hiatus adalah

Hiatus adalah kata yang saat ini cukup sering didengar dan berseliweran di media sosial. Namun, apakah Sedulur paham dengan arti istilah tersebut. Apa yang sebenarnya diartikan dari kata tersebut? Pasalnya, tidak semua orang paham mengenai arti hiatus.

Walaupun begitu, hiatus merupakan istilah yang telah ada sejak lama. Biasanya kita dapat menjumpai istilah tersebut pada kanal-kanal berita hiburan yang mengabarkan tentang seorang selebriti, public figure, maupun influencer.

Secara umum, hiatus adalah bahasa yang dipakai ketika selebritas mengumumkan  fase rehat secara resmi dari aktivitasnya di dunia hiburan dan berhenti berkarier. Tak berhenti di situ, Sedulur juga perlu mengetahui pemakaian yang tepat dari istilah tersebut. Kamu juga akan mengetahui perbedaannya dengan vakum.

BACA JUGA: Arti dari Jamet, Istilah yang lagi Trend di Media Sosial

-->

Definisi hiatus

hiatus adalah bahasa
Pexels

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, hiatus adalah kata yang memiliki arti peralihan di antara dua monoftong yang berdampingan yang membentuk dua suku berurutan tanpa jeda atau konsonan antara. Pengertian tersebut lebih condong ke aspek linguistik dan agaknya sedikit berbeda dari yang mayoritas orang-orang pahami saat ini.

Jika kita mencari dalam kamus Merriam-Webster, istilah merupakan kata benda yang mendeskripsikan periode dimana sesuatu seperti program atau kegiatan yang ditangguhkan sementara atau dengan kata lain dijeda. Definisi hiatus pada Urban Dictionary juga serupa dengan apa yang tertulis pada kamus Merriam-Webster di mana hiatus adalah istirahat atau jeda sementara dari sesuatu.

BACA JUGA: Gambar Ilustrasi: Pengertian, Jenis, Fungsi, & Contohnya

Sejarah & awal mula

hiatus kerja adalah
Pixabay

Kata hiatus ternyata sudah ada setidaknya dari abad ke-16 silam. Istilah tersebut pada awalnya merujuk ke sebuah istilah anatomi untuk mematahkan atau membuka sesuatu di pada bagian tubuh. Contohnya seperti pembukaan pada diafragma yang bisa disebut sebagai hiatus. Setelah itu, kata hiatus sedikit bergeser menjadi sebutan lain untuk menguap atau menatap sesuatu dengan mulut terbuka.

Pada abad ke-17, saat itulah orang-orang mulai akrab dengan arti kata hiatus adalah interupsi atau jeda sejenak. Contoh sederhananya seperti pengumuman rehat dari seorang selebriti. Ketika ia selebriti memilih untuk hiatus, ia bermaksud untuk pergi sejenak dari panggung dunia hiburan.

Ditinjau dari sudut pandang linguistik, ternyata kata hiatus memiliki makna yang jauh berbeda dari apa yang saat ini orang-orang pahami. Dalam tata bahasa, hiatus adalah jeda kecil yang kita buat ketika kita mengucapkan dua huruf vokal di samping satu sama lain. Seperti “naif”, “kooperasi”, atau “realitas”.

Hiatus VS. vakum

vakum
Urbanasia

Istilah hiatus dan vakum memang terkesan memiliki arti yang sama. Namun jika dicermati lebih lanjut, makna keduanya tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Hiatus mengacu pada jeda sejenak antara waktu sekarang dan nanti dengan akhir jeda yang sudah ditetapkan sebelumnya. Vakum lebih mengarah ke jeda antara waktu sekarang dan nanti yang sifatnya tidak direncanakan sehingga kita tidak tahu sampai kapan jeda tersebut akan berakhir.

Jika Sedulur masih belum terlalu paham, coba cermati contoh nyata yang dilakukan oleh One Direction. Boyband kenamaan Inggris ini dibentuk pada 2010 sebagai finalis dari acara pencarian bakat The X Factor. One Direction sering menempati urutan pertama di tangga lagu global pada saat itu.

Setelah kepergian salah satu personilnya Zayn Malik di 2015, One Direction memutuskan untuk hiatus sementara dari seluruh aktivitasnya. Tepat ketika grup ini sedang ada di puncak kejayaannya.

Awalnya, mereka mengumumkan untuk hiatus selama 18 bulan. Pada awal tahun 2016, One Direction memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan. Keempat anggota yang tersisa yakni Harry Styles, Niall Horan, Liam Payne, dan Louis Tomlinson juga memilih untuk meniti karier solonya masing-masing.

BACA JUGA: Apa Arti Crush dalam Bahasa Gaul Anak Muda

Contoh hiatus

hiatus kpop adalah
Korea JoongAng Daily

Hiatus adalah hal yang lazim dilakukan oleh beberapa selebriti saat ini. Terkadang, rutinitas yang monoton dan kesibukan tiada henti dapat menguras emosi, mental, dan juga fisik. Tidak terkecuali para pesohor dunia tersebut. Berikut ini adalah beberapa nama selebritis yang sempat hiatus.

1. PewDiePie

Felix Kjellberg atau yang lebih akrab dikenal dengan PewDiePie merupakan salah satu YouTuber gamer tersukses di dunia. Dengan angka subscribers lebih dari 111 juta, konten video buatannya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar setianya. Raja YouTube tersebut memang rutin membuat konten video yang ia rilis secara harian ataupun mingguan. 

Di balik kesibukannya berkarya, tercatat bahwa PewDiePie pernah beberapa kali memutuskan untuk berhenti sebentar dari dunia YouTube semenjak awal kariernya di 2010. Hiatus terakhir PewDiePie terjadi pada Januari 2022 lalu.

Selama satu bulan penuh ia tidak mengunggah konten video ke kanal YouTube-nya. PewDiePie tidak memberikan alasan spesifik mengapa ia memutuskan untuk hiatus. Menurutnya, beristirahat sejenak dan tidak harus memikirkan konten apa yang akan diunggah sangat membuat dirinya lega.

2. BLACKPINK

Terlepas dari kesuksesan masif yang diperoleh BLACKPINK semenjak debut pada 2016 silam, ternyata mereka juga tidak jarang melakukan hiatus atau yang biasa disebut dengan hiatus Kpop.

Hiatus Kpop adalah masa para idola tersebut tidak aktif melakukan promosi. Entah itu karena alasan pribadi, wajib militer, ataupun sedang menyiapkan materi baru untuk lagu atau album yang akan dirilis. Seperti saat ini contohnya. BLACKPINK sedang berada pada masa hibernasi. Terakhir kali BLACKPINK mempromosikan lagunya Lovesick Girls adalah pada Oktober 2020 lalu.

Selama hiatus, member BLACKPINK berfokus pada karier solo masing-masing. Rosé dan Lisa sempat merilis lagu solo, Jisoo merambah ke dunia akting, dan Jennie aktif melakukan promosi dengan merek desainer kenamaan dunia. Walaupun dengan batas waktu yang belum diketahui, BLACKPINK memastikan bahwa mereka akan kembali tampil dengan merilis album terbaru dalam waktu dekat ini.

Hiatus dari media sosial

hiatus media sosial
Pixabay

Serupa tapi tak sama, ketika seseorang menulis di status media sosial bahwa ia ingin hiatus untuk beberapa saat dari media sosial, maka ia bermaksud untuk meninggalkan sejenak kehidupan online-nya untuk berfokus pada hal-hal tertentu.

Selain itu, istilah ini juga diidentikkan kepada orang yang berhenti memakai media sosial selama beberapa waktu. Tak berhenti di situ, ada juga istilah semi hiatus adalah yang digolongkan berdasarkan lama durasinya.

Selain dilakukan oleh selebriti, hiatus juga biasa dilakukan oleh orang-orang di sekitar kita. Umumnya, seseorang hiatus atau berhenti sejenak dari rutinitas kesehariannya, salah satunya adalah rutinitas di media sosial. 

Hiatus media sosial berarti orang tersebut mengurangi atau tidak sama sekali aktif di dunia online. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan mengatur timer pada aplikasi media sosial untuk membatasi waktu aktif bermain atau bahkan mencopot instalasi aplikasi tersebut pada smartphone.

Selain di media sosial, seseorang juga sesekali membutuhkan fase hiatus dalam bekerja. Hiatus kerja adalah proses rehat yang menjauhkan diri dari kesibukan pekerjaan yang hectic. Hiatus media sosial dan kerja ternyata memiliki manfaat positif yang terdiri dari:

  • Meningkatkan fokus dan produktivitas keseharian
  • Mengurangi perasaan tertekan dan khawatir berlebihan
  • Membuat pola hidup lebih sehat
  • Menumbuhkan hubungan sosial dengan orang sekitar di dunia nyata

Sekarang, Sedulur sudah tahu tentang definisi, perbedaannya dengan vakum, serta contoh yang dilakukan oleh selebriti. Pada dasarnya, hiatus adalah hal yang lumrah untuk dilakukan setiap orang. Ada kalanya kita juga memerlukan waktu untuk berhenti sebentar dan mengembalikan kembali fokus dengan diri sendiri. Di tengah kesibukan yang ada, jangan lupa untuk beristirahat sejenak dan merefleksi tentang kehidupan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!