tata cara puasa senin kamis

Niat puasa senin kamis adalah sebuah awalan yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim sebelum menjalankan puasa sunnah. Tahukah kamu Sedulur, banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika kita menjalankan puasa senin dan kamis.

Seperti apa niat puasa senin kamis itu sendiri, berikut tim Aplikasi Super merangkumnya dari berbagai sumber.

BACA JUGA : 10+ Rekomendasi Shampo Untuk Rambut Kering Sehat Kembali

1. Apa niat puasa senin kamis

Ini Tata Cara dan Niat Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan!
Tirto

Puasa senin kamis sangat berbeda dengan puasa Ramadhan. Niat puasa sunah senin bisa dilafalkan di waktu malam. Bahkan umat islam juga bisa melafalkannya ketika memasuki waktu fajar. Berikut adalah doa niat puasa senin kamis 

Niat puasa senin adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala

Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Adapun niat puasa kamis adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’ala

 Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Moisturizer Untuk Kulit Kering & Bruntusan

2. Manfaat puasa senin kamis

Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Catat Ya!
Theasianparent

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari melakukan niat puasa sunah senin kamis. Tidak hanya berdampak pada kesehata tubuh, namun lebih banyak bersyukur dan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut manfaat apa saja yang diperoleh dari menjalankan puasa senin dan kamis

Meningkatkan amalan

Dengan Sedulur berpuasa, maka Sedulur akan lebih terdorong dalam meningkatkan ibadah maupun juga amalan. Hal yang bisa didapatkan oleh orang yang menjalankan puasa adalah, bisa mendatangkan pahala dari Allah SWT. Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa lebih bersimpati terhadap orang yang mempunyai keberuntungan di bawah.

Menjadi lebih disiplin

Menjalankan puasa senin kamis tenyata mampu membantu umat muslim agar lebih disiplin. Tidak hanya sebatas menjalankan puasa, namun dalam hal apapun. Saat berpuasa,  sadar atau tidak, Sedulur sedang diawasi oleh Allah SWT.

Latihan menahan hawa nafsu

Menjalankan puasa sunah seperti senin dan kamis, ternyata bisa melatih hawa dan nafsu kita saat menghadapi beragam godaan setan. Ya, tidak mudah buat setiap orang melakukan hal semacam ini. Namun, jika diniati dengan sungguh-sungguh, maka puasa senin kamis adalah hal yang biasa.

Menjadi perisai dan penguat jiwa

Puasa senin kamis juga bisa menjadi tameng atau perisai,  agar kita tetap senantiasa sabar dalam menerima segala cobaan dan persoalan. Dapat menahan rasa amarah yang bisa muncul karena suatu hal.

Menyehatkan tubuh

Manfaat lain dari puasa senin dan kamis adalah, badan akan terasa lebih sehat dan bugar. Karena menjalankan puasa ini diwajibkan untuk tidak makan dan minum selama satu hari full hingga waktu berbuka saat matahari terbenam

Selama berpuasa full seharian,maka tidak makan dan tidak minum. Ternyata hal tersebut, mampu menetralisir racun di dalam tubuh sehingga buat mereka yang berpuasa senin dan kamis tetap terasa sehat dan bugar.

BACA JUGA: Arti Kata Ilfeel: Pengertian, Contoh Sikap dan Cara Mengatasinya

3. Hukum puasa senin dan kamis

Ini Tata Cara dan Niat Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan!
Suara

Puasa senin dan kamis adalah puasa sunnah. Menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili, di antara puasa- puasa sunnah disepakati oleh para ulama adalah puasa Senin dan Kamis.

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

4. Keutamaan puasa senin dan kamis

Inews

Banyak sekali keistimewaan yang diperoleh saat menjalankan niat puasa sunah senin  kamis. Sebab, banyak pahala yang bisa  didapatkan dari menjalankan dua puasa ini.

Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah berkata,”Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” (H.R. Ahmad).

Disimpulkan bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari yang istimewa terutama bagi umat muslim dan hamba Allah SWT. Sebab, pada hari Senin dan Kamis, amalan seseorang akan diajukan oleh malaikat kepada Allah. Oleh sebab itu, Rasulullah berpuasa pada kedua hari tersebut. 

5. Doa buka puasa senin kamis

Suara

Setelah mengetahui tentang niat puasa senin kamis, selanjutnya adalah doa untuk berbuka puasa senin kamis. Bacaan doa buka puasa ini sangat penting dan jangan sampai terlewatkan ya Sedulur

 Berikut beberapa doa buka puasa senin kamus yang bisa dibaca salah satunya:

1. اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

‘Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamar raahimiin’

Artinya : “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

2. اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

‘Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthortu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta’ala’

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insya Allah.”

3. Doa berbuka puasa dari riwayat HR Abu Dawud

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

‘Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah’

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Demikian niat puasa senin kamis yang berhasil tim Aplikasi Super rangkum dari berbagai macam sumber, semoga meningkatkan keimanan  para Sedulur saat menjalankan puasa ya.