press release

Press release merupakan sebuah informasi yang dibuat dan disusun oleh bagian humas sebuah instansi, perusahaan, organisasi hingga startup untuk media massa seperti surat kabar atau media cetak/online yang akan disampaikan pada publik. Press release juga dikenal dengan istilah siaran pers

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tuntas terkait press release, mulai dari pengertian, struktur dan jenisnya. Di bagian akhir, akan sampaikan beberapa contoh sebagai rujukan Sedulur. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

Pengertian press release

Press Release
Mas Dzikry

Press release adalah sebuah berita yang diperuntukan bagi surat kabar, media cetak, media online dan media massa lainnya. Biasanya siaran pers yang dikeluarkan merupakan sebuah pernyataan resmi yang berisi terkait persoalan tertentu yang penting untuk disampaikan pada publik.

Misalkan dalam press release kegiatan yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan terkait kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam pers release atau press release tersebut, akan disampaikan tentang kegiatan belajar mengajar secara luring setelah sempat menjalani kegiatan belajar mengajar daring selama pandemi Covid-19.

Mengapa press release penting?

Press Release
Sampoerna University

Setelah mengetahui pengertian di atas, tentu Sedulur sadar bahwa press release artinya sangat penting karena mewakili sebuah lembaga dalam menyampaikan informasi. Namun sepenting apa sebenarnya siaran pers tersebut?

Maka jawabannya sangat beragam. Bisa karena instansi atau perusahaan tersebut memiliki kebijakan baru, mengklarifikasi masalah tertentu, memiliki layanan yang penting untuk diketahui publik, ataupun ingin melakukan promo layanan terbaru. Karena tulisan press release dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan yang bersangkutan, maka kekuatan informasinya sangat akurat.

Struktur siaran pers

Press Release
King NewsWire

Terdapat beberapa struktur yang harus diperhatikan saat membuat siaran pers. Pada dasarnya, pembuatannya sama dengan membuat sebuah naskah berita. Disusun dengan menggunakan teknik piramida. Struktur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Judul (head): mewakili maksud dan tujuan siaran pers dilakukan
  • Teras (lead): menjawab pertanyaan seperti apa, di mana, kapan, kenapa dan bagaimana
  • Isi (body): menjelaskan tujuan dari siaran pers dengan menggunakan teknik penyusunan piramida terbalik. Bagian penting disimpan di paling awal.

Hal yang perlu diperhatikan

Press Release
Glints

Terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan jika hendak membuat siaran pers. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bagian atas Naskah jelaskan apakah naskah untuk ditayangkan segera atau pada tanggal tertentu.
  • Sebaiknya gunakan Headine atau judul press release yang menggambarkan isi press release.
  • Pada baris tanggal memuat nama kota serta tanggal.
  • Jangan cantumkan informasi penting berkaitan dengan instansi atau lembaga di bagian akhir naskah.
  • Berikan informasi kontak dibagian akhir juga
  • Terakhir cantumkan nama, alamat instansi, fax, nomor telepon, e-mail, situs dan kontak person yang bisa untuk dihubungi.

Macam-macam press release

Press Release
Mas Dzikry

Press Release adalah salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk memperkenalkan dirinya supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Press Release sendiri dibagi menjadi tiga macam, yaitu Basic Publicity Release, Product Release, dan Financial Release.

1. Basic Publicity Release

Press release
Deposit Photos

Basic Publicity Release adalah siaran pers yang hanya memberikan informasi yang ada di dalam suatu perusahaan atau lembaga. Selain itu informasi yang diberikan memiliki nilai berita yang bisa diterima oleh media massa, baik itu nilai untuk media lokal atau nilai untuk media nasional.

2. Product Release

press release
Lets Make News

Product Release adalah siaran pers yang hanya berfokus pada soft selling atau promosi sebuah produk baru, perusahaan baru, dan sejenisnya. Namun, biasanya pada Product Release biasanya digunakan untuk mempromosikan produk baru dari sebuah perusahaan. Pada umumnya, siaran pers jenis ini diterbitkan di media-media yang berkaitan ekonomi dan bisnis.

3. Financial Release

Press Release
Tumpi.id

Financial Release adalah siaran pers yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan kepada masyarakat umum. Akan tetapi, Press Release Financial Release sangat jarang dilakukan oleh perusahaan. Jika ada perusahaan yang membuat Financial Release, maka kemungkinan besar masyarakat luas akan percaya pada perusahaan tersebut.

BACA JUGA: Pengertian Teks Prosedur Serta Ciri, Jenis, Struktur & Contohnya

Contoh press release

Deposit Photos

Contoh press release dibutuhkan untuk Sedulur agar lebih memahami seperti apa press release itu sendiri. Berikut ini terdapat beberapa contoh yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi. Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasan berbagai contohnya di bawah ini:

1. Siaran pers kegiatan

Ekrut

Judul: Bersama Badan Narkotika Nasional, Indomaret Mewujudkan Indonesia Bebas Narkoba 2022

Teras: Demi mewujudkan indonesia bebas narkoba di tahun 2022, Indomaret bersama Badan Narkotika Nasional membentuk program Peduli dan Berbagi.

Isi: Dengan makin meningkatnya pengguna narkoba dari tahun ke tahun di berbagai negara, serta maraknya pengedaran narkoba di semua kalangan, baik anak-anak remaja bahkan usia produkti, maka perlu kepedulian kita sebagai pribadi dan masyarakat dalam pemebentukan karakter generasi penerus bangsa ini.

Banyaknya pengguna narkoba, dikarenakan bisnis ini sangat menggiurkan dan mengkawatirkan. Sehingga makin banyak pula bandar dan pengedar narkoba. Penyebabnya bisa karena desakan ekonom.

BNN tidak dapat bekerja sendiri dalam menyelesaikan permasalahan Narkoba. Untuk itu diharapkan peran serta dan semangat kerjasama dari seluruh komponen masyarakat. Harapanya peredaran narkoba bisa dihentika dan tidak ada lagi korban pengguna narkoba.

Sebagai organisasi profit yang berbasis pada bisnis rentail minimarket, Indomaret peduli akan kelangsungan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu, Indomaret membuat program Peduli Dan Berbagi yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dalam mewujudkan Indonesia bebas Narkoba.

2. Siaran pers event

Tumpi

Judul: Indosat Super Wifi Dukung Konferensi Menteri Se-Asia

Teras: Komitmen Indosat untuk mendukung agenda pemerintah terbukti dengan terlibat dalam Konferensi Menter Se-Asia.

Isi: PT Indosat Tbk melalui anak usahanya PT Indosat Meda Media (IM2) turut terlibat dan berkontribusi menyukseskan konferensi Menteri Se-Asia yang ke-5 yang berlangsung mulai 22-25 April 2019 di Jogja Convention Center, Yogyakarta. Dalam konverensi tersebut, Presiden Jokowi di Jadwalkan hadir.

Indosat akan berkontribusi dalam hal membantu kelancara komunikasi sekaligus menyediakan 24 titik akses bebas internet melalui layanan SuperWIfi SSID. Dengan layanan ini, tidak hanya pengguna layanan indosat saja yang bisa terhubung. Melainkan semua pengguna layanan telekomuniasi dengan operator manapun bisa terhubung ke internet lewat jaringan indosat Wifi atau indosat hotspot selama mengikuti konferensi.

Pengguna cukup mengaktifkan fitur indosat wifi dari ponsel mapun tablet untuk bisa menjelajahi indosat super wifi secara gratis dengan kecepatan 20 Mbps dan unlimited.

3. Siaran pers kegiatan perusahaan

Publicize

Judul: Bersama WIKA, Pertamina Kembangkan Bisnis Aspal hybrid di Indonesia

Teras: PT Pertamina (Persero) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama pengembangan bisnis aspal hybrid di Tanah Air seiring pertuhan pangsa pasar aspal yang terus tumbuh dalam laju pembangunan infrastruktur nasional.

Isi: Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi, sedang dari pihak WIKA langsung datang Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo. MoU dilakukan di Kantor Pusat Pertamina di Jakarta, disaksikan oleh Menteri PU Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto bersama jajaran direksi dari kedua perusahaan.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan kapasitas produksi aspal Pertamina bisa meningkat menjadi 600.000 ton per tahun. Lalu ditambah potensi aspal alam dari WIKA sebanyak 300.000 ton per tahun. Dengan begitu kalau ditotal kapasitas produksi total aspal bisa mencapai 900.000 ton per tahun. Kapasitas tersebut setara dengan 75% kebutuhan aspal nasional.

4. Siaran pers event musik

Im-Tech

Judul: Rendy Ahmad dan Simponi Konser Musik di Brazil

Teras: Rendy Ahmad (pemeran Arai dalam film Laskar Pelangi) akan konser di Brazil bersama dengan Sindikat Musik Penghuni BUmi (Simponi).

Isi: 6 November 2018 Rendy Ahmad (Arai, Film Sang Pemimpi) bersama dnegan Simponi (Sindikat Musik Penghuni Bumi) bakal menggelar konser musik di Brazil pada 8 November dan 12 November 2018. Konser ini berlangsung karena lagu Vonis yang dicipatan rendy bersama Simponi menjadi pemenang kedua dalam acara fair play 2018: Anti Corruption Music Vompetition, pada 2 Nobvember 2018.

5. Siaran pers pemberitahuan

Service Scape

Judul: Telkomsel Bakal Bangun Desan Percontohan Jaringan 5G di Jawa Tengah

Teras: Bersama dengan Masyarakat Teknolgi Maju (MTM) yang ada di kabupaten Tegal, Jawa Tengah Telkomsel akan membangun desa percontohan jaringan 5G.

Isi: Telkomsel ingin selangkah lebih maju dibanding dengan provider lainya di tanah air. Maka pada hari ini telkomsel bersama dnegan Masyarakat Teknologi Maju (MTM) bakal membangun desa percontohan untuk membuat layanan 5G. Lokasinya akan diletakkan pada sebuah desa A yang terletak di kabupaten Tegal, salah satu kabupaten di Jawa Tengah.

Diketahui desa A merupakan desan dengan tingkat perkembangan teknologi yang mengesankan. Desan tersebut memiliki akses wifi gratis. Sehingga hampir semua penduduk di desa tersebut melek internet. Itulah kenapa desa A dipilih sebagai desa percontohan untuk mengembangka teknologi jaringan 5G.

Rencananya telkomsel akan membangun berbagai fasilitas yang mendukung penggunaan jaringan 5G. Telkomsel juga akan menguji beberapa ponsel terbaru yang menggunakan jaringan 5G. Selama masa pembangunan, bisa saja desa tersebut mengalami kendala akses internet. Pembangunan akan dilakukan pada 29 Aplil hingga 30 April.

6. Siaran pers kasus

Shopify

Judul: Pemberitahuan Mengenai Isu KFC oleh MUI

Teras: Pemberitahuan mengenai isu KFC terkait berbagai kandungan yang terdapat dalam KFC.

Isi: Sehubungan dengan beredarnya berbagai isu mengenai KFC, dengan ini LPPOM MUI memberitahukan:

1. Restoran KFC adalah salah satu restoran waralaba/franchise yang telah mendapatkan sertifikat halal MUI sejak tahun 1995.

2. Restoran KFC selalu melakukan perpanjangan sertifikat halal MUI sebelum habis masa berlakukanya dan saat ini sudah ke-9 kali melakukan perpanjangan. Selain ini sebagai bukti KFC selalu konsisten dalam menjamin kehalalan produk yang diproduksinya, saat ini KFC telah memiliki pula sertifikat sistem jaminan halal yang diterbitkan oleh LPPOM MUI.

3. Menanggapi beberapa isu yang berkembang di masyarakat mengenai restoran KFC, dengan ini kami perlu sampaikan bahwa berdasarkan data yang ada di LPPOM MUI semua supplier ayam diseluruh outlet KFC berasal dari supplier/rumah potong hewan (RPH) lokal yang juga di bawah pengawasan dinas pertenakan setempat.

4. Sistem pemotongan dari ayam tersebut dilakukan sesuai dengan cara yang halal menurut syariat islam

5. Berdasarkan mekanisme pengawasan oleh LPPOM MUI melalui audit tidak terjadwal (unscheduled audit), kami tidak menemukan ayam yang berasal dari supplier/ RPH di luar dari data yang dimiliki oleh LPPOM MUI.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan, semoga menjadi klarifikasi terhadap isu tersebut.

Dari penjelasan di atas, kini Sedulur telah tahu bagaimana press release, seperti apa strukturnya serta contoh-contohnya. Sehingga, ketika Sedulur harus membuatnya, Sedulur tidak akan kebingungan lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.