Sedulur merupakan penyuka jenis anjing tertentu untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan? Jika iya, tentu saja Sedulur mengetahui tidak semua jenis anjing dapat dipelihara. Pun, tidak semua anjing yang dipelihara memiliki sifat dan setia. Terdapat beberapa anjing yang tidak bisa dipelihara.

Bagi Sedulur yang belum mengetahui apa saja jenis anjing yang bisa dipelihara dan memiliki sifat yang setia sebagai sabahat, Sedulur wajib menyimak penjelasan di bawah ini. Akan diulas daftar anjing jenis apa yang sangat recommended untuk Sedulur pelihara. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya!

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

1. Pomeranian

1. jenis anjing Pomeranian
freepik

Jenis anjing kecil pertama yang sangat lucu dan sangat cocok untuk dipelihara adalah pomeranian. Tubuhnya yang mungil dengan bulu yang lebat membuat anjing jenis ini adalah favorit untuk dipelihara. Selain itu, pomeranian terlihat begitu lucu, kadang terlihat seperti boneka saat didandani. Anjing ras satu ini juga sangat manja dan setia. Ketika Sedulur pergi kemana pun, anjing ini akan mengikuti Sedulur dan menemani setiap aktivitas Sedulur.

2. Poodle

2. Poodle
freepik

Poodle juga merupakan salah satu jenis anjing lucu yang bisa Sedulur pelihara. Keunikan anjing ini terletak pada bulunya yang lebat. Hal tersebut juga sekaligus membuat anjing ini tampak elegan dan menawan. Selain setia dan ceria, poodle juga merupakan anjing dengan tingkat kecerdasan tinggi. Oleh karena itu, Sedulur bisa melatih anjing ini dan anjing ini dapat dengan cepat menguasainya.

BACA JUGA: Nama-nama Kucing Jantan dan Betina yang Lucu & Unik

3. Shih-tzu

3. Jenis anjing Shih-tzu
freepik

Shih-tzu merupakan jenis peliharaan selanjutnya yang bisa Sedulur pelihara. Mungkin Sedulur seringkali melihat anjing imut satu ini. Anjing shih-tzu memiliki bulu halus yang jika tumbuh panjang dapat Sedulur ikat seperti rambut anak perempuan. Karena bulunya yang cantik, anjing ini sering masuk ke kontes kecantikan anjing. Bahkan anjing ini juga sangat imut ketika didandani dan diberi baju khusus anjing.

Shih-tzu juga termasuk anjing yang ramah dan mudah bergaul dengan anjing jenis lainnya. Keceriaan dan keramahan shih-tzu membuatnya tidak akan kesulitan untuk beradaptasi.

4. Chihuahua

4. Chihuahua
freepik

Apa salah satu jenis anjing kecil yang tidak bisa besar yang cocok untuk dipelihara? Jawabannya tentu saja chihuahua. Anjing ras satu ini merupakan jenis yang terkenal dan populer dipelihara. Dengan bentuk dahi yang besar dan postur tubuh yang kecil, membuat chihuahua menjadi sangat lucu untuk dipelihara. Selain itu, chihuahua juga memiliki bulu yang pendek dan nyaris terlihat seperti botak.

Bagi Sedulur yang tidak ingin repot memelihara anjing karena bulunya yang rontok, persoalan tersebut tidak akan Sedulur alami saat memelihara chihuahua. Kelincahan dari anjing ini akan dapat membuat hari-hari Sedulur menyenangkan.

BACA JUGA: Ini Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

5. Maltese

5. jenis anjing Maltese
freepik

Bagi Sedulur yang mencari jenis anjing dengan bulu yang menggemaskan. Sedulur bisa memeliharai maltese. Bulu dari maltese sangat halus dan lembut. Selain itu, bentuk mata dari anjing ini juga sangat bulat. Semakin membuat maltese sangat menggemaskan untuk dipeliharai. Jiak hanya memiliki bulu yang sangat halus, bulu dari maltese juga tidak mudah rontok.

Selain kelebihan yang dimiliki oleh maltese di atas, anjing jenis ini juga sangat aktif dan manja. Maka tidak heran ketika Sedulur memelihara anjing ini, ia akan terus mengajak Sedulur bermain atau minta untuk diperlakukan manja. Tingkah laku anjing satu ini sangat menggemaskan. Cocok dipelihara bagi Sedulur yang suka memberikan perhatian pada hewan peliharaan.

6. Yorkshire

6. Yorkshire
pexels

Yorkshire merupakan tipe anjing ras selanjutnya yang bisa Sedulur pelihara. Anjing satu ini memiliki nama latin Yorkie. Memiliki bentuk dan bulu unik, yorkie merupakan anjing yang banyak dipilih untuk dipelihara. Bulu yang unik juga merupakan kelebihan dari anjing jenis ini. Meskipun unurannya kecil dan bulunya sangat unik, bukan berarti anjing ini lemah. Yorkie terkenal dengan keberaniannya dan akitf memberikan perlindungan kepada manusia yang memeliharanya.

BACA JUGA: 10 Fakta & Manfaat Tentang Ikan Sapu-sapu, Bisa Dimakan?

7. Pekingese

7. Pekingese
freepik

Terdapat juga jenis anjing kecil yang memiliki otot dan berat yang lumayan. Anjing tersebut adalah jenis pekingese. Bulu dari anjing ras ini juga sangat lebat. Hal tersebut membuat pengkingse terlihat sangat lucu ketika dipelihara. Kekurangan lain dari anjing ini adalah keras kepala. Maka tidak heran anjing satu ini sangat sulut untuk dilatih. Namun terlepas dari sifatnya itu, pekinges merupakan anjing yang setia dan akan menemani Sedulur dalam kondisi apapun.

8. Beagle

8. Beagle
freepik

Kelebihan sekaligus keunikan pada jenis anjing ini adalah bentuk telinganya yang lebar, panja dan dapat naik turun saat bermain. Jika dilihat, hal tersebut menambah nilai lucu dari beagle. Kelebihan lainnya, beagle juga memiliki insting penciuman yang tajam. Oleh karena itu, beagle merupakan salah satu jenis anjing pelacak yang bisa Sedulur pelihara. Terdapat banyak tingkah gemas yang sering dilakukan oleh anjing jenis ini.

BACA JUGA: Ragam Jenis Ikan Arwana, Ikan Hias Dengan Nilai Jual Termahal

9. Bichon Frise

9. Bichon Frise
pexels

Bagi Sedulur yang menjadi jenis anjing lucu dengan bulu yang untik, bichon frise merupakan salah satu pilihan yang bisa Sedulur peliharai. Anjing satu ini memiliki bulu yang tebal dan keriting. Selain itu, bentuk kepala bichon yang bulat menambah anjing ini menjadi semakin menggemaskan. Jika Sedulur memilihara bichon frise, Sedulur harus benar-benar memperhatikan dua hal, pertama yang meninggalkan anjing ini sendiria, dan kedua jangan cuek. Dua hal tersebut dapat membuat anjing ini marah!

10. Pug

10. Pug
freepik

Rekomendasi peliharaan anjing yang aman dipelihara, setia dan jinak adalah pug. Anjing ini memiliki bentuk muka yang unik, dengan bentuk bundar rata dan terdapat banyak kerutan. Hal tersebut membuat pug menjadi salah satu jenis anjing yang lucu dan imut. Pug juga sangat pandai membaca mood pemiliknya, hal tersebut menguntungkan Sedulur ketika mengalami masa-masa sulit. Karena pug bisa menjadi sahabat setia yang tetap menemani.

BACA JUGA: 8 Manfaat Ikan Gindara Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

11. Corgi

11. Jenis anjing Corgi
freepik

Sedulru yang ingin merawat anjing dengan bentuk yang lucu dan imut, corgi merupakan jawaban yang tepat. Tipe anjing satu ini juga merupakan anjing kesayangan Ratu Elizabet II, Ratu Kerajaan Inggris yang kesohor itu. Corgi memiliki sifat yang ramah dan ceria. Kakiknya yang mungil dengan badan yang gemuk membuat anjing ini cocok untuk dipelihara oleh Sedulur. Bentuk telinganya juga unik, besar dan tegak. Membuat corgi telihat semakin menggemaskan.

12. Bulldog

12. jenis anjing Bulldog
freepik

Rekomendasi jenis anjing yang bisa Sedulur peliharai adalah bulldog. Di Indonesia sendiri, bulldog merupakan salah satu anjing yang disukai dan banyak dipelihara. Postur tubuh yang gemuk dan berotot membuat anjing jenis ini disukai karena lucu. Bulldog juga dapat menjadi teman dan sahabat, namun meski begitu Sedulur harus tetap berhati-hati karena bulldog sedikit tempramental.

Sekian daftar jenis jenis anjing yang bisa Sedulur pelihara yang terkenal jinak dan setia. Memiliki hewan pelihara merupakan salah satu cara yang bisa Sedulur lakukan untuk menjaga kesehatan mental Sedulur. Karena dengan memelihara hewan, kita bisa melepaskan penat dan stress yang dialami dan juga bisa membuat jiwa menjadi lebih stabil