pangkat tni

Mengetahui urutan pangkat TNI (Tentara Nasional Indonesia) akan membuat kita lebih paham tentang tugas dan tanggung jawab mereka. Ya, angkatan militer di setiap negara itu pasti mempunyai pangkat, walaupun ketentuan dan standarnya berbeda-beda.

Dalam militer, pangkat itu sangat penting karena menjadi acuan dalam kewajiban, tanggung jawab, serta hak-haknya. Sebagai pertahanan utama dari sebuah negara, kedisiplinan akan tanggung jawab menjadi hal yang amat penting, terlebih lagi ketika mereka sedang menjalankan suatu misi atau operasi.

TNI sendiri mempunyai daftar kepangkatan yang secara garis besar terbagi dalam tiga, yaitu perwira, tamtama, dan bintara. Ketiga jenjang pangkat tersebut kini telah diterjemahkan oleh tiga matra TNI, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

BACA JUGA: Peta Indonesia Telengkap dengan Gambar & Profil Provinsinya

Peraturan pemerintah tentang pangkat TNI

pangkat tni
tagar

Tanda kepangkatan untuk TNI AD, AL dan, AU beserta Kepolisian Republik Indonesia (Polri)  telah disetarakan dalam Peraturan Pemerintah Tahun 1973. Akan tetapi, pada 2001 Polri dipisahkan dari TNI, sehingga keduanya mengenakan tanda kepangkatan yang tidak sama.

Selain itu, pada 29 September 1997 pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP), yang menyempurnakan PP sebelumnya dikeluarkan pada 11 Maret 1990. Di dalam peraturan baru tersebut, telah ditambahkan pangkat kehormatan bagi perwira tinggi untuk masing-masing angkatan TNI.

Untuk Angkatan Darat (AD), adalah Jenderal Besar. Kemudian untuk Angkatan Laut (AL) yakni Laksamana Besar. Dan untuk Angkatan Udara (AU) adalah Marsekal Besar.

Pangkat TNI AD (Angkatan Darat)

pangkat tni
kunciberita

TNI AD merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di wilayah darat. Di bawah merupakan urutan dari pangkat TNI AD dari terendah sampai tertinggi.

1. Tamtama

Dalam struktur kepangkatan Tamtama, terdapat tiga jenjang, yakni Prajurit Kepala (Praka), Prajurit Satu (Pratu), dan Prajurit Dua (Prada).

2. Tamtama Kepala

Terdapat tiga pangkat dalam Tamtama Kepala, yakni Kopral Kepala (Kopka), Kopral Satu (Koptu), dan Kopral Dua (Kopda).

3. Bintara

Struktur kepangkatan Bintara terbagi menjadi empat jenjang pangkat, yaitu Sersan Mayor (Serma), Sersan Kepala (Serka), Sersan Satu (Sertu), dan Sersan Dua (Serda).

4. Bintara Tinggi

Dalam struktur kepangkatan Bintara Tinggi, hanya ada dua pangkat. Pembantu Letnan Satu (Peltu) yang ditandai dengan simbol dua garis bergelombang, serta Pembantu Letnan Dua (Pelda) dengan simbol satu garis bergelombang.

5. Perwira Pertama

Kepangkatan dalam Perwira Pertama (pama) ini dibagi menjadi tiga jenjang, yakni pangkat tertinggi Kapten dengan tanda simbol tiga garis, kemudian Letnan Satu (Lettu) dengan simbol dua garis, dan Letnan Dua (Letda) dengan simbol satu garis.

6. Perwira Menengah

Jenjang kepangkatan untuk perwira menengah (pamen) terbagi menjadi tiga jenjang, yakni Kolonel yang memiliki simbol tiga melati emas. Selanjutnya ada Letnan Kolonel (Letkol) dengan simbol dua melati, serta Mayor dengan simbol satu melati. 

7. Perwira Tinggi

Untuk kepangkatan perwira tinggi (pati), terbagi dalam empat jenjang. Pangkat yang tertinggi adalah Jenderal dengan tanda empat bintang, Letnan Jenderal (Letjen) dengan tanda tiga bintang, Mayor Jenderal (Mayjen) dengan tanda dua bintang, serta Brigadir Jenderal (Brigjen) dengan tanda satu bintang.

8. Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan di TNI AD ini juga disebut sebagai Jenderal Besar. Simbol pangkat TNI AD tertinggi ini adalah bintang lima. Sampai saat ini, hanya tiga orang yang telah mendapat pangkat kehormatan tersebut, yakni Abdul Haris Nasution, Soedirman, dan Soeharto.

Pangkat TNI AL (Angkatan Laut)

pangkat tni
tnial

TNI AL merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di wilayah laut atau perairan. Berikut urutan pangkat TNI AL dari yang terendah sampai yang tertinggi.

1. Tamtama

Ada tiga jenjang dalam struktur kepangkatan Tamtama, yaitu Kelasi Kepala (KLK), Kelasi Satu (KLS), dan Kelasi Dua (KLD).

2. Tamtama Kepala

Dalam struktur Tamtama Kepala, terdapat tiga pangkat, yakni Kopral Kepala (Kopka), Kopral Satu (Koptu), Kopral Dua (Kopda).

3. Bintara

Struktur kepangkatan bintara memiliki empat tingkatan pangkat, yang terdiri dari Sersan Mayor (Serma), Sersan Kepala (Serka), Sersan Satu (Sertu), dan Sersan Dua Serda.

4. Bintara Tinggi

Untuk Bintara Tinggi, hanya ada dua kepangkatan, yaitu Pembantu Letnan Satu (Peltu) dengan simbol dua garis bergelombang, serta Pembantu Letnan Dua (Pelda) dengan simbol satu garis bergelombang.

  1. Perwira Pertama

Dalam kepangkatan perwira pertama (pama) ada tiga jenjang, yakni pangkat tertinggi Kapten yang ditandai dengan lambang tiga garis, lalu Letnan Satu (Lettu) dengan dua garis, dan Letnan Dua (Letda) dengan lambang satu garis.

6. Perwira Menengah

Jenjang kepangkatan untuk Perwira Menengah (pamen) terbagi menjadi tiga jenjang, yakni Kolonel dengan lambang tiga melati emas, kemudian Letnan Kolonel (Letkol) dengan lambang dua melati, serta Mayor berlambangkan satu melati.

7. Perwira Tinggi

Untuk perwira tinggi (pati) TNI AL, jenjang kepangkatannya terbagi dalam empat jenjang. Yang tertinggi adalah Laksamana dengan tanda empat bintang, lalu Laksamana Madya (Laksdya) tiga bintang, Laksamana Muda (Laksda) dua bintang, dan Laksamana Pertama (Laksma) dengan  tanda satu bintang.

8. Pangkat Kehormatan

Nah, pangkat tertinggi dalam TNI AL adalah Pangkat Kehormatan atau yang disebut sebagai Laksamana Besar, dengan simbol bintang lima.

BACA JUGA: Karakteristik Benua Asia serta Luas Wilayah dan Negara-negaranya

Pangkat TNI AU (Angkatan Udara)

tni au

TNI AU merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di wilayah udara. Untuk jenjang pangkat tni al dari terendah sampai tertinggi, berikut ini penjelasannya.

1. Tamtama

Dalam struktur kepangkatan Tamtama, terdapat jenjang yakni Prajurit Kepala (Praka), Prajurit Satu (Pratu), serta Prajurit Dua (Prada).

2. Tamtama Kepala

Ada tiga pangkat dalam Tamtama Kepala, yakni Kopral Kepala (Kopka), Kopral Satu (Koptu), Kopral Dua (Kopda).

3. Bintara

Struktur kepangkatan bintara terbagi menjadi empat pangkat, yang terdiri dari Sersan Mayor (Serma), Sersan Kepala (Serka), Sersan Satu (Sertu), dan Sersan Dua (Serda).

4. Bintara Tinggi

Dalam kepangkatan bintara tinggi hanya memiliki dua pangkat, yakni Pembantu Letnan Satu (Peltu) yang ditandai dengan simbol dua garis bergelombang, dan Pembantu Letnan Dua (Pelda) dengan simbol satu garis bergelombang.

5. Perwira Pertama

Jenjang kepangkatan untuk perwira pertama (pama) ini terbagi jadi tiga, yaitu pangkat tertinggi Kapten ditandai dengan simbol tiga garis, lalu Letnan Satu (Lettu) dengan simbol dua garis, serta Letnan Dua (Letda) dengan satu garis.

6. Perwira Menengah

Untuk kepangkatan dalam Perwira Menengah (pamen), dibagi menjadi tiga jenjang. Yakni Kolonel yang ditandai dengan simbol tiga melati emas, lalu Letnan Kolonel (Letkol) dengan lambang dua melati, dan Mayor dengan lambang satu melati.

7. Perwira Tinggi

Dalam kepangkatan Perwira Tinggi (pati) TNI AU, terbagi dalam empat jenjang. Yang tertinggi adalah Marsekal dengan tanda empat bintang, lalu Marsekal Madya (Marsdya) dengan tiga bintang, Marsekal Muda (Marsda) dua bintang, serta Marsekal Pertama (Marsma) yang ditandai dengan satu bintang.

8. Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan dalam TNI AU disebut dengan Marsekal Besar. Pangkat tertinggi ini ditandai dengan lambang atau simbol bintang lima.

Kesimpulan

tni

Bisa dibilang jika hampir setiap pangkat TNI itu mempunyai warna lambang yang sama pada setiap pakaian dinas, terkecuali untuk pakaian dinas lapangan. Akan tetapi, ada beberapa pakaian dinas di pangkat TNI yang mempunyai warna lambang yang benar-benar sama persis.

Walaupun memiliki tingkatan atau pangkat yang berbeda, namun setiap angkatan Tentara Negara Indoensia (TNI) itu tetap memiliki tugas utama yang sama, yakni menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila sera Undang-Undang Dasar tahun 1945.

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika pangkat ini menjadi simbol kejelasan untuk kewajiban, tanggung jawab, serta hak setiap anggota TNI. Untuk bisa mendapatkan pangkat tertinggi itu memang dibutuhkan perjuangan. Karena semakin tinggi pangkat yang dimiliki, tentu saja tanggung jawabnya juga akan semakin besar.

BACA JUGA: Mengenal 7 Nama Pahlawan Revolusi yang Gugur Akibat G30SPKI

Itulah sedikit penjelasan mengenai urutan pangkat TNI, mulai dari TNI AD, TNI AL, dan juga TNI AU yang perlu Sedulur ketahui. Setelah tahu pangkat-pangkat di atas, apakah Sedulur mulai tertarik untuk menjadi bagian Tentara Nasional Indonesia?

Walaupun tidak mudah, namun Sedulur perlu ingat jika tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dengan berbekal doa dan usaha yang maksimal, peluang Sedulur untuk bisa bergabung TNI sangat besar.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.