1 mayam berapa gram

Apakah Sedulur sudah mengetahui 1 mayam berapa gram? Beberapa waktu yang lalu, istilah mayam sempat menjadi perbincangan hangat publik setelah pemain FTV Qausar Harta memberikan mas kawin Masayu Clara seberat 30 mayam pada pernikahan yang diselenggarakan pada bulan Mei lalu. 

Mayam sendiri merupakan emas yang berlaku dan sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh. Mayam sendiri dapat dikatakan wajib bagi seorang laki-laki yang ingin menikah dengan wanita Aceh. Lantas, 1 mayam berapa karat dan bagaimana cara menghitungnya ? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA : 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

Apa itu mayam?

Obligasi

Mayam merupakan takaran emas yang berlaku di masyarakat Aceh. Istilah ini merupakan simbol bagi masyarakat Aceh sebagai syarat mahar yang harus dipenuhi oleh mempelai lelaki dan diberikan kepada mempelai wanita.

-->

Jika ditakar dalam gram, maka satu mayam itu 3,33 gram. Jadi dapat dihitung jika emas seberat 1 gram seharga Rp 900.000, maka 1 mayam berapa rupiah adalah Rp 2.970.000.

Filosofi mayam

1 mayam berapa gram
Freepik

Aceh merupakan kota yang dijuluki dengan Serambi Mekah. Hal ini karena Aceh merupakan daerah yang berpedoman dalam ajaran Islam serta sangat kental dalam menghidupkan tradisi.

Hukum ngon adat lage zat ngon sifeut yang artinya hukum dan adat seperti zat dan sifat yang keduanya tidak bisa dipisahkan. Masyarakat Aceh mempunyai cara pandang tersendiri dalam memahami Jeulame atau yang biasa kita sebut dengan mahar yang berupa emas dalam takaran mayam.

Dalam tradisi masyarakat Aceh, langkah paling pertama untuk tahapan proses pernikahan adalah pertunangan yang kemudian diikuti dengan peminangan. Sebelum meminang, mempelai laki-laki akan terlebih dahulu mengirim seorang utusan yang dalam Bahasa Aceh disebut dengan seulangke.

Setelah mendapat persetujuan dari pihak mempelai wanita, maka akan dilanjutkan proses berikutnya yaitu peminangan dengan membawa cinderamata (bungong jeroe) sebagai tanda oleh-oleh dan membawa emas dalam takaran mayam, yaitu dari 3 hingga 30 mayam ataupun lebih. Perlu Sedulur ketahui bahwa 1 mayam berapa gram di Aceh, setara dengan 3,33 gram.

Banyak sekali nilai yang diajarkan dalam adat pernikahan masyarakat di Aceh, diantaranya yaitu “Sebagai symbol dari kesungguhan si calon mempelai pria. Sekalipun si calon pria tidak dari keluarga yang berada, jika si calon pria tersebut benar-benar cinta kepada calon mempelai wanita suku Aceh pastinya ia akan mengusahakan dan menyanggupinya dengan sepunuh hati agar wanita tersebut dapat dinikahi nya.”

BACA JUGA : 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mayam yang dibutuhkan untuk meminang wanita Aceh

1 mayam berapa gram
Liputan6

Perlu Sedulur ketahui bahwa dalam adat pernikahan di wilayah Aceh, mahar yang diberikan kepada mempelai wanita sudah diatur secara rinci melalui pendekatan sosial budaya yang diaplikasikan dalam rangkaian upacara perkawinan yang suci dan sakral. Mahar tersebut yaitu berupa mayam emas, dan bukan seperangkat alat sholat ataupun yang lainnya.

Hal yang menarik lainnya dari adat pernikahan Aceh adalah pada masing-masing etnis mempunyai prinsip dan adat yang berbeda terkait dengan nilai dari besaran mahar. Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus mengenai jumlah mayam emas yang dijadikan mahar. Semua tergantung dari pihak mempelai wanita dan juga kesepakatan antara keluarga yang bersangkutan.

Umumnya, dan sudah menjadi kebiasaan adat Aceh, jumlah mahar yang perlu disiapkan kisaran 3 hingga 30 mayam. Hal ini tentunya dapat bergantung karena beberapa faktor, seperti Pendidikan, keturunan, kecantikan serta kesepakatan yang lainnya.

 BACA JUGA : Sejarah Ken Dedes: Ratu Singasari & Keistimewaannya

Cara menghitung mayam

1 mayam berapa gram
Freepik
  • 10 mayam berapa juta? 10 mayam emas berarti 33 gram emas dan setara dengan Rp 28 jutaan.
  • 25 mayam berapa gram?  25 x 3,33 = setara dengan emas 83 gram
  • 30 mayam berapa gram? 30 x 3,33= setara dengan emas 99,9 gram
  • 50 mayam berapa gram? 50 x 3,33 = setara dengan emas 166,5 gram     
  • 1 mayam berapa juta 2022? 1x 3,33 = 3,33. Jika harga emas Rp 900.000 maka 1 mayam kisaran Rp 3 jutaan

Demikianlah penjelasan singkat tentang 1 mayam berapa gram dan cara menghitungnya. Mayam sendiri merupakan takaran emas bagi masyarakat Aceh yang sudah menjadi tradisi. Jika seorang laki-laki ingin menikah dengan wamita Aceh, maka harus menyiapkan mayam sesuai dengan kesepakatan antara dua belah pohak. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.