mimpi melihat ikan banyak

Saat terbangun dari tidur, kebanyakan dari kita melupakan sebagian besar dari apa yang dimimpikan. Bahkan beberapa lainnya bisa saja tak mengingat satu unsur apapun dalam mimpi, alih-alih plot ceritanya. Namun, ada nih yang membekas hingga membuatmu kepikiran. Salah satunya mimpi melihat ikan banyak di sungai dan berbagai skenario bertemu dengan ikan lainnya.

Apa sih artinya? Baik atau buruk dan bagaimana sebaiknya kita menyikapinya? Berikut beberapa tafsir yang disarikan dari berbagai sumber. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Sedulur tentang mimpi yang bizzare tersebut. 

BACA JUGA: 10 Cara Melakukan Lucid Dream, Mimpi yang Bisa Kamu Kontrol

1. Apa itu mimpi? 

mimpi melihat ikan banyak
Pexels

Melansir artikel Penelope A. Lewis dalam Scientific American, mimpi seringkali datang dalam urutan yang tidak runtut, absurd, dan tidak logis. Bahkan kadang datang dalam bentuk fragmen-fragmen kejadian yang tidak saling berkaitan. Mimpi sendiri berkaitan erat dengan pengalaman, memori, hingga kejadian yang baru saja dialami. 

Misalnya orang-orang yang tinggal di area peperangan atau konflik akan cenderung mengalami mimpi buruk. Sebaliknya, orang yang menghirup aromaterapi sebelum tidur akan mengalami mimpi yang lebih indah dan menenangkan. 

Ia juga berkaitan dengan memori, sehingga kita sering menemukan mimpi yang berupa potongan-potongan kejadian dengan pemeran, latar, bahkan kejadian atau aksi yang familier. Namun, memori atau pengalaman familier tersebut berpadu dengan plot baru yang menunjukkan bagaimana otak manusia bisa menciptakan ide-ide baru yang kreatif. 

2. Filosofi ikan

mimpi melihat ikan banyak
Pexels

Seperti yang diulas dalam Scientific American, kehidupan dimulai dari air di mana organisme satu sel hidup sebelum akhirnya berevolusi menjadi ikan purba dan vertebrata. Air menjadi tempat yang ideal karena memudahkan organisme dengan bentuk sederhana untuk bergerak. Sementara daratan masih kosong tanpa penghuni. 

Inilah awal mula filosofi ikan sebagai simbol awal kehidupan muncul seperti yang disinggung situs Arthive. Keberadaan simbolisme tersebut ditemukan sejak masa Mesir Kuno, Mesopotamia, Persia, hingga Slavik. Sementara, di Asia Tengah, ikan dijadikan perlambang kesuburan dan kemakmuran. 

Di era munculnya agama Kristen, filosofi ikan berkembang menjadi simbol baptisme. Di mana sama seperti ikan yang tidak bisa hidup tanpa air, penganut Kristen juga tidak akan menemukan keyakinannya tanpa melalui proses baptis dengan air suci. 

Namun, ketika peradaban baru muncul seperti utilitarianisme, ikan tak lagi diasosiasikan dengan sesuatu yang spiritual dan heroik. Ia bisa jadi bagian dari kritik sosial seperti ikan besar yang makan ikan kecil sebagai perlambang yang kuat mencekik yang lemah. Atau bisa juga seperti ungkapan kuno Belanda “ikan herring goreng belum tersedia” yang diartikan sebagai kegagalan atau harapan yang pupus.

3. Tips mengartikan mimpi tentang ikan 

mimpi melihat ikan banyak
Pexels

Dari berbagai simbolisme di atas, Sedulur sebenarnya bisa mencoba menafsirkan sendiri berbagai skenario mimpi melihat ikan. Begini tipsnya. 

  • Ikan adalah simbol awal kehidupan yang bisa diejawantahkan sebagai emosi terdalam manusia. 
  • Ikan adalah perlambang kesempatan atau sesuatu yang menjanjikan seperti harapan. Jadi, ketika Sedulur bermimpi tentang ikan bisa jadi ada hubungannya dengan sesuatu yang sedang menjadi concern Sedulur tentang masa depan. 
  • Lihat apa yang terjadi atau dilakukan ikan di mimpi Sedulur. Kemudian asosiasikan dengan kehidupan nyata. Misalnya ia berenang ke permukaan atau naik yang artinya juga kemajuan dalam hidup Sedulur. Sebaliknya, jika ia berenang di air yang keruh, bisa jadi Sedulur sedang merasakan stagnansi dalam hidup atau masa depan yang dirasa kurang jelas.
  • Lihat warna ikan juga. Bila mereka berwarna-warni dan berkilau, bisa jadi ini adalah pertanda bahwa otak sedang bekerja dalam membangun ide-ide kreatif lewat mimpi. 
  • Jumlah ikan juga bisa jadi pertanda bahwa harapan atau hal yang sedang mengisi pikiran Sedulur sedang banyak, sedang atau sedikit. 

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Jadi Pengantin, Jadi Pertanda Baik atau Buruk?

Beberapa contoh skenario dan tafsirnya bisa Sedulur baca di bawah ini. 

4. Mimpi melihat ikan berenang di air jernih 

Pexels

Menurut situs The Cut seperti yang mereka rangkum dari beberapa sumber, mimpi melihat ikan kecil banyak sedang berenang di air yang jernih bisa jadi pertanda yang baik. Ini artinya kamu sedang merasa optimis akan kehidupanmu saat ini. Bisa dari segi percintaan, rezeki, mungkin juga kesehatan. Intinya kamu sedang merasakan pertumbuhan secara personal yang menuju arah positif. 

5. Ikan di air keruh 

Adobe Stock

Sebaliknya, jika Sedulur bermimpi tentang ikan di air yang keruh, ada kemungkinan ini representasi kecemasan dan rasa tak nyaman yang Sedulur rasakan dalam hidup. Misal adanya masalah dalam karier, kehidupan pribadi, keuangan, kesehatan, dan lain sebagainya. Arti yang sama juga berlaku jika kamu melihat ikan yang berenang di dalam perairan yang terdapat banyak bebatuan dan hambatannya. 

6. Mimpi menangkap atau memancing ikan

Pexels

Menurut Lauri Loewenberg, seorang analis mimpi yang cukup tersohor, mimpi melihat ikan di kolam atau perairan lainnya kemudian menangkapnya bisa jadi konfirmasi perasaanmu yang baru saja mendapatkan atau meraih sesuatu dalam salah satu aspek hidupmu. Misalnya kesempatan pekerjaan baru atau lainnya. Namun, ia menambahkan bila pada akhirnya ikan yang ditangkap ternyata berbentuk seperti monster atau akhirnya lepas dari kait, bisa jadi hal tersebut masih kamu ragukan kredibilitas dan kecocokannya denganmu. Misalnya seseorang yang ternyata kamu ragukan bisa dipercaya. 

7. Mimpi makan ikan 

Freepik

Jika ikan yang Sedulur makan dalam mimpi terasa enak dan kamu menikmati momen tersebut, ini bisa jadi indikasi bahwa kamu sedang berada di zona nyaman dalam hidupmu. Jika kebalikannya, rasa ikan di dalam mimpi tidak enak, maka bisa jadi kamu sedang mengalami masa sulit atau tidak menyukai salah satu hal dalam hidupmu. Misalnya pekerjaan atau masalah dalam hubunganmu dengan kerabat maupun pasangan. Melalui mimpi ini, alam bawah sadarmu berusaha mengingatkanmu untuk tidak membiarkan rasa tak nyaman itu berlarut-larut. 

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Punya Anak Perempuan Berdasar Pandangan Psikologis

8. Mimpi tentang ikan mati 

Pexels

Melihat ikan mati dalam mimpi disimbolkan Loewenberg sebagai kematian sesuatu dalam dirimu. Bisa jadi keterampilan yang lama tak kamu asah dan tekuni lagi hingga memori tentang hubungan masa lalu yang sudah mulai kamu lupakan. Alam bawah sadarmu mencoba mengingatkanmu dan mendorongmu memberikan konfirmasi tentang keputusanmu tersebut. Jika kamu bisa menyakinkan dirimu untuk terus maju dan memilih melupakannya, kenapa tidak? Sedulur boleh kok memilih menekuni hal lain yang menurutmu lebih menarik, pun melupakan masa lalu yang tak membawa kebaikan juga hal yang lumrah. 

9. Mimpi melihat ikan besar dan banyak yang hendak menerkam 

Pexels

Masih menurut Loewenberg seperti dilansir situs Bustle, mimpi macam ini menandakan kekhawatiranmu akan sesuatu yang mengganggu. Misal hal-hal negatif yang membuang waktumu seperti hubungan toksik, pekerjaan yang tidak menghargai waktu dan jerih payahmu. Meski terlihat buruk, sebenarnya ia adalah pengingat untukmu agar melakukan perubahan dan bergerak untuk keluar dari lingkungan negatif tersebut. 

10. Mimpi melihat ikan dalam akuarium 

LoveToKnow Pets

Menurut Michael Lennox, seorang penulis buku kamus mimpi seperti dilansir The Cut, mimpi tentang ikan di akuarium adalah representasi ide dan emosi di dalam jiwamu yang sebenarnya berlimpah. Namun, kamu kesulitan untuk mengekspresikan atau mengeksekusinya menjadi sesuatu yang lebih fungsional. Ia mengingatkanmu bahwa ide selalu ada bila Sedulur mau menilik dan menggali lebih dalam. 

BACA JUGA: 14 Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar, Pertanda Apa Itu? Simak!

11. Mimpi melihat ikan di laut

Pexels

Mimpi melihat ikan banyak di laut memiliki kemiripan dengan melihat ikan berenang. Semakin banyak jumlahnya, maka hal-hal yang kamu syukuri atau senangi ternyata sedang melimpah pula. Apalagi jika mereka terlihat berenang ke permukaan, maka ia pertanda bahwa rasa syukurmu pun sedang memuncak. Bahkan beberapa orang percaya ini adalah prediksi masa depan yang cerah. Walaupun tetap saja mimpi melihat ikan menurut Islam dan agama lain tidak bisa dijustifikasi sebagai prediksi atau ramalan tentang hal yang belum pasti terjadi. 

12. Bermimpi berada di pasar ikan

Pexels

Tafsir mimpi melihat ikan di pasar bisa dianggap sebagai representasi peluang yang berlimpah. Bahwa ketika mengalami kesulitan atau bimbang akan sesuatu, Sedulur tahu bahwa banyak orang di sekeliling Sedulur yang bisa membantu. Ini juga bisa diartikan Sedulur sedang berada di antara beberapa opsi dan kesempatan yang menunggu untuk dipilih.

Mimpi tentang ikan sama dengan mimpi-mimpi lainnya. Berkaitan erat dengan apa yang sebenarnya sedang Sedulur pikirkan atau khawatirkan. Mimpi juga bisa mempengaruhi suasana hati Sedulur di keesokan paginya. Bisa baik atau buruk tergantung dengan isi mimpi. Namun, bukan berarti hidup Sedulur dikontrol oleh mimpi. Tetap jalani kehidupan seperti biasa dan coba tenangkan diri dengan melakukan ritual sebelum tidur yang terbukti menenangkan dan bisa membuat tidur lebih lelap. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.