Pengertian Diksi

Diksi adalah salah satu istilah yang pastinya tidak asing lagi di telinga Sedulur. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diksi merupakan istilah linguistik yang merujuk ke pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan gagasan, sehingga diperoleh efek tertentu seperti yang diharapkan.

Dalam artikel ini, Sedulur akan diajak untuk mendalami lebih lanjut tentang pengertian diksi adalah dan contohnya, beserta ciri-ciri, jenis, syarat, dan juga fungsinya. Simak terus ulasan ini sampai akhir, ya!

BACA JUGA: Apa itu e-Materai? Ketahui Penjelasannya dan Cara Membelinya

Pengertian diksi adalah

diksi adalah
Depositphotos

Seperti yang tertera pada penjelasan sebelumya, definisi diksi adalah pemilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan gagasan, sehingga diperoleh efek tertentu seperti yang diharapkan. Seorang penulis atau pembicara yang baik tentunya harus bisa menggunakan diksi yang benar agar apa yang berusaha ia sampaikan dapat dengan baik diterima oleh audiens.

Penggunaan kosakata yang berlebihan, berantakan, dan tidak teratur dapat membuat orang lain kesulitan dalam menerima pesan yang ingin disampaikan. Terlebih lagi, dalam dunia sastra, pemilihan diksi yang tepat menjadi sangat penting karena secara tidak langsung berkaitan dengan keindahan gaya bahasa yang digunakan oleh sang penyair.

Begitu juga dalam dunia kepenulisan, penggunaan diksi dalam puisi, karangan, cerita pendek, pidato, dan karya tulis lainnya akan sangat bermanfaat bagi proses penulisan apabila dilakukan secara tepat. Selain itu, para pembaca juga akan terbantu untuk lebih cepat memahami isi yang terkandung dari tulisan-tulisan tersebut.

BACA JUGA: Ciri-ciri Darah Rendah Beserta Penyebab dan Jenisnya

Pengertian diksi menurut para ahli

Depositphotos

Beberapa pengertian tentang diksi juga disampaikan oleh ahli-ahli berikut ini.

1. Gorys Keraf

Pada dasarnya, diksi adalah pilihan kata. Diksi sendiri merupakan sesuatu yang jauh lebih luas daripada apa yang dicerminkan oleh tiap-tiap kata tersebut. Istilah diksi tidak terbatas pada kata-kata mana yang hendak dipakai untuk mengungkapkan suatu gagasan atau ide, tetapi istilah diksi juga meliputi fraseologi, ungkapan, serta gaya bahasa.

2. Enre

Diksi merupakan penggunaan kata yang sesuai. Penggunaan kata tersebut dapat mewakili pikiran dan perasaan yang ingin diungkapkan dalam pola kalimat.

3. A. Widyamartaya

Diksi mencerminkan kapabilitas seseorang dalam membedakan secara tepat mana nuansa makna yang paling sesuai dengan gagasan yang akan disampaikannya. Lebih lanjut lagi, nuansa-nuansa makna tersebut haruslah sesuai dengan situasi dan nilai-nilai dalam suatu kelompok masyarakat, pendengar, atau pembaca.

4. Susilo Mansurudin

Diksi merupakan pemilihan kata. Penggunaan diksi yang benar, cermat, dan tepat tentunya dapat membantu memberi kesan pada kata yang digunakan. Pilihan diksi yang sesuai juga di sisi lain berfungsi untuk mencegah kesalahan penafsiran yang berbeda-beda.

5. Harimurti Kridalaksana

Diksi merupakan pilihan kata dan kejelasan lafal. Diksi digunakan untuk memperoleh efek tertentu dalam mengarang sebuah tulisan atau dalam berbicara di depan umum.

BACA JUGA: 1 Ringgit Berapa Rupiah? Ketahui Sejarah & Jenis Uangnya

Tujuan diksi adalah

diksi adalah
Depositphotos

Secara garis besar, diksi bertujuan untuk menambah keindahan dalam kalimat, atau dengan kata lain dapat membuat sebuah kalimat menjadi lebih ekspresif. Makna dari suatu kalimat dapat diperoleh lebih jelas ketika pemilihan kata-katanya tepat.

Pemilihan diksi yang sesuai tentunya bertujuan untuk menghindari kesalahan interpretasi antara penulis atau pembicara dengan pembaca atau pendengar. Kata-kata yang termasuk ke dalam contoh diksi pun dapat memberikan kesan halus dalam sebuah kalimat.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Meja Kompor Terbaik untuk Percantik Hunian

Fungsi diksi adalah

Depositphotos

Di bawah ini merupakan empat fungsi utama dari sebuah diksi.

  1. Fungsi diksi yang pertama adalah untuk mempermudah audiens agar mengerti apa yang pembicara atau penulis sampaikan.
  2. Fungsi diksi yang kedua adalah untuk menciptakan kegiatan komunikasi sosial yang efisien serta efektif
  3. Fungsi diksi yang ketiga adalah agar penulis atau pembicara dapat menyampaikan gagasan, ide, opini dengan tepat.
  4. Fungsi diksi yang keempat adalah untuk menjadi simbol ekspresi dari gagasan, ide, atau opini yang diungkapkan.

BACA JUGA: 8 Unsur-unsur Seni Rupa Beserta Pengertian dan Contohnya

Ciri-ciri diksi

diksi adalah
Depositphotos

Dalam penggunaannya sehari-hari, kita dapat melihat karakteristik tertentu dari sebuah diksi.

Penjelasan dari ciri-ciri diksi adalah sebagai berikut.

  1. Diksi harus sesuai dengan konteks kalimat yang akan diungkapkan oleh pembicara atau ditulis oleh penulis, sehingga audiens dapat menerima apa yang disampaikan secara nyaman dan mudah dipahami.
  2. Diksi dapat menjadi pembeda suasana, makna, dan juga bentuk kalimat. Dengan begitu, kalimat yang diungkapkan menjadi selaras dengan nilai rasa dari penerima.
  3. Diksi biasanya menggunakan tatanan kata yang mudah dipahami oleh masyarakat, sekalipun yang awam.
  4. Diksi dapat menyatu dengan kata yang lain, sehingga melahirkan sebuah makna yang tepat atau makna yang baru.

Syarat penggunaan diksi

Depositphotos

Untuk menghindari salah tafsir atau kesalahpahaman lain, diksi tidak bisa digunakan secara sembarangan. Berikut ini merupakan syarat-syarat penggunaan diksi.

  1. Syarat penggunaan diksi yang pertama adalah pemilihan kata konotasi dan denotasi yang harus dilakukan secara cermat.
  2. Syarat penggunaan diksi yang kedua adalah penggunaan kata sinonim atau kata yang hampir sama maknanya harus dilakukan secara cermat.
  3. Syarat penggunaan diksi yang ketiga adalah pengguna diksi harus mampu membedakan kata-kata dengan ejaan yang hampir serupa.
  4. Syarat penggunaan diksi yang keempat adalah penempatan kata kerja pada kata depan harus dilakukan idiomatis.
  5. Syarat penggunaan diksi yang kelima adalah pengguna diksi harus mampu membedakan kata khusus dan umum yang terdapat pada tulisan atau pidato. Kemampuan membedakan tersebut diperlukan untuk menjamin ketepatan diksi.
  6. Syarat penggunaan diksi yang keenam adalah pengguna diksi harus mampu berhati-hati dalam pemilihan kata. Pemilihan kata harus dilakukan secara tepat dan berkelanjutan, baik itu dalam suatu tulisan maupun pidato.

Di atas merupakan penjelasan singkat dari pengertian diksi adalah, beserta dengan ciri-ciri, jenis, syarat, dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan Sedulur untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.