kewajiban manusia terhadap sungai

Manusia sebagai makhluk sosial tidak hanya memiliki kewajiban untuk menjaga hubungan baik dengan manusia lain, namun juga menjaga hubungan baik dengan alam, seperti sungai. Dalam menjaga hubungan baik tersebut, setidaknya ada 3 kewajiban manusia terhadap sungai yang harus ditunaikan.

Sungai merupakan aliran air yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Oleh karena itu, menjaga kelestarian sungai merupakan kewajiban seluruh manusia. Jangan sampai, karena kelalaian yang diperbuat, manusia harus merasakan akibat buruknya.

Nah, apa saja kewajiban manusia terhadap sungai yang harus diketahui? Adakah 5 kewajiban manusia terhadap sungai atau 10 kewajiban manusia terhadap sungai? Simak di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: 7 Fakta Menarik Sungai Amazon yang Menyimpan Predator Buas

Sebelum membahas mengenai kewajiban manusia terhadap sungai, ada beberapa hak manusia terhadap sungai yang perlu diketahui. Hak tersebut seperti, manusia berhak mengambil sumber air dari sungai untuk berbagai keperluan termasuk pengairan sawah. Manusia juga berhak memanfaatkan tumbuhan di sekitar sungai untuk menghasilkan oksigen.

Selain itu, hal yang penting diketahui adalah manfaat sungai untuk kehidupan manusia. Contoh manfaat sungai bagi manusia adalah sungai sebagai sumber kehidupan dan sungai sebagai tempat menampung air hujan. Selain itu, sungai juga bisa digunakan sebagai sarana transportasi dan sumber pembangkit listrik.

Selanjutnya, definisi kewajiban manusia terhadap sungai adalah perbuatan yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian sungai. Setelah mengetahui hak kita terhadap sungai dan manfaat sungai bagi kita, kini saatnya mengetahui kewajiban apa yang harus kita ditunaikan terhadap sungai. Kira-kira, apa saja ya? Berikut adalah penjelasannya. 

1. Tidak membuang sampah di sungai

kewajiban manusia terhadap sungai
iStock

Kewajiban pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah di sungai. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat sungai merupakan aliran air yang dihuni banyak makhluk hidup di dalamnya.

Sampah yang mengotori sungai akan menghambat aliran air dan jika dilakukan terus menerus, bukan tidak mungkin banjir akan terjadi. Sungai yang kotor juga tidak bisa dimanfaatkan lagi dan membuat ikan-ikan yang hidup disana perlahan-lahan mati. 

BACA JUGA: 10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Terkenal & Indah, Dimana Saja?

2. Menanam pohon

Menanam pohon menjadi kewajiban yang harus dipenuhi untuk memperkuat bahu sungai dan mencegah adanya abrasi. Keberadaan pohon dapat mencegah terjadinya tanah longsor ataupun rumah ambruk dan hanyut ke kawasan sungai.  

3. Merawat pohon di lingkungan sekitar

Tidak hanya menanam, kita juga wajib menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut. Pohon yang terawat dengan baik akan memperkuat bahu sungai dan membuat lingkungan menjadi lebih segar.

4. Menjaga sungai tetap bersih

kewajiban manusia terhadap sungaikewajiban manusia terhadap sungai
iStock

Menjaga kebersihan sungai tidak hanya dilakukan dengan cara pencegahan, seperti larangan membuang sampah saja. Namun juga bisa dilakukan apabila sungai sudah kotor dan alirannya mulai terhambat karena tertutup sampah.

Buatlah agenda membersihkan sungai bersama warga setiap hari minggu hingga aliran sungai kembali lancar. Lalu pasang plang yang menunjukkan bahwa sungai bukanlah tempat pembuangan sampah. Tumpukan sampah jika terus dibiarkan bisa menimbulkan aroma tidak sedap yang bisa masuk hingga ke wilayah pemukiman. 

5. Tidak mencemari sungai

Selain tumpukan sampah, faktor lain yang dapat memperburuk kondisi sungai adalah adanya pencemaran limbah. Limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai secara terus menerus maupun limbah industri dalam jumlah besar setiap hari akan membuat sungai menjadi rusak.

Keberadaan limbah akan menyebabkan air menjadi terkontaminasi sehingga menimbulkan dampak buruk pada lingkungan. Ekosistem sungai menjadi rusak dan air menjadi tidak layak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, manusia memiliki kewajiban untuk tidak mencemari sungai. 

BACA JUGA: 12 Sungai Terpanjang di Indonesia, Beserta Lokasinya

6. Menjaga kelestarian hutan

Kewajiban lain yang harus ditunaikan manusia terhadap sungai adalah menjaga kelestarian hutan. Terutama hutan yang berada di daerah sungai bagian hulu, karena merupakan tempat peresapan air hujan. Dengan menjaga hutan, kita sama artinya dengan menjaga ketersediaan air yang nantinya akan mengalir ke sungai.

7. Merealisasikan Program Kali Bersih

kewajiban manusia terhadap sungai
iStock

Salah satu kegiatan yang dapat dijadikan program wajib masyarakat yang tinggal di wilayah sungai adalah Program Kali Bersih. Program yang bertujuan untuk menciptakan kualitas air sungai yang baik ini juga dinilai dapat meningkatkan fungsi sungai dalam menunjang pembangunan berkelanjutan.

Realisasi program ini dapat mewujudkan kesadaran dan meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan mengendalikan pencemaran air. 

8. Tidak menangkap ikan menggunakan racun

Hal lain yang wajib kita lakukan adalah tidak menangkap ikan menggunakan racun. Penggunaan racun akan membuat ekosistem sungai menjadi terganggu karena ikan yang ditangkap dalam keadaan mati karena racun. 

Selain tidak aman jika dikonsumsi, kelestarian ikan yang ada dalam satu wilayah juga bisa jadi terancam. Apalagi jika kualitas air menjadi buruk akibat racun yang menyebar sepanjang aliran sungai. 

9. Tidak mengeruk sungai terlalu dalam

Kewajiban lainnya adalah tidak boleh melakukan pengambilan bahan bangunan, seperti batu kali dan pasir yang berasal dari endapan sungai secara berlebihan. Pengerukan sungai yang terlalu dalam akan membuat sungai tanah sekitar sungai menjadi terkikis dan bisa ambrol.

BACA JUGA: Pola Aliran Sungai: Pengertian, Jenis, Bentuk & Prosesnya

10. Membuat sabuk hijau 

kewajiban manusia terhadap sungai
iStock

Kewajiban lainnya adalah membuat sabuk hijau di sekitar tebing sungai. Sabuk hijau akan menjadikan tebing sungai semakin kuat. Dengan begitu, saat musim hujan tiba dan air meluap, tebing tidak akan mudah longsor. 

11. Tidak membangun rumah di bantaran sungai

Kewajiban yang seharusnya dipahami oleh semua orang adalah tidak membangun rumah di bantaran sungai. Selain memberikan dampak buruk terhadap kualitas sungai karena limbah rumah tangga, pembangunan rumah juga bisa membuat penyempitan badan sungai yang bisa membuat aliran air menjadi terhambat.

12. Mengadakan sosialisasi terkait kebersihan sungai

Kewajiban terakhir yang bisa dilakukan adalah mengadakan sosialisasi akan pentingnya sungai bagi manusia. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang sadar dan bahu membahu melaksanakan kewajibannya terhadap sungai.

Nah, itulah 12 kewajiban manusia terhadap sungai yang harus diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur dan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya merawat kelestarian sungai di sekitar kita.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.