Bermimpi adalah hal yang lumrah terjadi saat seseorang tidur lelap. Mimpi sangat beragam dan kadang benar-benar aneh hingga tak bisa dicerna akal sehat. Seringkali mimpi hanya kita anggap sebagai angin lalu, tetapi tak jarang yang membuat kita penasaran. 

Salah satu yang tergolong menarik sekaligus aneh adalah mimpi punya anak perempuan, tapi belum menikah. Tentu hal ini membuat sebagian orang jadi penasaran dengan artinya. Berikut kumpulan arti mimpi tentang punya anak perempuan dan laki-laki yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Sedulur. 

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Pacar Selingkuh, Pertanda Baik atau Buruk?

1. Arti mimpi punya anak perempuan secara umum

mimpi punya anak perempuan
Pexels

Menurut analis mimpi dan penulis Lauri Quinn Loewenberg seperti yang dikutip dari The Cut, arti mimpi punya bayi perempuan yang cantik merupakan simbol dari tercapainya sebuah tujuan personal. Bisa pula berarti awal baru dalam hidupmu, baik karir atau urusan pribadi. 

-->

Bermimpi tentang bayi pun lebih banyak diasosiasikan dengan hal positif, misal kamu sedang suka dengan pekerjaanmu saat ini dan puas dengan apa yang dimiliki. 

2. Arti mimpi punya anak perempuan atau laki-laki yang sakit 

Pexels

Namun, bisa jadi mimpimu adalah melahirkan atau dianugerahi anak yang sakit. Masih menurut Loewenberg, mimpi seperti itu bisa jadi cara alam bawah sadarmu mengatakan bahwa hal yang kamu jalani saat ini tidak sesuai dengan harapan atau mengalami masalah. Bisa jadi kamu terjebak dalam proyek yang ternyata tak kunjung menampakkan hasil. 

3. Mimpi tentang bayi atau anak yang terus menangis 

Pexels

Jika mimpimu berkaitan dengan bayi atau anak yang terus menangis bisa jadi indikasi bahwa ada hal dalam hidupmu yang perlu diperhatikan atau diurus. Misal pekerjaan baru, bisnis barumu, atau mungkin hubunganmu dengan pasangan dan keluarga. Ini adalah cara alam bawah sadar untuk mengingatkanmu bahwa Sedulur perlu menyusun kembali prioritas tugas. 

BACA JUGA: Viral! Mainan Pop It Baik untuk Perkembangan Otak Anak

4. Melahirkan anak di rumah sakit 

mimpi punya anak perempuan
Pexels

Mimpi punya anak perempuan dan laki-laki di rumah sakit bisa jadi indikasi bahwa kamu membutuhkan waktu untuk mengobati atau pulih dari sesuatu yang ada di hidupmu. Misal hubungan asmara terakhirmu yang menyisakan luka dan lain sebagainya. 

5. Bermimpi memungut anak yang ditelantarkan 

Instagram @sollybaby

Bisa saja mimpi punya anak Sedulur seaneh adegan memungut anak atau bayi yang ditelantarkan di sebuah tempat, bisa depan rumah, jalanan, atau lainnya. Masih menurut Loewenberg, artinya bisa berarti kamu saat ini sedang memikirkan hal yang selama ini kamu abaikan dalam hidup. Misal ide bisnis yang sudah dua tahun kamu telantarkan, kemudian sekarang mulai kamu bangkitkan lagi. 

6. Bermimpi punya anak padahal belum menikah dan tidak merencanakannya 

mimpi punya anak perempuan
Instagram @wildbird

Ini adalah caramu bertanya pada dirimu sendiri tentang jalan yang sudah terlanjur dipilih. Sedulur mungkin sedikit menyesal dengan keputusan mengambil sebuah pekerjaan, pindah ke sebuah negara atau kota yang asing, atau bahkan mempertanyakan pilihan pasangan Sedulur yang jauh dari ekspektasi. Biasanya mimpi semacam ini membuat kita bangun dengan perasaan lega karena ternyata bayi yang kita lahirkan adalah bunga tidur semata. Namun, sisi baiknya ia mendorongmu untuk melakukan refleksi atas pilihan hidup yang sedang kamu jalani. 

Situs Healthline juga menyatakan hubungan antara mimpi memiliki anak dengan orang yang belum menikah sebagai metafora dari perubahan atau awal baru dalam hidup seseorang. Buat Sedulur yang masih lajang dan bermimpi punya anak perempuan, bisa menarik benang merah dari rencana apa yang sedang kamu siapkan untuk masa depan. 

BACA JUGA: 20 Fakta Anak Pertama dari Sifat Hingga Kepribadiannya!

7. Mimpi punya bayi padahal sudah memiliki anak yang sudah dewasa

mimpi punya anak perempuan
Pexels

Sedulur dan suami bisa juga mimpi punya bayi perempuan atau laki-laki padahal anak telah tumbuh dewasa. Ini tanda bahwa Sedulur mulai sering memperlakukan atau menganggap mereka sebagai anak-anak. Hal macam ini bisa saja terjadi tanpa disadari karena naluri orang tua yang masih kuat. 

8. Mimpi punya anak perempuan dan menyusuinya padahal ia bukan buah hatimu

Instagram @wildbird

 Masih menurut Loewenberg, gambaran macam ini adalah bentuk kesadaranmu atau bahkan kekesalanmu melakukan tugas yang sebenarnya bukan tanggung jawab Sedulur. Bisa jadi karena kamu membantu atau kamu justru dimanfaatkan orang lain di sekitarmu. Coba tanyakan, apakah kamu melakukannya dengan ikhlas? Jika jawabannya tidak, bukan masalah untuk coba mengungkapkan atau menolaknya secara halus. 

9. Mimpi punya anak perempuan saat sedang hamil 

mimpi punya anak perempuan
Pexels

Sedulur sedang menanti kehadiran anak dan tiba-tiba bermimpi memiliki anak perempuan? Hal ini lebih sering dikaitkan dengan kecemasan menjelang persalinan, baik secara fisik dan psikis. Melansir studi dari Jurnal Psychiatry and Clinical Neurosciences di tahun 2008, perempuan yang sedang hamil memiliki kecenderungan bermimpi tentang kehamilan. Bisa melahirkan atau mengalami sesuatu yang membahayakan janinnya. Pada masa kehamilan, banyak bumil yang mengalami kecemasan berlebih. Tidak hanya terkait keselamatan jabang bayi, tetapi bisa pula berhubungan dengan perubahan pada bentuk tubuh hingga berkurangnya independensi. 

BACA JUGA: 60+ Ide Nama Untuk Anak Perempuan, Lengkap dengan Artinya

10. Bermimpi bertemu bayi yang nakal 

mimpi punya anak perempuan
Pexels

Bayi yang nakal bisa jadi simbol bahwa kamu sedang cemas atau khawatir dengan hal yang akan terjadi di masa depan. Misal kamu dapat tawaran untuk pindah kota dan pekerjaan, sehingga ini membuatmu khawatir akan banyak hal. Kamu mungkin baru saja dilamar dan akan menjalankan pernikahan dalam waktu dekat sehingga rasa cemas pun melanda. Bisa terkait resepsi hingga kehidupan pasca pernikahan misalnya. 

11. Baru saja nonton acara atau film tentang bayi 

Pexels

Makna paling sederhana dan dangkal dari mimpi punya anak perempuan berkaitan dengan apa yang baru saja kamu saksikan atau alami. Bisa jadi Sedulur baru saja mengunjungi atau berinteraksi dengan bayi atau menonton acara televisi atau film tentang parenting. Hal ini lumrah terbawa ke dalam alam mimpi. Sama seperti kamu bermimpi bertemu hantu setelah menonton film horor atau mungkin mimpi dikejar pembunuh berantai setelah nonton serial bergenre thriller. 

12. Mimpi punya anak perempuan menurut Islam

Pexels

Sejauh ini berbagai sumber menyatakan bahwa bermimpi memiliki anak adalah simbol kebahagiaan dan rezeki. Tentunya Islam tidak mengajarkan kita untuk percaya pada ramalan-ramalan yang tidak jelas dasarnya. Mimpi dalam Islam dibagi jadi tiga, yang baik, buruk, dan yang datang dari pikiran kita sendiri. Jika bermimpi punya anak adalah sesuatu yang baik menurut Sedulur jadikanlah sugesti positif agar optimis dan semangat menjalani hari. Jika ternyata tidak dan menimbulkan kecemasan, jadikan medium untuk refleksi diri sesuai dengan beberapa arti yang dijelaskan oleh beberapa ahli dan psikolog di atas. 

Kumpulan arti mimpi punya anak perempuan dan laki-laki tadi kiranya bisa menjawab rasa penasaran Sedulur. Tentu tidak semuanya akurat, mengingat mimpi adalah hal yang sampai sekarang masih jadi teka-teki. Penjelasan paling logisnya berkaitan dengan kondisi psikologis masing-masing individu. Ia lebih banyak dianggap sebagai cara alam bawah sadar kita mengekspresikan perasaan terdalam kita. 

Memikirkan arti mimpi boleh saja, kok. Asal pekerjaan dan tugas rumah jangan sampai berantakan. Serahkan urusan belanja sembako pada Aplikasi Super, Sedulur.