Apakah Sedulur sering mendengar, atau menggunakan kata spill di sosial media? Lalu apakah Sedulur tahu spill artinya apa? Jika belum tahu tidak usah khawatir, kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai kata tersebut.

Ya, untuk saat ini banyak digunakan bahasa gaul kekinian di berbagai media sosial, terutama Twitter. Tapi apakah Sedulur tahu jika spill artinya dalam bahasa gaul itu telah mengalami sedikit pergeseran atau perubahan makna.

Arti dari kata spill dalam bahasa gaul sendiri termasuk ke dalam jenis idiom, yakni kata yang arti dan maknanya tidak dapat diterjemahkan secara harfiah. Sehingga ada banyak makna tersirat dari kata ini. Walaupun begitu, namun artinya tidak jauh-jauh dari arti dasarnya yakni menumpahkan atau mencurahkan.

BACA JUGA: Arti Caption dalam Bahasa Inggris, Serta Contoh Penggunaannya

-->

Asal kata spill yang viral

spill artinya
Pexels

Arti dari kata spill ini sebenarnya berasal dari kalimat “spill the tea”. Spill the tea sendiri memiliki makna supaya seseorang bisa mengungkapkan atau membongkar rahasia. Rahasia dalam hal ini, bisa diartikan belum diketahui oleh banyak orang atau yang sering disebut sebagai netizen.

Nah, misalnya saja untuk kata spill out, spill out artinya atau bisa diartikan seperti menyebarluaskan sesuatu yang masih belum banyak diketahui, baik itu gambar, video, dan juga berita. Dengan melakukan penyebaran tersebut, maka akan ada banyak orang yang mengetahuinya.

Spill artinya apa?

spill artinya
Pexels

Seperti yang kita tahu, ada beragam bahasa gaul yang begitu populer di sosial media, salah satunya adalah kata spill yang pernah viral di Twitter. Bagi para pengguna Twitter, tentu saja sudah akrab dengan kata spill. Meskipun begitu, ternyata tidak banyak yang tahu apa dari arti kata spill.

Apa makna atau arti kata tersebut telah mengalami perubahan dari makna yang sebenarnya atau kata aslinya. Secara bahasa, kata spill diambil dari bahasa Inggris, yang berarti menumpahkan atau tumpahan.

Tidak hanya itu, kata spill bisa juga diartikan sebagai mencurahkan yang merupakan sinonim dari kata tumpah. Ada juga arti kata spill yang lain, yakni mencecerkan atau keluar. Tetapi dalam bahasa gaul kekinian, arti spill sendiri telah mengalami sedikit pergeseran makna.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, spill dalam bahasa gaul kekinian diambil dari kalimat “spill the tea”. Namun artinya menumpahkan teh, melainkan kata yang diungkapkan untuk mengungkap sebuah kebenaran atau rahasia.

Makna spill yang sebenarnya

Pexels

Jika Sedulur sudah tahu spill artinya apa, tentu saja tidak lengkap jika tak tahu makna yang sebenarnya. Ya, kata spill juga bisa diartikan mengungkap atau membongkar suatu rahasia. Sementara untuk kata spill berasal dari kalimat “spill the tea”.

Nah, kata rahasia dalam hal ini sebenarnya terletak pada huruf T yang digunakan pada kata “tea”. Sehingga makna dari kalimat “spill the tea” tersebut adalah jenis idiom dalam bahasa Inggris.

Kata spill mempunyai makna yang tersirat untuk menunjukkan suatu rahasia, supaya segera dibongkar atau diungkap. Maka dari itu, terkadang Sedulur menjumpai kata spill di dalam sebuah kalimat pada posting-an sosial media yang diikuti dengan kata tertentu.

Nah, kata tersebut merupakan inti dari rahasia yang harus dibongkar. Dengan tahu arti kata spill, membuat Sedulur bisa memahami makna kata spill tersebut dan tak salah lagi untuk memaknainya.

BACA JUGA: Arti DM di Social Media dan Penggunaannya, Jangan Salah

Contoh penggunaan kata spill

Pexels

Terdapat beberapa contoh kata spill yang sering kita jumpai di berbagai sosial media. Umumnya, kata spill ini digunakan pada kalimat bagi seseorang untuk segera mengungkapkan sesuatu rahasia.

Rahasia dalam hal ini bisa saja terkait dengan suatu gosip, isu, beauty, fashion, dan lain sebagainya. Langsung saja, berikut ini contoh penggunaan kata spill dan artinya.

  • Contoh 1

“Spill harga celana yang kamu kenakan dong kak.” (Di sini, spill harga artinya jika seseorang dapat mengungkapkan atau memberitahu harga dari celana yang dikenakan olehnya)

  • Contoh 2

“Cantik banget bajunya, spill dong kak pakai mereknya apa?” (Spill merek atau spill nama artinya memberitahu atau mengungkapkan nama merek dari baju yang dipakai)

  • Contoh 3

“Kita spill film yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu.” (Nah, spill film artinya jika seseorang memberitahu atau mengungkapkan film yang beberapa waktu lalu telah dirilis)

  • Contoh 4

“Spill dong chat dari dia.” (Spill chat artinya untuk mengungkapkan atau memberitahu isi chat dari gebetan)

Bahan gaul kekinian lain

Pexels

Selain arti kata spill, ada pula beberapa bahasa gaul kekinian yang kerap dijumpai di sosial media. Sejumlah bahasa gaul ini bahkan pernah viral di sosial media. Mau tahu apa saja arti kata bahasa gaul tersebut? Yuk simak referensinya di bawah ini.

  1. 2in: berarti setuju atau memiliki keadaan yang mirip.
  2. Ava: berarti Avatar yakni foto profil.
  3. Base: berarti akun yang membahas topik khusus tertentu.
  4. GA: berarti Give Away atau hadiah untuk pengguna sosial media.
  5. JBJB: berarti Join Bareng bermakna juga membalas cuitan orang lain belum kenal.
  6. Manfess: berarti Mention Confess yakni percakapan dengan topik berhubungan base.
  7. Mutualan: berarti saling follow atau ajak kenalan.
  8. Nder: berarti ender atau pengirim.
  9. OA: berarti Official Account atau akun resmi.
  10. OOMF: berarti One of My Followers yakni orang yang kalian follow.
  11. OOT: berarti Out of Topic atau pembahasan di luar topik utama.
  12. Santuy: berarti ya santai.
  13. Thread: berarti cuitan berantai atau pesan yang bersambung di Twitter.
  14. TIA: berarti Thanks You in Advance bermakna terima kasih sebelumnya.
  15. Timeline/TL: berarti beranda Twitter.

BACA JUGA: Arti Cepu yang Biasanya Kita Temui di Media Sosial

Itulah penjelasan dan pembahasan tentang spill yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Setelah membaca sedikit informasi di atas, tentu saja Sedulur tahu ‘kan spill artinya apa?

Jadi mulai sekarang, jangan sampai salah lagi dalam menggunakan kata spill, ya. Jangan salah pula dalam mengartikan kata tersebut.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!