fungsi trakea

Trakea adalah alat pernapasan pada manusia yang berbentuk tabung besar. Trakea menjadi salah satu bagian terpenting dari sistem pernapasan manusia karena fungsi trakea berperan sebagai jalur masuk udara ke paru-paru dan jalur keluar udara dari paru-paru. 

Letak trakea berada tepat di bawah laring atau kotak suara dan berakhir di tengah dada, lebih tepatnya trakea terletak di balik tulang dada dan di depan esofagus. Organ ini memiliki panjang sekitar 11 cm dan lebar 2,5 cm yang tersusun dari otot dan tulang rawan berbentuk cincin sebanyak 16-22 buah.

Bagaimana fungsi trakea dalam sistem pernapasan manusia? Simak artikel berikut dengan baik, ya!

BACA JUGA: Pengertian Organ Tubuh Manusia Beserta Jenis & Fungsinya

Trakea dalam sistem respirasi

fungsi trakea
iStock

Sistem respirasi manusia terbagi menjadi dua, yaitu sistem respirasi atas dan sistem respirasi bawah. Bagian-bagian pada kedua sistem respirasi tersebut yaitu:

1. Sistem respirasi atas

Merupakan sistem respirasi yang terdiri dari bagian luar rongga dada. Sistem respirasi atas terdiri dari hidung, rongga hidung, faring, laring, dan trakea atas.

2. Sistem respirasi bawah

Merupakan sistem respirasi yang terdiri dari bagian dalam rongga dada. Sistem respirasi bawah terdiri dari trakea bawah, paru-paru, pembuluh bronchial dan alveoli serta membran pleura, otot interkosta dan otot respirasi yang membentuk diafragma.

Struktur trakea

fungsi trakea
iStock

Struktur trakea atau anatomi trakea dijelaskan sebagai pipa yang terdiri dari tulang rawan dan otot, yang dilapisi oleh pseudostratified columnar ciliated epithelium (epitel PCC). Bagian ini terletak di tengah-tengah leher dan makin ke distal bergeser ke sebelah kanan, masuk ke rongga mediastinum di belakang manubrium sterni.

Sepertiga bagian trakea terletak pada leher dan selebihnya terletak di mediastinum. Secara umum, panjang trakea pada wanita sekitar 10 cm dan pada pria sekitar 12 cm. Diameter anterior-posterior sekitar 13 mm dan diameter transversal sekitar 18 mm.  

Trakea bersifat sangat elastis karena panjang serta letaknya dapat berubah-ubah bergantung pada posisi kepala dan leher. Lapisan tulang rawan pada trakea dibentuk oleh 16–20 tulang rawan hialin berbentuk cincin yang membantu agar udara dapat keluar-masuk dengan lancar dengan bentuk terbuka di bagian posterior (c-shaped cartilage).

BACA JUGA: Mengenal Jaringan Epitel serta Jenis & Fungsinya dalam Tubuh

Fungsi trakea pada manusia dan serangga memiliki sedikit perbedaan. Fungsi trakea pada serangga adalah sebagai saluran tempat mengalirnya gas yang kaya oksigen dari luar ke seluruh tubuh. Sementara itu, fungsi trakea manusia yang paling utama adalah sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru. 

Namun, trakea pada manusia juga memiliki beberapa fungsi yang lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi trakea dalam proses pernapasan yang dapat Sedulur pahami lebih lanjut.

Menyalurkan udara menuju paru-paru

fungsi trakea
iStock

Fungsi yang pertama adalah menyediakan akses pernapasan bagi tubuh. Trakea akan menyalurkan udara dari luar menuju paru-paru dan juga membantu udara keluar dari paru-paru. 

Saat udara masuk, trakea akan membantu menjaga atau mengontrol suhu udara yang masuk ke dalam paru-paru dengan cara menghangatkan dan melembabkan udara.

Fungsi trakea sebagai penghubung ini akan membuat seseorang dapat bernafas dengan baik.

Namun, jika trakea tersumbat, maka udara tidak akan masuk ke paru-paru sehingga dapat menyebabkan kematian.

Menangkal benda asing yang masuk

fungsi trakea
iStock

Fungsi trakea selanjutnya adalah menjadi garda terdepan dalam menghalau benda asing yang akan masuk ke dalam tubuh bersamaan saat menarik napas. Bagian dalam trakea dilapisi oleh jaringan epitel dengan sel goblet yang menghasilkan lendir. Sel tersebut akan memproduksi lendir yang digunakan untuk menahan benda asing, bakteri, hingga virus, agar tidak masuk ke dalam paru-paru. 

Tidak hanya itu, jaringan epitel tersebut juga dilapisi oleh rambut halus yang disebut silia. Rambut halus tersebut berfungsi untuk mendorong benda asing dalam bentuk dahak. Nantinya, dahak bisa dikeluarkan melalui mulut atau masuk menuju ke saluran pencernaan.

BACA JUGA: Berbagai Fungsi Hati Sebagai Organ yang Perlu Diketahui

Memperlancar batuk  

fungsi trakea
iStock

Fungsi trakea selanjutnya adalah membantu memperlancar batuk. Hal ini karena saat seseorang batuk, maka akan terjadi kontraksi pada otot-otot trakea yang menyebabkan udara lebih mudah keluar. 

Trakea memiliki otot trakealis yang dapat menimbulkan batuk. Saat mengalami batuk, otot-otot tersebut akan berkontraksi untuk mempersempit lumen trakea dan membuat udara mengalir lebih cepat. Hasilnya, batuk akan menjadi lebih kuat sehingga lendir dan partikel debu lebih mudah dikeluarkan.

Memperlancar sistem pencernaan

fungsi trakea
iStock

Fungsi lain dari trakea juga berhubungan dengan sistem pencernaan. Trakea dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dengan memberikan ruang yang lebih longgar bagi kerongkongan saat proses menelan makanan dengan tulang-tulang rawannya yang fleksibel. 

BACA JUGA: 20 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Mengingat fungsinya yang sangat penting bagi tubuh, maka kita sebaiknya dapat menjaga kesehatan trakea yang kita miliki. Jika tidak, beberapa masalah dapat mengganggu fungsi trakea. Beberapa masalah tersebut, antara lain:

Penyumbatan pada trakea

fungsi trakea
iStock

Trakea dapat tersumbat karena adanya benda asing yang tidak sengaja terhirup, seperti makanan, zat kimia tertentu, atau bahkan pecahan kaca. Penyumbatan pada trakea akan membuat aliran udara terhambat dan seseorang bisa mengalami kesulitan bernapas.

Penyempitan trakea (stenosis)

fungsi trakea
iStock

Masalah lain yaitu terjadinya penyempitan trakea atau stenosis yang terjadi akibat adanya jaringan luka yang terbentuk di dalam trakea. Jaringan luka tersebut biasanya muncul karena intubasi atau pemakaian alat bantu pernapasan dalam jangka panjang.

Infeksi trakea (tracheitis)

fungsi trakea
iStock

Masalah lainnya adalah infeksi trakea atau trakeitis yang dapat mengganggu fungsi trakea sehingga tidak dapat bekerja secara normal. Beberapa gejala yang muncul antara lain adalah batuk, demam, kesulitan bernapas, bahkan diikuti napas berbunyi. Infeksi pada trakea biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang banyak terjadi pada anak-anak.

BACA JUGA: Sistem Ekskresi: Pengertian, Organ, Fungsi & Penyakitnya

Trakeomalasia

fungsi trakea
iStock

Masalah selanjutnya yang dapat terjadi pada trakea adalah trakeomalasia atau kondisi di mana trakea menjadi terlalu lunak sehingga mengganggu fungsi normalnya. Trakea yang terlalu lunak akan menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas. Kondisi ini merupakan kondisi bawaan lahir, namun pada beberapa kasus, trakeomalasia terjadi akibat infeksi berulang serta kebiasaan merokok.

Fistula trakeo-esofagus (TEF)

fungsi trakea
iStock

Masalah lain yang dapat mengganggu fungsi trakea adalah adanya fistula trakea-esofagus atau TEF. Kondisi ini merupakan kondisi bawaan lahir yang menyebabkan trakea dan esofagus terhubung oleh suatu saluran.

TEF akan mengakibatkan makanan dari kerongkongan berisiko masuk ke dalam trakea yang dapat membuat paru-paru mengalami aspirasi atau kondisi masuknya benda asing ke dalam saluran pernapasan akibat tertelan atau terhirup.

BACA JUGA: Sistem Pernapasan Pada Manusia: Organ, Proses & Cara Kerja

Kanker trakea

fungsi trakea
iStock

Gangguan terakhir dan paling fatal yang terjadi pada trakea adalah kanker trakea. Gejala yang terjadi biasanya ditandai dengan batuk, sesak nafas, serta napas berbunyi. Gejala lainnya adalah batuk yang disertai dengan darah sehingga menyebabkan kesulitan menelan.

Beberapa tes yang akan dilakukan dokter untuk mengetahui masalah pada trakea, antara lain adalah:

  • Rontgen dada.
  • CT atau MRI scan.
  • Bronkoskopi (memasukkan kamera yang dipasang pada tabung kecil ke dalam trakea)

Nah, itulah informasi mengenai fungsi trakea dalam sistem pernapasan manusia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur mengenai organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia beserta fungsinya. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.