doa jerawat

Dalam ajaran Islam, umat muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dalam setiap aktivitas sehari-hari. Dalam hal ini, kegiatan berdoa dimaksudkan untuk memanjatka harapan, meminta kelancaran dan kemudahan atas kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya adalah membaca doa jerawat agar masalah kulit tersebut bisa segera sembuh.

Ya, selama ini kita cenderung terfokus merawat kulit dengan produk perawatan kulit semata. Padahal, akan lebih baik juga upaya tersebut juga diiringi dengan doa. Lantas, bagaimanakah bacaan doa untuk memohon kesembuhan jerawat di kulit? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 7 Doa Perjalanan Jauh agar Dilindungi & Selamat Sampai Tujuan

Doa menghilangkan jerawat dan cara mengamalkannya

 
doa jerawat
Freepik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jerawat adalah bisul kecil-kecil berisi lemak yang terutama muncul pada muka atau wajah. Sementara berdasarkan pandangan medis, jerawat adalah salah satu jenis gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak.

Dikutip dari Halodoc, jerawat akan muncul ketika produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Hal itu menyebabkan folikel yang merupakan tempat tumbuhnya rambut di pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Akibatnya, terjadi peradangan yang ditandai dengan munculnya benjolan kulit berisi nanah di atas kulit yang kemudian umum disebut sebagai jerawat.

Di sisi lain, jerawat atau dalam bahasa Arab disebut “batsrah” rupanya juga dibahas dalam ajaran agama Islam. Tepatnya, berkaitan dengan cara menyembuhkan jerawat. Kendati demikian, tidak jelaskan penyebab jerawat dalam Islam. Sementara, Nabi Muhammad SAW. pernah mengajarkan doa untuk menyembuhkan jerawat sebagaimana diriwayatkan dalam beberapa hadis berikut.

1. Doa jerawat “Allahumma muthfi’al kabiir…”

Doa menghilangkan jerawat dan bekasnya yang pertama diambil dari hadis riwayat An Nasa’i.

Dikutip dari Gramedia, diceritakan dari Maryam binti Ilyas yang meriwayatkan dari sebagian istri-istri Beliau bahwa suatu ketika Nabi Muhammad SAW. bertanya, “Apakah engkau mempunyai bedak?” Kemudian istri-istri Beliau menjawab “Ya,” dan setelah itu Nabi SAW. membaca doa sembari memberikan bedak di atas jerawat.

Adapun doa yang dibaca Rasulullah adalah sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Allahumma muthfi’al kabiir wa mukabbirish shaghiiri athfi’ha ‘anni.

Artinya:

“Ya Allah dzat yang Maha memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah atau hilangkanlah jerawat itu dariku.” (HR An Nasa’i)

2. Doa menghilangkan “Allahumma mushagghiral kabir…”

Di sisi yang lain, Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menceritakan sebuah kisah yang terjadi pada Rasulullah SAW. terkait dengan pengobatan jerawat. Diceritakan bahwa suatu hari Rasulullah SAW. menemui salah seorang istrinya yang sedang mempunyai masalah jerawat. Kemudian Rasulullah lantas mengobati jerawat tersebut dan mengajarkan bacaan doa sebagai berikut.

اللهم مصغر الكبير ومكبر الصغير صغر مابي

Allahumma mushagghiral kabir wa mukabbiras shaghir, shaghir ma bi

Artinya:

Wahai Tuhan yang kuasa mengecilkan sesuatu yang besar dan sanggup membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.

Berkaitan dengan bacaan doa di atas, Imam Nawawi dan sejumlah ulama lainnya bersepakat bahwa doa tersebut dapat dibaca sebagai doa menghilangkan jerawat dan bruntusan.

BACA JUGA: Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

Cara mengobati jerawat menurut contoh Nabi

doa jerawat
Freepik

Selain membaca doa jerawat, Nabi Muhammad SAW. juga mencontohkan cara untuk mengobati jerawat. Hal itu tertuang dalam hadis dari Imam Al Hakim yang oleh Adz Dzahabi disebutkan bahwa sanadnya adalah sahih.

Diceritakan bahwa suatu hari Rasulullah SAW. menemui istri-istrinya dan mendapati salah seorang di antaranya sedang memiliki masalah jerawat. Rasulullah kemudian bertanya, “Apakah engkau punya minyak wangi dzarirah?” yang kemudian dijawab oleh istri-istrinya, “Punya.”.

Rasulullah kemudian berkata, “Bubuhkan di jerawatmu sembari membaca doa: Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkan jerawatku ini.”

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa salah seorang istri Nabi Muhammad SAW. mengalami penyakit kulit seperti jerawat. Kemudian Nabi berkata untuk memberikan atau mengoleskan dzarirah yang berbentuk seperti balsem di atas jerawat tersebut. Nabi juga mengajarkan untuk mengoleskan dzarirah sembari membaca doa, yaitu “Allâhumma mushagghiral kabîr wa mukabbiras shaghîr, shaghir mâ bî” yang artinya “Ya Allah yang mengecilkan sesuatu yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.”

Mengenal dzarirah, obat jerawat istri Rasulullah SAW

pohon arum untuk jerawat
Reuters

Sedulur mungkin penasaran, apa itu dzarirah yang sebelumnya disebutkan menjadi obat untuk jerawat yang diderita istri Rasulullah SAW. Dikutip dari Dream.co.id, dzarirah merupakan obat yang terbuat dari batang pohon arum. Tanaman tersebut juga populer menjadi obat untuk menyembuhkan radang perut dan liver.

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Ampuh

Penyebab jerawat menurut medis

 
Freepik

Dikutip dari Halodoc, terdapat beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab atau pemicu munculnya jerawat pada kulit. Berikut beberapa penyebab jerawat yang perlu Sedulur ketahui.

  • Produksi sebum atau minyak yang berlebih.
  • Adanya bakteri Propionibacterium acnes yang menyumbat folikel rambut yang kemudian menyebabkan terjadinya peradangan.
  • Terjadi penyumbatan pada folikel di pori-pori kulit oleh sebum (minyak) dan sel kulit mati.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Perubahan hormon, misalnya bagi perempuan ketika menstruasi.
  • Stress yang berakibat pada gaya hidup.
  • Penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kondisi kulit.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Freepik

Di samping membaca doa menghilangkan bekas jerawat, Sedulur juga perlu melakukan usaha untuk menyembuhkan jerawat maupun menghilangkan bekasnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Sedulur ikuti untuk mengatasi masalah jerawat di kulit.

1. Masker putih telur

Putih telur ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Mengutip dari Halodoc, kandungan enzim lysozyme dalam putih telur dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Adapun cara memanfaatkan putih telur sebagai obat jerawat adalah dengan membuatnya menjadi masker.

Pertama, Sedulur harus memisahkan putih telur dari kuningnya. Kemudian putih telur yang telah dipisahkan itu dicampur dengan air perasaan lemon. Selanjutnya oleskan ke wajah seperti halnya menggunakan masker kecantikan. Tunggu selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

2. Cuka apel

Banyak orang mengkonsumsi cuka apel untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukah Sedulur, cuka apel ternyata juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Sebab, cuka apel memiliki kandungan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab masalah jerawat.

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat jerawat adalah dengan mengoleskannya ke wajah menggunakan kapas. Kemudian diamkan selama lima menit dan bilas dengan air bersih.

Di samping itu, Sedulur juga dapat menggunakan resep berikut untuk membuat campuran cuka apel yang pas untuk kulit. Pertama, campurkan satu sendok makan cuka apel dengan tiga sendok air. Sedulur dapat menambahkan takaran air apabila memiliki kulit yang sensitif. Kemudian oleskan campuran tadi pada wajah yang sudah dibersihkan. Gunakan kapas untuk memudahkan pengolesan campuran cuka apel pada wajah. Lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air. Cara tersebut dapat diulangi selama beberapa hari agar jerawat lekas pulih.

3. Tea tree oil

Tea tree oil atau melaleuca oil merupakan minyak esensial yang berasal dari daun Melaleuca Alternifolia. Minyak satu ini cukup populer menjadi bahan produk perawatan kulit (skincare). Adapun salah satu manfaat tea tree oil adalah menyembuhkan jerawat. 

Namun perlu diperhatikan bahwa terdapat efek samping dari penggunaan tea tree oil ke kulit wajah. Di antaranya yaitu dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, hingga menimbulkan rasa terbakar. Untuk itu Sedulur perlu memahami bagaimana karakteristik kulit Sedulur sebelum menggunakan tea tree oil. Selain itu, gunakan pula produk lainnya yang dapat membantu melembabkan kulit setelah menggunakan tea tree oil.

Di sisi lain, Sedulur dapat mengikuti tips berikut untuk menggunakan tea tree oil sebagai obat jerawat.

Pertama, campurkan satu sendok tea tree oil dengan sembilan sendok air. Kemudian oleskan campuran tadi ke wajah yang berjerawat. Jangan lupa gunakan kapas untuk mengoleskannya ke wajah.

Adapun untuk menggunakan tea tree oil, Sedulur tidak perlu membilasnya. Di samping itu, Sedulur juga dapat menambahkan pelembab setelah mengoleskan tea tree oil apabila dirasa perlu.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Cara merawat kulit dalam Islam

doa jerawat
Freepik

Sedulur mungkin juga penasaran bagaimana cara merawat kulit dalam Islam. Seperti yang diketahui, dalam beberapa tahun belakangan, banyak beredar produk perawatan kulit (skincare) dengan berbagai merek, kandungan, dan fungsi. Meski produk-produk tersebut dapat dibeli secara bebas di pasaran, terdapat beberapa hal yang perlu untuk Sedulur muslim perhatikan. Ustazah dr. Ferihana, dipl.AAM, dipl.Cibtac., yang juga merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) menjelaskan, penggunaan skincare harus dikaitkan dengan syariat Islam.

Dikutip dari laman resmi UII, dr. Ferihana mengatakan ada tiga alasan mengapa skincare dan produk kecantikan lainnya, seperti makeup diperbolehkan dalam Islam. Pertama, karena Allah mencintai keindahan. Kedua, mempercantik diri merupakan salah satu bentuk ibadah dalam ajaran Islam. Terakhir, merawat kulit atau kecantikan juga diperbolehkan karena akan menikah.

Di sisi lain, produk skincare yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Sebab, masih menurut dr. Ferihana ada beberapa alasan skincare dan makeup tidak diperbolehkan untuk digunakan.

Beberapa alasan produk-produk tersebut menjadi makruh atau haram di antaranya ialah karena bahan kandungannya. Kemudian tata cara melakukan perawatan kulit atau kecantikan juga harus diperhatikan. Ketiga, cara memperoleh produk-produk tersebut juga dapat mempengaruhi hukum penggunaan produk perawatan maupun kecantikan. Terakhir, kita juga tidak diperkenankan untuk berlebihan dalam melakukan perawatan.

Sementara itu, mengutip dari Kumparan, ada tiga cara merawat kulit menurut Islam yang dapat diikuti, sebagaimana dijelaskan dalam buku Muslimah itu Spesial karya Aini Zakiyya Hatsi.

1. Melakukan perawatan tanpa mengubah bentuk

Sebelumnya sudah disinggung bahwa tidak boleh berlebihan dalam melakukan perawatan kulit atau wajah. Salah satunya ialah tidak mengubah bentuk wajah maupun tubuh tanpa alasan yang sesuai dengan syariat. Misalnya melakukan operasi plastik. Sebab, hal itu dianggap sama dengan tidak mensyukuri ciptaan dan pemberian dari Allah SWT.

Lantas perawatan seperti apa yang diperbolehkah? Sedulur dapat menggunakan bahan alami untuk merawat kulit, misalnya menggunakan minyak zaitun dan madu. Selain itu, Sedulur juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan menurut ajaran Islam.

2. Rajin berwudu

Bersuci dengan cara berwudu merupakan salah satu rukun atau ritual yang harus dilakukan umat Muslim sebelum mendirikan salat. Namun siapa sangka, berwudu juga bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh terutama kulit. Sebab, saat Sedulur berwudu, sama artinya dengan Sedulur membersihkan kulit dari kotoran.

3. Mendirikan salat tahajud

Ketiga, mendirikan salat tahajud juga disebut dapat membuat wajah orang yang melaksanakannya menjadi cerah. Hal ini sebagaimana tertuang dalam hadis riwayat Ibnu Majah yang berbunyi, 

“Barang siapa yang banyak menunaikan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR. Ibnu Majah)

Demikian tadi bacaan doa jerawat sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Rasulullah saw. Selain itu juga telah dipaparkan informasi mengenai cara mengatasi jerawat dan merawat kulit menurut Islam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.