menfess adalah

Apakah Sedulur termasuk pengguna aktif Twitter? Jika iya, Sedulur pasti tahu bahwa media sosial satu ini kerap memunculkan bahasa gaul yang digunakan untuk berinteraksi sesama penggunanya. Tidak jarang, istilah bahasa gaul tersebut akhirnya dikenal luas. Salah satu bahasa gaul yang kini populer yaitu menfess.

Menfess adalah istilah yang tidak terindeks oleh KBBI, namun banyak digunakan sebagian orang di media sosial, khususnya Twitter. Supaya Sedulur memahami lebih jauh tentang pengertian menfess, contohnya, serta cara mengirim menfess di Twitter, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Arti Crush dalam Bahasa Gaul Anak Muda

Apa itu menfess?

menfess adalah
Freepik

Menfess adalah singkatan dari kalimat bahasa Inggris yaitu mention confess. Istilah ini sering digunakan di media sosial untuk mengungkapkan perasaan atau pesan kepada orang lain tanpa memberikan identitas si pengirim. Sederhananya, mention confess artinya pesan anonim atau surat kaleng di media sosial. Namun perlu diketahui, bahasa gaul ini masih belum terindeks di KBBI.

Meski digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau menyampaikan pesan, istilah ini sebenarnya tidak merujuk pada sifat atau aktivitas, melainkan pada sebuah akun tertentu. Bisa dibilang, menfess adalah istilah yang menggambarkan media untuk mengungkapkan perasaan atau pesan secara anonim.

Biasanya, orang yang mengirim pesan menfess akan merasa lega berhasil mencurahkan isi hatinya melalui cuitan anonim. Tidak hanya soal percintaan, pesan yang dikirim melalui akun menfess bisa seputar sekolah, keluarga, pekerjaan, pertemanan, hal-hal lucu, dan lain-lain.

Pengertian akun menfess

menfess adalah
Freepik

Lantas, apa itu akun menfess? Bagaimana suatu akun di media sosial bisa disebut akun menfess? Akun menfess adalah sebuah akun yang dibuat dengan tujuan khusus sebagai media penyampaian pesan secara anonim. Akun menfess pada umumnya dipakai di Twitter untuk mengirimkan pesan atau mengungkapkan perasaan kepada orang lain tanpa menunjukkan identitas.

Di era sekarang, akun menfess sudah berkembang, tak sekadar untuk mengirimkan pesan kepada seseorang saja, namun juga untuk menyampaikan informasi atau bertanya hal-hal penting kepada banyak orang. Beberapa akun menfess contohnya yaitu @kdrama_menfess untuk membahas drakor, @moviemenfess topiknya seputar film, @ohmybeautybank untuk bertanya hal-hal terkait kecantikan, dan @literasibase seputar buku atau literasi bahasa.

Tujuan menfess

Freepik

Sudah disinggung sedikit sebelumnya, mention confess atau menfess adalah sebuah akun pada platform media sosial Twitter yang menyediakan jasa mengirimkan pesan secara anonim kepada pengikut akun tersebut. Pengiriman pesan dilakukan secara anonim, dengan kata lain pengguna tidak perlu memberitahukan identitasnya saat mengirim pesan.

Tujuan adanya akun menfess ini untuk berbagi informasi, meminta saran dan kritik mengenai hal pribadi, menyatakan perasaan kepada seseorang, berkeluh kesah atas masalah yang sedang dihadapi, meminta rekomendasi atas suatu hal, dan masih banyak lagi. Adanya fasilitas menfess ini membuat pengguna Twitter lebih mudah berinteraksi atau meminta pendapat dari orang, tanpa perlu memberitahukan identitasnya.

BACA JUGA: Arti Spill dalam Bahasa Gaul yang Digunakan di Sosial Media

Contoh menfess sekolah

Freepik

Dari banyaknya akun menfess di Twitter, salah satu yang paling terkenal adalah menfess sekolah seperti @schfess, @collegemenfess, dan @utbkfess. Menfess sekolah artinya akun tersebut bisa menjadi media penyampaian pesan anonim seputar sekolah, perkuliahan, belajar, dan sebagainya.

Adapun contoh-contoh menfess yang biasa dikirim oleh pengguna Twitter adalah sebagai berikut.

“Halo aku mau tanya, kira-kira waktu tepat untuk chat guru buat tanya kendala tugas jam berapa, ya? Kalau aku tanya jam setengah 8 malam, apa masih sopan?”

“Tips biar gak malas dan bisa mengatur waktu dengan baik untuk persiapan UTBK dong!”

“Aku lagi capek belajar, bisa semangatin aku?”

“Mohon bantuannya buat ajarin aku cara cari jawaban soal reaksi redoks, aku belum tahu rumus-rumusnya.”

“Aku masih kelas 10, mau tanya, persiapan UTBK baiknya dimulai dari kelas berapa, ya? Kalau aku cicil belajar UTBK dari sekarang, apa terlalu cepat?”

Contoh menfess pekerjaan

Freepik

Bahasan tentang pekerjaan di akun menfess cukup kompleks dan beragam. Ada yang membahas mengenai lowongan kerja, cara menghadapi atasan, kapan waktu tepat untuk mengundurkan diri, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh pesan menfess yang dikirim di akun @worksfess dan @karirfess.

“Mau tanya, gimana cara ngomong ke atasan kalau kita nggak mau melanjutkan masa probation? Apa alasan yang tepat?”

“Aku ada interview kerja hari ini, minta tips biar lancar dong.“

“Setelah lulus kuliah dan masih belum ada pengalaman kerja, mending cari pengalaman lewat magang atau ambil pelatihan aja, ya?”

“Kalian yang lolos CPNS tahun kemarin, bagi tips belajar dong, belajar dari kapan dan sumber belajarnya dari mana aja?”

“Alasan resign karena underpaid, enggak dapat asuransi selain BPJS, beban kerja tinggi banget, bilangnya gimana, ya?”

Contoh menfess percintaan

Freepik

Selain topik sekolah dan pekerjaan, percintaan juga menjadi bahasan yang hampir tidak pernah ada habisnya. Akun menfess yang general seperti @askrlfess atau @convomfs juga sering membahas tentang percintaan. Berikut beberapa contohnya.

Kasih saran topik buat chat sama crush dong!”

“Kalau pacar bilang bosen sama rutinitas pacaran, kalian biasanya ngapain sih?”

“Aku habis ditolak, hibur aku dong!”

“Kenapa orang-orang pada beruntung banget soal percintaan, kenapa aku enggak?”

“Minta rekomendasi kegiatan seru buat dilakukan bareng pacar.”

BACA JUGA: Arti Kiyowo dalam Bahasa Gaul Korea yang Sering Kita Temui

Contoh menfess lucu

menfess adalah
Freepik

Berikut adalah beberapa contoh menfess lucu yang ada di Twitter.

“Persiapan lebaran: Latihan kesurupan (jaga-jaga kalau ditanya ‘kapan nikah?’)”

“Kamu kenapa sih kalau bohong sama aku enggak pernah jujur?”

“Saat melakukan beatbox, kamu hanya perlu katakan dua hal: Ciputat, Ciledug.”

“Untuk pembuat quotes belakang truk, kalau aku kecelakaan karena baca karya tulis itu, mau tanggung jawab?”

“Yang pakai kendaraan lampu sein ke kanan tapi belok ke kiri, lagi mikirin apa sih?”

Cara mengirim menfess di Twitter

menfess adalah
Freepik

Setelah memahami arti menfess dan contoh-contohnya, kini Sedulur perlu mengetahui cara mengirimnya. Setiap akun biasanya memiliki peraturan menfess masing-masing. Sebelum mengirim, pastikan Sedulur menaati syarat dan ketentuannya, ya. Nah, secara umum cara mengirim menfess adalah sebagai berikut.

  • Pastikan sudah mengikuti akun yang akan dikirimi menfess.
  • Kirim pesan atau DM ke akun tersebut, pastikan pesan yang dikirim sesuai syarat, misalnya tidak lebih dari 140 karakter dan tidak ada kata terlarang.
  • Kirim menfess dengan menekan ikon pesawat kertas di sebelah kanan.
  • Tunggu beberapa saat hingga menfess terunggah.

Itulah pembahasan mengenai istilah menfess yang populer di Twitter. Apakah Sedulur tertarik menggunakan akun menfess untuk menyampaikan pesan anonim? Semoga pembahasan ini bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!