Penjelasan mengenai kiamat sudah ada dalam kitab suci setiap agama termasuk agama Islam. Kiamat terjadi jika muncul tanda-tanda seperti kerusakan alam dan meluasnya kebodohan. Dua hal ini menjadi tanda apabila kiamat benar-benar terjadi. Dalam pandangan Islam, kiamat dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra.

Kiamat sugra diartikan sebagai kiamat kecil sedangkan kiamat kubro diartikan sebagai kiamat besar. Supaya lebih paham perbedaan mengenai kiamat sugro dan kiamat kubro, maka berikut adalah penjelasan secara lengkapnya.

BACA JUGA: Mengenal Yajuj Majuj, Fakta & Tanda Dalam Datangnya Hari Kiamat

1. Pengertian kiamat sugra

kiamat sugra
dalamislam

Hari kiamat meruapakan rukun iman sehingga harus dipercayai oleh tiap orang dengan bijak. Sebab, semua hal di dunia ini yang bersifat duniawi seperti harta, jabatan, hingga sanak saudara hanya sementara.

Kiamat atau hari akhir dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubro atau kiamat besar. Perbedaan kiamat sugra dan kiamat kubro terletak pada waktunya. Untuk contoh kiamat kubro diawali dengan munculnya Yajuj dan Majuj, serta dajjal.

Sementara itu, contoh kiamat sugra adalah munculnya kerusakan alam di muka bumi, peperangan dan meluasnya kebodohan di dunia. Untuk itu, penjelasan mengenai kiamat sugro ataupun kubro telah tercatat dalam Al-Quran dan Hadist. Seperti penjelasan berikut ini

Dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 187, Allah SWT berfirman bahwa kiamat pasti akan terjadi di muka bumi. Waktu terjadinya pun hanya Allah yang mengetahui.

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

yas`alụnaka ‘anis-sā’ati ayyāna mursāhā, qul innamā ‘ilmuhā ‘inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun ‘an-hā, qul innamā ‘ilmuhā ‘indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya’lamụn

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Setelah memahami perihal kiamat atau munculnya hari akhir. Maka pasti kita penasaran tentang tanda-tanda yang muncul dari kedua jenis hari akhir ini. Namun sebelum membahas kiamat kubro, maka berikut adalah penjelasan tentang tanda-tanda kiamat sugra

2. Tanda-tanda kiamat sugra

kiamat sugra
tirto

Awal mula terjadinya kiamat kecil akan dimulai dengan munculnya aktivitas yang sering terjadi di sekitar kita. Seperti kehancuran alam, pemanasan global dan bahkan kematian. Namun, itu baru sebagian kecilnya saja. Sebab, masih banyak tanda-tanda yang bisa kita rasakan sampai saat ini. Berikut ini beberapa penjelasannya:

  • Tanda yang pertama adalah munculnya wanita berpakaian telanjang
  • Tanda kedua kerusakan alam
  • Makin banyaknya kebodohan di penjuru dunia
  • Munculnya kasus pembunuhan
  • Waktu yang menjadi lebih singkat.
  • Berkurangnya jumlah orang baik dan sebaliknya bertambah banyak orang jahat
  • Maraknya perbuatan riba
  • Banyak orang menyia-nyiakan amanat

Itulah tanda-tanda kiamat sugra yang biasa  kita jumpai di sekitar kita. Selanjutnya adalah contoh kiamat  sugra yang tak kalah wajib dipahami oleh umat muslim. Maka dari itu, simak selengkapnya ulasan selanjutnya.

BACA JUGA: 9 Tanda-tanda Kiamat Kubra Menurut Ajaran Islam, Harus Tau!

3. Contoh kiamat sugra

kiamat sugra
republika

Setelah mengetahui pembahasan mengenai tanda-tanda kiamat sugra, maka selanjutnya adalah contoh jenis kiamat ini. Contoh dari akhir jaman sugra bisa diketahui dan bisa dirasakan dalam kehidupan kita sampai saat ini. Lantas seperti apa contoh dari akhir jaman sugra, yuk simak penjelasan berikut ini.

Kematian

Kematian bisa dialami siapa saja. Tak mengenal waktu, usia bahkan jenis kelamin. Hewan, tumbuhan dan manusia juga pasti akan mengalaminya. Faktor-faktor yang menyebabkan kematian pun sangat beragam. Bisa karena kecelakaan, pembunuhan atau karena sakit terkena penyakit. Namun,apapun itu  kematian adalah contoh dari jenis kiamat kecil atau sugra.

Kematian yang dialami seseorang adalah mutlak rahasia Allah SWT. Dan tak ada seorangpun yang tahu, kapan ajalnya dijemput oleh sang Maha Pencipta. Namun,  yang pasti hanya amalanlah selama di hidup di dunia yang bisa menjadi bekal ketika kita berada di akhirat kelak.

Bencana alam

Setelah kematian, maka bencana alam merupakan kiamat kecil selanjutnya. Bencana alam bisa terjadi karena berbagai hal. Entah murni karena kuasa dari Sang Pencipta atau ulah-ulah jahat manusia. Sering kita melihat di televisi, bencana alam datang silih berganti. Mulai bencana alam gunung meletus, banjir air bah, tsunami, tanah longsor dan masih banyak lagi.

Dilihat dari jenisnya, bencana alam tidak hanya yang berhubungan dengan alam. Namun, bencana alam bisa dikaitkan dengan munculnya wabah penyakit. Wabah penyakit adalah bencana alam yang sifatnya muncul tiba-tiba dan menyerang seluruh negara di dunia. Seperti wabah penyakit kolera, Ebola dan terbaru adalah Covid.

Covid jadi perbincangan hangat di dunia, karena wabah ini dinilai mematikan karena telah membunuh jutaan orang. Setiap hari, berita mengenai korban meninggal akibat virus Covid-19 tak pernah ada henti-hentinya. Alhasil, banyak orang takut bepergian, melakukan isolasi mandiri, bahkan harus disuntik vaksin. Semuanya semata-mata supaya kekebalan tubuh manusia meningkat dan penularan virus dapat dicegah.

Munculnya wabah penyakit bisa diambil hikmahnya, jika hidup hanyalah sementara. Sebab, kelak semuanya akan dipanggil oleh sang Maha Pencipta. Sebagai manusia yang bisa diperbuat adalah hanya berdoa, bertawakkal, dan mengantisipasi datangnya bencana.

BACA JUGA: Pengertian Hari Kiamat, Dalil dan Ayatnya dalam Agama Islam

4. Perbedaan kiamat sugra dan kiamat kubra

kiamat sugra
tirto

Kiamat sugra dan kiamat kubra sama-sama merupakan hari akhir. Namun, yang membedakan keduanya adalah tanda, contoh dan waktu terjadinya. Maka dari itu, sebagai kaum muslimin wajib memahami perbedaannya. Sugra dalam bahasa Arab bisa diartikan kecil. Sedangkan kubra dapat diartikan hari akhir yang sifatnya besar.

Kiamat kubro adalah kehancuran alam semesta. Seluruh alam semesta seperti hewan, tumbuhan dan manusia pada akhirnya akan mati. Saat kiamat ini muncul, bumi akan diguncang dengan hebat, laut akan meluap dan benda-benda di langit akan berjatuhan. Kejadian maha dahsyat ini akan membuat manusia dan makhluk hidup lainnya akan berlari dan mencoba menyelamatkan diri.

Adapun tanda-tanda kiamat jenis ini yang bakal dirasakan nanti. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Munculnya asap dari timur ke barat

Asap ini akan berlangsung 40 hari. Orang-orang beriman akan dimatikan oleh dukhan dan tidak akan ditunjukan kejamnya kiamat. Namun, untuk beberapa orang yang mempunyai dosa akan bertahan dengan dukhan. Meski demikian, mereka akan melihat seperti apa kiamat terjadi.

Munculnya dajjal

Kehadiran dajjal bisa menjadi awal terjadinya kiamat jenis ini. Munculnya dajjal adalah fitnah paling kejam di dunia. Ya, dajjal akan menganggap bahwa dirinya adalah Tuhan dan selain itu, dia akan membangkitkan orang yang ada di dalam kubur.

Turunnya Nabi Isa

Tanda yang ketiga adalah turunnya Nabi Isa AS. Pada hari kiamat, Nabi Isa akan turun ke bumi untuk membantu umat manusia dalam mengalahkan dajjal. Nabi Isa turun dengan tujuan mengembalikan perdamaian di bumi. Hal ini telah diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Bukhari yang bunyinya:

“Dan demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sudah dekat saatnya di mana akan turun pada kalian (‘Isa) Ibnu Maryam Alaihissallam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (upeti/pajak), dan akan melimpah ruah harta benda, hingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya.” (HR. Al- Bukhari).

Sifat kiamat kubra dan sugra juga berbeda. Jika kiamat sugra adalah kehancuran yang sifatnya kecil dan hanya terjadi di wilayah tertentu. Sedangkan kubra hampir seluruh dunia akan hancur.

Demikian  penjelasan mengenai kiamat sugra dan perbedaannya dengan Kubra. Sebagai umat Islam sudah selayaknya untuk mempercayainya. Dan tetap berbuat kebaikan kepada sesama, supaya menjadi bekal ketika di akhirat kelak.  Aamin