Daftar Sungai Terpanjang di Dunia, Sudah Tahu?

Di belahan bumi ini terdapat beberapa sungai terpanjang di dunia. Selain terkenal akan keindahannya, sungai-sungai tersebut juga tercatat dalam sejarah sebagai momentum penting yang membantu manusia untuk bisa bertahan hidup dan berkembang dalam setiap peradaban di masa lalu.

Tentu Sedulur penasaran apa saja kiranya sungai terpanjang di dunia, mungkin juga beberapa telah Sedulur ketahui. Karena tentu saja informasi berkaitan ini sudah sangat umum diajarkan di sekolah atau perkuliahan. Nah untuk mengingat hal tersebut,  yuk mari kita simak daftar sungai penting dengan panjang yang luar biasa. Namun, sebelum itu, agaknya kita harus tahu dulu pengertian dari sungai itu seperti apa.

BACA JUGA: 7 Fakta Menarik Sungai Amazon yang Menyimpan Predator Buas

Apa itu Sungai?

sungai terpanjang di dunia
idntimes

Sungai sendiri adalah aliran air alami, yang mengalir menuju danau, samudra, hingga laut. Biasanya air yang mengalir adalah air tawar, yang mengalir dari hulu ke hilir. Sungai sendiri merupakan bagian dari siklus hidrologi, yang terkumpul dari pengendapan melalui cekungan drainase dari limpasan permukaan dan sumber lain seperti pengisian ulang air tanah, mata ari dan pelepasan air yang tersimpan secara alami (tumpukan salju/glester).

-->

Air merupakan komponen penting dalam hidup manusia, maka dari itu air menjadi kebutuhan utama manusia. Dalam catatan sejarah, setiap peradaban besar selalu bersinggungan dengan sungai sebagai pemasok kebutuhan air. Katakan saja misal peradaban kuno Mesir, berkaitan dengan sungai nil. Peradabaan kuno Mesopotamia berkaitan dengan sungai tigris dan eufrat, ada juga peradaban kuno India, berkaitan dengan sungai Hindus dan Gangga.

Hal tersebut menunjukan bahwa sungai merupakan sebuah tonggak utama peradaban muncul. Tanpanya, kehidupan manusia tidak pernah bisa berjalan. Berikut ini adalah daftar sungai terpanjang di dunia, yang juga berperan penting dalam peradaban dunia. Yuk, mari langsung kita cek daftarnya!

1. Sungai Amazon

sungai terpanjang di dunia
cnnindonesia

Sungai terpanjang di dunia adalah sungai Amazon, sungai ini memiliki panjang 7.062 km. Aliran sungai ini melewati pedalaman di hutan Peru kemudian melintasi Brazil hingga berakhir di Samudera Atalntik. Sungai Amazon sendiri merupakan sungai yang diberinama oleh seorang tentara Spanyol, yaitu Francisco den Orellana pada tahun 1541.

Sungai ini terletak di dataran tinggi dekat dengan pegunungan Andes dan berawal dari beberapa sungai yang berada di Peru, lalu membentang dari jantung hutan Amazon. Maka dari itu, sungai terpanjang di dunia adalah Amazon karena kondisinya tersebut. Sungai ini sendiri melintasi sejumlah negara, mulai dari Ekuador, Kolombia, Venezuela, dan Brazil itu sendiri.

2. Sungai Nil

cnnindonesia

Sungai Nil masuk dalam jajaran nama sungai terpanjang di dunia, sungai ini terletak di utara Benua Afrika dengan panjang mencapai 6.650 km yang melintasi 9 negara yaitu Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi dan Sudan. Nil merupakan sungai yang tercatat dalam sejarah dan juga kitab suci.

Keberadaan sungai ini juga terbukti telah memajukan peradaban Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Namun uniknya, nama Nil sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti lembah sungai. Cerita yang paling terkenal dari Sungai Nil yaitu berkaitan dengan Nabi Musa dalam literatur agama Islam dan Kristen. Hal ini menunjukan bahwa sungai merupakan komponen penting yang memotret berbagai perkembangan peradaban manusia di setiap zaman.

BACA JUGA: Kenapa Langit Berwarna Biru? Ternyata Ini Penyebabnya!

3. Sungai Yangtze

sungai terpanjang di dunia
suneducation

Peradaban Tiongkok merupakan salah satu peradaban besar dan kuno, berasama dengan Mesir, Tiongkok merupakan salah satu peradaban yang maju sejak ribuan tahun yang lalu. Perkembangan peradaban Tiongkok juga tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan sungai Yangtze. Sungai yang berperan besar dalam menghidupi masyarakat Tiongkok.

Sungai Yangtze sendiri memiliki panjang 6.378 km, menjadi sungai terpanjang ketiga di dunia dan sungai terpanjang di benua Asia. Selain air dari sungai ini yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Tiongkok, keberadaan sungai ini juga penting sebagai moda transportasi masyarakat Tiongkok di masa lalu. Bebereda dengan sungai Nil dan Amazon, Yangtze hanya mengaliri satu negara saja, yaitu Republik Rakyat Tiongkok. Hal tersebut dikarenakan RRT memliki wilayah yang sangat luas.

4. Sungai Mississippi

okezone

Mississippi merupakan salah satu sungai yang terpanjang di dunia, memiliki panjang sekitar 5.970 km, dengan melintasi 31 negara bagian Amerika Serikat dan melinatasi dua provinsi di Kanada. Mississippi sendiri berarti Bapak Air dalam bahasa asli penduduk Amerika. Mata air dari sungai ini terleta di Minnesota, dengan perbatasan Kanada.

Sungai ini memiliki hula di Danau Itasca dan berakhir di Teluk Meksiko. Mississippi terkenal akan derasnya aliran air, himbauan terkait hal tersebut terus diserukan kepada masyarakat yang tinggal dekat dengan sungai. Selain itu, di sungai ini juga masih terdapat beberapa habitat hewan liar yaitu aligator mississipensis. Satu spesies dengan buaya, namun memiliki moncong yang lebih bulat, dan tentu saja lebih buas.

5. Sungai Kuning

sungai terpanjang di dunia
dailyasia

Selanjutnya sungai kuning yang berada di Tiongkok, sungai ini memiliki panjang sejauh 5.464 km. Menjadikannya salah satu sungai terpanjang di dunia. Diberi nama kuning karena sungai ini terlihat kuning keruh disebabkan oleh kandungan sedimen yang terdapat dalam sungai.

Sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai sungai Huang He ini juga merupakan sungai terpanjang kedua di China. Sayangnya, sungai ini sering meluap dan menyebabkan banjir sehingga pemerintah Tiongkok pasti akan memberikan anjuran untuk waspada tiap kali hujan lebat mengguyur area sungai.

6. Sungai Ob-Irtysh

sindonews

Sungai terpanjang di dunia ini terletak di Rusia, dengan panjang 5.410 km. Sistem sungai ini mengalir sepenuhnya ke wilayah Rusia, dan hampir mengalami kebekuan selama setengah tahun karena faktor iklim dan cuaca.

Sebuah sungai besar di dataran Siberia barat, Ob’ terbentuk di pertemuan Sungai Biya dan Katun, yang berasal dari Pegunungan Altai. Dari tiga sungai besar Siberia yang mengalir ke Samudra Arktik (dua lainnya adalah Sungai Yenisei dan Sungai Lena), Ob’ adalah yang paling barat.

BACA JUGA: 8 Jenis Manusia Purba Di Indonesia dan Penjelasan Lengkapnya

7. Sungai Parana

sungai terpanjang di dunia
idntimes

Sungai Parana terletak di Amerika Latin, yang memiliki panjang sekitar 4.880 km. Namun sangat disayangkan, saat ini kondisi sungai Parana mengalami penurunan jumlah air, hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Dampaknya yaitu kepda pembangkitan tenaga listrik yang mengandalkan aliran ini. Akbibatnya banyak yang terganggun seperti perdagangan, pariwisata dan ketersediaan air minum.

8. Sungai Kongo

tribunnews

Sungai Kongo terletak di Afrika dan merupakan sungai yang melintasi benua Afrika karena bentuknya yang melengkung. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4.700 km, selain sebagai terpanjang sungai Kongo juga merupakan sungai terdalam, dengan kedalaman yang mencapai 700 kaki.

Hal tersebut merupakan keistimewaan dari sungai ini. Para peneliti juga hingga saat ini masih meneliti spesies ikan yang terdapat di sungai ini. Dengan harapan ditemukan banyak hal baru untuk menjawab segala misteri yang belum terpecahkan.

9. Sungai Amur

sungai terpanjang di dunia
dephositphotos

Sungai Amur merupakan sungai yang unik, karena panjangnya yaitu sekitar 4.444 km. Merupakan angka yang unik dan menarik. Aliran sungai ini berada di sepanjang perbatasan antara Cina Timur Laut dengan Rusia.

Sungai Amur memiliki sebuah makna khusus. Sungai ini adalah simbol dam penentuk faktor geopolitik penting. Menandakan hubungan antara bangsa Tiongkok dengan Rusia. Pada periode perpecahan Sino-Soviet tahun 1960-an, sungai ini menjadi sangat penting pada periode tersebut.

10. Sungai Yenisei

thegorbalsla

Yenisei merupakan daftar terakhir sungai terpanjang di dunia yang terletak di Rusia, dengan panjang 3.438 km dan merupakan sungat terbesar yang mengalir ke Samudera Arktik. Meskipun sungai ini memiliki hulu di Mongolia, namun sebagian besar alirannya berada di wilayah Rusia. Rusia terkenal dengan cuacanya yang dingin, hal tersebut menyebabkan beberapa aliran sungai di beberapa wilayah ada yang membeku.

Luasan wilayah yang beku sampai 5 kilometer dan bisa dilalui oleh kendaraan selama musim dingin di daerah Krasnoyarsk, Rusia. Mencairnya sungai ini biasanya terjadi saat memasuki musim semi pada bulan Mei. Bisa dibayangkan bagaimana dinginnya cuaca yang menyebabkan aliran sungai membeku sejauh 5 km.

Sekian penjelasan sungai terpanjang di dunia secara lengkap seperti yang telah Sedulur baca. Di antara daftar sungai di atas, sungai mana yang paling ingin Sedulur kunjungi? Namun tentu saja kita harus menabung terlebih dahulu agar dapat mengunjungi sungat di atas. Sangat disayangkan, sungai yang ada di Indonesia tidak masuk dalam daftar sungai terpanjang. Wajar saja, karena Indonesia negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dan laut yang luas dan indah.