dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah

Dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda atau dua kali sentuhan. Hal ini membuat permainan bola voli menjadi unik dan berbeda dengan olahraga yang menggunakan bola lainnya. Dalam awal terbentuknya, voli diciptakan berdasarkan pengaruh dari basket.

Dengan sejumlah peraturan dan permainan yang diciptakan agar dapat menarik. Dari sejumlah peraturan yang diciptakan tersebut, dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan double yang membuat voli menjadi olahraga unik dan menarik.

Selain mengetahui pelanggaran apa saja, Sedulur wajib simak penjelasan lainnya yang berkaitan dengan bola voli. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

Olahraga bola voli

dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah
Intisari Online

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pelanggaran dalam voli, termasuk pembahasan dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda. Mari kita simak dulu pengertian dari olahraga bola voli. Voli merupakan salah satu cabang olahraga besar di dunia.

Olahraga ini mengharuskan dua tim yang saling berhadapan dan tidak besentuhan secara langsung, sebagaimana olahraga sepak bola dan bola basket. Cara memainkan bola voli adalah dengan memukul bola agar melewati bagian atas net yang ada di tengah lapangan.

Agar mendapatkan skor, para pemain dalam satu tim harus mengarahkan bola ke area lawan, sehingga bola terjatuh di daerah pertahanan lawan. Dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah jika saat menerima bola tubuh tidak seimbang dan bola tidak kembali ke lapangan lawan. Terdapat kesulitan tersendiri dalam olahraga voli.

Pencipta olahraga voli

Sumsel Merdeka

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).

Morgan menciptakan bola voli karena melihat saat itu pertandingan basket tidak bisa dilaksanakan disebabkan adanya kerusakan pada bagian lantainya. Karena kebutuhan siswa untuk olahraga, kemudian Morgan pun memikirkan olahraga yang tidak mengharuskan selalu menyentuh lantai. Berawal dari itu, permain voli pun berkembang hingga seperti saat ini.

Agar bola voli semakin menarik, dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah adalah pukulan ganda. Juga tidak diperbolehkan memegang bola kemudian melemparnya, yang diperbolehkan menyentuh dan memukul bola dalam sekali sentuhan.

Peraturan bola voli

dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah
Detik

Dalam permainan bola voli hal yang tidak diperbolehkan adalah beberapa hal, agar mengetahui apa saja hal yang tidak diperbolehkan Sedulur bisa mengetahui daftar peraturan dalam bola voli, yaitu:

  1. Permainan dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan.
  2. Setiap tim dimainkan oleh enam orang pemain yang menempati posisi sebagai spiker, defender, libero, dan tosser.
  3. Pemain dengan posisi libero menggunakan seragam yang berbeda dari anggota tim lainnya.
  4. Libero tidak diperbolehkan servis, pergantian posisi, dan melakukan pukulan bola.
  5. Minimal, dalam satu tim dimainkan oleh empat orang pemain.
  6. Permainan dimulai dengan servis pertama yang dilakukan oleh tim pemenang undian lempar koin.
  7. Servis dalam permainan bola voli hanya dapat dilakukan pada di luar garis lapangan dan bola harus melewati atas net, tidak boleh menyentuh net sedikit pun.
  8. Bola dinyatakan keluar jika keluar garis lapangan.
  9. Pemain hanya boleh melakukan segala macam teknik di areanya sendiri. Pemain tidak diijinkan masuk ke area lawan.
  10. Bola dianggap masuk apabila menyentuh lantai lapangan dan masih berada dalam garis lapangan.
  11. Semua anggota tubuh dapat digunakan untuk memantulkan atau memukul bola. Meskipun demikian, yang paling dominan adalah menggunakan tangan.
  12. Pemain tidak boleh menangkap dan melempar bola. Bola hanya diperbolehkan disentuh dan dipukul.
  13. Bagian tubuh yang dapat digunakan dalam permainan bola voli adalah seluruh tubuh, namun diutamakan menggunakan tangan.
  14. Permainan bola voli berlangsung 2 sampai 3 set. Jika suatu tim memenangkan dua set secara beruntun, maka langsung keluar sebagai pemenang. Namun jika skor imbang 1-1, maka permainan dilanjutkan hingga tiga set.
  15. Satu set dimenangkan oleh tim yang mencapai skor 25 lebih dulu.
  16. Jika dalam satu set skor imbang 24-24, maka pemenang ditentukan bukan siapa yang mencapai skor 25 lebih dulu, melainkan tim mana yang unggul dua poin lebih dulu.
  17. Pergantian pemain boleh dilakukan selama pertandingan masih berlangsung.
  18. Dalam permainan bola voli lebar garis serang yang dekat dengan net adalah 3 meter, daerah clearenca sekitar 3-8 meter, bagian samping yaitu 3-5 meter.

Pemain dalam bola voli terdiri dari enam pemain dengan posisi yang selalu berputar setiap satu servicenya. Di antara peran penting dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut kecuali defender. Karena defender bukan merupakan posisi, melainkan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap pemain voli.

Setelah mengetahui informasi awal di atas, berikut ini beberapa informasi berkaitan dengan pelanggaran. Pelanggaran di bola voli bukan hanya terkait pukulan. Betul memang, dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda. Namun hal tersebut bukan satu-satunya pelanggaran.

BACA JUGA: Benda yang Bisa Kamu Jadikan Alat Olahraga di Warung

1. Pelanggaran saat service

Kompas

Dalam permainan bola voli servis dapat diartikan sebagai pembuka permainan. Setiap pemain akan memberikan bola service kepada lawan. Selain service, dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah dalam pukulan ganda dengan sentuhan lebih dari dua kali.

Service merupakan bagian awal dari voli yang sulit sekali dilakukan, banyak kesalahan yang sering dilakukan. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi saat service:

  • Saat akan melakukan service, pemain malah terlalu lama mengambilnya, atau saat mau melakukan service malah mengulur-ngulur waktu.
  • Saat pemain melakukan service, ia tidak memukul bola tersebut dengan tangan dan ia juga tidak melambungkan bola voli terlebih dahulu.
  • Bola yang telah di service oleh salah seorang pemain malah tidak masuk ke area lapangan atau malah keluar area lapangan. Selain itu, bola yang di service malah menyentuh net, melewati sisi pembatas, atau bahkan melewati bawah net.
  • Saat pemain melakukan service, posisi malah diangkat dan kaki pemain menginjak garis batas lapangan bola voli.

2. Pelanggaran saat bermain

dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah
Berita Satu

Terdapat berbagai macam teknis bermain voli, salah satunya adalah teknik passing bawah adalah salah satu teknik dalam permainan bola voli yang dapat digunakan untuk menyusun serangan dan strategi. Namun seringkali dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda, dan banyak yang sering melupakan peraturan ini. Berikut beberapa pelanggaran yang sering ditemui saat bermain voli:

  • Ketika permainan bola voli sedang berlangsung, ada pemain yang melakukan pukulan dua kali secara bersamaan oleh dirinya sendiri.
  • Ketika terjadi kontak bola tiba-tiba dihentikan. Padahal ketika permainan bola voli sedang berlangsung atau ketika terjadinya kontak, maka bola tidak boleh dihentikan.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung, ada pemain yang malah sengaja membuang atau memukul bola voli keluar lapangan.
  • Secara berturut-turut bola dipukul dua kali, kecuali saat terjadinya kontak antar pemain dengan lawan seacara bersamaan dengan pukulan pemain lawan. Atau saat terjadi dua kali kontak saat melakukan block antara lawan dengan kawan secara berturut-turut.
  • Pemain melakukan sentuhan dua kali pada bola secara berturut-turut tanpa adanya kontak bersama lawan terlebih dahulu. Karena dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan double atau ganda.
  • Ketika terjadinya pergantian pemain, pengganti tidak melaporkan terlebih dahulu kepada petugas pencatat atau kepada wasit saat pertandingan di mulai.

3. Pelanggaran pemain keluar dari posisi

dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah
Garuda Print

Pemain juga seringkali keluar dari posisi dan dianggap sebagai sebuah pelanggaran. Dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda, dan pelanggaran terkait voli bukan hanya itu saja. Berikut ini beberapa pelanggaran pemain dalam voli:

  • Pemain yang akan melakukan service atau server menginjak atau malah kelaur garis yang telah disediakan untuk service atau garis pembatas khusus untuk service sebelum ia memukul bola kepada lawan.
  • Ketika server akan melakukan pukulan service terhadap bola, ada pemain yang malah tidak berada di posisi yang seharusnya ia berada di posisi tersebut.
  • Setiap pemain yang berada di lapangan mendapatkan giliran melakukan service. Apabila ada pemain yang melakukan service diluar bagiannya, maka hal tersebut dianggap salah atau melanggar peraturan.

BACA JUGA: Bounce Pass Artinya? Pengertian, & Cara Melakukannya

4. Pelanggaran netting

Kompas

Sebagaimana yang sering disinggung sebelumnya, bahwa dalam bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda dan hal ini berkaitan dengan pelanggaran netting. Empat hal yang sering menjadi kesalahan netting adalah:

  • Saat pertandingan bola voli masih atau sedang berlangsung, ada pemain yang sengaja atau tidak sengaja menyentuh tiang net atau net.
  • Sebelum lawan memberikan serangan mereka, pemain mengulurkan tangannya melewati atau melebihi net pembatas dan menyentuh bola.
  • Saat pertandingan bola voli berlangsung atau saat bola masih hidup, ada pemain yang kakinya menginjak atau melewati garis tengah lapangan.
  • Pelanggaran selanjutnya yang sering dilakukan oleh pemain adalah mengganggu lawan. Gangguan yang biasa dilakukan oleh pemain adalah dengan menarik baju pemain lawan. Pelanggaran ini juga membuat kaki pemain masuk melewati batas net.

5. Pelanggaran tingkah laku

dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah
Detik

Dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda dan juga hal penting selanjutnya yaitu persoalan tingkah laku pemain. Pelanggaran-pelanggaran yang berkaitan dengan tingkah laku pemain adalah sebagai berikut:

  • Pelanggaran pertama yang sering terjadi adalah mengeluarkan kata-kata kasar atau kata-kata tidak sopan, baik itu dilakukan oleh pemain, pelatih atau bahkan manajer. Selain dari kata-kata juga melakukan perbuatan-perbuatan yang mencela atau menghina pemain.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung, ada pemain pengganti, pelatih, manajer atau suporter dari tim yang mendukungnya tersebut tiba-tiba masuk lapangan.
  • Untuk mengalihkan perhatian dari para pemain lawan, maka pemain melakukan hentakkan kaki keras-keras atau berteriak dengan keras saat sedang berlangsung pertadingan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan double atau tidak sempurna. Voli merupakan permainan yang berkaitan dengan kecepatan dan satu sentuhan bola saja. Peraturan unik tersebut yang membuat permainan voli menjadi menarik, baik untuk dimainkan atau disaksikan.

Semoga penjelasan di atas dapat membuat Sedulur lebih paham tentang olahraga voli, bukan hanya sekedar paham bahwa dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah pukulan ganda saja. Tapi juga mengetahui secara keseluruhan permainan bola voli.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.