cara move on

Cara move on dari sang mantan kekasih memang tidak selalu mudah. Bagi beberapa orang, melupakan orang yang dicintai adalah sebuah cobaan besar yang mau tidak mau harus dihadapi. Kandasnya hubungan bukanlah sesuatu yang dengan mudah bisa diterima. Berbagai cara dilakukan demi bisa bangkit kembali dari keterpurukan setelah menyudahi hubungan.

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang sulit melupakan mantannya. Bisa jadi mereka telah menjalankan hubungan yang begitu lama. Bisa juga karena putus atau ditinggalkan secara sepihak. Sulit move on juga bisa disebabkan terlalu banyak kenangan yang diingat. Supaya bisa kembali melanjutkan hari tanpa bayangan sang mantan, terapkan tips dan cara cepat move on dari mantan ini!

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Toxic Relationship Serta Tanda & Cara Atasinya

1. Curhat ke orang terdekat

cara move on dari mantan
freepik

Cara move on dari mantan yang pertama dan paling umum dilakukan adalah bercerita atau curhat. Dengan mencurahkan isi hati, beban yang menumpuk di hati bisa tersalurkan. Tidak harus menerima saran dari orang lain, memiliki orang yang bisa mendengarkan cerita saja sudah lebih dari cukup.

-->

Terdapat beberapa manfaat curhat bagi kesehatan mental seseorang. Pertama, ia akan memberikan rasa tenang, merasa memiliki teman, mendapat dukungan, dan mencegah terjadinya hal lebih buruk yang bisa saja terjadi apabila merasa sendiri. Maka dari itu, cobalah lepaskan bebanmu dengan menceritakan masalah ke orang terdekat yang Sedulur percaya.

2. Stop stalking mantan

cara move on terbaik
freepik

Masih bertanya bagaimana move on on dari mantan? Lihat dulu pada diri sendiri apakah masih suka dengan sengaja mencari tahu kehidupan si mantan? Ini adalah perilaku dan kebiasaan yang tidak perlu dilakukan karena hanya akan menyakiti diri sendiri. Jika tahu kondisinya saat ini dan dia terlihat bahagia, apa yang akan kamu lakukan?

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya jauhi dahulu media sosial. Meski Sedulur tidak selalu menggunakan media sosial untuk stalking mantan, media sosial rentan memicu rasa kesepian saat melihat orang lain berbahagia di luar sana. Apalagi jika orang yang dilihat adalah mantan. Apa kabar diri ini yang masih berjuang sedangkan mantan terlihat baik-baik saja di luar sana?

BACA JUGA: Apa Itu Fetish? Kenali Ciri Ciri dan Penyebabnya, Simak Disini!

3. Fokus pada pengembangan diri

cara move on dari seseorang
freepik

Dari pada ribut stalking mantan, cara move on yang satu ini terhitung sangat keren. Ya, fokus pada pengembangan diri sendiri. Jika dipikirkan kembali, banyak sekali hal yang bisa kita gali dan pelajari di dunia ini. Apabila merasa kurang dalam sesuatu hal dan perlu mempelajarinya, maka lakukan itu sekarang!

Bonusnya, si mantan bisa saja merasa diri kamu jauh lebih keren di kemudian hari. Orang yang ia kenal dahulu, saat ini terlihat berbeda dan jauh lebih menakjubkan. Buatlah mereka berpikir, “Bodohnya aku memutuskan orang sekeren dia!”

4. Perbanyak quality time dengan keluarga

cara cepat move on dari mantan
freepik

Selain fokus pada diri sendiri, ingatlah bahwa ada orang lain yang menyayangimu, yaitu keluarga. Menghabiskan waktu dan mendekatkan diri dengan orang tua, saudara, nenek atau kakek, sepupu bukanlah ide yang buruk. Dalam kondisi yang sedang tidak baik-baik saja, seseorang yang sangat membutuhkan support system, salah satunya adalah keluarga.

BACA JUGA: 8 Fakta & Arti Sugar Daddy dan Sugar Baby, yang Sempat Viral

5. Nikmati waktu bersama teman

bagaimana cara move on
freepik

Di samping keluarga, Sedulur juga bisa mendekatkan diri dengan teman. Cara move on dari orang yang kita sayang salah satunya adalah dengan selalu berada di tengah orang yang kita sayang dan menyayangi kita juga. Tapi jangan sampai kamu hanya bersama teman ketika sedang sedih.

Hal yang bisa Sedulur lakukan baik bersama teman maupun keluarga adalah memperbanyak komunikasi. Kemudian, gunakan waktu untuk bersenang-senang bersama seperti nonton bareng, berkemah, masak-masak, bermain game, atau bepergian bersama.

6. Lebih mencintai diri sendiri

mencintai diri sendiri
freepik

Apakah sudah merasa cukup dalam mencintai diri sendiri? Janganlah kita memberikan terlalu banyak cinta kepada orang lain sedangkan kasih sayang untuk diri sendiri saja masih begitu kurang. Cara move on dari mantan yang masih kita sayang adalah dengan mengingat bahwa diri ini juga membutuhkan kasih sayang dari yang memilikinya.

Apa saja bentuk cinta kepada diri sendiri? Sedulur bisa mulai dengan menyadari apa yang diri ini butuhkan dan senangi. Buat dan lakukan hal-hal yang Sedulur suka dan berdampak positif pada diri. Misalnya dengan mengatur waktu dengan lebih bijak, menjaga kesehatan dengan pola hidup yang lebih sehat, dan mengembangkan diri.

BACA JUGA: Apa Itu Toxic, Kenali Pengertian & Ciri Orang yang Harus Dijauhi

7. Luangkan waktu untuk melakukan hobi

hobi
freepik

Masih satu kategori dengan poin sebelumnya, cara move on dari mantan pacar yang udah terlalu sayang bisa dilakukan dengan cara meluangkan waktu untuk menjalankan hobi. Sedulur bisa menikmati waktu melajang ini dengan banyak hal menarik yang bisa dilakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain.

8. Memulai hidup baru dengan lebih baik

Memulai hidup baru
freepik

Cara move on dari seseorang kali ini adalah gabungan dari yang telah disebutkan sebelumnya. Bisa dibilang putus dari pacar adalah waktu yang tepat untuk memulai kembali dan menata hidup baru. Misalnya, kamu bisa mulai menata waktu dan agenda harian agar lebih sehat. Menjadi pribadi yang independen juga salah satu hal yang menarik dan bisa untuk dicoba.

BACA JUGA: 10 Tanda Tanda Sifat Pacar Clingy, Bikin Hubungan Tidak Sehat

9. Berlibur

Berlibur
freepik

Saat sedang sedih, cara yang satu ini terhitung cukup ampuh. Liburan adalah agenda yang tidak bisa dilewatkan untuk semua orang yang butuh menghirup udara segar. Tidak perlu repot menabung lama, kamu mungkin bisa mulai dengan pergi ke tempat terdekat yang suasananya nyaman, menenangkan, atau menggembirakan. 

10. Menerima kenyataan

Menerima kenyataan
freepik

Cara move on yang satu ini adalah cara jitu. Sebenarnya, jika bisa dilakukan dari awal akan jauh lebih baik. Namun, menerima kenyataan juga tidak mudah. Beberapa poin di atas bisa jadi merupakan tahapan menuju titik ini. Tidak semua hal harus ditepis loh, Sedulur. Kadang kita perlu untuk menerima dengan sadar apa yang tengah menimpa saat ini.

Menerima kenyataan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Misalnya dengan memaafkan orang lain, menghargai diri sendiri, mencoba memahami diri sendiri dan orang lain. Jika itu menyakitkan, Sedulur bisa coba mengekspresikannya dengan menangis atau marah. Tapi, jangan sampai berlarut-larut ya. Semangat!

BACA JUGA: FWB atau Friends With Benefit: Kenali Arti, Manfaat & Risikonya

11. Ikhlas dan berbahagialah

Ikhlas
freepik

Cara move on terbaik tidak lain dan tidak bukan adalah mengikhlaskan, kemudian berbahagia. Bukan mustahil loh ya. Kita akan senantiasa dekat dengan kebahagiaan apabila apapun yang kita hadapi melalui yang namanya ikhlas. Berpikirlah bahwa semua ini terjadi atas kehendak Yang Maha Kuasa. Lagi pula, jika jodoh pasti gak akan ke mana, ‘kan?

Itulah serangkaian tips untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara move on dari mantan. Terlihat memotivasi namun perlu upaya yang besar untuk mengaplikasikannya. Semoga dengan pembahasan tersebut bisa membuat Sedulur jauh dari keterpurukan dan bisa kembali bangkit dengan versi yang lebih baik, ya. Semangat!