jenis sushi

Sushi adalah makanan asal Jepang yang sudah sangat mendunia. Di setiap negara, makanan ini pasti banyak dikenal orang. Makanan ini terbuat dari nasi, seafood, dan sayuran. Kemudian digulung menjadi satu dan dibungkus dengan rumput laut. Rasa nasinya yang lembut dan seafood yang segar membuat siapa saja yang memakannya ketagihan.

Tapi, tahukah Sedulur bahwa ada berbagai macam jenis sushi dan beberapa ada yang populer di Indonesia? Jika belum, yuk mari kita kupas satu persatu jenis-jenis makanan khas Jepang ini. Jangan sampai salah sebut, ya!

Mengenal jenis sushi asli Jepang

Mungkin Sedulur merasa sushi merupakan satu jenis makanan saja. Namun, jika berkunjung langsung ke negeri asalnya, Jepang, maka makanan ini ternyata memiliki banyak ragam dan jenis lho. Berikut adalah beberapa jenis sushi yang perlu Sedulur tahu agar tidak salah sebut saat akan memesannya.

1. Sashimi

jenis sushi
Japanese Cooking

Sashimi merupakan salah satu jenis sushi yang cukup banyak dikenal. Sushi jenis ini terdiri dari daging ikan mentah segar dan disajikan tanpa nasi. Ikan yang dipilih pun harus benar-benar segar agar tidak amis saat dimakan. Biasanya dimakan dengan shoyu atau kecap asin Jepang dan wasabi.

-->

BACA JUGA: 12 Resep Makanan Sehat Untuk Diet & Penambah Imun Di Rumah

2. Nigiri

jenis sushi
Unsplash

Jika ingin makan sushi daging ikan mentah dengan nasi, maka Sedulur harus pesan Nigiri. Varian ini biasanya merupakan perpaduan antara nasi dan daging ikan mentah atau tamago (telur). Ikan mentah yang biasanya digunakan adalah salmon atau tuna segar. Sedulur juga bisa meminta ikannya untuk dibakar atau diolah dulu untuk rasa yang berbeda.

3. Norimaki

jenis sushi
Tasty Guide

Sedulur mungkin paling sering menemui varian yang satu ini. Norimaki adalah nasi yang dibalut oleh kertas nori, lalu di dalamnya diisi berbagai lauk seperti telur, daging ikan tuna atau salmon yang sudah diolah, belut, daging sapi, dan juga irisan mentimun. Varian ini cocok untuk sedulur yang tidak suka makanan mentah.

BACA JUGA: Resep Sari Roti Menjadi Berbagai Makanan Enak. Wajib Coba!

4. Futomaki

jenis sushi
The Spruce Eats

Varian ini jadi salah satu varian sushi paling klasik di Jepang. Jika diartikan secara harafiah, futomaki berarti “sushi gulung lemak”, yang artinya varian ini memiliki gulungan yang paling tebal dibanding yang lain. Hal ini dikarenakan isinya yang cukup beragam antara lain nasi, tamago, mentimun, ayam, jamur shitake, dan masih banyak lagi. Sama seperti norimaki, semua isian selain sayuran dimasak terlebih dahulu.

5. Hosomaki

jenis sushi
Sushi Blossom

Jika futomaki adalah varian yang memiliki banyak isian, maka hosomaki adalah kebalikannya. Varian ini justru paling minim isiannya dan memiliki gulungan yang kecil. Isian hosomaki biasanya hanya berupa nasi, crab stick atau tuna atau salmon, dan mentimun. Hosomaki banyak dinikmati karena kesederhanaannya.

6. Uramaki

jenis sushi
Cookpad

Kalau biasanya sushi dibungkus dengan kertas nori yang diletakkan paling luar, maka berbeda dengan uramaki. Varian ini meletakkan kertas nori di bagian dalam dan nasi berada di luar sebagai pembungkus. Isian yang ditambahkan biasanya ikan salmon atau tuna, buah alpukat, dan sayur-sayuran.

7. Gunkan

jenis sushi
Peace and Yummy

Dalam Bahasa Jepang, Gunkan berarti kapal perang. Varian ini memang dibentuk oval yang menyerupai kapal perang. Pembungkus luarnya biasanya menggunakan kertas nori atau daging zuccini yang diiris tipis. Isiannya pun beragam, mulai dari daging bulu babi, sayuran segar, tobiko, atau telur ikan.

8. Chirasi

jenis sushi
Unsplash

Chirasi menjadi varian yang paling berbeda penyajiannya dengan tampilan sushi lain. Varian ini disajikan dalam sebuah rice bowl. Nasi yang dihidangkan biasanya nasi cuka, lalu di atasnya diberi berbagai macam topping antara lain makanan laut segar seperti salmon dan tuna, telur suwir, dan telur ikan. Chirasi biasanya cocok sebagai hidangan saat pesta karena porsinya yang terlihat besar.

9. Inarizushi

jenis sushi
Travelling Spoon

Tak hanya kerta nori atau potongan zuccini tipis yang bisa menjadi kulit luar sushi, ternyata kulit tahu goreng juga bisa menjadi pembungkusnya. Varian ini yang biasanya disebut inarizsuhi. Terdiri dari nasi halus yang terdapat tambahan bumbu dan campuran wijen dalam kantong aburaage (tahu tipis yang digoreng). Varian ini biasanya jadi makanan pelengkap yang sempura untuk bento karena warna keemasan yang sangat cantik.

10. Temaki

jenis sushi
Just One Cook Book

Jika Sedulur suka varian sushi yang unik, temaki bisa jadi pilihan! Temaki adalah varian yang pembuatannya paling sederhana. Mengapa demikian? karena varian sushi ini tidak digulung menggunakan alat, melainkan hanya menggunakan tangan. Selain itu, isiannya pun bisa disesuaikan dengan selera dan disajikan memanjang, tanpa dipotong terlebih dahulu.

11. Oshizushi

jenis sushi
Reddit

Jika sushi biasanya berbentuk bulat panjang, namun oshizushi memiliki bentuk berbeda. Varian ini berbentuk persegi panjang dengan nori di bagian atas dan bawahnya. Biasanya, jenis sushi ini dibuat dari nasi yang telah dicampur dengan berbagai sayuran dan seafood yang sudah dipotong kecil-kecil. Sebenarnya, jenis ini sama seperti varian lainnya, hanya saja bentuknya persegi panjang.

12. Temarizushi

jenis sushi
Taste Atlas

Dalam bahasa Jepang, temari berarti permainan bola. Sehingga temarizushi memiliki bentuk menyerupai bola yang hampir mirip dengan nigiri, varian ini adalah versi yang lebih sederhana. Varian sushi ini menggunkaan potongan daging yang diiris sangat tipis agar bisa menyatu dengan nasi dan membentuk bulatan yang sempurna.

Nah, itulah 12 jenis sushi yang perlu Sedulur ketahui agar tidak salah sebut ketika memesannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang akan pergi ke restoran Jepang, baik di Indonesia atau di negara asalnya. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.