aglaonema langka

Aglonema langka merupakan salah satu jenis tanaman hias daun dari suku Arceae atau talas-talasan yang banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia. Tanaman yang satu ini sering dijuluki sebagai “Ratu Daun” karena tampilan daunnya yang sangat eksotis.

Julukan lain yang mungkin Sedulur tidak asing adalah Sri Rejeki. Ya, ini tanaman hias yang paling cocok terutama bagi para pemula maupun mereka yang sibuk beraktivitas di luar rumah. Hal ini karena bunga aglonema ini mampu menoleransi sebagian cahaya, dan tetap tumbuh dengan baik.

Bahkan tanaman ini akan tetap baik-baik saja bila diletakkan di ruangan dengan penerangan cahaya lampu neon. Nah, bagi Sedulur yang berminat untuk memilikinya, ketahui dulu beberapa jenis dan juga daftar harga aglaonema langka di bawah ini.

BACA JUGA: 15+ Tanaman Hias Daun yang Hits & Cocok Untuk Pemula

1. Aglonema Pride of Sumatera

aglaonema langka
bercocok

Di urutan pertama ada Aglonema Pride of Sumatera, yang masuk dalam kasta aglaonema langka dan mahal. Bisa dikatakan jika jenis ini adalah awal dari generasi aglonema berwarna merah. Jenis aglonema ini pertama kali ditemukan tahun 1993, dan sampai saat ini masih banyak dicari para pecinta tanaman.

Bentuk dari Aglonema Pride of Sumatera ini sangat kokoh. Kemudian untuk bentuk daunnya elips memanjang dan terlihat sangat kompak. Untuk tangkai daun berwarna pink dengan adanya bercak-bercak berwarna merah, hijau gelap, dan pink. Harga tanaman ini sekitar 95 ribu rupiah.

2. Aglonema Bidadari

aglaonema langka
bibitonline

Masih dengan jenis aglaonema langka, kali ini ada Aglonema Bidadari. Jenis aglonema yang satu ini, harganya cukup mahal berkat adanya kombinasi warna yang dimilikinya terlihat sangat cantik. Warna dari tanaman ini yaitu jingga, kuning, hijau, dan pink, dengan tangkai penopang merah muda dan bercak-bercak hijau di bagian pucuknya.

Daunnya yang cantik tersebut, yang membuat jenis aglomera ini dijuluki sebagai “bidadari”. Oleh karena itu juga, di pasaran tanaman ini dibanderol dengan harga 100 ribuan.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Indigofera: Jenis, Manfaat & Budidayanya

3. Aglonema Adelia 

inkuriri

Kali ini ada jenis aglonema import yang juga masuk kategori aglonema merah. Nama Aglonema Adelia sendiri diambil dari seorang kolektor tanaman hias ternama dari Manila, Adelia Angeles. Bentuk dari tanaman ini, yakni mempunyai daun berujung runcing dan warnanya merah yang menyala.

Hal lain yang bisa ditemukan pada aglonema adelia ini yakni bentuk daunnya yang besar, mengkilat, dan tentu saja terlihat sangat mempesona berkat adanya kombinasi warna hijau dan juga merah yang intens. Harga dari tanaman ini sekitar 60 ribuan.

4. Aglonema Moonlight

aglaonema langka
bercocok

Bisa dikatakan bahwa aglonema moonlight termasuk jenis aglonema terbaik di Indonesia. Dengan tampilan yang sangat ideal dan daun yang membulat cekung layaknya sebuah mangkuk, membuat banyak orang kagum ketika melihat tanaman ini.

Corak daunnya pun terlihat tegas dengan tulang daun berwarna merah yang membuatnya tampak lebih eksotis. Tanaman ini memiliki harga pasaran di angka 100 ribuan.

BACA JUGA: Ini Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias, Bisa Jadi Peluang Usaha!

5. Aglonema Claudia

morondeso

Karakteristik yang dimiliki oleh Aglonema Claudia ada pada bagian permukaan daun berwarna hijau pucat atau kekuning-kuningan. Struktur dari daunnya tertata dengan rapi dan tersebar rata, sehingga komposisi letaknya juga terlihat sangat teratur.

Jenis aglonema ini berasal dari Thailand dan biasa diletakkan dekat dengan jendela rumah. Harga aglonema ini cukup mahal, yakni mencapai 135 ribuan.

BACA JUGA: 18 Jenis Tanaman Hias Daun Cantik, Populer & Mudah Dirawat

6. Aglonema Legacy

inkuriri

Aglonema Legacy memiliki daun yang berwarna hijau kekuningan, serta ada bercak hijau gelap yang tersebar secara merata pada bagian permukaannya. Daun tersebut berbentuk bulat, namun meruncing di bagian pucuknya.

Jenis agolnema ini juga memiliki ciri unik berupa tulang daun berwarna merah dan bertekstur lembut yang membatasi daunnya. Aglonema Legacy dijual dengan harga 95 ribu di pasaran.

BACA JUGA: 15+ Jenis Bonsai, Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Indah

7. Aglonema Widuri

ruparupa

Apabila diperhatikan secara seksama, jenis tulang daun utama dari Aglonema Widuri ini tampak merah menyala. Warna daunnya kekuningan dan terdapat sedikit bercak berwarna hijau. Selain itu, ada juga yang warna hijaunya lebih luas dan warna pink mendominasi.

Kemudian untuk bentuk daunnya oval dengan permukaan yang agak cekung. Anak tanaman yang muncul dari Aglonema Widuri ini cukup banyak, jadi cara untuk membudidayakannya tidak terlalu sulit. Nah, harga dari jenis aglonema ini cukup terjangkau, yakni hanya sekitar 75 ribu saja.

8. Aglonema Lipstik

gdm

Yang berikutnya ada Aglonema Lipstik. Tanaman hias yang satu ini juga dijuluki sebagai tanaman ‘lipstik’, karena bagian tepi daunnya memiliki warna merah merona layaknya lisptik yang biasa digunakan oleh kaum wanita.

Daun dari Aglonema Lipstik ini berwarna merah, dan juga telah dilengkapi warna hijau daun mengkilap yang terlihat tegas. Harga dari tanaman ini lebih murah dari jenis Aglonema Widuri, yaitu hanya 25 ribu rupiah.

9. Aglonema Red Kochin

gdm

Untuk jenis tanaman Aglonema Red Kochin ini memiliki daun berwarna merah yang pekat dengan sentuhan hijau di bagian tepinya. Sedangkan untuk tangkainya panjang, sehingga membuatnya tampak amat cantiknya.

Aglomera Red Kochin atau yang biasa disebut sebagai Manee Srisuk ini, dibanderol dengan harga 50 ribuan.

BACA JUGA: 15+ Jenis Bonsai, Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Indah

10. Aglonema Cinta

aglaonema langka
bercocok

Kemudian yang terakhir ada Aglonema Cinta. Sesuai dengan namanya, jenis aglonema ini termasuk salah satu tanaman hias yang paling favorit dan banyak diminati. Daunnya memiliki warna yang khas berupa kombinasi warna kuning, hijau, oranye, dan juga pink yang terlihat ornamental.

Aglonema Cinta ini pun sangat identik dengan ungkapan kasih sayang. Untuk mendapatkan tanaman ini, Sedulur bisa membelinya seharga 100 ribuan.

Mungkin hanya itu jenis dan juga harga bunga aglonema terbaru yang bisa dijelaskan pada kesempatan ini. Ya, mungkin harga tersebut bisa saja berubah suatu saat nanti. Namun jika itupun terjadi, perubahan harganya tidak terlalu signifikan.

Nah, sekarang silahkan Sedulur pilih jenis-jenis aglaonema langka yang ingin dipelihara. Setiap aglonema memang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Dan dijamin semuanya mampu membuat lingkungan Sedulur tampak lebih indah.