pre order

Istilah pre order semakin dikenal luas setelah bisnis online berkembang pesat. Ini juga bersamaan dengan gaya hidup dan pola pikir masyarakat yang semakin digital dan didukung oleh teknologi yang tersedia.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama pengertian dari pre-order dengan membahas kelebihan serta kekurangannya. Tujuannya tentu agar Sedulur lebih paham lagi dengan istilah-istilah yang marak digunakan di kehidupan sehari-hari yang semakin canggih ini.

BACA JUGA: Pengertian Bisnis Model Canvas & Pentingnya untuk Digunakan

Apa itu pre order?

Kichan Help

Secara istilah, artinya adalah pembelian barang yang belum diproduksi oleh penjual. Jadi, istilah ini merujuk pada aktivitas jual beli, saat penjual menawarkan produk yang belum dibuat kepada masyarakat sebagai pembeli.

Mana yang benar, istlah pre-order atau pre-order? Pada dasarnya, yang benar adalah istilah pre order, dan hal ini telah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang berarti sebuah tindakan atau perintah dalam proses pemesanan produk atau barang.

Kenapa harus pre order?

pre order
Harmony

Pre order adalah sebuah sistem transaksi jual beli yang saat ini telah lumrah dilakukan. Dari setiap contoh pre order yang pernah Sedulur alami, tentu Sedulur sebagai pembeli juga merasakan manfaat dan keuntungannya dibandingkan dengan sistem transaksi jual beli lainnya.

Maka dari itu, pre order artinya lebih memberikan keuntungan, baik dari pengalaman berbelanja ataupun manfaat lainnya. Setidaknya terdapat beberapa alasan bagi penjual dengan menerapkan sistem ini.

Sistem PO (singkatan dari pre order) lebih menguntungkan penjual, karena dapat menyediakan barang sesuai kebutuhan konsumen, sehingga meminimalisir potensi produk yang tidak terjual dan dapat menakar biaya produksi yang dibutuhkan disertai dengan keuntungan yang didapat.

Sementara itu, dari sisi pembeli, cara pembelian produk dengan sistem ini memungkinkan untuk memesan produk dengan kriteria yang sesuai keinginan. Pembeli dengan leluasa meminta kepada penjual untuk menyediakan produk tertentu sesuai kebutuhan pembeli tersebut.

Sistem bisnis yang menguntungkan

Hubster

Banyak penjual yang menawarkan open pre order untuk beberapa barang tertentu, open pre order artinya jasa membuat produk penjualan telah dibuka, dan pembeli diminta untuk melakukan transaksi agar barang yang dijual tidak kehabisan.

Untuk menarik perhatian pembeli, biasanya penjual akan membuka sistem PO untuk produk yang paling banyak terjual dan sudah langka. Selain itu, penjual juga akan membatasi jumlah barang yang diproduksi, dan membiarkan pembeli berlomba mendapatkan produknya.

Tentu secara marketing sistem ini jauh lebih menguntungkan ketimbang sistem lainnya. Namun tentu sistem ini tidak bisa serta merta diterapkan. Membutuhkan perhitungan yang tepat dan momentum yang pas.

Keunggulan sistem pre order

pre order
Majoo

Perlu Sedulur ketahui, bahwa sistem ini memiliki keunggulan dalam menjalankan bisnis online. Sudah terbukti banyak toko online yang merasakan manfaat dan keuntungan dengan menerapkan sistem satu ini. Berikut ini beberapa keunggulan dari sistem PO yang perlu Sedulur ketahui:

1. Penjual menawarkan produk dengan pilihan lebih banyak

Keuntungan pertama yang tersedianya pilihan produk yang lebih banyak. Dari banyak produk tersebut membuat pembeli bisa dengan bebas memilih produk yang sesuai dan diinginkan. Pilihan produk ini membuat konsumen bisa melakukan repeat order.

2. Jaminan produk laris terjual

Karena sistem PO menunggu kuota penjualan terpenuhi, maka dari itu sudah dapat dipastikan bahwa semua produk yang dikeluarkan akan laris terjual. Maka dari itu, tidak perlu khawatir ada produk yang tidak habis terjual. Karena sistem ini akan mencari terlebih dahulu konsumen, kemudian membuat produk sesuai jumlah konsumen yang membeli.

3. Terhindar dari penumpukan stok produk

Keunggulan lain dari sistem PO yaitu tidak adanya penumpukan produk ataupun stok barang yang Sedulur jual. Seperti penjelasan pada poin sebelumnya, sistem PO akan membuat produk yang Sedulur jual 100% laku. Dengan begini, maka tidak ada lagi penumpukan stok maupun produk yang terbengkalai sia-sia.

4. Tidak membutuhkan modal besar

Keunggulan selanjutnya adalah dalam penerapannya Sedulur tidak perlu modal besar. Bahkan Sedulur juga bisa berdagang tanpa modal sepeserpun di awal jika menerapkan sistem PO ini. Hal ini karena pembeli biasanya melakukan pembayaran uang muka atau bahkan membayar semua harga sejak awal.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Sedulur atau siapapun yang ingin merintis bisnis baru tetapi terkendala dengan modal awal.

5. Hampir tidak ada risiko kerugian

Keunggulan selanjutnya adalah hampir bisa dipastikan tidak akan ada risiko kerugian. Ini disebabkan karena produk pasti terjual. Dengan begitu, dengan minimal risiko dapat membuat Sedulur fokus mengembangkan bisnis.

Kekurangan pre order

Tedas

Tahan dulu, kendati banyak keunggulan dan manfaat yang diberikan. Bukan berarti sistem PO tidak memiliki kekurangan. Terutama dalam penerapannya, sistem ini masih banyak kekurangan. Dalam bisnis, setiap penerapan sistem akan selalu menemukan kendala.

Adapun kekurangan dari sistem PO adalah sebagai berikut:

1. Pembeli harus menunggu produk selesai

Kekurangan pertama yaitu pembeli harus menunggu produk selesai, karena diproduksi terlebih dahulu. Terutama jika waktu produksi melebihi waktu yang ditentukan. Pembeli harus dipaksa menunggu dan bersabar lebih lama. Namun, sabar sendiri tentu ada batasnya, kan?

2. Kemungkinan stok produk kurang

Terkadang, hal mengesalkan dari membeli barang dengan sistem PO adalah adanya kabar bahwa pesanan kita ternyata sudah habis ketersediaannya. Kekurangan pre-order dari habisnya stok ini sering terjadi dari pihak reseller atau supplier. Jika sudah begini, maka penjual perlu mengembalikan uang yang sudah konsumen bayarkan.

3. Besar potensi konsumen kecewa

Kekurangan sistem PO yaitu besarnya potensi konsumen akan kecewa. Karena ketika ditawarkan, produk belum ada, maka hanya menggandalkan desain yang ditawarkan kepada konsumen.

Ketika produk selesai dan diterima konsumen, ketika produk tidak sesuai dengan desain yang diharapkan konsumen, maka besar kemungkinan konsumen akan kecewa. Ini juga permasalahan dari setiap proses belanja online.

Tips melakukan sistem PO yang sukses

pre order
Kolom Satu

Nah Sedulur tentu harus mengetahui seperti apa tips penerapan sistem PO. Bagi Sedulur yang memiliki bisnis online dan akan menerapkan sistem ini. Sedulur wajib menyimak tipsnya di bawah ini. Tips tersebut yaitu:

  1. Sedulur wajib memperhatikan kualitas produk, agar kepuasan dari pembeli bisa Sedulur dapatkan dan berpengaruh pada bisnis dan penerapan sistem ini. Memiliki kualitas produk yang baik, membuatmu percaya diri akan produk yang Sedulur jual dan konsumen percaya atas kualitas produk yang yang tawarkan.
  2. Pilih vendor yang kredibel untuk membuat produk, ini agar dapat menjamin kualitas produk yang Sedulur buat. Jalin kerja sama dengan vendor yang berkualitas dan lakukan analisis perbandingan antara satu vendor dengan vendor yang lain. Jangan luap juga pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing vendor itu sendiri.
  3. Jangan lupa Sedulur juga wajib memperhatikan harga produksi, hal ini akan mempengaruhi harga jual dan keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan. Pilih harga produksi yang murah dengan kualitas yang bagus. Maka dari itu Sedulur akan semakin kompetitif di pasar.
  4. Tentukan target penjualan yang tepat, tujuannya untuk mengatur strategi penjualan produk yang Sedulur jual. Semakin besar target pasar yang Sedulur ingin capai, semakin besar pula usahamu dalam meraih konsumen dalam membeli produkmu.
  5. Tentukan jadwal PO dan pastikan tepat waktu. Ketika Sedulur membuat jadwal PO, pastikan Sedulur mengeluarkan pengumuman PO di waktu yang tepat. Maka dari itu akan semakin banyak pembeli yang ikut sistem PO yang dibuat.
  6. Perhatikan jumlah pesanan juga. Jumlah pesanan produk PO juga harus Sedulur perhatikan. Jangan sampai nantinya konsumen kecewa karena produk yang Sedulur jual tidak sesuai dengan kualitas deskripsi produk.
  7. Perhatikan SDM karena ini berkaitan dengan produksi dari sistem PO itu sendiri. SDM yang diperlukan yaitu tim produksi, tim social media strategist, dan tim customer service.
  8. Optimalkan media sosial agar sistem PO semakin menyebar luas dan banyak pembeli yang membeli dan mengikuti sistem PO.

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan dan Pasti Cuan

Pre order sistem yang potensial dalam bisnis

Enterpreuner Camp

Kendati pun banyak kekurangan dan kelebihannya. Patut diakui sistem PO merupakan sistem yang potensial dalam bisnis. Patut menjadi pertimbangan Sedulur, terutama yang menjalankan bisnis online.

Maka dari itu sistem ini patut dicoba. Terutama sekali di tengah maraknya penerapan teknologi digital yang secara perlahan mengalihkan transaksi bisnis secara langsung menjadi secara online yang tidak perlu berhadapan antara penjual dan pembeli.

Nah itulah penjelasan terkait sistem pre order dalam bisnis, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur terlebih lagi bagi Sedulur yang akan membuka bisnis online. Harap pelajari dengan tuntas ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.