hantu momo

Hantu Momo challenge pernah menjadi hal yang meresahkan. Tantangan ini meminta pelakunya untuk melukai diri sendiri hingga bunuh diri. Permainan hantu momo ini disebar melalui pesan singkat Whatsapp dan meminta melakukan hal berbahaya tersebut. Jika menolak, peserta akan dikirimi gambar berbau kekerasan.

Tak hanya itu, ciri-ciri hantu momo juga sangat menyeramkan. Yakni mata yang melotot, wajah pucat, senyum sinis, serta rambut yang berantakan. Lalu seperti apa fakta-fakta momo hantu dan challenge-nya yang mengkhawatirkan?

BACA JUGA: Fakta dan Sinopsi Girl From Nowhere, Series Thailand Terbaik

Challenge yang diduga sudah memakan korban

hantu momo
Vice

Dilansir dari berbagai sumber, permainan hantu ini yang viral beberapa tahun lalu diduga sempat memakan korban. Ia adalah seorang gadis berusia 12 tahun asal dari Mexico. Sayangnya, hingga saat ini belum terkonfirmasi kebenarannya.

Inti dari tantangan ini adalah memaksa pesertanya untuk melakukan hal yang diminta oleh nomor Whatsapp tak dikenal. Kebanyakan adalah meminta korbannya untuk melakukan hal yang membahayakan hingga berisiko terhadap nyawa. Jika tidak melakukannya, maka penerima pesan akan mendapat balasan berupa gambar kekerasan atau ancaman data pribadi akan disebar di internet.

Hal yang lebih mengerikan adalah foto hantu momo terpasang menjadi profile picture di akun Whatsapp tersebut. Sehingga membuat siapapun yang menerima pesan darinya akan ketakutan.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horor Indonesia & Barat Terbaik 2021

Asal usul hantu momo

hantu momo
Viva

Hantu satu ini berasal dari Jepang. Ia sebenarnya merupakan boneka karya seni dari seorang seniman bernama Keisuke Aiso. Kisah di balik pembuatan hantu momo asli ini cukup mengerikan. Sang seniman mengaku bahwa dia menciptakan sosok ini karena terinspirasi dari kisah hantu Jepang yang bernama Ubume.

Ubume sendiri diceritakan sebagai seorang wanita yang meninggal setelah melahirkan anaknya. Jika di Indonesia, mungkin kisah ini mirip dengan kisah hantu kuntilanak.

Gambar hantu momo

Boneka Momo, Boneka Serem Asal Jepang yang Sempet Viral lewat Momo  Challenge - Mister Aladin Travel Discoveries

Di balik kisah yang menakutkan di atas, gambar hantu momo ini pun dibuat mengerikan. Ia dibuat dengan wajah menyeramkan, mata melotot, senyum yang lebar hingga mendekati telinga, wajah pucat, serta rambut panjang sebahu yang berantakan.

Keisuke Aiso membuat boneka dengan bahan silikon ini dengan tinggi 1 meter. Ia pertama kali dipajang di pameran bertema hantu di Distrik Ginza yang megah di Tokyo pada tahun 2016 silam. Namun sang seniman menegaskan bahwa boneka hantu ini memang dibuat untuk menakut-nakuti orang, tetapi bukan mencelakai orang lain.

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Pacar Selingkuh, Pertanda Baik atau Buruk?

Sudah dihancurkan

Dilansir dari Jawa Pos, sang seniman mengaku sudah menghancurkan boneka ciptaannya ini. Namun meski begitu, ada alasan lain mengapa boneka ini dihancurkan. Ia menegaskan tak ada kaitannya dengan kasus Momo Challenge yang sempat viral.

Ia menghancurkan boneka ini murni karena kondisinya sudah mulai rusak. Selain itu, Aiso sejak awal memang tidak pernah merencanakan menyimpan boneka karyanya tersebut dalam jangka waktu yang lama. Sehingga anak-anak dan orang dewasa yang sempat ketakutan dengan keberadaan boneka ini bisa bernapas lega.

Meski begitu, Aiso juga mengaku menyesal dan turut bertanggung jawab atas tantangan yang sempat viral beberapa tahun silam yang mencatut karya seninya. Setelah dihancurkan, yang tersisa dari boneka seram ini adalah salah satu bola matanya.

Sang seniman mengaku menyimpan bola matanya karena berencana akan melakukan daur ulang dan menciptakan karya seni baru dengan bagian yang tersisa tersebut.

Kisah hantu ubume yang melatarbelakangi proses pembuatan boneka ini

Japan Yugen

Berdasarkan filosofi, Ubume berarti wanita di akhir kehamilan. Sementara berdasarkan legenda yang beredar, ubume merupakan hantu jelmaan wanita yang meninggal saat sebelum, selama, atau setelah melahirkan. Ia diduga akan bergentayangan di tempat terakhir ia meninggal.

Sosoknya digambarkan mirip dengan hantu kuntilanak di Indonesia, karena memang keduanya mirip kisah yang sama meski tak serupa. Ia biasanya menampilkan wujud wanita berbaju putih dengan wajah pucat pasi, rambut panjang kusut. Alasan ia bergentayangan adalah karena kekhawatirannya terhadap sang anak.

Meski menyeramkan, hantu ubume menjadi simbol kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya. Ia berupaya sekuat tenaga untuk melindungi sang anak, meski nyawa tak lagi mengisi raganya.

Kisah hantu momo sangat seram bukan? Namun, jika kamu menemukan tantangan yang membahayakan, jangan sampai berpikiran untuk mengikutinya ya. Karena awalnya hanya ingin bersenang-senang, malah akan menimbulkan malapetaka.