Dalam Islam setiap tindakan terdapat doa yang wajib dipanjatkan, termasuk doa masuk rumah. Setelah keluar rumah dan melakukan aktivitas, baik untuk mencari nafkah atau untuk aktivitas lainnya, kembali ke rumah kita wajib membaca doa. Begitu pun keluar rumah. Karena hal tersebut diatur oleh Islam sesuai sunnah.

Berikut ini adalah daftar bacaan doa masuk rumah beserta doa keluar rumah yang wajib Sedulur ketahui dan Sedulur hafal agar bisa mengamalkan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Seperti apa saja bacaan doanya? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Ketika Turun Hujan Lebat Sesuai Sunnah, Agar Terlindungi

Kedudukan dan keutamaan membaca doa masuk rumah

doa masuk rumah
freepik

Membaca doa ketika keluar dan masuk rumah memiliki hukum yang sunnah. Namun ketika kita membacanya kita akan mendapatkan banyak kebaikan dan keberkahan. Hal tersebut terlihat dalam bacaa doa yang artinya:

  • Duhai Allah, aku memohon sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar. Atas nama-Mu kami masuk dan atas nama-Mu kami keluar. Dan kepada Allah Tuhan kamilah kami bertawakal.

Pada dasarnya, di setiap langkah dan nafas kita, yang kita harapkan hanyalah ridho dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu saat kita hendak keluar dan masuk rumah, membaca doa sangat wajib untuk tujuan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Dalam Islam, membaca doa masuk dan keluar rumah terdapat keutamaannya. Berikut ini adalah daftar keutamaan yang bisa kita dapatkan saat membaca doa masuk dan keluar rumah:

1. Mendapatkan keberkahan

Keutamaan yang pertama saat kita membaca doa masuk rumah dan keluar rumah adalah akan mendapatkan keberkahan. Hal ini dipertegas melalui firmal Allah SWT dalam Surat An Nur: 61, yaitu:

  • Artinya: “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS An Nur: 61)

Dari surat An Nur di atas, kita bisa memahami bahwa sangat penting membaca doa masuk dan keluar rumah. Dari ayat di atas juga kita akan mendapatkan keberkahan setelah membaca doa keluar rumah. Limpahan rahmat dari Allah SWT akan kita dapatkan ketika kita selalu rutin membaca doa masuk dan keluar rumah dengan ikhlas.

2. Terhindar dari gangguan setan

Keutamaan membaca doa masuk rumah baru adalah akan terhindar dari gangguan setan. Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yang berarti:

  • Artinya: “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya): ‘Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.’

Jin, setan dan iblis telah berjanji kepada Allah SWT akan menganggu anak cucu Adam AS hingga waktu kiamat tiba. Oleh karena itu, dalam segala waktu jin dan setan akan selalu berusaha menganggu manusia. Agar kita terhindar dari gangguan setan yang terkutut saat keluar rumah, kita bisa membaca doa keluar rumah. Hal tersebut dipertegas pula oleh sabdar Rasulullah SAW di atas.

3. Dilindungi dari segala marabahaya

Selanjutnya adalah kita dapat terlindung dari marabahaya. Dengan membaca doa masuk rumah dan artinya, kita akan terhindar dari marabahaya dan mendapat lindungan Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam Hadist Riwayat Abu Daud, yang berisi:

  • Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya.” (HR Abu Daud)

4. Mendapatkan rezeki yang tidak terduga dan mencukupi kebutuhan

Baik itu membaca doa masuk rumah latin dan artinya atau langsung menggunakan bahasa Arab, kita akan mendapatkan keutamaan rezeki yang tidak terduga. Sebagaimana yang tercantum dalam surat Ath-Thalaaq: 3, yaitu:

  • “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya.” (QS Ath-Thalaaq: 3)

5. Senantiasa diberi petunjuk oleh Allah SWT

Keutamaan terakhir adalah mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, hal ini tercantum dalam HR Abu Daun dan Tirmudzi, yang berbunyi:

  • Artinya: “Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.”

BACA JUGA: Mari Baca Doa-Doa Ini Ketika Mendengar Petir yang Menyambar

Doa masuk rumah dan artinya

madaninews

Setelah mengetahui apa saja keutamaannya, berikut ini adalah bacaan doa masuk rumah dan artinya yang bisa Sedulur hafalkan dan lantunkan setiap akan keluar rumah melakukan aktivitas, yaitu:

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

  • Alloohumma Innii As-Aluka Khoirol Mauliji Wa Khoirol Makhroji Bismillaahi Wa Lajnaa Wa Bismillaahi Khorojnaa Wa ‘Alallohi Robbinaa Tawakkalnaa
  • Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Bacaan doa masuk rumah pendek latin di atas bisa Sedulur hafalkan. Karena, jika Sedulur hafal doa masuk rumah rumaysho, Sedulur hanya tinggal melafalkannya dengan mudah, tanpa harus membuka bacaannya yang menghabiskan waktu beberapa lama.

BACA JUGA: 8 Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai Wanita & Diberi Ketampanan

Doa keluar rumah dan artinya

alfatih-media

Selain doa masuk rumah sesuai sunnah, Sedulur juga wajib membaca doa ketika hendak keluar rumah. Berikut ini adalah bacaan doa yang bisa Sedulur lafalkan, yaitu:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

  • Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah
  • Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

BACA JUGA: Doa Bercermin, Bacaan Arab, Latin, Arti & Keutamaannya

Adab masuk dan keluar rumah

doa masuk rumah
freepik

Selain membaca doa masuk rumah dan keluar rumah. Dalam Islam, diatur juga adab masuk dan keluar rumah. Berikut ini adalah daftar adab ketika masuk rumah, yaitu:

  • Mengetuk pintu terlebih dahulu
  • Mengucapkan salam
  • Membaca doa masuk rumah
  • Masuk dengan mendahulukan kaki kanan

Selanjutnya adalah adab membaca keluar rumah, yaitu:

  • Sholat dua rakaat sebelum keluar rumah
  • Membaca doa keluar rumah
  • Mengangkat pandangan ke atas ketika membaca doa keluar rumah
  • Keluar rumah dengan kaki kanan lebih dahulu

Sekian penjelasan dan ulasan doa masuk rumah di atas, Sedulur bisa mengamalkannya ketika hendak beraktivitas dan selesai beraktivitas. Agar kegiatan Sedulur selalu berkah dan selalu dilindungi dari segala marabahaya oleh Allah SWT. Juga, agar setiap usaha Sedulur keluar rumah menghasilkan rejeki yang dibutuhkan.