Sholawat Jibril

Bacaan sholawat Jibril tentu sudah tidak asing bagi umat Islam. Sholawat ini termasuk sholawat nabi yang terpendek namun memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satu fadhilah dari sholawat ini adalah mampu mendatangkan rezeki yang melimpah.

Perlu diketahui bahwa rezeki tidak selalu soal uang, akan tetapi juga kesehatan, keamanan, keselamatan dan teman yang baik merupakan sebuah rezeki dari Allah SWT. Banyak orang yang mendawamkan sholawat jibril untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah pada waktu-waktu tertentu. Lantas apa itu sholawat jibril dan amalan doa penarik rezeki? Simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT untuk Dibaca Setiap Saat

Sholawat Jibril dan Artinya

Sholawat Jibril
Studio Literasi

Sholawat Jibril merupakan sholawat yang singkat dan dikenal sebagai amalan  penarik rezeki.  Sholawat jibril yang pendek mudah diamalkan dan lafalkan di mana saja. Di sebut Sholawat Jibril karena sholawat ini pertama kali dibaca oleh malaikat Jibril saat diutus oleh Allah SWT untuk memberi pengajaran kepada nabi Adam AS. 

Ketika itu, nabi Adam AS ingin menyentuh Siti Hawa akan tetapi Allah Swt melarangnya karena keduanya belum sah secara agama. Nabi Adam lalu diwajibkan memberi mahar kepada Siti Hawa . Kemudian Allah berfirman “Bacalah Sholawat kepada kekasihku, Muhammad”.

Setelah itu malaikat Jibril membisikkan kepada nabi Adam lafal sholawat yang berbunyi Shollallahu ‘Ala Muhammad” yang kini lebih dikenal dengan nama sholawat Jibril. Berikut lafadz dan artinya:

“Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam”

Artinya : (Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad SAW

Sedangkan lafadz Arabnya  adalah sebagai berikut:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

Manfaat dan Keutamaan Membaca Sholawat Jibril

Sudah banyak orang yang mengetahui tentang dahsyatnya sholawat ini. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sholawat pendek ini merupakan sholawat yang diamalkan sebagai pelancar rezeki. Selain itu ada manfaat dan keutamaan sholawat Jibril meliputi:

  • Mendatangkan rezeki yang melimpah

Keutamaan yang pertama membaca sholawat ini adalah dapat mendatangkan rezeki yang melimpah. Banyak ulama yang sering memberikan ijazah tentang mengamalkan sholawat pendek ini sehingga mendatangkan banyak rezeki dari segala arah yang tidak disangka.

  • Mendapat pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT

Manfaat dan keutamaan sholawat pendek ini lainnya adalah mendapat pertolongan dan perlindungan dari Allah Swt. Selain itu juga akan dicintai oleh Allah Swt. Dicintai Allah SWT dan Rasul. Rasulullah SAW bersabda: “Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, “Semoga Allah melimpahkan solawat ke atas Muhammad”, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah SWT mencintainya”.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Ketika seseorang membaca sholawat maka dia sudah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Secara tidak langsung ketika bersholawat kita sudah mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya.

  • Membuka pintu taubat dan rahmat

Dalam sebuah Hadist Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa membaca sholawat ini maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya”, (HR Imam Sya’roni).

  • Mendapat salam dari Nabi Muhammad SAW

Sholawat artinya kita memberi untuk baginda nabi Muhammad Saw. Semakin banyak kita membacanya makan semakin banyak juga kita akan mendapat salam dari Nabi Muhammad SAW.

  • Bertemu Nabi Muhammad SAW dalam mimpi

Barang siapa yang membaca sholawat ini secara rutin dipercaya akan dapat bertemu Rasulullah SAW di dalam mimpi. Sudah diketahui jika jin tidak dapat menyerupai Nabi Muhammad SAW. Sudah dipastikan jika seseorang bermimpi bertemu nabi maka itu adalah nabi Muhammad yang sebenarnya.

Cara Mengamalkan

Sholawat Jibril
Kumparan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengamalkan sholawat yang terkenal ini.  Secara garis besar, para ulama memberi saran untuk dapat mengamalkan sholawat ini jibril 1000x setelah sholat maghrib. Akan tetapi ada beberapa ulama yang menyebutkan untuk membaca sholawat ini sebanyak 100x saja setelah sholaat magrib.

Sholawat yang memiliki banyak manfaat ini juga dapat diamalkan dengan dibaca sebanyak 3.333 kali, 7.000 kali sampai 10.000 kali dalam sehari dan setiap hari. Semakin banyak sholawat ini dibaca maka juga akan memberi banyak manfaat juga.

Membaca sholawat dapat dilakukan kapan saja kecuali di tempat-tempat yang terlarang seperti kamar mandi dan kapan saja. Anda dapat membaca sholawat saat melakukan hal apapu seperti berjalan, memasak, sebelum tidur, selesai sholat dan yang lainnya.

Ijazah Sholawat Jibril Kyai Kholil Bisri

santrijagad

Dalam buku kumpulan shalawat beliau, Kyai Kholil Bisri mengatakan bahwa sholawat Jibril biasa dijadikan wiridan rutn sebanyak 1000x oleh para kai kuno. Untuk membuka jalan keberkahan dalam segala hal bisa dibaca sebanyak 1000x sekaligus tau dicicil setiap habis sholat wajib lima waktu sebanyak 200 kali.

Kyai Kholik Bisri memberi ijazah umum untuk membaca sholawat jibril sebanyak 1.000x dalam satu kali duduk dengan cara dibaca setelah sholat hajat kemudian membaca doa tawassul. Jika ingin hajat segera terkabul akan tetapi dirasa berada di luar kemampuan Anda, sholawat ini dapat dibaca sebanyak 15.000 kali dengan tata cara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Qobiltu.

Ijazah Shalawat Jibril Oleh Kyai Umar Pasuruan

Ibadah Muslim
Seekers Guidance

Berikut ijazah dari kyai Umar Pasuruan dalam mengamalkan sholawat Jibril:

  1. Dibaca setiap selesai sholat wajib sebanyak 100x 
  2. Dibaca 100x setai habis magrib dan sholat malam dan ditutup dengan doa untuk kelancaran bisnis
  3. Dibaca 5.000 kali setip selesai sholat isya’ dan ditutup dengan doa untuk hajat yang mendesak.

Kyai Umar Pasuruan juga berkata bahwa jika membangun rumah namun kekurangan biaya juga dapat mengamalkan sholawat pendatang rezeki ini.

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan sholawat jibril sebagai amalan doa penarik rezeki. Semoga dengan mengerti bacaan doa di atas, Sedulur bisa mengamalkannya ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!