meningkatkan aktivitas usus dan kelenjar

Dari kondisi tersebut, kecemasan yang dialami oleh Sedulur dapat diatasi dengan terapi tradisional bekam ini.

4. Dapat mengurangi bekas luka

manfaat bekam
iStock

Bekam juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan stretch mark dan bekas luka. Peningkatan aliran darah memungkinkan tubuh membuang racun, memulihkan sirkulasi limfatik, dan membantu menghilangkan edema (cairan berlebih).

Hal tersebut yang membantu mengurangi munculnya jaringan parut. Bahkan jika dilakukan secara rutin, bekas luka dan stretch mark dapat menghilang secara perlahan.

5. Memperbaiki varises dan spider veins

iStock

Varises merupakan pembuluh darah kebiruan yang menonjol tepat di bawah kulit, umumnya terjadi di tungkai dan kaki. Kondisi ini disebabkan karena katup di dalam vena tidak berfungsi dengan baik, katup tidak secara efektif mendorong darah dari otot kembali ke jantung.

Sehingga darah tersumbat dan pembuluh darah berputar dan membengkak, dengan bekam dapat membantu aliran darah dan oksigen ke area yang bermasalah.

6. Membersihkan hidung tersumbat dan mengobati asma

manfaat bekam
iStock

Bekam juga dapat membersihkan hidung tersumbat dan mengobati asma. Bekam secara tradisional dapat mengobati gangguan paru-paru seperti batuk dan asma. Bekam sendiri merupakan metode yang dapat bekerja dengan membawa darah yang kaya akan oksigen dan getah bening ke paru-paru serta otot pernapasan lainnya.

Cangkir bekam yang diletakkan di dalam punggung juga dapat diletakkan di dada. Sehingga ketika cangkir ditempatkan di dada, dan hal tersebut dapat menggerakkan cairan getah bening. Para terapis bekam akan membiarkan cangkir di dada.

Bekam di area kepala dan wajah bisa dilakukan untuk membuka sumbatan pada sinus, sehingga bukan hanya mengatasi hidung tersumbat namun juga mengatasi sakit kepala, kelumpuhan wajah dan lainnya.

BACA JUGA: 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

7. Membersihkan penyumbatan usus besar

iStock

Manfaat bekam terakhir yaitu dapat membersihkan penymbatan usus besar. Karena bekam dapat meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan. Dengan bagitu, bekam sendiri bisa bermanfaat untuk kesehatan perut dengan merangsang bagian dalam organ pencernaan.

Manfaat lain bekam

manfaat bekam
iStock

Beberapa manfaat terkait bagian perut dan organ pencernaan di antaranya yaitu:

  • Gerakan peristaltik (kontraksi yang mendorong makanan melalui saluran pencernaan)
  • Membantu membersihkan penyumbatan usus besar
  • Mendorong darah dan cairan tubuh untuk bergerak melalui organ
  • Membantu meredakan gangguan pencernaan

Dari metode dan pengobatan tradisional bekam, terdapat beberapa penyakit lain yang secara efektif dapat diobati oleh bekam, yaitu:

  • Spondilosis servikal (nyeri akibat rusaknya ruas tulang leher dan bantalannya, sehingga menekan saraf tulang belakang)
  • Herpes zoster (infeksi yang disebabkan virus, pada tubuh seperti cacar air)
  • Mengobati jerawat
  • Kelumpuhan wajah dan nyeri bagian tubuh

Kondisi lain yang dapat diatasi oleh pengobatan tradisional ini yaitu:

  • Depresi
  • Sakit punggung
  • Tekanan darah tinggi
  • Eksim
  • Kesuburan
  • Arthritis
  • Fibromyalgia
  • Diabetes
  • Anemia
  • Insomnia

Nah itulah tadi beberapa manfaat bekam yang bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh. Semoga penjelasan di atas dapat membuat Sedulur untuk mencoba pengobatan bekam agar tubuh Sedulur bisa semakin sehat dan bugar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.