Jika Sedulur memiliki anak yang sedang duduk di bangku SD, mungkin Sedulur pernah mendapat pertanyaan tentang apa fungsi tulang pergelangan tangan. Meski terdengar aneh, tapi pertanyaan ini cukup menggelitik. Kita jadi berpikir apa sebenarnya fungsi dari berbagai bagian tubuh. Seperti pergelangan tangan, pusar, tulang paha, tulang hasta, dan bagian tubuh lainnya.

Pergelangan tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak Sedulur gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Mulai dari menulis hingga berolahraga akan membutuhkan pergelangan tangan yang fleksibel. Karena itu, yuk simak apa saja fungsi bagian tubuh termasuk bagian pergelangan tangan di bawah ini!

Anatomi pergelangan tangan

Pergelangan tangan terbuat dari delapan tulang kecil yang kemudian terhubung dengan tulang-tulang di bagian lengan bawah serta tulang telapak tangan. Delapan tulang kecil itu disebut dengan tulang karpal. Setiap jenis tulang memiliki bentuk yang berbeda-beda. Setiap bagian tulangnya memiliki fungsi yang berbeda dan membuat bagian telapak tangan dapat bergerak secara leluasa. Keberadaan tulang inilah yang membuat pergelangan tangan menjadi kuat sekaligus lentur sehingga Sedulur bisa menulis, menari, atau berolahraga.

Tulang karpal ini masing-masing memiliki nama dan fungsi spesifik masing-masing. Misalnya tulang scaphoid yang menjaga stabilitas tulang ibu jari dan tulang trapezium yang membentuk persendian tangan.

BACA JUGA: Ovarium Adalah Tempat Terjadinya Pembuahan, Simak Fungsinya

Fungsi pergelangan tangan

Bicara tentang tulang pergelangan tangan fungsi utamanya tentu untuk memperkokoh area persendian dan membuat kita dapat bergerak secara leluasa. Akan tetapi untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi dari bagian tubuh yang satu ini.

Mendukung pergerakan pergelangan tangan

Photo by Tatiana from Pexels

Bayangkan jika pergelangan tangan tidak memiliki tulang, pasti tak akan mampu melakukan berbagai pekerjaan dengan baik. Terlebih untuk mengangkat barang atau berolahraga, dibutuhkan pergelangan tangan yang kuat serta lentur. Fungsi tulang pergelangan tangan adalah paling utama untuk menjaga bagian tersebut agar cukup kuat untuk menopang tubuh.

BACA JUGA: Pentingnya Kacamata Anti Radiasi untuk Mata & Fungsinya

Menyambungkan tulang lengan bawah dengan tulang jari

Photo by Tatiana from Pexels

Sedulur pasti tahu bahwa pergelangan tangan menghubungkan antara lengan bawah dengan telapak tangan. Area ini menjadi penting karena memberikan cukup rongga antara kedua bagian tersebut agar tetap lentur dan memiliki area pergerakan yang cukup fleksibel.

Mendukung jaringan halus di pergelangan tangan

https://www.pexels.com/photo/person-s-hands-in-the-water-3727117/
Photo by Elizaveta Dushechkina from Pexels

Bagian pergelangan tangan merupakan bagian persendian yang tidak hanya terdiri dari tulang keras saja. Terdapat pula jaringan halus seperti tendon, ligament, dan otot yang memberikan fleksibilitas pada tangan. Keberadaan tulang pergelangan tangan menjadi tempat perlekatan bagi jaringan halus di area tersebut. Berkat jaringan halus ini, area pergelangan tangan pun jadi mudah bergerak.

BACA JUGA: 12+ Maker Wajah yang Bagus dan Fungsinya Untuk Kulit

Fungsi bagian tubuh lainnya

Tak hanya tulang pergelangan tangan, Sedulur juga mungkin akan menemukan pertanyaan SD terkait bagian tubuh lainnya. Karena itu, yuk kita pelajari pula area tubuh lainnya ini.

Fungsi tulang pergelangan kaki

Photo by Anna Shvets from Pexels

Jika kita sudah membahas mengenai fungsi dari tulang pergelangan tangan, kini mari mempelajari tulang pergelangan kaki. Bagian satu ini memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan serta kelenturan telapak kaki. Area ini haruslah kuat karena menopang seluruh bagian tubuh dan memerlukan daya pegas agar dapat melakukan gerakan-gerakan mendasar.

Selain itu, tulang pergelangan kaki juga memiliki fungsi sebagai tempat merekatnya jaringan lunak. Di antara tulang ini menjadi ruang bagi jaringan lunak tubuh yang membentuk persendian. Berkat tulang yang berbentuk kecil-kecil, bagian pergelangan kaki pun jadi dapat bergerak secara leluasa sekaligus kuat.

BACA JUGA: Susu untuk Tulang Berkalsium Tinggi untuk Atasi Osteoporosis

Fungsi tulang paha

fungsi tulang pergelangan tangan
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Tulang paha atau yang kerap disebut tulang femur adalah tulang yang memanjang dari pinggul hingga dengkul. Bagian tulang ini sesuai namanya, berada di bagian paha dan menjadi salah satu tulang yang paling vital dalam rangka tubuh manusia. Tulang ini merupakan bagian yang menjaga kekuatan serta keseimbangan seluruh tubuh. Selain itu, tulang femur juga diketahui sebagai tulang paling kuat serta kokoh pada tubuh manusia yang mampu menahan berat hingga 30 kali berat tubuh.

Tak hanya menopang tubuh, tulang ini adalah tulang utama pada bagian kaki yang menjadi tumpuan dan perekatan dari tulang kaki lainnya. Bagian bawah tulang paha menjadi tempat merekatnya tulang lutut hingga tulang kering dan telapak kaki. Istimewanya lagi, di tulang inilah terdapat rongga medular yang menjadi tempat pembuatan sel darah merah.

Fungsi tulang hasta

fungsi tulang pergelangan tangan
Photo by Anna Shvets from Pexels

Tulang hasta adalah nama lain dari tulang lengan bawah. Sebagaimana Sedulur dapat bayangkan, tulang lengan bawah ini memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Selain membentuk bagian tulang lengan bawah tubuh, bagian ini juga menjadi tempat melekatnya otot-otot lengan bawah sehingga dapat bergerak dengan baik. Fungsi rotasi pada bagian lengan bawah pun merupakan hasil dari keberadaan tulang hasta.

Gangguan pada tulang pergelangan tangan

Sebagaimana bagian tubuh lainnya, area tulang pergelangan tangan pun rawan mengalami gangguan kesehatan. Bukan hanya patah tulang yang bisa memengaruhi kesehatan setiap tulang pada tubuh, ada beberapa gangguan lainnya yang bisa dialami oleh tulang pergelangan tangan.

BACA JUGA: Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Radang sendi

fungsi tulang pergelangan tangan
Photo by VAZHNIK from Pexels

Mengingat bahwa bagian pergelangan tangan adalah bagian persendian, maka wajar jika area ini dapat mengalami radang sendi. Terdapat dua jenis radang sendi yang dapat mengganggu pergelangan tangan. Pertama adalah osteoarthritis dan yang kedua rheumatoid arthritis atau dikenal juga dengan sebutan rematik. Peradangan ini akan membuat pergelangan tangan sakit dan susah untuk digerakkan.

Carpal tunnel syndrome

fungsi tulang pergelangan tangan
Photo by Kindel Media from Pexels

Tahukah Sedulur apa itu terowongan karpal? Ini adalah bagian rongga kecil di sisi telapak tangan. Dalam rongga atau terowongan ini terbentang saraf median yang panjang. Sindrom terowongan karpal terjadi ketika tekanan pada saraf median di bagian ini kian meningkat hingga menyebabkan rasa sakit serta kesulitan untuk bergerak.

Kini Sedulur sudah tahu mengenai fungsi tulang pergelangan tangan hingga risiko gangguan yang mungkin terjadi pada area tubuh satu ini. Bagian pergelangan tangan memegang peranan penting yang tak dapat Sedulur abaikan begitu saja. Apalagi, bagian ini sangat penting bagi kehidupan sehari-hari Sedulur. Berbagai aktivitas sehari-hari mengandalkan kekuatan pergelangan tangan. Bahkan aktivitas dasar seperti mengangkat, menulis, hingga mengoperasikan gadget bertumpu pada bagian pergelangan tangan.

Kini Sedulur tak perlu bingung lagi jika mendapat pertanyaan tentang fungsi bagian tubuh ini. Mengetahui fungsinya pun berarti Sedulur akan menjaga bagian ini dengan baik ‘kan.