Ikan gindara merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Simak ulasannya di bawah ini!

Bagi Sedulur yang jarang mengkonsumsi ikan laut, mungkin Sedulur akan asing ketika mendengar nama ikan gindara. Memang, ikan jenis ini tidak setenar ikan salmon, dari segi kandungannya pun ikan ini tidak sebanyak ikan salmon.

Namun, bukan berarti ikan satu ini tidak memiliki segudang manfaat. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas segudang manfaat ikan gindara untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan tubuh merupakan manfaat yang identik didapatkan dari ikan-ikan laut.

Sedulur juga bisa melakukan cara masak ikan gindara dengan bebas, karena tidak akan mengubah kandungan yang berada di dalamnya. Sebelum masuk pembahasan manfaat dari jenis ikan ini, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana ciri-ciri ikan yang segar dan apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya. 

-->

Baca Juga: 8 Cara Membuat dan Manfaat Telur Asin yang Enak & Penuh Gizi

Ciri-Ciri Ikan Gindara Segar dan Kandungannya

Ciri-Ciri Ikan Gindara Segar dan Kandungannya
himekaperkasa.com

Jika Sedulur ingin menghindari konsumsi ikan gindara beracun, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri ikan yang segar. Karena racun berasal dari ikan yang sudah tidak segar dan berbahaya untuk tubuh. Berikut ciri-cirinya:

  • Daging ikan mengilat
  • Daging kenyal, bila ditekan kembali ke bentuk asal
  • Tidak bau amis menyengat, apalagi bau busuk
  • Daging melekat kuat pada tulangnya
  • Tidak menampakkan warna kecoklatan atau kekuningan
  • Daging tidak kering

Dengan mengetahui ciri-ciri di atas, maka Sedulur akan merasakan manfaat dari ikan tersebut. Berbagai manfaat tersebut berasal dari segudang kandungan ikan gindara yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, berikut daftar kandungannya:

  • Lemak jenuh: 2,29%
  • Minyak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fatty Acid – MUFA): 88,7%
  • Lemak tak jenuh (Polyunsaturated Fatty Acid – PUFA): 8,9%
  • Omega 9: 95%
  • DHA: 2,95%

Wajar belaka jika harga ikan gandira dibanderol sangat mahal, hal tersebut disebabkan nilai dari kandungan yang terdapat didalamnya. Lantas apa saja daftar dari manfaat ikan gindara berdasarkan kandungan di atas? Yuk mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Daftar Manfaat Ikan Gindara Untuk Kesehatan Tubuh!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
kompas.com

Manfaat yang pertama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut berasal dari kandungan minyak yang ada di dalam ikan. Minyak alami yang dihasilkan tersebut dapat mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat. Kandungan minyak tersebut dapat memecah berbagai penyakit yang menyerang dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Terutama penyakit-penyakit yang disebabkan oleh cuaca yang tidak jelas, seperti penyakit batuk dan demam yang disebabkan oleh peralihan dari musim kemarau hingga musim hujan. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, Sedulur akan memiliki tubuh yang kuat. Ditambah lagi, di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan penting agar tidak tertular virus Covid-19.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
tribunnews.com

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang tidak dapat dianggap remeh. Pasalnya, kolesterol dapat menjurus pada komplikasi berbagai penyakit lainnya, mulai dari sakit jantung hingga stroke.

Kabar baiknya, Sedulur dapat mencegah dan menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi ikan ini secara rutin. Hal tersebut berasal dari kandungan Omega-9 yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dan juga kandungan lemak tak jenuh dalam ikan ini dapat membuat kadar kolesterol menurun dan tubuh menjadi lebih sehat lagi.

Baca Juga: 12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan & Kecantikan Alami

3. Menyembuhkan Sakit Tifus dan DBD

3. Menyembuhkan Sakit Tifus dan DBD
hipwee.com

Tidak hanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, minyak ikan ini juga berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh. Oleh karena itu, ikan gindara bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan penyakit tifus dan demam berdarah (DBD).

Bagi pasien yang menderita penyakit tifus atau demam berdarah disarankan untuk rutin mengkonsumsi ikan gindara untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam darah. Hal tersebut akan lebih maksimal jika dibarengi dengan konsumsi buah jambu merah. Jumlah trombosit akan bertambah dan kita pun akan segera pulih dari sakit tifus dan demam berdarah.

4. Baik untuk Perkembangan Otak dan Kognitif

4. Baik untuk Perkembangan Otak dan Kognitif
grid.id

Dalam ikan ini, mengandung kandungan lemak tak jenuh ganda atau DHA yang tinggi, sekitar 1.98 persen. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kognitif. Terutama jika rutin diberikan kepada balita yang tengah dalam pertumbuhan. Bukan hanya untuk balita, bagi Sedulur yang telah dewasa pun bisa dicoba untuk mempertahankan kinerja otak agar terhindar dari berbagai penyakit otak yang selalu menyerang masa tua.

5. Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Penyakit Kronis

5. Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Penyakit Kronis
liputan6.com

Ikan ini mengandung kandungan Omega 3. Kandungan Omega 3 yang cukup tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun tidak sebanyak ikan salmon, namun kandungan Omega 3 pada ikan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Omega 3. Beberapa manfaat kesehatan dari Omega 3 antara lain adalah membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, juga mencegah beberapa penyakit kronis lainnya.

6. Meningkatkan Massa Otot

6. Meningkatkan Massa Otot
tribunnews.com

Manfaat ikan gindara selanjutnya yaitu sangat baik untuk kesehatan otot. Hal tersebut berasal dari kandungan ikan gindara yang mengandung lemak tak jenuh, Omega 3, dan Omega 9. Kandungan protein dalam ikan gindara juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Dengan terpenuhinya protein harian, hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan masa otot dan menjaga ketahanan serta kekuatan tubuh.

7. Mengontrol Berat Badan

7. Mengontrol Berat Badan
anlene.com

Bagi Sedulur yang tengah diet, manfaat ikan gindara satu ini sangat diperlukan. Karena ikan gindara dapat membantu proses pemecahan lemak dalam tubuh sehingga tidak menumpuk dalam tubuh dan tersalurkan lewat kotoran. Maka dari itu, biasanya setelah memakan ikan gandiri kita akan mengalami gejala seperti mual, sakit perut, mulas dan kemudian buang air besar. Hal-hal tersebut merupakan beberapa pengalaman makan ikan gindara.

Dan juga merupakan bentuk dari kinerja pemecahan lemak, maka dari itu berat badan pun akan terkontrol dan kita akan bisa mencapai bentuk tubuh yang ideal. Namun tentu saja, akan lebih baik jika dibarengi dengan olahraga dan lain sebagainya.

8. Menjaga Kesehatan Janin

8. Menjaga Kesehatan Janin
detik.com

Bagi Ibu Super yang tengah hamil, mengkonsumsi ikan gindara secara teratur merupakan pilihan tepat. Karena ikan ini dapat menjaga kesehatan janin dan meningkatkan sistem kekebalan Ibu Super yang tengah hamil. Hal tersebut tentu saja berasal dari kandungan ikan ini.

Ikan ini juga dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin, yang akan bermanfaat bagi tumbuh kembang sang bayi nantinya. Oleh karena itu, manfaat ikan gindara untuk ibu hamil begitu penting yang membuat Ibu Super harus mempertimbangkan mengkonsumsi ikan ini secara rutin.

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri, kandungan gizi dan manfaat ikan gandira yang telah dijelaskan di atas. Semoga dapat menambah wawasan bagi Sedulur Super sekalian. Jangan lupa beli bahan tambahan untuk mengolah ikan ini menjadi berbagai macam olahan nikmat dan bergizi.

Sedulur bisa membeli berbagai bahan kebutuhan sehari-hari dan bahan kebutuhan dapur dengan membelinya di Aplikasi Super. Klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Menggunakan Aplikasi Super untuk memenuhi segala kebutuhan harian merupakan pilihan yang tepat, agar hidup Sedulur menjadi lebih mudah dan menguntungkan.