Faroe Island

Media sosial Twitter akhir-akhir sedang hangat membicarakan keberadaan Faroe Island dimana dalam sebuah cuitan pemilik @Hei_Reni. Pasalnya dalam cuitan tersebut pemilik akun membeberkan keindahan di pulau yang terletak antara Norwegia dan Islandia tersebut. 

Dari cuitan tersebut banyak waganet yang kemudian penasaran mengenai pulau Faroe dan banyak yang bertanya bagaimana caranya agar bisa berlibur bahkan bekerja di Faroe Island. Apakah Sedulur juga penasaran? Daripada terus bertanya-tanya, yuk langsung saja simak fakta menarik tentang Faroe Island cuaca, bentuk pemerintahan hingga ekonominya berikut ini. 

BACA JUGA : Makna 1 Mayam dalam Maskawin dan Perhitungannya

Fakta Faroe Island

faroe island
okezone

Berikut fakta unik dan menarik Faroe Island yang perlu Sedulur ketahui.

1. Tidak ada nyamuk dan serangga

faroe island
Tempo

Fakta menarik dari pulau Faroe adalah tidak ditemukannya nyamuk dan juga serangga di pulau ini. Menurut ilmuwan, iklim lautan yang ada di Samudra Atlantik Utara membuat nyamuk dan juga serangga tidak dapat tumbuh maupun berkembang biak. Hal ini dikarenakan nyamuk hanya akan berkembang biak di lingkungan yang panas dan juga lembab.

Perlu Sedulur ketahui bahwa pulau yang indah ini mengalami tiga kali masa pembekuan (suhu dingin) dalam kurun waktu satu tahun. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor mengapa serangga dan nyamuk tak dapat tumbuh di pulau ini.

2. Memiliki ibu kota terkecil di dunia

kumparan

Fakta menarik lainnya adalah, pulau ini memiliki ibukota terkecil di dunia bernama Torshavn. Tak hanya menjadi ibukota paling kecil, Torshavn juga hanya dihuni sekitar 20 ribu jiwa saja lho. Sementara itu, Faroe Island terdiri dari 18 pulau pegunungan yang dihuni oleh sekitar 50 ribu orang saja.

3. Mendapat julukan pulau domba

faroe island
Buddyku

Faroe Island populasi dombanya sangat banyak sehingga pulau ini mendapat julukan pulau domba. Konon, saat pulau ini ditemukan, penghuninya adalah domba dan juga burung. Tak heran jika domba tumbuh pesat di tempat ini, karena banyaknya padang rumput dan para penduduknya banyak yang memiliki peternakan domba yang nantinya bulu domba tersebut akan dijadikan wol.

BACA JUGA : 10 Bahasa Tertua di Bumi, Ada yang Digunakan Sampai Saat Ini

4. Mempunyai bahasa sendiri

Faroe island
National Geographic

Tak hanya dijuluki sebagai pulau domba, Faroe Island juga memiliki Bahasa sendiri lho. Faroe Island terletak di antara SKotlandia, Islandia dan juga berada di bawah pemerintahan kerajaan Denmark. Meski begitu, Faroe justru tidak menggunakan ketiga Bahasa tersebut. Hal ini karena Faroe mempunyai Bahasa sendiri yang bernama Bahasa Faroese. Sekitar 75 ribu sampai 80 ribu orang yang ada di seluruh penjuru dunia yang sudah menggunakan Bahasa Faroese.

5. Memiliki populasi perempuan yang sedikit

liputan6

Fakta menarik lainnya adalah pulau nan indah ini memiliki jumlah perempuan yang lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki. Penduduk perempuan di pulau ini memilih keluar untuk menimba ilmu maupun bekerja. Mereka memilih pergi ke London dan juga Oslo dan tidak pernah kembali ke pulau ini lagi. Hal inilah yang menyebabkan populasi prempuan di pulai ini kian menyusut. 

6. Bentuk pemerintahan negara Faroe Island

interpid travel

DIkutip dari Britannica, pulau ini memiliki pemerintahan sendiri yang berada di negara bagian Denmark. Negara ini juga mengirim dua perwakilan yang dipilih setiap empat tahun sekali ke legislative Denmark. Sedangkan untuk parlemen negara ini mempunyai 32 anggota terpilih yang nantinya akan memilih badan eksekutif yang dipimpin oleh panitia.

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa pulau ini menjadi daerah otonom dari Kerajaan Denmark sejak 1948 lalu. Perlu Sedulur ketahui, meski wilayahnya yang kecil, pulau ini memiliki militer pribumi kecil yang sudah terorganisir di wilayah yang bernama Mjorkadalur. Sementara itu, untuk urusan luar negeri menjadi tanggung jawab Denmark.

BACA JUGA : 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

7. Ekonomi Faroe Island

Faroe island
Hekla.com

Sejak tahun 1900 lalu, kepulauan ini yang semula ekonominya bergantung pada pertanian dan ternak telah berubah menjadi berbasis perikanan dan juga industry, terutama pada ekspor ikan kod beku dan kering. Ikad kod sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di Samudra dan mempunyai banyak mamfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak hati ikan kod bermanfaat untuk mencegah rakitis hingga dapat mencegah depresi.

Meski berbasis perikanan, di sana juga masih ada peternakan unggas, domba, dan wol yang masih digunakan di industri pemintalan serta meraju yang berbasis usaha rumahan. Pulau ini memiliki Pelabuhan utama yang berada di ibukota Torachan. Sedangkan untuk bandaranya berada di daerah bernama Valgar. Di pulau ini juga terdapat layanan pengiriman regular dengan Denmark, Islandia. Sedangkan ketika musim panas dengan Kepulauan Shetland.

Sama seperti Indonesia, Faroe Island juga pernah mengalami krisis moneter, tepatnya pada pertengahan tahun 1990-an. Krisis ini menyebabkan emigrasi besar-besaran ke Denmark.

Demikianlah fakta menarik dari Faroe Island yang juga disebut sebagai surga tersembunyi yang ada di dunia. Apakah Sedulur tertarik untuk sekedar berlibur atau bahkan bekerja di pulau yang indah ini?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.