Manfaat kartu prakerja ternyata  bagus dalam meningkatkan ketrampilan seseorang lho Sedulur. Nantinya ketrampilan yang sudah didapatkan dari mengikuti program kartu prakerja bisa dipakai untuk membuka lapangan pekerjaan baru atau untuk melamar di pekerjaan lain. Hadirnya program kartu prakerja ini memang tidak lepas dari masalah pengangguran yang terjadi di Indonesia.

Jadi manfaat kartu prakerja ini bisa dijadikan sebagai sarana melatih ketrampilan seseorang sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya lho Sedulur. Di samping itu, program kartu prakerja yang digagas oleh Presiden Joko Widodo ini juga bisa membantu banyak orang khususnya yang terdampak pandemi Covid-19 di mana banyak perusahaan melakukan pengurangan karyawan dan dampaknya adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Nah, supaya tidak bertanya-tanya lagi mengenai manfaat kartu prakerja, berikut tim Aplikasi Super terkait program kartu prakerja. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA : Review ASI Booster Mom Uung, Solusi Terbaik Untuk Busui

1. Apa itu kartu prakerja

"	 Apa Manfaat Kartu Prakerja? Cek Kegunaannya"
mediaindonesia

Mungkin masih banyak orang awam yang bertanya tanya mengenai apa sih kartu prakerja ini? Ya, kartu prakerja merupakan salah satu kartu sakti yang dapat membantu seseorang dalam meningkatkan skil dan kemampuaannya  sebelum benar-benar terjun di dunia kerja. Namun, seiring berjalannya waktu, program kartu prakerja yang dicananngkan oleh pemerintah ini bisa dipakai buat mereka yang baru saja mengalami PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja.

Ya, maklum hampir dua tahun wabah Covid-19 mendera Indonesia dan dunia. Banyak pembatasan mobilitas masyarakat dan alhasil, minimnya mobilitas yang dilakukan masyarakat, membuat perputaran uang tersendat dan banyak perusahaan menjadi gulung tikar, sehingga terjadi PHK.  Jadi, manfaat kartu prakerja ini sangat baik untuk mereka yang baru saja di PHK untuk kedepannya bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

2. Tujuan pemerintah membuat kartu prakerja

"	 Apa Manfaat Kartu Prakerja? Cek Kegunaannya"
mediaindonesia

Tujuan yang paling utama pemerintah membuat atau meluncurkan kartu prakerja adalah, untuk mengentaskan masalah pengangguran yang sedang terjadi di tanah air. Sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan membuka roda kewirausahaan.

Namun sejatinya dilansir dari laman qoala.com, program kartu prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk mereka para pencari kerja, buruh yang terkena PHK atau pekerja yang hendak ingin meningkatkan kompetensi dalam pengembangan perekonomian dalam skala mikro kecil dan juga menengah.

BACA JUGA : 25 Nada Dering Terbaru Untuk Telfon dan Whatsapp

3. Apa manfaat kartu prakerja

"	 Apa Manfaat Kartu Prakerja? Cek Kegunaannya"
bisnis

Banyak sekali yang bisa kamu dapatkan apabila mengikuti program kartu prakerja yang digagas oleh pemerintah ini. Manfaat kartu prakerja bagi masyarakat dapat menerima bantuan berupa pelatihan atau pembekalan kompetensi kerja dan atau kewirausahaan serta juga mendapat insentif yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Namun setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manafaat sebesar Rp 3.550.000. Jumlah tersebut dibagi menjadi beberapa bagian. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang bisa digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital yang juga masuk dalam mitra SISNAKER
  • Pemberiaan insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini dibagi menjadi dua yaitu insentif penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selamaa 4 bulan (Rp 2.400.000) dan Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp 150.000).

4. Penerima manfaat kartu prakerja

"	 Apa Manfaat Kartu Prakerja? Cek Kegunaannya"
tirto

Lalu buat kamu yang masih awam mengenai siapa yang berhak atau mendapatkan manfaat Kartu Prakerja, penerima Kartu Prakerja adalah pemegang Kartu Prakerja yang sah atau pihak yang sudah dinyatakan lulus dalam tahapan Tes dan Seleksi Gelombang serta menerima persetujuan Bantuan Pelatihan untuk dipergunakan membeli atau membayar pelatihan.

Jadi, tidak semua berhak mendapatkan manfaat Kartu Prakerja, sehingga cuma segilintir orang yang sudah melewati berbagai macam tahapan tes yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Nantinya akan ada insentif khusus yang bisa dipakai Sedulur untuk mengembangkan kewirausahaan dan hal lain sebagaianya

BACA JUGA : Ternyata Ini 10 Manfaat Biji Pepaya, Jangan Langsung Dibuang!

5. Fungsi kartu prakerja setelah 4  bulan

"	 Apa Manfaat Kartu Prakerja? Cek Kegunaannya"
mediaindonesia

Apabila sedulur sudah dinyatakan lulus dan bisa mengikuti seluruh rangkaian tes dan mendapat berbagai insentif dari pemerintah, maka insentif tersebut bisa dipakai untuk mengikuti program pelatihan selanjutnya untuk meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill. Nantinya bisa juga insentif tersebut dipakai untuk persiapan mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha.

Tidak hanya itu, uang saku yang tidak digunakan untuk membayar kelas pelatihan bisa dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau bisa dipakai sebagai modal bisnis, mengingat sulitnya mencari pekerjaaan pada masa pandemi seperti sekarang ini. Jadi manfaatkan dengan baik.

BACA JUGA : Profil & Kumpulan Puisi Chairil Anwar, Pelopor Puisi Indonesia

6. Keuntungan dan kerugian kartu prakerja

cnnindonesia

Ternyata mengikuti program Kartu Prakerja memiliki beberapa keuntungan dan kerugian yang harus siap dialami oleh yang memanfaatkan kartu ini. Nah berikut ini penjabaran mengenai keuntungan dan kerugian karu prakerja

Keuntungan Kartu Prakerja

  • Mengembangakan skil dan ketrampilan baru supaya bisa bersainn di dunia kerja atau yang hendak ingin berwirausaha
  • Mendapatkan potongan untuk biaya pelatihan
  • Mendapatkan sejumlah uang bulanan selama 4 bulan

 

Kerugian Kartu Prakerja

  • Desain ketrampilan yang sedang dibutuhkan sangat kurang memuaskan
  • Tidak adanya informasi kepada para peserta tentang keahlian apa saja yang dicari oleh industrial potensial
  • Dari pemerintah tidak adanya arahan untuk ke industri unggulan, jadi sebelum menawarkan pelatihan, pemerintah tidak mengumumkan industri spesifik apa yang jadi keunggulan di Indonesia.

7. Fungsi sertifikat pelatihan kartu prakerja

suara

Fungsi sertifikat pelatihan Kartu Prakerja menjadi bukti bahwa kamu sudah mengikuti seluruh rangkaian dalam proses seleksi dan sudah berhak mendapatkan insentif selama 4 bulan. Namun, banyak orang mulai bertanya-tanya mengenai fungsi sertfikat ini. Untuk menjawabnya, berikut dikutip dari laman Okezone.com menjelaskann jika sertifikat itu bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

HRD memiliki pandangannya tersendiri mengenai sertifikat pelatihan Kartu Prakerja dimana orang yang sudah mengikuti berbagai macam pelatihan akan mendapatkan sebuah nilai plus di mata HRD meskipun bukan berarti langsung diterima bekerja secara mudah begitu saja. Saat melamar sebuah pekerjaan, tentu saja setiap pelamar akan tahu kemampuan yang dimiliki.

Apabila sudah memiliki bekal dengan mengikuti program pelatihan, maka seseorang sudah siap bisa terjun ke dunia kerja yang sedang membutuhkan ketrampilannya. Perlu diketahui Sedulur, sebelumnya sempat heboh terkait fungsi sertifikat pelatihan Kartu Prakerja yang bisa dipakai untuk melamar sebuah pekerjaan.

Demikian ulasan mengenai manfaat kartu prakerja yang bisa kamu dapatkan. Semoga buat Sedulur yang baru saja lulus dan sedang ingin mengasah skil atau menambah ketrampilan, bisa mengikuti program Kartu Prakerja ini.