12 Jenis Sushi yang Populer di Indonesia, Jangan Salah Pesan

Sushi adalah makanan asal Jepang yang jadi favorit banyak orang. Kira-kira sudah tahu belum jenis-jenisnya apa saja? Yuk Sedulur cari tahu, jangan sampai salah pesan ya.

Sushi adalah makanan asal Jepang yang sudah sangat mendunia. Di setiap negara, makanan ini pasti banyak dikenal orang. Makanan ini terbuat dari nasi, seafood, dan sayuran. Kemudian digulung menjadi satu dan dibungkus dengan rumput laut. Rasa nasinya yang lembut dan seafood yang segar membuat siapa saja yang memakannya ketagihan.

Tapi tahukah Sedulur bahwa sushi memiliki banyak sekali macam dan beberapa ada yang populer di Indonesia. Yuk mari kita kupas satu persatu dengan jenis-jenis makanan khas Jepang ini.

Jenis-jenis Sushi yang Sedulur Harus Tahu Agar Tak Salah Pesan

1. Sashimi

Sashimi sushi
Japanese Cooking

Sashimi salah satu jenis sushi yang cukup banyak dikenal. Sushi jenis ini terdiri dari daging ikan mentah segar dan disajikan tanpa nasi. Ikan yang dipilih pun harus benar-benar segar agar tidak amis saat dimakan. Biasanya dimakan dengan shoyu atau kecap asin Jepang dan wasabi.

BACA JUGA: 12 Resep Makanan Sehat Untuk Diet & Penambah Imun Di Rumah

2. Nigiri

Nigiri Sushi
Jose Ruales from Unsplash

Jika ingin makan sushi daging ikan mentah dengan nasi, maka Sedulur harus pesan Nigiri. Varian ini biasanya merupakan perpaduan antara nasi dan daging ikan mentah atau tamago (telur). Ikan mentah yang biasanya digunakan adalah salmon atau tuna segar. Sedulur juga bisa meminta ikannya untuk dibakar atau diolah dulu untuk rasa yang berbeda.

3. Norimaki

Norimaki sushi
Tasty Guide

Sedulur mungkin paling sering menemui varian yang satu ini. Norimaki adalah nasi yang dibalut oleh kertas nori, lalu di dalamnya diisi berbagai lauk seperti telur, daging ikan tuna atau salmon yang sudah diolah, belut, daging sapi, dan juga irisan mentimun. Varian ini cocok untuk sedulur yang tidak suka makanan mentah.

BACA JUGA: Resep Sari Roti Menjadi Berbagai Makanan Enak. Wajib Coba!

4. Futomaki

Futomaki sushi
The Spruce Eats

Varian ini jadi salah satu varian sushi paling klasik di Jepang. Jika diartikan secara harafiah, futomaki berarti “sushi gulung lemak”, yang artinya varian ini memiliki gulungan yang paling tebal dibanding yang lain. Hal ini dikarenakan isinya yang cukup beragam antara lain nasi, tamago, mentimun, ayam, jamur shitake, dan masih banyak lagi. Sama seperti norimaki, semua isian selain sayuran dimasak terlebih dahulu.

5. Hosomaki

hosomaki sushi
Sushi Blossom

Jika futomaki adalah varian yang memiliki banyak isian, maka hosomaki adalah kebalikannya. Varian ini justru paling minim isiannya dan memiliki gulungan yang kecil. Isian hosomaki biasanya hanya berupa nasi, crab stick atau tuna atau salmon, dan mentimun. Hosomaki banyak dinikmati karena kesederhanaannya.

6. Uramaki

Uramaki sushi
Takeaway

Kalau biasanya sushi dibungkus dengan kertas nori yang diletakkan paling luar, maka berbeda dengan uramaki. Varian ini meletakkan kertas nori di bagian dalam dan nasi berada di luar sebagai pembungkus. Isian yang ditambahkan biasanya ikan salmon atau tuna, buah alpukat, dan sayur-sayuran.

7. Gunkan

Gunkan sushi
YouTube

Dalam Bahasa Jepang, Gunkan berarti kapal perang. Varian ini memang dibentuk bak kapal perang. Pembungkus luarnya biasanya menggunakan kertas nori atau daging zuccini yang diiris tipis. Isiannya pun beragam, mulai dari daging bulu babi atau telur ikan.

8. Chirasi

Chirasi sushi
Joshua Ang from Unsplash

Chirasi menjadi varian yang paling berbeda penyajiannya dengan tampilan sushi lain. Varian ini disajikan dalam sebuah rice bowl. Nasi yang dihidangkan biasanya nasi cuka, lalu di atasnya diberi berbagai macam topping antara lain makanan laut segar seperti salmon dan tuna, telur suwir, dan telur ikan. Chirasi biasanya cocok sebagai hidangan saat pesta karena porsinya yang terlihat besar.

9. Inarizushi

Inarizushi sushi
Travelling Spoon

Tak hanya kerta nori atau potongan zuccini tipis yang bisa menjadi kulit luar sushi, ternyata kulit tahu goreng juga bisa menjadi pembungkusnya. Varian ini yang biasanya disebut inarizsuhi. Terdiri dari nasi sushi dalam kantong aburaage (tahu tipis yang digoreng). Varian ini biasanya jadi makanan pelengkap yang sempura untuk bento.

10. Temaki

Temaki sushi
Just One Cook Book

Jika Sedulur suka varian sushi yang unik, temaki bisa jadi pilihan! Temaki adalah varian yang digulung tidak menggunakan alat, melainkan hanya menggunakan tangan. Selain itu, isiannya pun bisa disesuaikan dengan selera.

11. Oshizushi

Oshizushi sushi
Reddit

Jika sushi biasanya berbentuk bulat panjang, namun oshizushi memiliki bentuk berbeda. Varian ini berbentuk persegi panjang. Isiannya pun tak berbeda dengan varian yang lain, yakni nasi, seafood, dan sayuran.

12. Temarizushi

Temari sushi
Taste Atlas

Dalam bahasa Jepang, temari berarti permainan bola. Sementara temarizushi ampir mirip dengan nigiri, varian ini adalah versi yang lebih sederhana. Bentuknya yang bulat inilah yang membuat temarizushi disamakan dengan bola.

Sedulur sekarang sudah tahu kan apa saja jenis-jenis sushi. Jadi mulai sekarang tak perlu pusing lagi kan kalau ingin pesan di restoran. Tapi sebenarnya Sedulur juga bisa lho mengkreasikan sushi sendiri di rumah. Biar lebih maksimal, jangan lupa membeli bahan-bahannya yang berkualitas di Aplikasi Super ya.