doa tahun baru islam

Salah satu cara yang dilakukan sebagian umat muslim untuk menyambut Tahun Baru Islam yang akan jatuh pada 30 Juli 2022 nanti adalah dengan memanjatkan doa Tahun Baru Islam. Selain memanjatkan doa tersebut, biasanya sebagian umat muslim juga melafalkan doa akhir tahun Hijriah sebelum memasuki pergantian tahun.

Harapannya, tahun baru ini akan menjadi titik awal transformasi ibadah kita semua ke arah yang lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya. Sudahkah Sedulur mengetahui bagaimana lafal doa Tahun Baru Islam? Kalau belum, coba simak pembahasan berikut ini, ya!

BACA JUGA: Arti Hukum Mubah dalam Islam Beserta Contoh dan Dalilnya

Doa akhir tahun Hijriah 1443 H versi Arab

doa tahun baru islam
Depositphotos

Di bawah ini merupakan lafal doa akhir Hijriah 1443 H dalam tulisan Arab. Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebelum memasuki pergantian tahun, lebih tepatnya sebelum Maghrib. Terdapat anjuran juga untuk membaca doa ini sebanyak tiga kali.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Doa akhir tahun Hijriah 1443 H versi latin

Berikut ini merupakan lafal doa akhir tahun Hijriah 1443 H dalam tulisan latin.

Allahumma ma’amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da’autani ilat taubati min bad’i jara’ati ‘ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fiha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa as’aluka an taqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim.

BACA JUGA: Arti Ikhtiar dalam Islam dan Pentingnya bagi Kehidupan Manusia

Arti doa akhir tahun Hijriah 1443 H

doa tahun baru islam
Depositphotos

Di bawah ini adalah arti dari doa akhir tahun Hijriah 1443 H.

Ya Allah, Aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara Aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu. Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

BACA JUGA: Pengertian Hari Kiamat? Begini Dalil dan Ayat Al-Qur’an dalam Agama Islam

Doa Tahun Baru Islam 1444 H versi Arab

Depositphotos

Nah, apabila sudah melewati Maghrib, tandanya Sedulur sudah masuk ke tahun yang berbeda, dari 1443 H ke 1444 H. Pada waktu tersebut, Sedulur dianjurkan untuk membaca doa Tahun Baru Islam.

Di bawah ini merupakan lafal doa Tahun Baru Islam bahasa Arab. Sama halnya dengan doa akhir tahun, doa ini juga dianjurkan untuk dibaca selama tiga kali.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِوَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa Tahun Baru Islam 1444 H versi latin

Berikut ini merupakan lafal doa Tahun Baru Islam 1444 H dalam tulisan latin.

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu, wa ‘alaa fadhlikal ’azhimi wujuudikal mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis-suu’i wal isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal jalaali wal ikram yaa arhamar-rahimin, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihii wa sallam.

BACA JUGA: Hikmah Pernikahan dalam Islam yang Wajib Diketahui

Arti doa Tahun Baru Islam 1444 H

Depositphotos

Di bawah ini adalah arti dari doa Tahun Baru Islam bahasa Indonesia.

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridhoi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut padaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-Mu.

Maka sungguh aku mohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku! Dan apa pun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-Mu ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Itu dia ulasan mengenai doa Tahun Baru Islam dan juga doa akhir Tahun Baru Islam yang dapat Sedulur amalkan. Jangan lupa, untuk melakukan Puasa Arafah pada tanggal 9 Muharram dan Puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram-nya, ya Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.