Pencinta drama dan K-Pop Korea pasti paham dengan istilah-istilah yang kerap muncul pada drakor atau drama Korea. Istilah yang paling banyak muncul adalah kiyowo artinya imut dan lucu. Meski begitu, ternyata kata ini tidak boleh sembarangan diucapkan lho Sedulur. Sebab harus disesuaikan dengan struktur bahasa Korea dan mempunyai tingkat kesopanan, lalu bergantung dengan siapa nantinya kita bicara.

Ada beberapa istilah yang masih menggunakan kata kiyowo. Misalnya neomu kiyowo artinya lucu sekali, lalu ada pula stay kiyowo artinya tetap lucu dan imut. Kemudian ada lagi kata happy kiyowo artinya adalah bahasa gaul yang kerap dipakai oleh remaja-remaja di Indonesia. Kata–kata ini masih sering muncul dan menjadi perbincangan di media sosial.

Supaya lebih memahami pengertian kiyowo, perbedaan kiyowo, dan kyeopta serta kiyowo artinya dalam bahasa Korea, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: 8 Fakta Snowdrop, Drama Korea yang Membelokkan Sejarah

Pengertian kiyowo

kiyowo artinya
Kumparan

Sebelum lebih jauh membahas kiyowo, ada baiknya Sedulur memahami lebih dahulu pengertian dari istilah kata ini. Hangul kiyowo 귀여워 sebenarnya ditulis secara romanisasi yaitu gwiyeowo. Kiyowo artinya dalam bahasa Korea diartikan sebagai sesuatu yang imut atau lucu. Umumnya penggunaan kata ini biasa dipakai dalam kebiasaan warga Korea Selatan atau biasa dinamakan dengan informal.

Kiyowo artinya dalam bahasa gaul merupakan ucapan sehari-hari dan umumnya disampaikan kepada seseorang yang dianggap dekat dengan kamu. Misalnya dekat dengan pacar atau orang yang sedang kamu kencani.

Dalam perkembangannya arti kiyowo ini mempunyai banyak variasi. Misalnya adalah 귀여워요 (gwiyeowoyo), artinya sama hanya saja merupakan bahasa standar alias tidak terlalu informal atau formal. Karena pengucapannya dibedakan menjadi dua yaitu formal dan informal, maka secara formalnya adalah gwiyeopseumnida artinya penyanyinya sangat imut sekali.

BACA JUGA: The Royal Tailor: Sinopsis & Fakta, Persaingan Penjahit Korea

Perbedaan kiyowo dan kyeopta

kiyowo artinya
Pos Kota

Selain kata kiyowo dikenal pula istilah kata kyeopta. Kyeopta (귀엽다 atau gwiyeopda) sebenarnya juga merujuk pada sebuah sifat imut atau lucu. Sedulur bisa memunculkan kata ini sebagai bentuk tindakan karena memuji keimutan akan sebuah benda atau bisa juga makhluk hidup selain manusia. Adapun contoh kamu bisa mengucapkan kata kyeopta adalah saat ketika jalan-jalan ke mall lalu melihat sebuah sepatu lucu dan ingin Sedulur miliki.

Contoh kedua adalah ketika Sedulur berada pada area publik seperti taman kemudian melihat binatang kecil seperti kelinci. Namun sebenarnya penggunaan kata ini merupakan bagian dari kata sifat. Jika sebelumnya gwiyeopda, maka akhirnya dapat berubah menjadi gwiyeoun.

Supaya lebih memahami penjelasan soal kyeopta sebagai istilah kata imut, maka bisa melihat contoh di bawah ini. Yuk simak dan pahami penjelasannya.

귀여운 가방. Gwiyeoun gabang.

Artinya, “Tas yang lucu.”

귀여운 강아지. Gwiyeoun gangaji.

Artinya, “Anak anjing yang lucu.”

(Kata-kata di bawah ini dipakai untuk mengucapkan tentang kelucuan seorang bayi. Maka dari kamu bisa menggunakan kata-kata ini Sedulur di mana bisa digunakan untuk memuji kelucuan bayi.)

귀여운 아기. Gwiyeoun agi.

Artinya, “Bayi yang lucu.”

Kyowo merupakan sebuah kata yang berasal dari Korea Selatan. Di banyak film drama Korea, kata-kata ini kerap dimunculkan dan selalu diucapkan saat melihat benda imut hingga lucu. Adapun waktu pengucapan ini biasanya bisa dipakai untuk memuji sebuah benda-benda seperti makhluk hidup selain manusia. Bisa hewan peliharaan ataupun barang-barang lucu seperti tas atau sepatu.

Demikian ulasan mengenai penjelasan soal kiyowo mulai dari variasinya. Semoga penjelasan di atas membuat Sedulur semakin paham dengan istilah-istilah di Korea Selatan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!