kunci hidup tenang

Sedulur penasaran tentang kunci hidup tenang dan bahagia yang selama ini orang-orang lakukan? Coba dulu simak pembahasannya berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

Definisi hidup tenang dan bahagia

kunci hidup tenang
Depositphotos

Setiap orang tentunya memiliki definisi hidup tenang dan bahagia yang berbeda-beda. Namun, semua akan sepakat apabila definisi hidup tenang dan bahagia adalah menjalani keseharian tanpa perasaan resah yang berlebihan. Aktivitas keseharian akan terasa lebih enteng untuk dijalani, masalah akan cepat terselesaikan, dan tidak ada beban pikiran yang menumpuk di benak.

Kunci hidup tenang dan bahagia yang dapat Sedulur coba

Berikut ini adalah daftar 12 kunci hidup tenang dan bahagia, mulai dari memperbanyak rasa syukur, hingga menyadari bahwa setiap orang memiliki batasan tertentu. 

1. Perbanyak rasa syukur

4 kunci hidup tenang yang pertama adalah memperbanyak rasa syukur. Seringkali di saat-saat tertentu, kita menjadi lupa diri terhadap segala hal yang dimiliki. Kita kerap merasa kurang dan merasa yang paling sengsara ketika melihat orang lain yang di atas kita atau ketika kita sedang tertimpa masalah.

Padahal, jalan hidup yang diberikan Tuhan saat ini pastinya memiliki hikmah tersirat. Jadi, cara agar tidak terus-terusan berkutat dalam perasaan buruk tersebut adalah dengan memperbanyak rasa syukur.

Rasa syukur bisa diungkapkan atas berbagai hal. Setiap hal-hal kecil yang membahagiakan di kehidupan Sedulur layak untuk disyukuri. Bahkan ketika tubuh kita masih bisa terbangun di pagi hari pun patut untuk disyukuri. Rasa syukur dapat Sedulur wujudkan dalam berbagai hal, seperti membantu dan mengasihi sesama.

BACA JUGA: 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

2. Jangan memikirkan masalah hingga waktu tidur

kunci hidup tenang
Depositphotos

Kunci hidup tenang yang kedua adalah jangan memikirkan masalah hingga waktu menjelang tidur. Sangat wajar apabila kehidupan kita dipenuhi dengan berbagai rintangan. Masalah pun datang silih berganti.

Tetapi Sedulur tetap harus ingat, tidak bijak apabila terus-terusan memikirkan masalah hingga waktunya tidur. Tidur merupakan satu-satunya periode istirahat dari tubuh kita setelah menjalani aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, untuk menjaga kualitasnya, Sedulur seharusnya tidak membawa-bawa masalah hingga hendak tidur.

Bahkan, salah satu penelitian dari Tiongkok menyebutkan bahwa amarah atau pengalaman buruk yang terbawa hingga tidur atau alam bawah sadar ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Otak cenderung akan mengingat hal tidak menyenangkan tersebut, kemudian mengakibatkan stres yang berkelanjutan.

3. Mengembangkan cara berpikir yang positif

Salah satu langkah untuk menggapai hidup yang damai, tenang, tanpa kegelisahan adalah dengan selalu berpikir positif. Mungkin hal ini terdengar klise, ya Sedulur. Tetapi, Sedulur harus sadar bahwa pembawaan positif tersebut nantinya akan menular ke berbagai aspek kehidupan kita.

Tidak ada gunanya untuk selalu berprasangka buruk terhadap setiap hal. Justru, semakin kita memiliki prasangka buruk, kemungkinan hal jelek tersebut untuk terjadi akan semakin tinggi, atau yang banyak orang sebut sebagai manifestasi.

Jika kita menjalani keseharian kita dengan suasana hati yang positif, pasti semuanya menjadi lancar. Ketika tidak sengaja menemui permasalahan pun, diri kita aka menyikapinya dengan seperlunya saja. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya, Sedulur?

BACA JUGA: 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Memiliki waktu istirahat yang cukup

kunci hidup tenang
Depositphotos

Tubuh yang sehat tentunya akan menghasilkan cara berpikir yang sehat. Kira-kira itulah kalimat yang paling tepat untuk mendeskripsikan cara hidup tenang dan bahagia yang kita bahas kali ini.

Memiliki waktu istirahat atau tidur yang cukup sangatlah penting bagi tubuh kita. Layaknya sebuah mesin, tubuh kita tentunya tidak bisa dipakai untuk bekerja seharian. Ada kalanya mesin tersebut harus dimatikan agar ia dapat berfungsi maksimal keesokan harinya.

Waktu yang ideal bagi seseorang untuk tidur adalah kisaran 7 jam sampai 8 jam. Dengan tidur yang cukup, kita akan kembali bangun dengan semangat dan tidak merasa lesu. Dengan begitu, pikiran kita menjadi lebih segar, hidup bahagia tanpa risau pun dapat kita miliki.

5. Biasakan untuk bangun pagi

3 kunci hidup tenang selanjutnya adalah membiasakan diri untuk bangun pagi. Masih melanjutkan dari pembahasan tentang istirahat atau tidur yang cukup sebelumnya, bangun pagi juga ternyata menjadi salah satu kunci hidup bahagia yang terkadang dilewatkan kebanyakan orang.

Ketika seseorang mendapatkan waktu istirahat yang cukup, selama 7 jam sampai 8 jam, ia akan lebih mudah untuk bangun pagi. Bangun pagi dapat menjadi sebuah awalan memulai hari yang baik dan produktif. Lebih lanjut lagi, bangun pagi dapat membuat pikiran Sedulur lebih segar dan terhindar dari rasa cemas akan sesuatu yang bisa menghampiri.

Maka dari itu, tidak heran bahwa bangun pagi merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat mendekatkan kita ke kehidupan yang lebih bahagia dan tenang.

BACA JUGA: 12 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan, dan Lingkungan

6. Biasakan untuk selalu berolahraga

Depositphotos

Salah satu kebiasaan baik yang termasuk ke dalam kunci hidup tenang yang selanjutnya adalah olahraga rutin. Dengan berolahraga rutin, kekuatan tubuh Sedulur akan meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit. 

Selain itu, olahraga rutin bisa menjadikan pikiran Sedulur lebih rileks. Olahraga dapat menambah naiknya hormon serotonin dalam tubuh kita. Hormon serotonin sendiri memiliki peranan penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, alhasil diri kita dapat merasa lebih bahagia.

Olahraga sendiri juga dapat diibaratkan sebagai investasi. Apabila belajar adalah investasi untuk otak di masa depan, maka berolahraga rutin adalah investasi untuk tubuh di masa yang akan datang. Sedulur tentunya tidak ingin memiliki tubuh yang sakit-sakitan di hari tua, kan?

7. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain

Pernahkah Sedulur merasa tidak puas dengan pencapaian diri sendiri ketika melihat keberhasilan orang lain? Hati-hati loh, itu bisa jadi menghalangi Sedulur kepada kehidupan yang tenang dan bahagia.

Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain menjadi salah satu kunci hidup tenang dan bahagia yang sangat ampuh. Pasalnya, hati dan otak kita tidak terus-terusan merasa iri terhadap pencapaian orang lain.

Perlu diingat bahwa setiap orang memulai segala sesuatunya dengan garis permulaan yang berbeda. Bekal perjalanan hidup tiap orang pun tidak sama. Oleh karena itu, wajar apabila ada di antara kita yang lebih sukses dibanding yang lain. Tidak perlu iri dan membanding-bandingkan, setiap orang sukses dengan kadarnya masing-masing.

BACA JUGA: Sejarah Ken Dedes: Ratu Singasari & Keistimewaannya

8. Tidak mempersulit segala sesuatu

Depositphotos

5 kunci hidup tenang yang terakhir adalah tidak mempersulit segala sesuatunya. Hidup akan terasa mudah apabila kita menganggapnya demikian. Memang, setiap saat pasti kita akan menjumpai masalah-masalah baru. Namun, yakinlah bahwa setiap masalah tersebut memiliki solusi. 

Tidak perlu mempersulit diri, Sedulur mungkin hanya membutuhkan waktu untuk menemukan jawaban dari rintangan hidup tersebut.

9. Membiasakan diri untuk hidup sesuai kemampuan

Dalam ajaran agama Islam, terdapat beberapa cara agar kita selalu terhindar dari rasa kegelisahan dalam hidup. Kunci hidup tenang menurut Islam salah satunya adalah membiasakan diri untuk hidup sesuai kemampuan, atau dengan kata lain hidup sederhana.

Hidup sederhana mungkin memiliki definisi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, yang perlu digaris bawahi pada pembahasan ini adalah ketika kita berbohong tentang pencapaian diri kepada orang lain, entah itu dari prestasi, kekayaan, dan lain sebagainya.

Dengan hidup seperti itu, tentunya kita akan jauh dari rasa ketenangan dan juga kebahagiaan. Hidup kita hanyalah kebohongan belaka. Oleh karenanya, hidup sesuai kemampuan atau hidup sederhana tanpa melebih-lebihkan adalah salah satu kunci yang tepat apabila Sedulur ingin menggapai kehidupan yang tenang dan bahagia.

10. Sempatkan me time

Depositphotos

Diri kita juga perlu dimanjakan, loh Sedulur. Setelah sekian lama berkutat dengan perkara kehidupan, ada baiknya untuk sedikit memberikan apresiasi terhadap diri sendiri dengan melakukan me time atau menghabiskan waktu untuk melakukan apa yang diri kita sukai. 

11. Mengikhlaskan segala sesuatu yang telah terjadi

Kunci hidup tenang dan bahagia menurut Islam salah satunya adalah bersikap ikhlas terhadap segala sesuatu yang telah terjadi. Mengikhlaskan segala kegagalan kita di masa lampau akan membuat hati menjadi lebih lapang dan siap untuk melanjutkan perjalanan hidup berikutnya.

12. Sadar diri setiap orang memiliki batas tertentu

Everypixel

Kunci hidup tenang yang terakhir adalah sadar bahwa setiap orang memiliki batas tertentu. Sebagai manusia, tentunya kita tidak bisa melakukan semua hal dengan sempurna. Bahkan orang yang paling pintar sekalipun, pasti akan menemui batasan dari kecerdasannya tersebut.

Maka dari itu, ketika kita sadar bahwa setiap orang memiliki batasan tertentu, kita tidak akan menuntut terlalu keras kepada diri sendiri atas kegagalan yang telah terjadi di masa lampau.

 

Nah Sedulur, itu dia beberapa cara atau kunci hidup tenang dan damai yang dapat Sedulur coba. Cara atau kunci tersebut meliputi memperbanyak rasa syukur, mengembangkan cara berpikir yang positif, membiasakan diri untuk bangun pagi dan olahraga secara rutin, tidak membandingkan diri dengan orang lain, menyempatkan waktu untuk me time, dan lain-lain. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.