Pengertian Hari Kiamat

Bagi umat Islam, mengimani hari kiamat hukumnya adalah wajib. Simak pengertian hari kiamat berikut.

Dalam agama Islam, terdapat rukun iman yang wajib diyakini oleh setiap umat Muslim. Salah satu rukun iman adalah percaya tentang hari akhir. Singkatnya, hari akhir adalah hari berakhirnya seluruh kehidupan di muka bumi, tak terkecuali manusia.

Sebagaimana dalam rukun iman, kiamat menurut Islam pasti terjadi dan tidak mungkin bisa dihindari. Dalam Al-quran terdapat dalil naqli tentang hari kiamat yang menegaskan terjadinya hari berakhirnya seluruh kehidupan di muka bumi. Seperti dalil kiamat kubra dan sugra yang nantinya sekaligus akan menjawab pertanyaan apa itu kiamat.

Untuk memahami pengertian hari kiamat, alangkah baiknya apabila Sedulur juga menyimak penjelasan tentang hari kiamat setelah ini, sehingga mampu jelaskan pengertian hari kiamat kembali kepada orang lain. Berikut ini adalah pengertian hari kiamat dalam agama Islam.

BACA JUGA: Kisah Isra Miraj Perjalanan Nabi Muhammad Menuju Langit ke-7

Pengertian Hari Kiamat Beserta Penjelasan tentang Hari Kiamat dalam Al-Quran

Hari kiamat menjadi salah satu hari yang sangat dipercaya oleh umat Muslim. Hal ini lantaran kiamat masuk dalam rukus Islam sehingga wajib untuk dipercaya agar manusia bisa selalu ingat kepada Allah SWT. Pentingnya memahami kiamat pun tidak lepas dari banyak dalil serta perintah Allah SWT yang telah tercatat dalam Al Quran.

1. Pengertian Hari Kiamat dalam Al-Quran

1. Pengertian Hari Kiamat dalam Al-Quran
okezone.com

Pengertian hari kiamat dalam Islam dapat diartikan sebagai kehancuran alam semesta dan segala kehidupan di muka bumi ini. Selain dimatikannya semua makhluk, hari kiamat adalah waktu semua makhluk yang pernah hidup di muka bumi dibangkitkan kembali.

Pengertian hari kiamat menurut Al-quran tertera jelas dalam QS Al-Qariah. Berikut ini adalah pengertian kiamat dalam QS Al-Qariah ayat 1-11.

“Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran,dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan) nya,maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?(Yaitu) api yang sangat panas.”

2. Dalil tentang Hari Kiamat dan Artinya

2. Dalil tentang Hari Kiamat dan Artinya
islami.co

Banyak sekali surah dan ayat dalam Al-quran yang menyinggung pengertian hari kiamat. Dalil naqli tentang peristiwa kiamat antara lain:

 “Dan sungguh, hari kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (QS Al-Hajj ayat 7)

 “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat yang dikandungnya.” (QS Al-zalzalah ayat 1-2)

 “Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua makhluk yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi sangkakala itu, maka seketika itu mereka bangun dari kuburnya menunggu keputusan Allah…” (QS Az-Zumar ayat 68)

3. Penggolongan Kiamat dalam Agama Islam

3. Penggolongan Kiamat dalam Agama Islam
sindonews.net

Meski pengertian hari kiamat identik dengan hancurnya alam semesta, namun terdapat penggolongan kiamat dalam Islam. Penggolongan ini meliputi dua jenis kiamat, yakni kiamat sugra dan kiamat kubra.

Pengertian kiamat sugra adalah kiamat kecil. Kejadian-kejadian kecil namun berujung pada kehancuran dunia merupakan bentuk kiamat kecil. Seperti maraknya korupsi dan kejahatan di muka bumi. Begitu pula dengan kematian seseorang yang shaleh menjadi bagian dari kiamat sugra. Sedangkan kiamat kubra merupakan kiamat besar ketika alam semesta hancur.

BACA JUGA: Kiamat Kecil atau Kiamat Sugra, Seperti Apa Contohnya?

4. Tanda-Tanda Hari Kiamat

4. Tanda-Tanda Hari Kiamat
popbela.com

Menjelang peristiwa kiamat, banyak tanda-tanda yang akan muncul ke permukaan bumi. Pertanda ini tidak diharapkan ditemui oleh siapapun karena sungguh mengerikan. Beberapa pertanda adanya kiamat kubra adalah munculnya dajjal yang menyesatkan. Turunnya Nabi Isa As yang mengalahkan Dajjal, dan munculnya Ya’juj dan Ma’juj.

Tanda-tanda kiamat lain adalah terbitnya matahari dari barat, tiga penenggelaman bumi terutama bagian timur, barat, dan Jazirah Arab. Keluarnya binatang melata yang akan menandai wajah orang beriman dengan kafir. Ada pula api yang mengumpulkan manusia.

5. Amalan yang Menunjukan Iman Terhadap Hari Kiamat

5. Amalan yang Menunjukan Iman Terhadap Hari Kiamat
detik.com

Tidak ada lagi amal yang lebih baik selain senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Ketika semakin yakin, maka umat manusia akan selalu berharap agar dijauhkan dari ngerinya kejadian di hari akhir. Pengertian hari kiamat dalam Al-quran sudah cukup memenatapkan umat beriman untuk tidak pernah berpaling dari Allah Yang Maha Kuasa.

BACA JUGA: Mengenal Yajuj Majuj, Fakta & Tanda Dalam Datangnya Hari Kiamat

6. Nama-nama Hari Akhir dan Artinya

6. Nama-nama Hari Akhir dan Artinya
otosis.com

Dalam Al-quran, terdapat beberapa nama yang menjadi nama lain kiamat. Kiamat juga dikenal sebagai hari berkumpul, hari perhitungan, hari kejatuhan, hari keributan, hari pembalasan, hari kepastian, hari bencana agung, hari pembalasan, hari ancaman, hari pertimbangan, hari pengumpulan, hari kebangkitan, dan hari yang kekal.

Itulah pengertian hari kiamat berdasarkan dalil yang tertera dalam Al-quran. Sesungguhnya dengan memahami pengertian hari akhir, diharapkan umat muslim senantiasa memperkuat keimanan dengan selalu beribadah dan patuh pada perintah Allah SWT. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat menjadi ladang pahala bagi Sedulur yang mengamalkannya.

Sesungguhnya, memastikan keberlangsungan hidup sehari-hari merupakan bagian dari amal ibadah di dunia. Terutama jika Sedulur sebagai kepala keluarga dan ibu rumah tangga. Memastikan kebutuhan orang rumah merupakan sebuah kewajiban dan niscaya akan mendapatkan pahala karena menunaikannya. Agar Sedulur bisa terhindar dari siksa hari kiamat. Semoga keimanan Sedulur semakin kuat dan bertambah setiap harinya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!