listrik dinamis adalah

Listrik dinamis adalah salah satu jenis aliran listrik yang berfungsi untuk kehidupan. Sebagai orang awam, kita mungkin hanya tahu listrik merupakan salah satu jenis saja. Terpenting kita tahu fungsi dan manfaatnya untuk menunjang kehidupan manusianya.

Namun, dalam praktiknya ada banyak jenis aliran listrik dan listrik dinamis adalah salah satu jenisnya. Listrik sendiri merupakan benda yang bermuatan elektron yang menghasilkan energi. Nah, agar Sedulur bisa lebih paham terkait listrik dinamis, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu pengertian listrik secara lengkap.

BACA JUGA: Apa itu Backrooms? Istilah yang Belakangan Viral di Medsos

Pengertian listrik

Freepik

Memahami listrik dinamis adalah hal penting, namun sebelum itu Sedulur perlu mengerti pengertian listrik terlebih dahulu. Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu seperti proton dan elektron yang menimbulkan penarikan serta penolakan gaya di antara keduanya. Secara umum, listrik dapat dipahami sebagai sumber energi yang disalurkan melalui kabel.

Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari ujung saluran atau kabel positif ke ujung negatif. Listrik terbagi menjadi dua jenis, yakni listrik statis dan listrik dinamis. Listrik statis adalah aliran listrik yang berlawanan dengan listrik dinamis. Salah satu energi listrik yang turut hadir dan dekat dengan manusia untuk menopang kehidupan manusia.

Apa itu listrik dinamis?

Freepik

Listrik dinamis adalah aliran listrik yang terdiri aliran yang bergerak atau berubah-ubah. Aliran tersebut bergerak dalam rangkaian listrik dan menghasilkan arus listrik. Aliran dihantarkan melalui kawat yang kemudian sampai ke rumah kita. Listrik dinamis adalah sebuah energi yang menggerakkan barang-barang elektronik di rumah kita.

Listrik dinamis disebut juga listrik yang bergerak. Bagi Sedulur yang ingin mengetahui contoh listrik dinamis dapat terlihat dari barang elektronik seperti televisi, kulkas, dan barang lain yang bisa menyala karena mendapatkan pasokan aliran listrik dinamis.

Secara sederhana, Sedulur bisa mengartikan listrik dinamis adalah listrik yang dapat membuat setiap barang elektronik menyala atau bahkan bergerak, yang disebabkan oleh tenaga berasal dari energi listrik itu tersebut.

BACA JUGA: Penemu Listrik & Sejarah Penemuan Listriknya

Memahami listrik dinamis lebih mudah

listrik dinamis adalah
Freepik

Agar sedulur dapat lebih mudah memahami pengertian listrik dinamis, berikut ini daftar pengertianya.

  • Listrik dinamis adalah aliran muatan listrik melalui konduktor (arus listrik).
  • Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir dalam suatu rangkaian listrik.
  • Listrik dinamis dihasilkan dari sumber listrik atau pembangkit listrik.
  • Listrik dinamis adalah aliran listrik yang terjadi karena arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik.
  • Arus listrik hanya bisa menyala pada rangkaian listrik tertutup.

Masih dengan tujuan agar lebih memudahkan Sedulur untuk memahami apa itu listrik dinamis, berikut ini adalah beberapa contoh dari listrik dinamis yang pasti bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari Sedulur.

1. Penggunaan bel rumah

Freepik

Contoh pertama adalah bel rumah, bagi Sedulur yang memiliki bel di rumah, bel tersebut terhubung dengan kawat penghantar listrik. Munculnya aliran elektron dari baterai berpindah ke bel melewati kawat penghantar dapat menyebabkan bel listrik berbunyi.

Baterai memiliki kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif adalah ujung baterai dengan tonjolan kecil. Kutub negatif adalah ujung baterai yang rata. Apabila dua kutub tersebut dihubungkan dengan kabel, elektron mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif.

2. Baterai pada laptop

Freepik

Saat ini laptop merupakan benda elektronik yang umum dimiliki oleh seseorang, mulai dari belajar di sekolah, di kampus hingga mengerjakan pekerjaan di kantor pasti menggunakan laptop. Laptop sendiri merupakan benda elektronik yang berkaitan dengan aliran listrik dinamis.

Sebuah laptop bisa menyala dan berfungsi karena di dalam laptop terdapat baterai. Aliran elektron dari baterai berpindah ke laptop, aliran elektron ini akan berhenti mengalir sampai baterai laptop habis terpakai dan akhirnya laptop mati tidak berfungsi.

3. Power bank untuk gadget

listrik dinamis adalah
Freepik

Power bank tentu saja merupakan barang yang saat ini wajib Sedulur miliki, selain untuk mengisi daya gadget di mana pun ketika butuh, power bank juga merupakan salah satu contoh dari pergerakan listrik dinamis. Fenomena listrik dinamis nyatanya dapat kita temukan dalam sebuah power bank.

Melalui perangkat penyimpan daya tersebut, listrik akan mengalir menuju baterai ponsel. Di saat itu pula, terjadi aliran listrik dan aliran listrik tersebut merupakan aliran listrik dinamis.

Manfaat listrik dinamis

Freepik

Setelah mengetahui pengertian dari listrik dinamis dan mengetahui contohnya, juga Sedulur telah merasakan bersama manfaatnya sehari-hari. Agar untuk mengingatkan serta menyadarkan Sedulur, berikut ini adalah beberapa manfaat dari listrik dinamis. Tujuan mengetahuinya agar Sedulur bisa memanfaatkan listrik dengan bijak.

  • Sebagai sebuah energi yang bisa digunakan dan membantu kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari aktivitas ringan hingga aktivitas berat sekalipun.
  • Sebagai penghasil cahaya, hal ini dapat Sedulur rasakan dengan adanya lampu. Listrik merupakan energi yang dapat dialihkan menjadi sebuah cahaya.
  • Sebagai penghasil panas, karena listrik dinamis dapat diaplikasikan pada alat-alat yang menggunakan elemen panas. Cara kerjanya adalah dengan menghantarkan listrik pada nikel sehingga nikel dapat menghasilkan panas.
  • Sebagai penghasil gerak, pada benda tertentu yang membutuhkan listrik sebagai energi untuk menggerakkan. Seperti contohnya pada mobil dan motor listrik.

BACA JUGA: Mengenal Apa itu Hiatus dan Perbedaannya dengan Vakum

Rumus listrik dinamis

Freepik

Materi listrik dinamis merupakan materi dasar yang diajarkan bagi setiap orang yang bekerja dan berkaitan dengan kelistrikan. Di bangku sekolah pun sebenarnya kita telah mempelajari beberapa rumus listrik dinamis itu sendiri. Rumus listrik dinamis adalah sebuah cara atau metode agar kita bisa menghitung jumlah aliran listrik dalam sebuah arus listrik.

Untuk menyegarkan ingatan, berikut ini adalah rumus dari listrik dinamis:

  • I = Q/t

Keterangan dari rumus di atas adalah sebagai berikut:

  • I = kuat arus listrik (A)
  • Q = jumlah muatan listrik (Coulomb)
  • T = selang waktu (s)

Rumus listrik dinamis berkaitan dengan kuat arus listrik yang disimbolkan dengan (I), Arus listrik terjadi jika ada perpindahan elektron seperti uraian di atas. Kedua benda bermuatan, jika dihubungkan dengan penghantar akan menghasilkan arus listrik. Kuat arus listrik disimbolkan dengan huruf I, memiliki satuan Ampere (A).

Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu bahwa listrik dinamis adalah salah satu jenis aliran listrik yang mengaliri setiap rumah kita dan memberikan daya dan energi untuk beberapa peralatan elektronik. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pemahaman Sedulur terkait pengertian dari listrik secara lebih spesifik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!