cover makalah

Salah satu bagian penting yang tidak boleh disepelekan dalam pembuatan karya tulis makalah adalah cover makalah. Cover atau sampul makalah merupakan lembaran yang berada di paling depan pada sebuah makalah.

Cover makalah dapat dibuat secara formal maupun nonformal, baik secara individu maupun berkelompok. Pembuatan cover ini biasanya bergantung pada aturan si pemberi tugas atau mengikuti standar umum yang sudah ditentukan. Nah, jika Sedulur memiliki tugas untuk membuat cover makalah yang baik dan benar, berikut adalah informasi yang penting untuk disimak.

BACA JUGA: 10 Contoh Essay Beserta Jenis, Struktur dan Cara Membuatnya

Pengertian 

cover
iStock

Cover makalah merupakan bagian terdepan yang ditampilkan pertama kali dalam karya tulis makalah. Cover inilah yang nantinya akan menjadi bagian pertama yang akan dilihat sebelum beranjak ke isi makalah maupun bagian yang lainnya. 

Cover makalah memberikan informasi yang berkaitan dengan penulisan, mulai dari judul, identitas penulis, identitas lembaga, dan hal lain yang diperlukan. Fungsi cover adalah memungkinkan pembaca untuk mengidentifikasi tulisan secara sekilas.

Cover juga berfungsi untuk membuat tulisan terlihat lebih rapi dan lebih profesional. Sangat tidak etis ketika sebuah makalah tidak memiliki cover, meskipun isinya sangat bagus sekalipun. Hal ini karena secara umum cover merupakan salah satu etika yang tidak boleh dilewatkan. 

Ciri cover makalah yang baik

cover
iStock

Cover yang baik dapat dilihat dengan mudah dan dapat dinilai secara langsung. Berikut adalah beberapa syarat agar cover makalah dapat dikatakan baik.

  • Tuliskan informasi penting seperti judul, identitas penulis, identitas lembaga, dan tahun pembuatan. 
  • Gunakan layout secara umum, yakni 4x3x3x3 cm.
  • Gunakan orientasi portrait untuk makalah yang bersifat akademik dan tugas perkuliahan. 

BACA JUGA: Cara Menulis Daftar Pustaka Website yang Benar & Contohnya

Format bagian cover makalah

cover
Yuksinau

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa format bagian cover yang penting untuk diketahui.

Judul makalah

Judul makalah merupakan elemen penting yang harus disajikan dalam sebuah cover. Bagian ini harus ditulis secara lengkap untuk memudahkan penyampaian informasi kepada pembaca. Judul yang digunakan juga sebisa mungkin dibuat eye catching sehingga pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut. 

Judul biasanya diletakkan pada bagian tengah cover dan ditulis secara lengkap. Secara umum, standar penggunaan huruf yang digunakan dalam judul makalah adalah Arial, Calibri atau Times New Roman dengan huruf kapital dan bold.

Tujuan makalah

Selain judul, tujuan makalah biasanya juga disertakan. Hal ini berguna agar pembaca dapat mengetahui informasi mengenai maksud dari pembuatan makalah tersebut. Tujuan makalah ini ditulis setelah judul dengan format penulisan yang lebih kecil dari judul utama.

Logo instansi

Selanjutnya adalah penggunaan logo yang biasanya berkaitan dengan instansi dimana penulis menimba ilmu, seperti sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan lainnya. Posisi logo pada cover ini dibuat secara center (tengah) dengan ukuran yang presisi dan proporsional. 

Hindari untuk membuat logo atau gambar dengan ukuran yang terlalu kecil ataupun terlalu besar. Secara umum, logo dibuat dalam ukuran 5×5 cm.

Identitas penulis

Elemen penting lainnya adalah identitas penulis makalah. Identitas ini penting dicantumkan untuk membedakan makalah satu dengan makalah lainnya. Penulisan identitas ini juga bisa dibuat secara individu maupun berkelompok.

Jika dibuat secara individu, cukup tuliskan nama lengkap dan nomor identitas. Sementara jika dibuat secara berkelompok, tuliskan seluruh nama dengan urutan abjad sehingga tidak terjadi saling iri. 

Identitas lembaga

Identitas lain yang tidak kalah penting adalah identitas lembaga. Identitas lembaga meliputi nama universitas/sekolah, fakultas, dan jurusan. Bagian ini ditulis di bagian bawah cover makalah dan diakhiri dengan tahun pembuatan makalah dengan posisi center dan presisi. 

BACA JUGA: Prosa adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Aturan cover makalah

cover
iStock

Dalam membuat cover makalah, terdapat beberapa aturan umum yang harus dipenuhi. Berikut adalah penjelasannya:

Makalah formal

Gunakan format sebagai berikut untuk membuat makalah formal.

  • Format halaman terdiri dari, ukuran kertas A4, page orientation portrait, menggunakan font Times New Roman, ukuran font 14 untuk judul dan 12 untuk selain judul, dan jarak spasi 1,5.
  • Isi cover terdiri dari, Judul Makalah, Logo Sekolah/Kampus, Identitas Pembuat Makalah (Nama, Nomor Induk/Nomor Absen), Kelas, Jurusan/Program Studi, Fakultas (untuk mahasiswa), Nama Universitas/Nama Sekolah, dan Tahun Ajaran.

Makalah nonformal

Jika Sedulur sedang membuat makalah nonformal, maka Sedulur dapat menggunakan cover bertipe essay. Cover jenis ini biasanya tidak mencantumkan logo sekolah/kampus, melainkan menggunakan ilustrasi gambar yang relevan dengan topik pembahasan makalah.

  • Format halaman terdiri dari, ukuran kertas A4, page orientation Portrait, gunakan resolusi gambar yang cukup besar, posisi gambar bebas (tengah, samping, atas, bawah), pemilihan jenis font bebas namun tidak lebih dari 3.
  • Isi cover terdiri dari, Judul Makalah dan Identitas pembuat makalah.

Selain format umum seperti di atas, pembuatan cover juga dapat menyesuaikan permintaan setiap instansi. Berikut adalah beberapa format cover yang lain.

Cover makalah format APA

cover
iStock

APA (American Psychology Association)  merupakan salah satu gaya penulisan makalah dan karya ilmiah yang sudah diakui di seluruh dunia. Gaya penulisan ini biasanya digunakan untuk makalah psikologi, sosial atau pendidikan.

Tujuan dari APA Style adalah memberikan landasan untuk komunikasi ilmiah yang efektif. APA style juga membantu penulis dalam menyajikan ide dengan cara yang jelas, tepat, dan inklusif. Penggunaan APA style juga untuk keseragaman dan konsistensi sehingga pembaca akan fokus pada gagasan yang disajikan daripada pemformatan.

Berikut adalah bagian-bagian dalam membuat cover dengan APA style. 

  • Judul makalah. Dibuat di bagian atas halaman dengan posisi center menggunakan huruf cetak tebal. Gunakan judul maksimal 12 kata dan tidak berisi singkatan atau kata yang tidak memiliki tujuan.
  • Nama penulis. Gunakan nama lengkap dari semua penulis tanpa gelar dan letakkan di bawah judul makalah pada bagian tengah dengan spasi ganda. Ketika makalah memiliki dua penulis atau lebih, pisahkan dengan kata “dan,” di antara nama. Jika ada tiga atau lebih penulis, pisahkan nama penulis dengan koma lalu gunakan “dan” sebelum nama penulis terakhir.
  • Nama jurusan dan universitas. Tulis  nama sekolah, jurusan dan universitas dengan posisi di bawah nama penulis dan di tengah (center).
  • Nama instruktur. Tuliskan nama instruktur, guru, atau dosen yang mengampu pelajaran atau tugas yang dimaksud pada makalah.
  • Tanggal penugasan. Pada format makalah APA, tuliskan tanggal, bulan dan tahun penugasan.

BACA JUGA: Huruf Kapital: Pengertian, Contoh & Cara Penggunaanya

Cover makalah format MLA

cover
iStock

Gaya MLA merupakan gaya yang dibuat oleh Modern Language Association (MLA) untuk mempersiapkan manuskrip ilmiah dan makalah penelitian siswa maupun mahasiswa. Jika dibandingkan dengan gaya APA, gaya MLA lebih fleksibel.

Berikut adalah bagian-bagian dalam membuat cover makalah dengan MLA style. 

  • Semua bagian cover menggunakan spasi ganda letak hurufnya berada di tengah. Huruf pertama dari setiap kata harus menggunakan huruf kapital dengan pengecualian untuk kata-kata yang sangat pendek atau kata sambung seperti: itu, dan, atau, yang di, adalah, sebagai, untuk. Catatan: huruf pertama dari kata pertama harus menggunakan huruf besar, apa pun jenis katanya.
  • Nama institusi. Masukan nama institusi seperti universitas, perguruan tinggi, atau sekolah.
  • Judul Makalah. Tuliskan judul makalah penelitian atau tugas.
  • Identitas. Lewati sekitar 8 baris dengan enter dan ketik nama penulis, nama mata kuliah/pelajaran, serta nama instruktur dan tanggal penugasan. 

Cover makalah format Chicago/Turabian

cover
iStock

Selanjutnya adalah format The Chicago Manual of Style yang diterbitkan langsung oleh University of Chicago Press. Secara umum, cover dengan format Chicago tidak memiliki aturan baku, namun tetap memiliki beberapa unsur yang harus ada. Berikut adalah format covernya:

  • Judul makalah. Semua teks cover makalah harus rata tengah dan spasi ganda, serta ditulis dengan font yang sama seperti teks lainnya.
  • Sub judul. Jika ada sub judul, maka judul utama diakhiri dengan titik dua dan subjudul muncul di baris berikutnya. Sub judul dicetak tebal dan berukuran sama dengan judul utama. 
  • Informasi lainnya. Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan pendukung makalah, seperti nama, kelas, nama guru, dan tanggal penugasan, dimana nama guru ditulis bold.
  • Sebagai catatan, pembuatan cover yang menggunakan Chicago Style tidak boleh mencantumkan nomor halaman tetapi tetap harus disertakan dalam jumlah halaman. Sebagai contoh penomoran halaman dimulai pada halaman 2.

BACA JUGA: Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah, Tugas & Makalah, Lengkap

Contoh cover makalah formal

Berikut adalah contoh pada makalah formal, baik cover makalah kelompok maupun individu.

  • Makalah individu
cover
bocahkampus
  • Makalah kelompok
cover
bocahkampus

Contoh cover makalah non formal

Berikut adalah contoh cover makalah keren pada makalah nonformal.

  • Makalah individu
cover
bocahkampus
  • Makalah kelompok
cover
bocahkampus

Contoh cover makalah SD/SMP/SMA

Berikut adalah contoh pada makalah siswa SMP.

cover
gramedia blog

Contoh cover makalah tugas kuliah

Berikut adalah contoh cover makalah mahasiswa dalam tugas kuliah.

cover
gramedia blog

BACA JUGA: Press Release: Pengertian, Struktur, Jenis & Contohnya

Cara membuat cover makalah Word

cover
iStock

Pembuatan cover makalah yang benar dapat menggunakan Microsoft Word, berikut adalah caranya:

Makalah formal

  • Tulis semua isi cover sesuai penjelasan di atas.
  • Memasukkan logo dengan memilih menu Insert > Pictures.
  • Blok semua isi cover dan jadikan rata tengah dengan memilih icon Center.
  • Atur ukuran dan jenis font serta atur jarak spasi menjadi 1,5.
  • Tebalkan bagian-bagian yang diperlukan, seperti judul, kelas, nama fakultas, nama kampus/sekolah, dan tahun ajaran.
  • Simpan dokumen dengan menekan CTRL + S.

Makalah non formal

  • Posisikan kursor pada halaman pertama makalah.
  • Klik menu Insert lalu pilih Cover Page.
  • Pilih desain yang ingin digunakan lalu edit bagian-bagian yang diperlukan.
  • Ganti gambar dengan klik kanan pada gambar lalu pilih Change Pictures.
  • Simpan dokumen dengan menekan CTRL + S.

Download template cover 

cover
iStock

Jika Sedulur masih bingung untuk membuat cover tersebut, maka Sedulur dapat menggunakan template berikut ini. Setelah terunduh, gunakan menu copy paste ke makalah yang sudah dibuat lalu selesaikan logo atau tulisan yang diperlukan.

Nah, itulah contoh cover makalah beserta format dan contoh templatenya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur yang sedang membuat makalah untuk tugas sekolah maupun tugas kuliah. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.