Monstera Adansonii, Tanaman Hit Harga Selangit

Mungkin Sedulur sudah pernah mendengar tanaman janda bolong atau nama ilmiahnya Monstera Adansonii. Tanaman ini menjadi perbincangan gara-gara harganya yang mahal. Bahkan, harga Monstera Adansonii Variegata bisa sampai jutaan rupiah, lho. Itulah kenapa banyak yang penasaran dengan tanaman ini.

Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu penjelasan tentang tanaman ini hingga manfaat Monstera Adansonii, berikut ulasannya!

BACA JUGA: Begini Cara Mencangkok Tanaman Buah yang Benar Agar Subur

Apa itu janda bolong Monstera Adansonii?

Monstera Adansonii, Tanaman Hit Harga Selangit
pexels.com

Janda bolong juga memiliki sebutan lain yaitu tanaman keju Swiss. Janda bolong ini secara fisik memiliki daun berlubang berbentuk oval yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Selain itu, tanaman ini bisa merambat dan tingginya bisa mencapai 1 meter. Tetapi jika tumbuh di alam bebas, janda bolong bisa tumbuh dari 2 sampai 4 meter.

-->

Dikutip dari The Spruce, tanaman ini punya kerabat jenis Monstera Deliciosa. Keduanya mirip dengan daun berlubang. Jika Sedulur ingin tahu cara merawat Monstera Adansonii, tanaman ini tidak cocok tumbuh di bawah sinar matahari langsung. Tempat hidup aslinya janda bolong di alam liar dan berada di bawah pohon naungannya.

Untuk menanamnya, paling cocok memakai tanah gambut dan pot memiliki lubang drainase yang besar. Sebab, gambut bagus dalam menahan kelembapan tanah tanpa perlu tergenang air. Cara menjaga kelembapan tanah paling gampang ini caranya, tempelkan jari ke tanah, jika terlalu kering sirami agar kelembapan terjaga.

Janda bolong ini setidaknya punya 41 spesies, yang masuk kategori Genus Monstera, dan semuanya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Kemudian jika melihat klasifikasi ilmiahnya, United States Department of Agriculture Natural Resources Conservation Service telah membagi klasifikasi Monstera Adansonii sebagai berikut ini:

  • Kerajaan: Plantae
  • Sub kingdom: Tracheobionta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Class: Lilliopsida
  • Family: Araceae
  • Genus Monstera Adans

BACA JUGA: Peluang Usaha Budidaya Tanaman Obat, Bisa Di Rumah

Apa saja jenis-jenisnya Monstera?

Monstera Adansonii, Tanaman Hit Harga Selangit
pexels.com

Seperti yang kita ketahui, Monstera Adansonii memiliki beberapa jenis yang harganya terkenal mahal. Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu berikut ini jenis dan harga Monstera Adansonii Variegata.

Monstera Epipremnoides

Tanaman jenis ini memiliki ukuran daun yang lebih besar dengan lubang kecil hingga besar. Untuk harga, di pasaran Monstera Epipremnoides bisa mencapai Rp650 ribu.

Monstera Borsigiana

Monstera Borsigniana memiliki daun yang kecil dan batangnya menjuntai. Tiap lubangnya pun berjarak dan polanya indah. Soal harga, tanaman hias ini berkisar Rp700 ribuan.

Monstera Deliciosa Variegata

Tanaman ini sempat viral tahun 2020 kemarin karena harganya yang sangat mahal. Namun melihat jenisnya, Monstera Deliciosa Variegata terlihat cantik dengan perpaduan hijau tua dan putih di daunnya. Bahkan, banyak yang mengatakan tak ada yang mampu menyaingi keindahan Monstera Deliciosa Variegata. Di pasaran, harganya bisa mulai Rp8 hingga Rp11 juta untuk varian kecil dan yang besar bisa mencapai puluhan juta.

Monstera Adansonii

Tanaman ini punya lubang di tengahnya dengan warna hijau tua serta gradasi hijau muda. Karena keindahannya, di pasaran Monstera Adansonii bisa dijual hingga Rp45 juta.

Monstera Adansonii Variegata

Tak kalah indah dengan lainnya, daun jenis Monstera ini juga cukup unik. Ada perpaduan warna hijau dan putih yang sangat kontras tapi cantik. Bahkan, ada juga yang seluruh daunnya berwarna putih. Untuk harga, Monstera Adansonii Variegata bisa mencapai Rp90 juta. Sementara yang kecil di kisaran Rp40 jutaan.

Monstera Obliqua

Tanaman jenis ini disebut yang paling mahal dari jenis Monstera lainnya, tentu karena keunikan dan corak cantik yang dimilikinya. Sebab, Monstera Obliqua termasuk dalam jenis langka dengan daun yang kecil dan tipis serta memiliki lubang yang lebih banyak. Jadi jangan kaget jika di pasaran harga Monstera Obliqua bisa mencapai Rp100 jutaan.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

Manfaat tanaman Monstera Adansonii

Monstera Adansonii, Tanaman Hit Harga Selangit
pexels.com

Selain keindahannya dan harganya yang mahal, Monstera Adansonii juga dikenal memiliki beberapa manfaat yang tentunya baik untuk Sedulur. Beberapa di antaranya adalah seperti membantu memperbaiki kualitas udara, menyehatkan mata, memberikan kesan elegan, punya nilai investasi, dan bisa meningkatkan mood.

Sehingga jika kamu punya Monstera Adansonii di rumah, melihatnya pasti akan menyegarkan mata dan mood pun menjadi lebih positif. Terutama jika kamu adalah seorang pencinta tanaman. Tapi untuk memilikinya, kamu harus siap-siap merogoh kocek yang cukup dalam. Dan, untuk perawatannya juga butuh perhatian ekstra. Apalagi ini tanaman mahal sudah pasti merawatnya perlu kehati-hatian agar tidak mati.

Itulah tadi tanaman Monstera Adansonii yang sejak tahun lalu viral gara-gara keindahan dan harganya yang mahal. Apalagi di situasi pandemi ini, banyak orang yang menemukan hobi baru terutama soal tanaman. Banyak dari mereka yang menjual hingga mengoleksi berbagai jenis tanaman di rumah. Sebab, ini menjadi kegiatan yang menyenangkan dan dipercaya bisa menghilangkan stres. Nah, bagi Sedulur yang ingin memilikinya siap-siap merogoh kocek yang dalam, ya!