macam macam kecerdasan

Setiap orang tentu memiliki kecerdasan masing-masing dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Teori mengenai kecerdasan pertama kali dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang profesor sekaligus psikolog dari Universitas Harvard dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences. Macam macam kecerdasan intelektual dibagi menjadi 9 jenis kecerdasan. 

Kecerdasan tersebut diantaranya adalah kecerdasan musikal, verbal, kinestetik dan yang lainnya. Daripada penasaran, yuk kenali 9 jenis kecerdasan manusia di bawah ini! Sedulur tipe yang mana?

 BACA JUGA : Intervensi adalah: Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya

1. Naturalist Intelligence

macam macam kecerdasan
Freepik

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini umumnya dapat lebih menonjol dalam mengenali, melihat perbedaan atau juga mengkategorikan sesuatu yang ditemui di alan maupun lingkungan sekitarnya.

Misalnya seperti dapat merasakan hari ini akan turun hujan bahkan belum ada tanda-tanda akan turun hujan, atau dapat dengan mudah membedakan jahe dan kunyit.

2. Musical Intelligence

macam macam kecerdasan
Freepik

Kecerdasan musical intelligence erat kaitannya dengan suara, pola atau nada yang teratur. Misalnya seperti seseorang dengan kecerdasan ini akan dengan mudah mengenali, memodifikasi ataupun membuat karya musik berupa instrumen hingga lagu.

Kecerdasan musik juga berhubungan dengan kemampuan dalam ilmu matematis. Hal ini karena music dan matematik saling berkaitan dalamproses berfikir. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini umumnya gemar bernyanyi atau bersenandung tanpa disadari.

3. Logical-mathematical Intelligence

kecerdasan
Freepik

Orang yang memiliki kecerdasan logika cenderung lebih mudah dan senang dalam memecahkan masalah menggunakan analisis serta hubungan akibat. Mereka percaya bahwa melalui pendapatan ilmiah akan lebih baik untuk dapat memberikan solusi.

Dominan dalam kecerdasan logika ini membuat mereka jadi ahli untuk mengenali pola numeris/silogisme, membuat argumen yang sesuai dengan penalaran, dan menjadi orang yang tahu membedakan mana yang betul mana yang salah.

BACA JUGA : Hackathon: Pengertian, Kegiatan dan Contohnya di Indonesia

4. Existential Intelligence

Freepik

Kecerdasan yang selanjutnya adalah existential intelligence memiliki pemikiran yang selalu filosofis dan juga ahli dalam berpikir kritis.

Mereka juga selalu tertarik untuk selalu menanyakan hal-hal fundamental, bahkan tak jarang pertanyaan yang tidak mempunyai jawaban pasti atau nyata. Kecerdasan ini banyak ditemukan pada orang yang berprofesi sebagai akademisi, teolog dan pemikir teori.

5. Interpersonal Intelligence

macam macam kecerdasa
Freepik

Kecerdasan ini cukup dimiliki oleh banyak orang. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini menyukai aktivitas berkomunikasi atau ngobrol dengan orang lain meskipun tidak dikenal.

Mereka juga pandai untuk bisa mengamati perubahan mood orang lain. Mereka yang yang memiliki kecerdasan ini dapat ditemukan pada seorang pekerja sosial, guru atau teman yang menjadi tempat curhat untuk banyak orang.  

6. Bodily-Kinesthetic Intelligence

Freepik

Orang yang memiliki kecerdasan ini gemar melakukan gerakan fisik. Mereka memiliki senjata utama pada keterampilan motorik yang sangat baik serta kemampuan fisik yang mumpuni. Maka dari itu, orang dengan kinesthetic intelligence akan lebih sering unggul dalam kegiatan yang melibatkan gerakan seperti olahraga dan tarian.

Cara belajar yang paling optimal untuk orang yang memiliki kecerdasan ini adalah langsung dengan mempraktekannya dan serta cenderung untuk selalu mencari informasi langsung eksperimen.

BACA JUGA : Mengenal Makna Sugesti Beserta Bentuk, Jenis & Contohnya

7. Linguistic Intelligence

macam macam kecerdasan
Freepik

 Seseorang memiliki kecerdasan linguistik cukup jago dalam berbahasa dan juga berkata-kata. Umumnya, mereka juga sangat ahli dalam menemukan perbedaan sekecil apapun dari arti dalam sebuah ungkapan. Kecerdasan ini sebenarnya dimiliki oleh banyak orang.

Dengan pengetahuan dan keterampilan berbahasa yang baik, orang yang memiliki kecerdasan linguistik, banyak ditemukan oleh para jurnalis, penyiar radio dan juga guru.

8. Intra-Personal Intelligence

macam macam kecerdasan
Freepik

Kecerdasan yang terakhir adalah kecerdasan intrapersonal. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mempunyai kemampuan untuk bisa lebih dalam memahami karakter serta perasaan dirinya sendiri. Mereka juga terkenal sebagai seorang yang cukup Tangguh dengan karakter kuatnya serta pandai dalam memotivasi diri sendiri. Tak hanya itu, mereka juga akan selalu konsisten meskipun tidak diiming-imingi imbalan oleh orang lain.

Kecerdasan ini juga membuat mereka sangat memahami apa tujuan yang diinginkan, merencanakannya dengan baik, dan berusaha untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Orang-orang dengan kecerdasan intrapersonal, biasanya juga merupakan seseorang yang mandiri, sering jadi tempat curhat teman-temannya, dan jadi role model bagi sekitar.

9. Visual/ Spatial intelligence

Freepik

Macam-macam kecerdasan majemuk yang selanjutnya adalah kecerdasan visual. Seseorang yang cenderung lebih unggul dalam bidang visual, akan menemukan dirinya tertarik pada hal yang berupa bentuk dan juga sudut pandang fisik.

Biasanya kecerdasan ini akan muncul dalam diri seseorang yang pandai dalam membaca peta, menyusun puzzle dan juga gambar dengan berbagai bentuk dan perspektif yang berbeda. 

BACA JUGA : Musik Ansambel: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Macam macam kecerdasan IQ, EQ, SQ dan TQ

Freepik

Berikut penjelasan mengenai kecerdasan manusia IQ, SQ, WQ dan TQ yang perlu Sedulur pahami:

  1. IQ adalah kecerdasan interlektual yang erat kaitannya dengan dengan kemampuan mengingat, memahami serta memecahkan masalah.
  2. EQ adalah kecerdasan emosional yang berkaitan dengan kemampuan diri seseorang untuk mengontrol emosi dan perasaan.
  3. SQ merupakan kecerdasan jiwa yang berhubungan dengan kemampuan untuk menghargai, memberi kasih sayang, empati dan yang lainnya.
  4. TQ yaitu kecerdasan transidental yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan dalam memahami dan memaknai kehidupan.

Cara mengembangkan kecerdasan anak

Freepik

Salah satu kecerdasan yang ada pada anak adalah kecerdasan ekstensial. Kecerdasan eksistensial adalah tipe kecerdasan yang ditambahkan oleh Gardner. Berikut hal yang dapat Sedulur lakukan untuk mengembangkan kecerdasan yang ada pada sang buah hati. 

  1. Memperhatikan hal apa saja yang disukai oleh anak
  2. Fokus pada kelebihan anak 
  3. Kelola ekspektasi yang dimiliki anak saat ini
  4. Kenalkan anak mengani berbegai macam cara belajar

Demikianlah rangkuman informasi mengenai macam-macam kecerdasan anak dan cara mengembangkannya. Perlu Sedulur pahami bahwa anak yang cerdas bukan hanya untuk mereka yang memiliki IQ tinggi. Karena faktanya ada banyak jenis kecerdasan yang manusia miliki.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.