jenis-jenis hamster

Hamster merupakan salah satu hewan yang banyak dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian orang. Selain imut dan juga menggemaskan, hamster juga cukup mudah dipelihara dan juga dapat dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jenis-jenis hamster sendiri terbagi menjadi berbagai ragam, diantaranya Hybrid, Syrian, Eropa dan masih banyak yang lainnya. 

Jika Sedulur berminat untuk memelihara hewan yang hampir mirip dengan tikus ini, yuk simak dulu informasi mengenai jenis, dari hamster paling mahal dan juga cara merawatnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Bahasa Tertua di Bumi, Ada yang Digunakan Sampai Saat Ini

Jenis-jenis hamster

Berikut jenis-jenis hamster dan gambarnya yang dapat Sedulur jadikan hewan peliharaan di rumah.

-->

1. Hamster Hybrid

jenis jenis hamster
Liputan6

Hamster yang pertama adalah hybrid. Hamster ini merupakan hasil perkawinan silang antara hamster Campbell dengan hamster Winter White. Karena hamster ini buka merupakan jenis yang asli, tentunya jumlahnya pun kian berkurang bahkan terancam punah. Salah satu alasan jenis ini sulit ditemukan adalah karena adanya pertentangan yang menyebutkan bahwa jenis ini akan mengurangi keaslian dari dua hamster kawinannya.

Harga hamster Hybrid dibanderol kisaran harga Rp40.000-Rp65.000 per satu ekornya. Untuk warna dari hamster ini mayoritas berbulu krem pudar dengan campuran warna abhu-abu.

2. Hamster Romanian

jenis jenis hamster
Hamsters.fandom.com

Romanian hamster memiliki nama Latin yaitu Mesocricetus newtoni yang merupakan hamster langka lainnya. Penyebab terus menurunnya jumlah spesies hamster Romanian ini adalah karena mulai berkurangnya habitat yang menjadi tempat tinggal hewan menggemaskan ini. Perlu Sedulur ketahui bahwa Romanian hamster ini juga tidak untuk dijual.

3. Hamster Campbell

jenis jenis hamster
Hobobinatang

Hamster Campbell merupakan salah satu hamster dwarf yang memiliki ukuran kecil. Hamster ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari hamster jenis Syrian dan tidak sama dengan bentuk tikus. Meski bentuknya yang lucu dan menggemaskan, Sedulur perlu tahu bahwa hamster ini terbilang cukup agresif, galak, dan tak segan untuk menggigit jika Sedulur belum tahu tata cara mengontrol hamster yang satu ini. Maka dari itu, hamster Campbell tidak disarankan untuk dijadikan hewan peliharaan terutama untuk anak-anak dan pemula.  

4. Hamster Brandt’s

mammalage.com

Hamster yang selanjutnya adalah hamster Brandt’s. Jumlah spesies ini kini semakin berkurang karena habitat aslinya yaitu padang rumput stepa dan pegunungan Eropa Tenggara serta Timur Tengah juga semakin berkurang. Bahkan Union for Conservation of Nature and Natural Resources memasukkan jenis hamster ini ke dalam daftar hamster langka di dunia. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Brandt’s Hamster tidak diizinkan untuk dijual.

BACA JUGA : 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

5. Hamster Suriah

jenis jenis hamster
harga.web.id

Hamster Suriah juga disebut dengan hamster Syrian. Hamster ini emiliki nama global yaitu Golden Hamsters. Kini jenis-jenis hamster Syrian ini sudah jarang sekali ditemukan karena jenisnya hampir punah. Hal ini disampaikan langsung oleh international Union for Conservation of Nature and Natural Resources.

Hamster ini memiliki warna tubuh yang berwarna coklat muda dengan sedikit keemasan. Untuk ukuran tubuhnya sendiri, hamster Syrian memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis hamster yang lain. Sedangkan untuk harganya, hamster jenis ini dibanderol kisaran Rp 20 ribuan untuk satu ekornya. Hamster Syrian dapat dikatakan sebagai hamster termahal, yang mana harganya mencapai Rp  300.000 per ekor untuk hamster Syrian tortoiseshell and white (tricolor) Rp95.000 – Rp300.000

6. Hamster Perut Hitam

Liputan6

Hamster perut hitam berasal dari Prancis dan merupakan hamster yang langka dan hampir punah. Jenis hamster ini adalah anakan hamster perut hitam dari Eropa. Karena hamster ini bukan spesies asli, jenis hamster perut hitam asal Prancis kini hanya tinggal sekitar 800 ekor saja. Harga global hamster Perut Hitam dipatok kisaran harga $ 5 atau setara dengan Rp 71 ribu.

7. Hamster Winter White

haluan.co

Hamster Winter White merupakan salah satu jenis hamster paling jinak dan dapat dipelihara. Meski memiliki bentuk yang hampir sama dengan jenis Campbell, akan tetapi, hamster ini memiliki bulu yang tidak terlalu wool seperti jenis Campbel. Hal menarik lainnya dari Winter White adalah bulunya dapat berubah warna pada setiap musim.

Perubahan warna bulu ini dipengaruhi oleh perubahan pigmen rambut yang juga dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan genetik. Pada saat musim panas, bulu hamster ini akan mengalami perubahan dari abu-abu ke cokelat tua, atau terkadang akan berwarna coklat pucat. Bulu pada wajah mereka juga akan berubah menjadi abu-abu dan coklat dan pada area mulut dan bagian telinga akan cenderung lebih terang.

Salah satu faktor hamster ini dapat dipelihara adalah karena karakternya yang lebih tenang dan mudah bersahabat dibandingkan dengan hamster yang lainnya. 

BACA JUGA : 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Hamster Roborovski

jenis hamster
Hewata.com

Hamster selanjutnya adalah Roborovski. Hasmter ini merupakan hamster paling kecil dan terlincag jika dibandingkan dengan hamster jenis yang lainnya. Selain itu, hamster Roborovski juga memiliki karakter yang penakut, sulit untuk berteman, larinya sangat cepat dan apabila dipegang akan mudah kabur. Meski sulit untuk bersahabat, hamster ini justru tidak menggigit lho. Untuk harga, Hamster Roborovski dibanderol kisaran Rp 30.000-Rp 50.000 per satu ekor.

9. Haster Chinese

jenis-jenis hamster
Kidadl

Hamster Chinese menjadi salah satu ragam hamster yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Salah satu ciri dari jenis ini adalah dapat bertahan hidup selama dua tahun sampatiga tahun.Hamster Chinese ini memiliki warna abu-abu atau warna coklat dan hitam. Postur badan hamster Chinese ini memiliki bentuk yang kecil, lucu dan juga menggemaskan. Tak heran jika banyak orang yang ingin memelihara hewan ini karena  hamster yang satu ini terbilang jinak.

10. Hamster Eropa

Nesabamedia

Sesuai dengan Namanya, hamster Eropa memiliki habitat asli di Eropa. Ciri dari hamster ini adalah warnanya yang unik, pada bagian tubuhnya berwarna coklat, sedangkan pada bagian kakinya berwarna hitam. Hamster ini dapat bertahan hingga umur 2-3 tahun saja.

Cara merawat hamster

Freepik

Berikut cara merawat hamster yang perlu Sedulur perhatikan.

  1. Pilih kendang yang nyaman
  2. Letakkan kendang ditempat yang tepat
  3. Tutupi kendang menggunakan kain tipis untuk hari pertama
  4. Tunggu beberapa hati sebelum hamster dilekuarkan dari kendang
  5. Setelah hamster berhasil menyesuaikan diri, pilih waktu makan di luar kebiasaan
  6. Jangan lupa untuk membersihkan kendang secara berkala
  7. Ber waktu hamster untuk di luar kendang lebih lama
  8. Rawat hamster dengan hati-hati

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis hamster dan harganya. Sebelum memutuskan untuk memeliharan hamster, Sedulur tentu perlu mengetahui hamster yang jinak dan dapat dipelihara dan hamster yang tidak bisa dijadikan hewan peliharaan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.