sungai terpanjang di indonesia

Sungai adalah tempat di mana terjadinya ekosistem kehidupan yang sangat besar, mulai dari tumbuhan, hewan, bahkan manusia. Terdapat banyak sekali sungai dari yang terbilang pendek hingga sungai terpanjang di Indonesia.

Ya, sungai-sungai tersebut, tersebar di seluruh penjuru Indonesia dan ada pula yang masuk ke dalam jajaran sungai terpanjang di dunia. Ada banyak sungai di negara kita tercinta ini, tentu saja menunjukkan jika Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Nah, bagi Sedulur yang penasaran dengan sungai-sungai terpanjang di Indonesia, langsung saja simak daftarnya berikut ini.

BACA JUGA: 12 Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta MDPLnya

1. Sungai Kapuas

sungai terpanjang di indonesia
Mundo Maya

Di urutan pertama ada Sungai Kapuas. Tidak hanya di Indonesia, Sungai Kapuas ini juga termasuk ke dalam daftar sungai terpanjang di Asia Tenggara, lho. Sungai yang satu ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Di bawah ini beberapa informasi menarik mengenai sungai terpanjang di Kalimantan dan Indonesia tersebut.

-->
  • Mempunyai panjang kurang lebih 1.178 kilometer.
  • Diawali dengan mata air yang berasal dari Pegunungan Muler dan bermuara di Selat Karimata.
  • Menjadi sumber air bagi penduduk di sekitarnya.
  • Kerap digunakan sebagai sarana transportasi untuk menuju ke tempat-tempat lain.

Sungai yang melegenda ini juga memiliki sebutan lain, yakni Sungai Lawai. Penduduk yang tinggal di sepanjang aliran sungai tersebut adalah suku Dayak dan suku Melayu.

2. Sungai Mahakam

sungai terpanjang di indonesia
Kaltim Today

Berikutnya ada Sungai Mahakam. Seperti halnya Sungai Kapuas, sungai ini terletak di wilayah Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan wilayah timur. Ya, Sungai Mahakam ini telah dinobatkan sebagai sungai yang terpanjang kedua setelah Kapuas.

Sungai Mahakam sendiri memiliki panjang 920 kilometer. Bisa dibilang panjang tersebut termasuk panjang yang luar biasa untuk ukuran sebuah sungai. Selain itu, sungai ini juga sering dimanfaatkan untuk berbagai hal dalam kehidupan masyarakat. Nah, beberapa pemanfaatan dari sungai ini, antara lain:

  • Sebagai pengairan atau irigasi.
  • Sebagai tempat pembudidayaan tanaman.
  • Sebagai tempat budidaya hewan-hewan.
  • Sebagai sarana transportasi.

Bisa dikatakan jika masih banyak masyarakat sekitar yang sering menggunakan transportasi air melewati Sungai Mahakam. Transportasi ini dilakukan untuk mengangkut barang-barang dagangan atau perjalanan antardaerah.

3. Sungai Batanghari

sungai terpanjang di indonesia
Detik

Kemudian untuk sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang ketiga di Indonesia adalah Sungai Batanghari. Berbeda dari Sungai Kapuas dan Mahakam, Batanghari ini terletak di Pulau Sumatra dan menjadi sungai terpanjang di Sumatra.

Sungai Batanghari ini memiliki panjang kurang lebih 800 kilometer. Batanghari melintasi Provinsi Sumatra Barat dan Jambi, di mana bermula dari mata air di Gunung Rasan serta bermuara di Laut Cina Selatan.

Tidak hanya terkenal, Batanghari juga menjadi sungai yang sangat bersejarah. Hal ini karena sungai tersebut menjadi saksi bisu kejayaan dan kemegahan dari Kerajaan Sriwijaya pada masa lampau. Sungai Batanghari sangat cantik dan berpotensi menjadi pesiar sungai atau river cruise.

4. Sungai Barito

sungai terpanjang di indonesia
Kabupaten Barito Kuala

Di samping menjadi sungai terpanjang, Sungai Barito ini juga merupakan salah satu sungai yang keberadaannya di Indonesia sangat penting, lho. Sama seperti Sungai Kapuas dan Makaham, sungai yang satu ini juga terletak di Pulau Kalimantan, yakni di Kalimantan Tengah.

Sungai Barito sangat terkenal, bahkan sampai mancanegara. Selain Barito, sungai ini juga punya beberapa nama lain seperti Sungai Cina dan Sungai Banjar. Nah, di bawah ini beberapa fakta menarik tentang sungai tersebut.

  • Ada sebuah kegiatan yang sangat menarik, berupa kegiatan pasar terapung yang merupakan kegiatan jual beli seperti pasar pada umumnya, namun dilakukan di atas perahu-perahu yang mengapung.
  • Alirannya memiliki cabang-cabang sehingga bisa dibilang jika sungai tersebut merupakan gabungan dari beberapa sungai yang sebelumnya sudah ada.
  • Air yang ada di sungai ini tampak berwarna cokelat karena kandungan lumpur yang sangat banyak.

BACA JUGA: 10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Terkenal & Indah, di Mana Saja?

5. Sungai Musi

sungai terpanjang di indonesia
Wikiwand

Berikutnya ada Sungai Musi yang terletak di Pulau Sumatra. Tentu saja Sedulur sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama dari sungai ini. Ya, bisa dibilang jika Sungai Musi sendiri menjadi ikon dari Kota Palembang, di mana sering kali dijumpai bersamaan dengan Jembatan Ampera.

Selain Musi, sungai yang satu ini juga memiliki nama atau sebutan lain yaitu Sungai Batanghari Sembilan yang artinya sembilan sungai besar. Berikut ini informasi menarik seputar Sungai Musi.

  • Menjadi sungai yang menempati urutan nomor lima setelah sungai-sungai yang sebelumnya disebutkan di atas.
  • Panjang dari sungai ini kurang lebih 750 kilometer.
  • Bermula dari mata air di Kepahiang dan bermuara di Selat Bangka.

Sebagai ikon dari Kota Palembang, sungai ini sering dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong paling favorit. Bagaimana tidak, di salah satu titiknya yaitu Jembatan Ampera, Sedulur bisa menikmati pemandangan Kota Palembang yang sangat indah.

6. Sungai Bengawan Solo

sungai terpanjang di indonesia
Jawa Pos

Apakah Sedulur sudah tahu jika Sungai Bengawan Solo menjadi sungai terpanjang di Pulau Jawa? Sungai Bengawan Solo ini memiliki panjang kurang lebih 548 kilometer. Hulu aliran dari sungai ini berasal dari Pegunungan Kidul di daerah Wonogiri dengan muara di daerah Gresik, Jawa Timur.

Ada beberapa daerah di sekitar Surakarta yang dilalui oleh aliran sungai ini, di antaranya Sukoharjo, Wonogiri, Pacitan, Klaten, Ngawi, Sragen, Magetan, Blora, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, hingga muaranya di Gresik.

Selain menjadi sungai yang sangat bermanfaat bagi warga sekiar, Sungai Bengawan Solo ini juga menjadi sungai yang melegenda. Bahkan, salah satu seniman Indonesia pun ada yang mengabadikannya ke dalam sebuah lagu yang berjudul “Bengawan Solo”.

7. Sungai Mamberamo

Wikipedia

Sungai Mamberamo ini menjadi sungai yang terpanjang di Papua. Aliran dari sungai ini memang terlihat sangat kompleks. Dengan pemandangan alam hijau yang ada di sekitarnya, membuat tampilannya makin indah.

Sungai yang terpanjang di Papua ini tepatnya terletak di Kabupaten Sarmi dan memiliki total panjang 670 kilometer. Bisa dibilang sungai ini sangat istimewa karena memiliki potensi sebagai penghasil listrik yang sangat besar.

Tidak hanya itu, Sungai Mamberamo juga mempunyai potensi bioetanol yang sangat banyak, lho. Bahkan, kondisi geologis dari sungai ini sangat kaya akan bahan-bahan galian, beberapa di antaranya seperti tembaga, emas, bauksit, dan nikel. Karena kekayaan yang dimiliki oleh sungai ini, maka tidak heran jika sungai ini disebut-sebut sebagai Amazonnya Indonesia.

8. Sungai Digul

Traveloka

Sungai berikutnya adalah Sungai Digul, yang juga termasuk dalam kategori sungai terpanjang di Indonesia kedelapan. Sama seperti sebelumnya, Sungai Digul ini terletak di wilayah Papua. Berikut ini merupakan fakta menarik dari sungai tersebut.

  • Mempunyai panjang mencapai 526 kilometer.
  • Hulu sungainya ada di Pegunungan Maoke dan bermuara di Laut Arafuru.
  • Memiliki bentuk yang berkelok-kelok dinamis, menyerupai tubuh seekor ular.

Aliran dari sungai ini melewati beberapa provinsi dan kabupaten yang ada di Pulau Papua. Beberapa provinsi maupun kabupaten yang dilewati oleh aliran sungai tersebut, antara lain Jayawijaya, Asmat, Kabupaten Boven Digoel, Lanny Jaya, K Merauke, Mappi, Nduga, serta Yahukimo. Tanah yang ada di sekitar sungai ini subur dan bahkan selalu terlihat hijau setiap saat.

BACA JUGA: 7 Fakta Menarik Sungai Amazon yang Menyimpan Predator Buas

9. Sungai Indragiri

RiauBISA

Di urutan yang kesembilan ada Sungai Indragiri. Sungai ini terletak di Provinsi Riau dan masuk ke dalam wilayah Pulau Sumatra. Nah, di bawah ada beberapa fakta menarik dari sungai tersebut.

  • Mempunyai panjang kurang lebih 500 kilometer.
  • Airnya berasal dari Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar.
  • Aliran sungainya bermuara di Selat Malaka.

Air dari sungai ini benar-benar jernih sehingga sering dimanfaatkan untuk berbagai hal oleh masyarakat yang tinggal di sekitar sungai tersebut, terutama sebagai sumber air untuk irigasi. Di sekitaran sungai ini, terdapat pepohonan hijau yang menjulang tinggi dan membuat suasana terasa benar-benar asri.

10. Sungai Seruyan

LDII Sampit

Sungai Seruyan adalah sungai yang terpanjang kesepuluh di Indonesia. Sungai yang satu ini, berada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Langsung saja, di bawah ini merupakan fakta menarik tentang Sungai Seruyan.

  • Memiliki panjang sekitar 350 kilometer.
  • Punya aliran yang bermuara di Laut Jawa.
  • Kedalaman rata-rata mencapai 6 meter dengan lebar sungai kira-kira 300 meter.

11. Sungai Brantas

Okezone

Bisa dibilang jika Sungai Brantas adalah sungai yang terpanjang kedua di Jawa setelah Bengawan Solo. Berikut beberapa fakta tentang sungai yang terletak di Provinsi Jawa Timur tersebut.

  • Alirannya berasal dari simpanan air Gunung Arjuno dan berhulu di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.
  • Alirannya menembus wilayah Blitar, Malang, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Mojokerto.
  • Panjangnya mencapai 320 kilometer.

12. Sungai Krueng Aceh

Dinas Perhubungan Aceh

Sungai Krueng Aceh merupakan salah satu sungai terpanjang yang terletak di Aceh. Sungai ini memiliki hulu di Pegunungan Aceh Besar dan mengaliri sebagian areal persawahan di Aceh Besar dan Banda Aceh. Berikut ini fakta menarik tentang sungai ini.

  • Bermuara di Selat Malaka.
  • Memiliki panjang sekitar 145 kilometer.
  • Dikelilingi oleh tumbuhan yang membuat tanah di sekitarnya menjadi subur.
  • Memiliki aliran yang terlihat lurus.

Itulah beberapa sungai dengan ukuran yang sangat panjang di Indonesia. Kini, Sedulur bisa menjawab soal sungai terpanjang di Indonesia TTS tanpa perlu bingung lagi karena jawabannya sudah diketahui dari artikel ini. Nah, dari informasi yang sudah dijelaskan di atas, bisa disimpulkan jika sungai terpanjang di Indonesia terletak di Pulau Kalimantan yaitu Sungai Kapuas.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.