kalimat tayyibah

Tahukah Sedulur apa yang dimaksud dengan kalimat thayyibah? Ia merupakan sekumpulan kalimat-kalimat baik yang perlu rutin diucapkan oleh setiap umat Muslim. Hal tersebut dikarenakan setiap kalimat merupakan bagian dari dzikir, menyebut dan memuji nama-nama Allah Ta’ala. 

Karena kalimat thayyibah merupakan bagian dari rangkaian dzikir, mengucapkan kalimat tersebut tentunya akan memperoleh pahala. Lebih daripada itu, dengan mengucapkan kalimat-kalimat tersebut niscaya hati dan perasaan pun akan menjadi tenang. Lantas, apa saja yang termasuk ke dalam kalimat tersebut? Yuk, simak informasi di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: Standar Ukuran ID Card yang Benar & Sesuai Kepentingannya

Pengertian kalimat thayyibah

kalimat thayyibah
Depositphotos

Kalimat thayyibah adalah istilah dalam bahasa Arab yang artinya kalimat baik. Kalimat-kalimat ini termasuk ke dalam bagian dari dzikir, menyebutnya untuk mengingat nama Allah Ta’ala. Banyak yang beranggapan bahwa terdapat 12 kalimat thayyibah, namun sejatinya yang benar adalah 10 kalimat saja. Kalimat-kalimat tersebut ialah ucapan basmalah, ta’awudz, istirja’, kalimat tasbih, ucapan tahmid, takbir, kalimat tahlil, ucapan hauqalah, istighfar, dan kalimat salam. 

Jadi, kalimat thayyibah adalah kalimat-kalimat kebaikan yang jika diucapkan akan mendapat pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

BACA JUGA: Batasan Aurat Perempuan Menurut Ajaran Islam

Hadits kalimat thayyibah

kalimat thayyibah
Depositphotos

Berikut ini merupakan dalil dianjurkannya umat Muslim untuk rutin mengucapkan kalimat tersebut.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم – مَا عَلَى الأَرْضِ رَجُلٌ يَقُولُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ إِلاَّ كُفِّرَتْ عَنْهُ ذُنُوبُهُ وَلَوْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنْ زَبَدِ الْبَحْرِ

Tidaklah seorang di muka bumi ini mengucapkan: Laa ilaha illallah, wallahu akbar, subhanallah, wal hamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah, melainkan dosa-dosanya akan dihapus walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Ahmad 2: 158)

BACA JUGA: 30 Nama Kontak untuk Doi dari yang Lucu Sampai Romantis

10 jenis kalimat thayyibah

kalimat thayyibah
Depositphotos

Mengutip dari berbagai sumber yang terpercaya, terdapat setidaknya 10 kalimat thayyibah dan artinya. Mereka merupakan ucapan basmalah, ta’awudz, istirja’, kalimat tasbih, ucapan tahmid, takbir, kalimat tahlil, ucapan hauqalah, istighfar, dan kalimat salam. 

1. Basmalah

Ucapan thayyibah yang pertama adalah kalimat basmalah. Lafal dan kalimat thayyibah latin adalah sebagai berikut.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Terdapat beberapa dalil yang menganjurkan umat Muslim untuk selalu memulai setiap kegiatan dengan mengucapkan kalimat basmalah ini. Di antara dalil-dalil tersebut adalah seperti hadits di bawah.

كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللهِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka terputus berkahnya.” (HR. Ahmad No. 2: 359)

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib)

2. Ta’awudz

Ucapan thayyibah yang kedua adalah kalimat ta’awudz. Lafal dan arti kalimat ta’awudz adalah sebagai berikut.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Aku berlindung kepada Allah dari (godaan) setan yang terkutuk.

Terdapat versi lain dari kalimat ta’awudz yang lebih lengkap. Berikut merupakan lafal dan arti versi ta’awudz lengkap tersebut.

أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْخِهِ وَنَفْثِهِ

Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari gangguan setan yang terkutuk, dari kegilaannya, kesombongannya, dan nyanyiannya yang tercela, atau syair, atau sihirnya.” (HR. Abu Daud No. 775, Tirmidzi No. 242)

Anjuran untuk mengucapkan kalimat ta’awudz juga ada di dalam Al Qur’an. 

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Apabila kamu membaca Al Qur’an hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS. An Nahl: 98)

3. Istirja’

Ucapan thayyibah yang ketiga adalah kalimat istirja’. Lafal dan arti kalimat istirja’ adalah sebagai berikut.

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya,” (HR. Muslim No. 918)

4. Kalimat thayyibah tasbih

Ucapan thayyibah yang keempat adalah kalimat tasbih. Lafal beserta kalimat thayyibah subhanallah artinya adalah sebagai berikut.

سُبْحَانَ اللَّهِ

Maha Suci Allah,” (HR. Muslim No. 2695)

5. Tahmid

Ucapan thayyibah yang kelima adalah kalimat tahmid. Lafal dan arti kalimat tahmid adalah sebagai berikut.

الْحَمْدُ لِلَّهِ

Segala puji bagi Allah,” (HR. Muslim No. 2695)

Tahmid termasuk ke dalam satu dari empat kalimat mulia yang disukai oleh Allah Ta’ala. Hal tersebut tercantum dalam hadits berikut ini.

Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah; subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallah, dan allahu akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.” (HR. Muslim No. 2137)

6. Takbir

Ucapan thayyibah yang keenam adalah kalimat takbir. Lafal dan arti kalimat takbir adalah sebagai berikut.

اللَّهُ أَكْبَرُ

Allah Maha Besar,” (HR. Muslim No. 2695)

7. Tahlil

Ucapan yang ketujuh adalah kalimat thayyibah tahlil. Lafal dan arti kalimat tahlil adalah sebagai berikut.

اَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah,” (HR. Muslim No. 2695)

8. Hauqalah

Ucapan thayyibah yang kedelapan adalah kalimat hauqalah. Lafal dan arti kalimat hauqalah adalah sebagai berikut.

اَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Tidak ada usaha, kekuatan, dan upaya selain dengan kehendak Allah.” (HR. Ahmad No. 5: 418)

Mengucapkan kalimat hauqalah sangat dianjurkan dalam agama Islam. Hal itu dimaksudkan agar setiap umat Muslim selalu bertawakal (menyerahkan setiap urusan) kepada Allah Ta’ala dimana saja.

لاَ حَوْلَ عَنْ مَعْصِيَةِ اللهِ إِلاَّ بِعِصْمَتِهِ، وَلاَ قُوَّةَ عَلَى طَاعَتِهِ إِلاَّ بِمَعُوْنَتِهِ

Tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindungan dari Allah. Tidak ada kekuatan untuk melaksanakan ketaatan selain dengan pertolongan Allah.

9. Istighfar

Ucapan thayyibah yang kesembilan adalah kalimat istighfar. Lafal dan arti kalimat istighfar adalah sebagai berikut.

أَسْتَغْفِرُ ٱللَّٰهَ‎

Aku memohon ampunan kepada Allah.

10. Salam

Ucapan thayyibah yang kesepuluh adalah kalimat salam. Lafal dan arti kalimat salam adalah sebagai berikut.

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga keselamatan, rahmat, serta berkah dari Allah untukmu.

BACA JUGA: Pengertian Pre-Order Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Waktu pengamalan kalimat thayyibah

Depositphotos

Pengucapan kalimat-kalimat di atas dapat dilakukan kapan saja. Namun, terdapat beberapa kalimat memiliki waktu pengucapannya sendiri yang lebih utama. Seperti mengucap basmalah ketika hendak melakukan amalan atau kegiatan sehari-hari. Kalimat ta’awudz yang dianjurkan untuk diucapkan sebelum membaca ayat suci Al Qur’an. Serta kalimat istirja’ yang lebih utama dilafalkan pada saat seseorang tertimpa musibah.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Regular Verb dan Irregular Verb Beserta Artinya

Mengapa kita harus merutinkan pengucapan kalimat thayyibah?

Depositphotos

Seperti yang telah disinggung pada dalil-dalil hadits di atas, pengucapan kalimat baik tersebut menjadi sangat penting karena kaitannya dengan keimanan kita. Semakin kita sering kita melafalkan 10 kalimat itu, semakin dekat diri kita dengan Allah Ta’ala. Selain itu, ganjaran pahala sangat diidam-idamkan bagi siapapun yang mengucap kalimat ini.

Demikian pembahasan singkat mengenai kalimat thayyibah yang terdapat dalam agama Islam. Sebagai seorang Muslim yang taat, tentunya Sedulur harus rutin mengucapkan kalimat-kalimat tersebut setiap hari, ya! Tidak terbatas pada saat beribadah saja, namun mengingat Allah Ta’la dapat dilakukan kapan saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan agama Islam.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.