Ansambel

Musik ansambel dapat diartikan sebagai sebuah sajian musik yang dilagukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik. Dengan berbagai jenis alat musik yang berbeda dan dimainkan secara bersamaan ini, akan menghasilkan musik yang indah untuk dinikmati.

Pada awalnya, musik ensambel disebut dengan musik kamar atau Chamber Music  (Musica de Camera).Hal tersebut dikarenakan pada zaman Barok pada tahun 1600-1750. Ketika waktu itu musik ensambel dilantunkan dengan jenis musik yang terdiri dari alat-alat gesek dan alat-alat tiup saja. Nama musik ansambel dikaitkan dengan kondisi sebuah ruangan khusus yang tidak terlalu luas. Hingga pada tahun 1750, ensambel atau musik kamar ini menjadi dipentaskan pada orang banyak, dan dikenal seperti saat ini.

Berikut ulasang tentang pengertian musik ansambel sejenis dan campuran serta  contoh alatnya!

BACA JUGA : Contoh Landasan Teori Beserta Pengertian & Cara Membuatnya

-->

Pengertian

ansambel
pixabay

Musik ansambel adalah kombinasi musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik yang dipili serta mengandung unsur ritmis, harmonis dan melodis. Dalam setiap alat musiknya memerlukan teknik bermain yang berbeda-beda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dari musik ansambe atau ensambell adalah kelompok permain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap. Ensambel juga dikenal sebagai suatu rombongan musik. Dapat disimpulkan musik ensambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu dan memainkan lagu-lagu.

Pengertian ansambel menurut para ahli

ansambel
Klook

Setelah mengetahui pengertian ensambel secara umum, berikut definis musik ensembel menurut para ahli.

  • Sanjaya, dkk (2019)

Pengertian musik ensambel adalah sekelompok orang yang memainkan instrumen musik baik instrumen sejenis maupun yang berbeda, dan dimainkan secara bersama-sama.

  • Evasanti, dkk (2015)

Menurut Evasanti dkk, musik ensambel adalah musik yang dimainkan secara bersama dalam satu kelompok dibentuk berdasarkan tujuan, cara penyajian, materi lagu,dan  jumlah pemain ditentukan oleh panitia penyelenggara.

  • Nugroho (2018)

Definisi musik ensambel menurut pendapat Nugroho adalah suatu bentuk musik yang disajikan melalui beberapa instrumen musik yang dimainkan oleh sekelompok pemain.

BACA JUGA : 80 Kata Kata Keren, Cocok untuk Status & Caption Sosial Media!

Ciri-ciri

pixabay
  • Dimainkan banyak orang secara bersama-sama.
  •  Menggunakan beberapa alat musik sebagai pengiring.
  •  Dimainkan di ruangan tertutup sehingga sering disebut sebagai musik kamar.
  • Biasanya memainkan lagu yang sederhana, tidak panjang.

Jenis-jenis ansambel

Pengelompokan jenis-jenis ansambel dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu berdasarkan penyajian musiknya, peranan dan fungsi alat musik dan berdasarkan golongan alat musiknya.

1. Berdasarkan penyajiannya

ansambel
pixabay
  • Ansambel sejenis

Musik ansambel sejenis dipahami sebagai bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat–alat musik sejenis. Alat musik yang digunakan dapat berupa alat-alat musik ritmis atau melodis misalnya gitar, trumpet, rekorder, pianika, atau alat-alat musik ritmis seperti drum, tamborin dan sebagainya. 

  • Ansambel campuran

Musik ansambel campuran merupakan penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau bermacam-macam jenis alat musik. Contoh alat musik ansambel campuran adalah biola, cello, viola, contra bass, dan simbal.

Pada jenis campuran ini terdapat alat musik yang bermain sebagai harmonis atau alat musik yang berfungsi sebagai melodis dan juga ritmis. Alat musik harmonis pada ansambel campuran mampu menghasilkan nada dan juga dapat dimainkan sebagai pengiring dalam paduan nada yang umumnya disebut akor.

2. Berdasarkan peran dan fungsinya

ansambel
pixabay

Alat musik yang digunakan dalam permainan ensambel dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan peran dan juga fungsinya. Berikut 3 jenis musik ansambel berdasarkan fungsinya.

  • Alat musik melodis

Alat musik ansambel melodis berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi. Contoh ansambel melodis adalah rekorder,biola, suling, cello, viola dan yang lainnya.

  • Alat musik harmonis

Alat musik ansambel harmonis adalah alat musik yang berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan juga mengatur irama lagu. Contoh alat musik harmonis adalah pano, gitar, ukulele, accordian dan yang lainnya.

  • Alat musik ritmis

Alat musik ritmis di ansambel berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh alat musik ritmis antara lain, cajon, gendang, rebana, drum set dan lain-lain.

BACA JUGA : Pengertian Seni Grafis Beserta Jenis, Fungsi & Contohnya

3. Berdasarlan golongan

pixabay
iStock

Sumber bunyi

  • Akrofon, contohnya seruling dan terompet.
  • Membrafon, contohnya rebana, drum dan gendang.
  • Contohnya kecapi, gitar.
  • Idiofon, contohnya angklung, gong.
  • Elektrofon, contohnya gitar listrik dan organ listrik.

Cara memainkan

  • Dipukul, contohnya drum, saron bongo.
  • Dipetik, contohnya kecapi dan gitar.
  • Ditiup, contohnya seruling, terompet, klarinet.
  • Digoyangkan dan digetarkan, contohnya angklung.
  • Digesek, contohnya selo, rebab, biola.

Musik ansambel adalah kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama dan secara tetap. Salah satu alat musik ansambel tradisional yang masih digunakan hingga kini adalah gendang, saro, demong, bonang dan yang lainnya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.