Salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia adalah aglonema. Memiliki nama lain Sri Rejeki, tanaman yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan ini ternyata memiliki jenis yang sangat bervariasi. Bahkan, ada lebih dari 30 jenis aglonema yang ada hingga saat ini.

Secara umum, tanaman hias ini banyak dipilih karena perawatannya yang mudah. Namun, terlepas dari hal itu, penampilan daun yang berwarna-warni juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. Oleh karena itu, aglonema kini menjadi incaran banyak orang.

Nah, jika Sedulur juga tertarik untuk merawat tanaman hias ini, simak daftar jenis agloneMA di bawah ini sebelum memutuskan untuk membelinya, yuk!

BACA JUGA: 18 Jenis Tanaman Hias Daun Cantik, Populer & Mudah Dirawat

Aglonema adalah

jenis aglonema
iStock

Aglonema atau aglaonema merupakan salah satu tanaman hias daun dari suku talas-talasan (araceae) yang memiliki batang tanpa kambium dan akar serabut. Seperti banyak tanaman hias lainnya, aglonema juga memiliki kemampuan untuk menyaring polusi udara di dalam ruangan.

Tanaman hias yang memiliki habitat asli di hutan dataran rendah dengan ketinggian antara 0 – 600 Mdpl ini juga sering disebut sebagai tanaman Sri Rejeki. Penamaan ini bisa terjadi karena di Cina, tanaman ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Nah, berikut adalah klasifikasi tanaman hias ini.

Filum: Plantae 

Divisi: Spermatophyta 

Sub-divisi: Angiospermae 

Kelas: Monocotyledoneae 

Ordo: Araceales

Famili: Araceae 

Genus: Aglaonema 

Agar lebih jelas, berikut adalah spesies atau jenis-jenis tanaman hias aglonema yang ada di dunia.

Jenis-jenis tanaman hias aglonema

1. Aglaonema Hijau

jenis aglonema
GDM

Merupakan spesies aglaonema asli yang hidup di alam liar dan bukan berasal dari persilangan. Sedulur bisa menemukan tumbuhan ini di hutan ataupun di daerah dekat sungai. Warna hijau pada jenis ini dibutuhkan untuk menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya, guna melakukan proses fotosintesis. 

2. Aglaonema Harlequin

Berikutnya adalah jenis Harlequin, yakni aglonema yang memiliki warna daun menyesuaikan keberadaan cahaya. Jika cahaya tidak terlalu banyak, daun akan berwarna hijau dengan bercak kuning serta guratan merah muda pada bagian tengahnya. Sementara jika cahaya terang, daun akan berwarna kuning dengan guratan merah muda pada bagian tengahnya. 

3. Aglaonema Pictum Tricolor

Jenis agalonema yang lain yaitu Pictum Tricolor. Tumbuhan yang pertama kali ditemukan pada tahun 1841 ini bisa Sedulur temukan di lereng gunung api di daerah Nias dan Sumatera. Sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki corak tiga warna, yakni putih, hijau tua, dan hijau muda. 

Perpaduan tiga warna tersebut ternyata juga membentuk corak seperti motif baju tentara Indonesia. Dengan daun yang berbentuk lonjong dan berukuran lebih panjang dan lebar dari jenis lainnya, Pictum Tricolor menjadi primadona di kalangan kolektor tanaman hias. Bahkan, harga per potnya bisa mencapai Rp2.900.000. 

4. Aglonema Wulandari

Jenis berikutnya adalah aglonema Wulandari yang berasal dari Thailand dan merupakan hasil dari proses kultur jaringan. Jenis ini memiliki ciri khas tangkai pendek namun kekar dan daun tipis namun kokoh dengan bentuk yang melebar. 

Jika dilihat dari warnanya, jenis ini didominasi oleh warna hijau, merah, dan kuning muda, dimana warna merah menjadi yang dominan dengan bercak berwarna kuning dan hijau. Saat sudah dewasa, tanaman ini bisa memiliki sekitar 7 sampai 10 daun yang indah.

5. Aglonema Tiara

Selain sering dilombakan dalam skala nasional, aglonema jenis ini ternyata juga memiliki keistimewaan lain. Jika diperhatikan dengan baik, pertumbuhan jenis ini termasuk lebih cepat dari jenis lain, dimana indukan dan anakan bisa membentuk daun dengan posisi simetris. 

Selain itu, ciri khas dari jenis ini adalah warna hijau tua yang dominan dengan bercak merah menyala. Tulang daunnya juga bisa berwarna merah muda atau kekuningan dengan bentuk daun oval memanjang dan berujung meruncing. 

BACA JUGA: 10 Jenis Aglaonema Langka, Tanaman Hias Cantik Paling Hitz

6. Aglonema Tengkorak

jenis aglonema
GDM

Jenis persilangan yang dihasilkan oleh pecinta tanaman hias luar negeri ini menjadi salah satu jenis aglonema dengan harga yang cukup fantastis. Jenis ini memiliki daun berbentuk oval memanjang dengan tulang daun hijau tua yang terasa ketika diraba.

Daunnya berwarna hijau tua dan putih, dengan bagian permukaan yang berwarna putih pucat. Dengan tinggi yang bisa mencapai 1,15 meter, tanaman ini menjadi primadona para kolektor tanaman hias karena memiliki daya tarik yang besar. 

7. Aglaonema Moonlight

Menjadi salah satu jenis aglonema terbaik, Moonlight dikenal memiliki karakteristik unik dengan daun yang berbentuk seperti mangkuk. Dengan perpaduan warna merah muda dan hijau muda, corak yang dimiliki jenis aglonema ini terlihat tegas dan sangat mudah untuk dikenali. 

8. Aglonema Merah

Tidak hanya dominan dengan warna hijau, aglonema juga memiliki jenis yang dominan dengan warna merah. Di antaranya adalah, merah gold dengan warna merah yang dipadukan dengan hijau tua dan kuning, merah suksom yang seluruh permukaanya berwarna merah menyala, dan merah peacock yang memiliki warna merah cerah pada tengah daun. 

9. Aglonema Lotus

Jenis aglonema lain yang memiliki banyak peminat adalah aglonema Lotus. Jenis ini memiliki daun bulat lebar dengan ujung meruncing serta jarak antar ruas dan tangkai daunnya pendek. Lebih dari itu, ternyata, jenis ini dikenal cukup sulit untuk dikembangkan.

Lotus menggabungkan warna hijau mudah pada permukaan tengah dan warna pink pada tulang daun dan garis daun. Adanya motif bercak hijau yang nampak seperti lukisan, tentu membuat jenis aglonema ini menjadi incaran para kolektor tanaman hias.

10. Aglaonema Kochin

Jenis berikutnya adalah aglaonema Kochin yang memiliki warna beraneka ragam. Keindahan jenis ini bahkan sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan, seperti ruang tamu, kamar, ataupun dapur. 

Beberapa jenis Kochin yang paling populer, yaitu Kochin Pink Rainbow dengan tampilan dominan warna pink yang dipadukan dengan warna hijau tua di tepi, serta Kochin Chameleon dengan tampilan dominan warna merah yang berpadu dengan warna hijau dan kuning.

11. Aglaonema Khanza

jenis aglonema
GDM

Dikenal memiliki keindahan daun dengan motif yang unik, menjadikan harga aglaonema Khanza cukup mahal diantara jenis yang lain. Jenis yang memiliki tulang daun bagian tepi berwarna pink terang ini merupakan hasil dari persilangan yang baru ditemukan pada tahun 2018.

Jika Sedulur merawatnya dari kecil, maka akan terlihat warna hijau tua di sekitar tulang daunnya yang berwarna pink pada saat masih muda. Setelah semakin dewasa, warna tersebut akan berubah menjadi kekuningan. 

12. Aglaonema Hot Lady

Sesuai dengan namanya, jenis aglaonema ini memiliki warna merah pada daun layaknya seorang wanita yang sedang kepanasan. Selain warna merah pada tulang daun yang sangat jelas dan mencolok, ciri khas dari jenis ini adalah warna daun yang bervariasi, mulai dari hijau kekuningan hingga hijau dengan bercak putih.

13. Aglonema Bidadari

Disebut sebagai Bidadari karena jenis ini memiliki kombinasi warna yang sangat cantik. Sedulur akan menemukan perpaduan warna kuning, jingga, pink, dan hijau pada daun yang disangga oleh tangkai berwarna merah muda dengan bercak hijau di bagian ujungnya. 

Perpaduan warna pada daun jenis aglaonema ini juga bervariasi. Ada yang dominan pink dengan bercak daun berwarna kuning dan hijau, ada pula daun yang dominan berwarna kuning kehijauan dengan tulang daun berwarna pink. 

14. Aglonema Adelia

Merupakan jenis aglaonema yang berasal dari Manila, Filipina, jenis ini diberikan nama sesuai dengan nama penemunya, Adelia Angeles. Aglaonema Adelia memiliki bentuk daun berujung runcing dengan warna garis daun hijau muda dan merah menyala. Bahkan, daunnya dapat tumbuh hingga 30 cm jika dirawat dengan benar. 

15. Aglonema Tisue

Disebut aglaonema tisue karena saat dewasa, jenis ini akan memiliki daun yang tipis dengan perpaduan warna putih dan hijau. Jika dominan putih, tulang daun akan berwarna putih dan menyamarkan warna hijaunya. Sementara jika dominan hijau, warnanya akan sangat muda layaknya warna hijau yang luntur.  

 BACA JUGA: Mengenal Monstera Adansonii, Tanaman Hias Hits Paling Dicari

16. Aglonema Prestige

jenis aglonema
GDM

Memiliki daun besar dengan corak merah, pink, dan krem, aglaonema ini menjadi jenis yang paling banyak dikoleksi oleh kolektor tanaman hias. Selain warna yang indah, daun jenis ini juga nampak berlilin sehingga terlihat mengkilap. Dengan batang berwarna merah muda, keindahan jenis ini sangat cocok dijadikan hiasan untuk dekorasi dalam ruangan putih. 

17. Aglaonema Red Valentine

Berikutnya adalah jenis Red Valentine yang memiliki daun berbentuk oval besar, dengan warna merah jambu saat masih muda dan merah terang saat menginjak dewasa. Jika diamati dengan lebih jelas, di sepanjang daun akan terlihat garis hijau samar dengan bagian tepi daun yang berwarna hijau.

18. Aglonema Maria

Aglaonema Maria merupakan salah satu jenis aglaonema yang bisa hidup dengan baik di suhu dingin. Jenis ini memiliki fisik yang hampir sama dengan aglaonema Hijau, namun dengan corak putih pada permukaan daun yang lebih lemas dan tipis saat dipegang. 

19. Aglonema SilverQueen

Memiliki warna silver yang dominan daripada warna hijau, pantas saja jenis ini menjadi incaran banyak kolektor tanaman hias. Garis tepi dan tulang daun yang berwarna hijau tua juga membuat jenis aglonema dengan daun yang cenderung sempit dan memanjang ini menjadi primadona sebagian besar pecinta tanaman.

20. Aglaonema Super White

Jenis ini memiliki warna yang dominan putih, dengan urat daun dan tepi daun yang berwarna hijau. Keunikan ini membuat Super White sangat cocok dijadikan hiasan dalam ruangan, baik di ruang tamu ataupun ruang keluarga. Usahakan untuk meletakkan di dekat jendela dengan pencahayaan rendah agar tidak terpapar sinar matahari yang berlebihan. 

21. Aglaonema Cutlass

agalonema
GDM

Sesuai dengan namanya, jenis aglaonema ini memiliki daun berbentuk runcing memanjang ke atas layaknya pisau yang tajam. Dengan garis daun tegas berwarna hijau tua dan permukaan daun berwarna hijau muda dengan bercak putih, jenis ini menjadi incaran banyak pecinta tanaman hias di Indonesia. 

22. Aglaonema First Diamond

Jenis First Diamond memiliki ciri khas berupa dedaunan hijau dengan dominasi warna putih pada bagian tengahnya. Pada bagian tengah tersebut juga terdapat bercak berwarna hijau yang halus, bahkan hampir tidak nampak dari kejauhan. 

23. Aglaonema Modestum

Jenis berikutnya sepertinya sudah tidak asing lagi bagi Sedulur. Aglaonema dengan daun berwarna hijau keputihan yang langsung tumbuh dari area batang utama ini merupakan salah satu tanaman terbaik yang cocok untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Warna daun jenis Modestum nampak sedikit pucat dengan lurik putih yang memanjang ke atas. Meskipun begitu, jenis ini tetap memberikan kesan menawan ketika dipajang di dalam ruangan karena bisa tumbuh mencapai 60 cm. 

24. Aglaonema Pride of Sumatera

Merupakan jenis yang mulai dikenal pada tahun 1993 dan menjadi jenis aglaonema termahal hingga saat ini. Jenis ini memiliki daun berbentuk oval memanjang yang kokoh, tangkai daun berwarna pink berbercak merah atau hijau, dan tulang daun berwarna merah terang.

25. Aglonema Claudia

Jenis terakhir adalah aglaonema Claudia yang memiliki warna dominan hijau dengan sedikit warna kekuningan. Jenis ini memiliki permukaan daun yang halus dengan tulang daun berwarna putih kemerahan serta bentuk daun elips yang cenderung bulat di tengah dan runcing di ujung. 

BACA JUGA: 18 Tanaman Hias Indoor yang Sehat dan Mudah Dirawat di Rumah

Tips dan cara merawat tanaman hias aglaonema

aglaonema
iStock

Berikut adalah beberapa tips dan cara yang bisa Sedulur lakukan agar tanaman hias aglonema yang Sedulur miliki dapat tumbuh dengan subur.

  1. Pilih media tanam dari tanah organik yang gembur.
  2. Hindari memasukkan media tanam sampai memenuhi pot.
  3. Berikan pupuk tanaman dan larutan vitamin B1 secara rutin.
  4. Gunakan ukuran pot menyesuaikan besar tanaman.
  5. Perhatikan frekuensi penyiraman yang optimal, 2-3 hari sekali.
  6. Siram dengan air bekas cucian beras 2 minggu sekali.
  7. Letakkan di tempat yang sejuk dan hindari paparan sinar matahari langsung.
  8. Bersihkan gulma di sekitar tanaman.
  9. Hindari suhu terlalu rendah atau dingin.
  10. Pangkas daun yang sudah layu.
  11. Berikan zat pengatur tumbuh (ZPT).

Nah, itulah 25 jenis aglonema beserta ciri-cirinya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur yang berencana membeli tanaman hias ini. Selain memperhatikan warna, Sedulur juga harus memperhatikan cara merawatnya agar tanaman ini bisa tumbuh dengan subur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.