hackathon

Bagi Sedulur yang menyukai pemrograman atau tertarik di bidang IT tentu sudah tidak asing dengan istilah hackathon. Istilah ini juga sering disebut sebagai  hackfest, atau codefest. Pengertian hackathon adalah sebuah acara kolaborasi pengembangan proyek perangkat lunak. 

Di Indonesia sendiri, kompetisi hackathon sudah cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Berikut penjelasan tentang apa itu hackathon beserta contoh kegiatannya. 

BACA JUGA : Pengertian Westernisasi Beserta Faktor, Dampak & Contohnya

Hackathon adalah

hackathon
Freepik

Dilansir dari laman Hackathon.com, hackathon artinya adalah sebuah acara yang menyatukan para ahli dalam menciptakan kolaboratif untuk dapat memecahkan masalah tertentu yang sedang terjadi. Umumnya, hackathon berkisar pada pemrograman komputer dan juga IT. Namun, kini banyak juga industry lain turut mengikuti contohnya hackathon ekonomi, musik dan yang lainnya.

Kata hackathon sendiri berasal dari gabungan dua kata yaitu “hack” dan “marathon”. Sehingga bisa disebut pengertian hackathon adalah maraton maraton bagi peretas. Namun, dalam hal ini, hacker yang dimaksud adalah programer komputer eksploratif.

Kegiatan Hackaton

hackathon
Freepik

Kegiatan setiap Hackathon tentu berbeda.Akan tetapi menurut laman Ionos, umumnya kegiatan hackathon adalah sebagai berikut.

1. Pembukaan

Setiap kegiatan tentu diawali dengan pembukaan, tak terkecuali hackathon. Pada kegiatan ini penyelenggara akan menjelaskan tentang bagaimana acara ini akan berlangsung. Seperti mengumumkan tema, hingga jadwal kegiatan. 

2. Workshop

Kegiatan selanjutnya yang ada dalam hackathon adalah workshop. Dalam workshop ini, semua peserta akan dibekali dengan ilmu mengenai tema kegiatan langsung dari para ahlinya.  

3. Pitching

Pitching dalam kegiatan ini berarti setiap peserta diberi kesempatan untuk mengajukan ide proyek bahkan solusi yang sesuai dengan tema dari hackathon.

3. Membuat tim

Dalam kegiatan ini, tim akan dibentuk secara spontan. Ini berarti, setiap peserta harus bekerja sama dengan orang-orang baru dan belum mereka kenal sebelumnya. Hal ini tentu akan sulit bagi Sebagian orang. Untuk itu, dalam lomba ini akan ada juga sesi teal building.

4. Membuat proyek

Setelah membentuk dan mengenali tim dengan baik, maka kegiatan selanjutnya dalam lomba ini adalah membuat proyek. Dalam sesi ini, masing-masing dari anggota tim akan melakukan brainstorming ide sekaligus strategi untuk dapat menyelesaikan proyek yang sudah mereka rancang dan kerjakan. Dalam kegiatan perlombaan ini, tentunya semua peserta juga akan diberi waktu istirahat makan dan juga beribadah.

5. Presentasi

Kegiatan selanjutnya adalah presentasi. Setelah proyek selesai dibuat, maka peserta akan diberi waktu untuk mempresentasikan di depan juri dan juga peserta yang lain. Namun, jika jumlah pesertanya terlalu banyak, sesi hackathon ini dapat dijadikan seperti science fair yang mana setiap tim akan mempunyai standnya masing-masing dan orang-orang umum serta juri dapat mengunjungi stand setiap tim tersebut. Pada sesi presentasi ini, masing-masing tim akan menyampaikan mengenai ide atau solusi untuk bisa menyelesaikan masalah.

6. Award Ceremony

Pada sesi Award Ceremony, para juri akan mengumumkan siapa yang akan menjadi  pemenang hackathon yang nantinya akan mendapatkan hadiah.

BACA JUGA : Mengenal Makna Sugesti Beserta Bentuk, Jenis & Contohnya

Hackathon indonesia 2022

hackathon
Freepik

Ternyata, kegiatan hackathon sudah banyak diselenggarakan di Indonesi lho Sedulur. Berikut daftar beberapa kegiatan hackathon yang ada di Indonesia.

Hackathon Sahabat Ganjar 2022

Detiknews

Salah satu hackathon contoh kegiatan yang diselenggarakan pada tahun ini adalah hackaton Sahabat Ganjar. Perlombaan yang diinisiasi oleh relawan Sahabat Ganjar ini bertema “Building and Emprowing Indonesia, Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Indonesia melalui Mobile App yang Inovatif”

Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk dapat melahirkan generasi muda yang kreatif dan juga start up dalam bidang teknologi supaya dapat memajukan serta mengembangkan masa depan negara Indonesia.

Acara ini diadakan pada tanggal 8 Mei 2022 dan dikhususkan untuk mahasiswa yang berdomisili di Jawa Tengan dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah tunai sebesar Rp.22.500.000 dan juga laptop.

Technoconnect Hackathon 2022 (Universitas Brawijaya)

ub.ac.id

Perlombaan hackathon yang diadakan oleh Universitas Brawijaya ini berlangsung pada Maret 2022 kemarin. Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Nanovest, sebuah pasar investasi yang bergerak di bidang jual beli saham dan juga asset kripto di Indonesia.

Acara perlombaan ini dikelompokkan menjadi dua kategori, “Bug Bounty” dan “Innovation Your Way!”. Program “Bug Bounty” adalah program untuk mencari bug dalam aplikasi investasi dan aset kripto Nanovest. Sedangkan untuk “Innovation Your Way!” adalah program untuk melakukan pitch mengenai inovasi yang bisa peserta lomba tawarkan untuk Nanovest. Program ini bertemakan “How UI/UX Can Improve Investment Platform Better”.  Dalam perlombaan ini, pemenangnya akan mendapatkan hadiah hingga Rp 100 juta rupiah lebih.

BNI Hackathon Festival 2021

Jatimtimes

Ketika pandemic Covid-19 pada 2019 lalu, BNI (Bank Negara Indonesia) bekerjasama dengan Statrup Singo Edan Malang (STASTION) untuk menyelenggarakan BNI Hackathon Festival 2021. Acara ini diselenggarakan secara virtual atau online untuk dapat memberdayakan para talenta digital di Indonesia dan khususnya yang berada di wilayah Malang, tujuannya adalah untuk mengembangkan ekosistem digital Indonesia agar semakin mau.

Di lomba hackathon ini, para peserta akan berlomba untuk membuat aplikasi atau program dalam beberapa kategori berikut ini

  • Smart City
  • Health Technology
  • Game
  • Financial Solution
  • Pertanian
  • Marketing Ads

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari beragam latar belakang, mulai dari mahasiswa, hingga startup yang sudah professional. Untuk pemenang lomba ini, juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 30.000.000, juara 2 mendapatkan Rp. 20.000.000, dan juara 3 mendapatkan Rp. 10.000.000.

Indonesia Maju Hackfast 2020

Devpost

Komunitas Flutter Indonesia bekerjasama dengan Google Developers untuk menyelenggarakan hackathon di Indonesia secara online pada bulan Agustus 2020 lalu. Acara ini diadakan untuk mengumpulkan para developer dan juga innovator terbaik yang ada di seluruh Indonesia. Para mahasiswa, ahli, dan penggemar teknologi didukung untuk mengikuti Indonesia Maju Hackfest 2020 untuk dapat membuat solusi yang positif menggunakan teknologi Google.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam jangka waktu 3 minggu dan hanya berfokus pada 3 area, yakni : pada pembangunan ekonomi, Pendidikan dan juga Kesehatan. Untuk pemenangnya, juara pertama akan memenangkan $500, juara 2 memenangkan $350, dan juara 3 akan memenangkan $150.

BACA JUGA : Mengenal Pengertian Romusha Beserta Tujuan dan Dampaknya

Hal menarik dari Hackathon

Freepik

Perlombaan ini cukup populer di kalangan programmer karena memiliki sisi yang menarik. Berikut penjelasannya.

  • Di acara perlombaan ini orang-orang bisa berkumpul untuk berkarya secara kreatif
  • Peserta memiliki kebebasan untuk bekerja dengan siapapun dan dengan strategi apapun
  • Acara ini memberikan peserta pengalaman yang membebaskan, santai, dan ramah sehingga dapat menciptakan rasa kebersamaan antara orang-orang yang memiliki value dan pemikiran yang sama

Mengapa harus mengikuti lomba hackathon?

Freepik

Berikut beberapa alasan mengapa Sedulur harus mengikuti ajang kompetisi hackathon.

Cara belajar yang unik dan menarik

Kompetisi hackathon itu berbeda dengan pekerjaan rutin untuk mengerjakan sebuah pengkodean tanpa mengetahui gambaran besarnya. Di hackathon, Sedulur akan berpartisipasi dalam bidang-bidang yang digemari, dan juga Sedulur akan memiliki kebebasan untuk berkarya. Untuk itu, Sedulur akan dapat mengembangkan kemampuan di bidang teknologi terutama pemograman.

Mendapatkan jaringan yang intens dengan orang-orang relevan

Dengan mengiki kegiatan ini, Sedulur akan berkesempatan untuk mengenal orang yang ahli dalam pemograman dan juga IT Melalui kegiayan ini juga, Sedulur mungkin akan mengetahui teknik pemrograman lainnya, lowongan pekerjaan, atau mempelajari lebih lanjut tentang acara hackathon lainnya.

Hadiah dan pencapaian

Jika berhasil memenangkan lomba ini, Sedulur akan mendapatkan hadiah yang cukup fantastis, mulai dari puluhan hingga ratusam juta rupiah lho. Tak hanya uang tunai, biasanya pihak penyelenggara juga akan memberikan seperangkat alat teknologi hingga dapat berkesempatan untuk menjalin Kerjasama dengan pihak yang mensponsori acara tersebut.

Memperbagus VC

Dengan menambahkan sertifikat lomba hackathon akan membuat Sedulur jauh lebih unggul dari pelamar kerja yanglainnya. Dengan sertifikat lomba tersebut, maka HRD akan semakin tertarik untuk merekrut Sedulur menjadi karyawannya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hacakthon dan juga contoh kegiatannya.Hackathon data adalah merupakan kegiatan kompetisi pemrograman yang diselenggarakan hingga beberapa hari. Ajang kompetisi ini sangat bermanfaat untuk Sedulur yang berminat di bidang IT. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.