tanda-tanda kiamat kubra

Pada saatnya nanti, hari kiamat pasti akan terjadi. Dimana seluruh alam semesta beserta semua makhluk yang ada di dalamnya akan hancur tak tersisa. Namun tidak satupun yang tahu pasti waktu terjadinya hari kiamat kecuali Allah SWT. Kita hanya bisa melihat dari merasakan tanda-tanda kiamat kubra.

Namun dalam agama Islam, sebenarnya ada dua jenis kiamat yakni kiamat sugra dan kiamat kubra. Nah, berikut ini yang bukan termasuk tanda-tanda datangnya kiamat kubra seperti kematian, bencana alam, dan musibah yang menimpa manusia.

Sekarang jika ada pertanyaan “sebutkan tanda-tanda kiamat kubra!”, maka jawab dan jelaskan poin-poin yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Hari Kiamat, Dalil dan Ayatnya dalam Agama Islam

1. Kemunculan Dukhan

tanda-tanda kiamat kubra
dailysia

Tanda tanda kiamat kubra yang pertama adalah kemunculan sebuah asap yang bernama Dukhan. Namun bukan sembarang asap seperti biasa, asap ini membawa penyakit layaknya flu bagi kalangan orang-orang beriman. Selain itu, penyakit yang ditimbulkan oleh Dukhan tersebut juga akan mematikan seluruh orang kafir yang ada di dunia ini.

2. Kemunculan Dajjal dan binatang besar

tanda-tanda kiamat kubra
poskota

Mungkin Sedulur sudah tahu, jika tanda-tanda kiamat kubra adalah Dajjal. Ya, itu memang benar dan kerap disebut oleh Rasulullah SAW. Menurut penjelasan Nabi Muhammad SAW, Dajjal adalah “seorang yang sakti” dan akan menguasai seluruh umat manusia. Dajjal bisa dengan mudah membunuh seseorang kemudian menghidupkannya kembali.

Tidak hanya itu, Dajjal juga diceritakan hanya memiliki satu mata saja karena mata sebelah kanannya buta. Nantinya, sosok yang satu ini akan mendatangkan fitnah besar yang mampu merenggut iman seseorang. Jadi tidak sedikit orang yang imannya goyah dan akhirnya menjadi pengikut setianya.

Selain itu, datangnya binatang besar juga menjadi salah satu tanda akan kiamat kubra. Bahkan di dalam Al-Quran surat An Naml ayat 82, telah disebutkan jika nantinya akan muncul sosok binatang besar di bumi yang menunjukkan kekuasaan Allah SWT.

 وَاِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ اَخْرَجْنَا لَهُمْ دَاۤبَّةً مِّنَ الْاَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ اَنَّ النَّاسَ كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا لَا يُوْقِنُوْنَ ࣖ

Artinya: “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami.”(Qs. An Naml ayat 82)

3. Matahari terbit dari barat

tanda-tanda kiamat kubra
cnbcindonesia

Kemudian yang selanjutnya, yakni matahari terbit dari arah barat. Hal ini seperti yang tertuang di dalam hadist Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud, yang berbunyi:

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat. Maka, apabila matahari terbit dari sebelah barat, lalu manusiapun akan beriman seluruhnya. Akan tetapi, kelakuan yang demikian itu di saat tidak berguna lagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelum beriman setelah kejadian tersebut atau memang berbuat kebaikan dengan keimanan yang sudah dimilikinya itu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

4. Nabi Isa turun ke bumi

tanda-tanda kiamat kubra
haijnews

Pada saat hari kiamat datang, Nabi Isa A.S. akan diturunkan ke bumi dengan tugas untuk membunuh Dajjal. Hal ini juga telah disebutkan dan disematkan dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 55 yang berbunyi seperti berikut.

اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسٰٓى اِنِّيْ مُتَوَفِّيْكَ وَرَافِعُكَ اِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَجَاعِلُ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْكَ فَوْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ ۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيْمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ

Artinya: (Ingatlah), ketika Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya”. (Qs. Ali Imran Ayat 55).

5. Kemunculan Ya’juj dan Ma’juj

riauaktual

Ya’juj dan Ma’juj ini adalah dua suku yang yakni akan muncul di akhir jaman. Kedua suku tersebut diceritakan mempunyai kekuatan untuk menghancurkan seluruh kehidupan yang ada di muka bumi ini. Selain itu, mereka juga turut serta berperang melawan Nabi Isa A.S. beserta pasukannya yang berasal dari bukit Thursnia.

6. Kemunculan api yang mengumpulkan manusia

pexels

Tanda kiamat kubra yang berikutnya adalah keluarnya sebuah api dari daerah Yaman. Api ini akan menggiring umat manusia ke daerah Syam. Hal ini seperti yang tercantum di dalam sebuah hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya:

Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra. ( HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: 16 Jenis Makanan Haram dalam Islam, Kamu Sudah Tahu?

Selain tanda-tanda kiamat kubra yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada juga beberapa tanda yang ternyata sudah terjadi. Kebanyakan, tanda-tanda tersebut adalah fenomena yang kini dianggap wajar, padahal dulunya adalah suatu hal yang tabu. Lalu apa saja itu? Berikut tanda tanda kiamat kubra yang sudah terjadi.

7. Banyak perkumpulan untuk merusak wanita

pexels

Untuk saat ini, ada banyak sekali organisasi wanita yang menyerukan jika mereka memperjuangkan kebebasan wanita. Namun, yang terjadi justru mereka mempromosikan wanita agar membuka auratnya. Contohnya saja seperti Miss World, ajang dimana para wanita dituntut untuk mempertontonkan aurat dan memperlihatkan keindahan tubuhnya di muka umum.

Hal semacam ini, justru akan menghancurkan kemuliaan dari wanita itu sendiri. Dalam agama Islam, wanita diwajibkan untuk menutup seluruh auratnya demi menjaga kehormatan dan kemuliaannya. Akan tetapi yang dilakukan dalam budaya zaman sekarang ini justru kebalikannya. Wanita malah disuruh membuka aurat, dan aurat tersebut menjadi tontonan banyak orang.

8. Jazirah Arab yang mulai menghijau

pexels

Di antara tanda-tanda kiamat kubra, Rasulluah SAW juga pernah menyampaikan suatu kondisi yang berkaitan dengan jazirah Arab. Dalam sebuah kesempatan, Rasulullah pernah berkata:

 “Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruah, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan sehingga tanah Arab menjadi subur makmur (hijau) kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai.”

Nah, belakangan ini, mungkin Sedulur pernah melihat peristiwa hujan es dan salju di Arab yang viral. Bahkan, pernah juga terjadi hujan lebat beberapa kali sampai membuat banyak kota di Arab terendam banjir. Ya, beberapa waktu terakhir, curah hujan di negara-negara Arab memang cukup tinggi. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kondisi tanah di sana. Coba Sedulur cek melalui Google Maps, maka banyak daerah di Arab yang kini tanahnya menjadi hijau.

9. Sungai Efrat mengering

pexels

Bisa dibilang jika mengeringnya sungai Efrat adalah tanda kiamat kubra yang sudah terjadi. Sungai Efrat sendiri adalah sungai yang mengalir dari Turki menuju Irak dan Suriah. Sungai ini menjadi salah satu sumber kehidupan utama bagi warga di sekitarnya. Sungai Efrat juga menjadi sakit sejarah sejak awal mula peradaban manusia.

Mengeringnya sungai Efrat ini juga pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW, beliau berkata:

 “Kiamat tidak akan terjadi sampai al-furat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan,‘Mudah-mudahan aku-lah orang yang selamat,” (H.R. Muslim).

Dilansir dari beberapa media, untuk saat ini sungai Eufrta telah mengalami penyusutan air jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Fenomena inilah yang sering dikaitkan dengan tanda kiamat kubra sesuai dengan perkataan Rasulullah SAW.

BACA JUGA: 10+ Hadist Ciri-Ciri Orang Munafik Menurut Islam, Harus Diwaspadai

Mengetahui akan beberapa tanda di atas, tentu saja membuat semakin sadar jika saat ini kita sedang berada di waktu akhir-akhir zaman. Tidak lama lagi kiamat akan datang.

Semua tanda-tanda kiamat kubra ini pasti akan terjadi suatu saat nanti. Namun hanya Allah SWT yang tahu waktu persisnya kapan. Untuk itu, mulailah perbaiki diri dari sekarang, dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang diselamatkan Allah SWT dari fitnah di akhir zaman nanti.