niat puasa tasua dan asyura

Niat puasa tasua dan asyura ternyata memiliki beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan. Bahwa puasa ini sebaik-baiknya puasa setelah menjalani bulan ramadhan. Sebab puasa tasua ini merupakan satu jenis puasa sunnah pada Bulan Muharram yang istimewa.

Kapan puasa asyura dan puasa tasua dilaksanakan? Untuk puasa tasua dilaksanakan  setiap tanggal 9 Muharram dan bertepatan pada hari Rabu, 18 Agustus 2021. Dan puasa ini selalu dikerjakan sehari sebelum Puasa asyura 10 muharram. Puasa tasua ini sunnah dikerjakan untuk menyelisihi kaum Yahudi.

Nah, seperti apa niat puasa tasua dan asyura yang baik dan benar, berikut ulasan selengkapnya dari tim Aplikasi Super.

BACA JUGA : 100+ Kosa Kata Bahasa Korea Percakapan Sehari-hari, Lengkap!

1. Tata cara puasa tasua dan asyura

Niat Puasa Tasua & Asyura, Penuh Keutamaan!
suara

Terkait tata cara mengenai puasa tasua dan asyura pada prinsip dasarnya sama dengan puasa yang lainnya. Puasa ini sebenarnya dikerjakan dari mulai terbitnya fajar sampai dengan terbenamnya matahari. Meski demikian ada beberapa perbedaan dari keduanya dengan puasa ramadhan atau juga puasa sunnah yang lain terletak pada niatnya.

BACA JUGA : 12 Urutan Bintang Zodiak Berdasarkan Tanggal & Kepribadiannya

2. Niat puasa tasua dan asyura

Niat Puasa Tasua & Asyura, Penuh Keutamaan!
suara

Nah berikut ini adalah doa niat puasa tasua dan asyura lengkap beserta artinya:

Doa niat puasa tasua:

Niat puasa Tasu’a:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى
Arab-latin: Nawaitu shauma tasu’a sunnatal lillaahita’ala
Artinya: “Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala.”

Doa niat puasa asyura:

Niat puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى
Arab-latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala
Artinya: “Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala”

BACA JUGA : 30+ Ucapan Selamat Menikah Islami yang Bagus dan Penuh Doa

3. Keutamaan puasa tasu’a dan asyura

Niat Puasa Tasua & Asyura, Penuh Keutamaan!
detik

Keutamaan dari melakukan puasa bulan Muharram, sebenarnya sudah dijelaskan dalam riwayat Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Tahukah Sedulur, menjalankan puasa asyura dikatan bisa menghapus dosa selama setahun penuh yang telah lalu. Disebutkan juga dalam riwayat Imam Muslim, Abu Qotadoh Al Anshori yang mengatakan sebagai berikut:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab, “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR. Muslim)

Perlu kamu ketahui Sedulur. Dalam sebuah hadist riwayat Imam Muslim, Rasulullah Saw pernah mengerjakan puasa Tasua pada hari yang ke-9 bulan Muharram. Sementara pada hari yang ke-10 beliau mengerjakan puasa Asyura.

“Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah Saw bersabda: ‘Seandainya aku masih hidup tahun depan, sungguh aku akan berpuasa pada tanggal sembilan (Muharram),” (HR. Muslim)

BACA JUGA : 9 Jenis Calathea Termahal di Indonesia, Hingga Jutaan Rupiah!

4. Manfaat puasa tasua

Niat Puasa Tasua & Asyura, Penuh Keutamaan!
okezone

Setelah Sedulur mendapat penjelasan mengenai niat puasa tasua dan asyura, saat ini kita akan membahas manfaat apa saja setelah menjalankan kedua jenis puasa tersebut. Yang pertama adalah manfaat puasa tasua:

  • Untuk menyambung puasa hari Asyura dengan puasa di hari lainnya. Sebagaimana umat muslim sudah dilarang berpuasa pada hari Jumat.
  • Kedua untuk kehati-hatian dalam menjalankan pelaksanaan puasa Asyura. Sebab, dikhawatirkan hilal dapat berkurang sehingga terjadi kesalahan khususnya dalam menetapkan perhitungan hari kesembilan dalam penanggalan sebenarnya yang mungkin sudah masuk hari ke-10
  • Manfaat ketiga adalah, untuk membedakan orang Yahudi yang hanya melakukan puasa tepatnya pada hari yang ke-10

5. Manfaat puasa asyura

Niat Puasa Tasua & Asyura, Penuh Keutamaan!
detik

Selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat dari puasa asyura buat Sedulur yang sudah menjalankannya. Yuk disimak penjelasannya di bawah ini.

Puasa paling utama

Puasa Asyura juga dikatakan sebagai puasa yang dikerjakan pada bulan Muharram. Puasa pada bulan Muharram adalah puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan lho Sedulur.

Rasulullah SAW bersabda, “Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat di tengah malam dan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (yakni) Muharram.” (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad)

Puasa yang diutamakan nabi

Tahukan Sedulur, puasa ini merupakan puasa yang cukup istimewa bagi Rasulullah dan sangat diutamakan oleh beliau. Ibnu Abbas pernah menerangkan, jika tidak ada puasa sunnah yang lebih utama Rasulullah melebihi Puasa Asyura (HR.Bukhari)

Menghapus dosa setahun sebelumnya

Manfaat yang terakhir adalah, puasa Asyura bisa menghapus dosa seseorang selama setahun sebelumnya. Pendapat ini dikuatkan dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang mengatakan jika puasa Asyura bisa menghapus dosa satu tahun sebelumnya (HR. Muslim).

Demikian ulasan mengenai tatacara niat sholat tasua dan asyura yang wajib kamu ketahui Sedulur semoga memberikan wawasan dan pengetahuan buat kalian ya.